Cara Pasang Kaca Film Mobil

Bagaimana sih cara pasang kaca film mobil? Ya, kaca film mobil biasanya dimanfaatkan untuk melapisi bagian kaca mobil. Tak hanya berguna untuk pelindung saja, tetapi fungsi kaca film juga dapat menghalau cahaya matahari supaya tidak dapat menembus hingga ke kabin mobil. Bahkan beberapa tipe kaca film mobil tertentu dipakai guna meningkatkan privasi para pengguna mobil.

Cara pasang kaca film mobil sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Namun sebelumnya, Kamu harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Selain itu, Kamu juga harus jeli dalam memilih kaca film. Tak hanya memperhatikan kualitasnya, tetapi juga estetika yang lainnya agar tidak mengganggu kenyamanan.

Cara Pasang Kaca Film Mobil

Cara Pasang Kaca Film Mobil
Pasang Kaca Film Mobil

Panduan Memasang Kaca Film Mobil

Dalam cara pasang kaca film mobil sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi jika Kamu berniat memasangnya sendirian. Berikut ulasannya :

1. Pilih Tempat Pemasangan

Pastikan tempat memasang kaca film mobil dilakukan di area yang pencahayaannya cukup. Di samping itu, Kamu juga harus memilih tempat yang bersih, supaya tidak memunculkan debu yang menyebabkan munculnya gelembung di kaca mobil. Tak hanya itu saja, pastikan pula ruangan yang dipakai cukup besar.

2. Membersihkan Kaca Mobil

Cara pasang kaca film mobil selanjutnya ialah harus membersihkan bagian kaca mobil terlebih dahulu. Kaca yang kotor pastinya bisa memberikan masalah tersendiri, oleh sebab itu Kamu harus membersihkan kaca kendaraanmu hingga bersih, mulai dari bagian dalam hingga bagian luar kendaraanmu.

Terkait:  Cara Pasang GPS di Motor

Selain itu, membersihkan kaca mobil tidak hanya dilakukan sekali saja. Karena Kamu memerlukan beberapa pengulangan agar kaca film mobil benar-benar bersih. Jangan sampai kaca mobilmu terdapat gelembung akibat debu yang muncul. Jadi, perhatikan dengan detail dan pastikan untuk membersihkan kaca mobil memakai cairan pembersih.

3. Bersihkan Sekat Kaca Mobil

Kamu juga harus membersihkan bagian sekat kaca mobil. Biasanya bagian ini terlihat cukup kotor sebab biasanya terdapat bekas pemasanga sticker. Di bagian pojok tersebut juga kerap dilupakan, jadi bersihkan secara teliti mulai dari baian dalam sampai bagian terluarnya.

4. Ukur Kaca dan Potong

Setelah membersihkan kaca mobil, cara pasang kaca film mobil selanjutnya ialah mengukur dan memotong kaca mobil. Bagian ini memungkinkanmu untuk memerlukan bantuan dari orang lain. Dalam tahapan ini, Kamu memerlukan perhitungan dengan benar. Dalam pemasangan kaca, Kamu harus membentangkan kaca film terlebih dahulu dan ukur di tiap sudutnya secara akurat. Simpan kaca film terlebih dahulu yang belum Kamu potong di bagian atas kaca film. Apabila ukurannya sudah sesuai, silahkan potong menggunakan cutter yang tajam.

5. Lebihkan 2 cm

Pastikan Kamu menyisakan atau melebihkan sekitar 2 cm tiap sudut kaca film yang ingin dipasang. Tujuannya ialah untuk mencegah terjadinya kesalahan pengukuran sewaktu dilakukan tahap pengukuran sebelumnya.

6. Memasang Kaca Film

Cara pasang kaca film mobil berikutnya ialah pasang kaca film mulai dari yang terbawah terlebih dahulu. Selain itu, pastikan di seluruh sudut pada bagian bawah telah sesuai atau pas. Selanjutnya lakukan pemasangan kaca film di tiap sudut secara perlahan.

Setelah bagian bawahnya dipasang dengan benar, Kamu bisa melanjutkan ke bagian atas dan biasanya memakai cairan pembersih supaya ketika terjadi kesalahan dapat dilepas dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan Kamu menyemprotkan cairan tersebut lebih dahulu ke kaca film sebelum dipasang.

Terkait:  Cara Pasang GPS di HP

7. Menyemprotkan Cairan

Kamu bisa memakai cairan air biasa maupun cairan pencuci kaca, semisal Mr Muscle atau Cling atau merk lainnya. Di bagian tengah, sebaiknya semprotkan cairan yang cukup banyak.

8. Membersihkan Kotoran

Apabila ada kotoran menempel di kaca film, Kamu bisa membukanya lagi di bagian bawahnya. Kamu bisa menyemprotkan cairan pembersih kaca lebih banyak, dan pastikan tidak ada debu yang menempel supaya gelembung tidak muncul.

9. Memakai Penyeka

Cara pasang kaca film mobil selanjutnya, jika Kamu khawatir munculnya gelembung di bagian akhir, sebaiknya pakai penyeka. Akan tetapi, jika ingin praktis Kamu bisa meminta bantuan seseorang untuk memegangnya.

10. Membersihkan Cairan

Jika Kamu merasa kaca film sudah cukup bersih, langkah selanjutnya ialah dengan cara membersihkan cairan yang masih melekat di kaca mobil. Pasalnya cairan pembersih tersebut dapat membersihkan kaca film saat pemasangan.

11. Merapikan Bagian Tepi

Langkah berikutnya ialah rapikan tepian pada kaca film mobil yang sebelumnya telah Kamu sisakan 2 cm. Kamu bisa merapikannya dnegan memakai cutter tajam. Silahkan lakukan pemotongan secara tepat dan benar. Akan tetapi, pada beberapa jenis kaca film biasanya ada pula yang memakai teknologi plug in play, sehingga tak perlu melakukan tahapan yang satu ini.

Tips Memilih Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui cara pasang kaca film mobil, jika Kamu masih kebingungan memilih kaca film sebaiknya ketahui beberapa tips di bawah ini :

1. Night Vision

Tips yang pertama pilihlah kaca film dengan teknologi night vision. Pasalnya, teknologi ini membuat kaca bagian luar mobil akan terlihat gelap, tapi dari bagian dalam mobil akan tetap terang dan jelas terlihat. Hal tersebut tentu saja membuat pemandanganmu tidak terbatasi, tetap menjaga privasi dan membantu meminimalisir kecelakaan ang terjadi.

Terkait:  Cara Pasang Relay Klakson Mobil

2. UV 400

Salah satu tujuan dipasangnya kaca film mobil adalah untuk melindungi kendaraanmu dari paparan sinar UV. Dengan demikian, Kamu harus memilih produk kaca mobil dengan kelengkapan teknologi UV 400. Adapun teknologi ini dapat menangkal sinar ultra violet sampai 99% dan dapat melindungi kulitmu ketika berkendara supaya tak terbakar oleh sinar matahari. Selain itu juga, dapat tetap menjaga agar udara di bagian dalam mobil tetap sejuk.

3. Nano Keramik

Pemilihan bahan kaca mobil pun harus benar-benar diperhatikan. Supaya sinyal GPS, handphone dan sebagainya tak terhalangi, sebaiknya Kamu pilih kaca film yang telah memanfaatkan teknologi nano ceramic.

4. Penolak Blue Light

Sebenarnya blue light dapat membahayakan pengendara sebab dapat menyebabkan pengendara mudah mengantuk, sakit kepala, hilang konsentrasi dan kelelahan. Maka dari itu, Kamu sebaiknya pilih kaca film yang telah dilengkapi oleh teknologi penangkal blue light.

5. Pelajari Karakteristik Produk

Dalam pemilihan kaca film mobil, Kamu harus mempelajari dan memperhatikan karakteristik produk yang akan dibeli. Produk kaca film berkualitas biasanya tampak lebih jernih dibandingkan dengan tingkat kegelapannya saat dilihat di bagian dalam kabin.

Sebab kini ada banyak produk yang saat dilihat dari bagian dalam, maka pandangannya pun meredup. Biasanya ini berhubungan dengan safety driving karena bisa mengganggu tingkat visibilitas pengemudi.

6. Pilih yang Menyediakan Garansi

Hal yang tak kalah penting saat membeli kaca film mobil ialah, carilah kaca film dengan garansi agar Kamu bisa tetap mengklaimnya saat terjadi kerusakan. Selain itu, cara ini juga dapat menghindari produk kaca film abal-abal di pasaran.

Itulah beberapa tips memilih kaca film mobil berkualitas. Jika Kamu sudah menemukan kaca film yang tepat, selanjutnya bisa mengikuti cara pasang kaca film mobil yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts