Cara Daftar e-Banking BRI

Cara daftar e-banking BRI dapat dilakukan oleh setiap nasabah bank BRI yang ingin mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Seperti kita ketahui, guna memudahkan nasabahnya, BRI (Bank Rakyat Indonesia) telah memberikan kemudahan bertransaksi melalui internet banking BRI. Dimana istilah e-banking sendiri seringkali merujuk pada layanan internet banking.

Meskipun sebenarnya bukan hanya mencakup internet banking, karena sebenarnya e-banking mencakup semua jenis layanan perbankan modern saat ini. Sebut saja layanan ATM, mesin EDC, phone banking, SMS banking, mesin EDC, hingga mobile banking, di samping layanan internet banking tentunya. Namun dalam cara daftar e-banking BRI kali ini, kita hanya merujuk pada layanan internet banking BRI saja.

Kekurangan dan Kelebihan Layanan e-Banking

Melalui layanan e-banking BRI, sebenarnya baik pihak bank maupun nasabah akan sama-sama merasa diuntungkan. Segi keuntungan dari pihak nasabah,  tentu saja pemanfaatan waktu lebih fefisien. Karena Kamu tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor cabang bank BRI dan rela mengantri demi melakukan pembayaran ataupun transfer bank saja.

Sedangkan menurut pihak bank sendiri, mereka juga bisa lebih menekan budget untuk karyawan dan kantor cabang. Bahkan lebih jauhnya, pihak bank BRI bisa melakukan investasi guna pengembangan teknologi.

Walaupun ada banyak pemakaian layanan e-banking, namun bukan berarti layanan ini tidak memberikan kekurangan. Sederhananya, semakin mudah Kamu melakukan transaksi perbankan terkadang sebagai nasabah bank BRI menjadi impulsif. Alhasil, bisa membuat pengeluaran membengkak.

Selain itu, jika kita kurang berhati-hati dalam memakai layanan e-banking ini, maka data-data perbankanmu bisa saja menjadi tidak aman. Data-data itulah yang dapat dipakai para oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga dimanfaatkan untuk mencuri dana nasabah.

Syarat Daftar e-Banking BRI (Internet Banking)

e-Banking adalah singkatan dari electronic banking, biasanya dikenal sebagai istilah internet banking. Ini adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh nasabah bank BRI yang dapat memberikan kemudahan melakukan transaksi bersifat non tunai. Dengan layanan ini, Kamu bisa lebih menghemat banyak waktu dibandingan harus pergi ke gerai ATM ataupun ke kantor cabang BRI.

Nasabah dapat menikmati layanan finansial secara praktis. Selain itu, cara mengaksesnya juga lebih fleksibel, bisa melalui dekstop maupun ponsel. Layanan e-banking BRi sendiri pada dasarnya bisa menggantikan peran teller,  hanya saja untuk melakukan transaksi perbankan bersifat non tunai, seperti pengisian ulang pulsa, cek saldo rekening BRI, mutasi rekening, pembayaran, transfer, dan sebagainya.

Adapun persyaratan daftar e-banking BRI, ialah sebagai berikut :

1. Identitas Diri

Pastikan Kamu membawa serta KTP/paspor. Ada beberapa bank yang juga memperkenankan penggunaan SIM untuk mengaktifkan layanan e-banking.

2. Buku Rekening BRI

Bawa serta buku rekening tabungan BRI yang diperoleh ketika pembuatan rekening bank BRI. Entah itu rekening tabungan Simpedes, BritAma, atau Junio. Selain itu, pastikan rekening tabungan tersebut dalam keadaan masih aktif.

3. Akun Email

Persiapkan akun email aktif yang dipakai untuk aktivasi layanan e-banking BRI.

4. Nomor Hp

Hp atau perangkat smartphone digunakan untuk memudahkan verifikasi data. Selain itu, pastikan Kamu memakai kartu SIM yang telah bermitra dengan bank BRI guna mengaktifkan layanan IB-BRI.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, langkah berikutnya Kamu tinggal melakukan pendaftaran. Kamu bisa meakukannya, baik di mesin ATM, atau kantor cabang. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Daftar e-Banking BRI

Cara Daftar e-Banking BRI
Daftar Layanan e-Banking BRI

Daftar Layanan e-Banking BRI

Seperti sudah dijelaskan sebeumnya, Kamu bisa melakukan pendaftaran e-banking BRI via customer service atau via ATM. Untuk lebih jelasnya, berikut cara daftar layanan e-banking BRI!

1. Cara Daftar Layanan e-Banking BRI di Kantor Cabang BRI

Agar proses registrasi berjalan lancar, pastikan Kamu telah mempersiapkan berbagai persyaratan yang sudah dibahas di atas. Jika sudah, silahkan datangi kantor cabang BRI terdekat di lokasi rumahmu. Selanjutnya ikuti perintah di bawah ini :

  • Silahkan masuk ke kantor BRI dan ambil nomor antrian ke meja customer service.
  • Sembari menunggu antrian, nasabah biasanya akan diberikan isian formulir pendaftaran yang harus diisi serta aktivasi Ib BRI.
  • Lakukan pengisian formulir sesuai dengan data-data yang diperlukan.
  • Jika nomor antrianmu dipanggil, silahkan konfirmasikan tujuan dan maksud kedatanganmu kepada staf customer service, lalu ber8ikan form isian pedaftaran yang sudah Kamu isi sebelumnya.
  • Setelah itu, staf customer service langsung memproses aktivasi internet banking BRI.
  • Langkah cara daftar e-banking BRI berikutnya ialah nasabah harus melakukan pembelianm-token BRI berguna untuk melakukan transaksi perbankan memakai layanan internet banking,kapan pun dan dimana pun.
  • Selamat, kini layanan internet banking BRI-mu telah sukses diaktifkan. Kamu sudah dapat menikmati brbagai layanan finansial dengan praktis.

2. Cara Daftar Layanan e-Banking BRI Melalui ATM

Cara daftar layanan e-banking BRI selain via customer service ialah di mesin ATM. Akan tetapi, jika Kamu memilih mendaftar layanan ini lewat mesin ATM, maka Kamu hanya mendapatkan password dan user id-nya saja untuk mengakses layanan.

Ini artinya, Kamu hanya dapat melakukan pengecekan saldo dan login ke layanan e-bankingBRI saja. Sementara untuk melakukan verifikasi dan aktivasi, tetap harus mendatangi kantor cabang BRI.

Namun cara ini tetap bisa diandalkan untuk memeprsingkat tahapan proses registrasi. Langsung saja, berikut ulasan cara daftar e-banking BRI via ATM :

  • Silahkan datangi gerai ATM bank BRI terdekat.
  • Jika sudah, masukkan kartu debit atau ATM bank BRI aktif.
  • Selanjutnya inputkan pin ATM BRI-mu.
  • Sesudah itu, langsung pilih opsi “Lainnya” dan pilih layanan “Internet Banking”.
  • Setelahnya,Kamu akan langsung diminta menginputkan password yang digunakan untuk mengakses internet banking BRI. Silahkan buat password IB BRI yang gampang diingat.
  • Konfirmasi ulang password IB-BRI yang sudah Kamu buat.
  • Jika sudah berhasil, selanjutnya Kamu akan memperoleh user id.
  • Langkah berikutnya, Kamu akan menerima struk yang berisi password beserta user id.
  • Sesudah itu, silahkan datang ke cabang BRI untuk melakukan verifikasi dan aktivasi akun.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Jika Kamu sudah melakukan cara daftar e-banking BRI di atas, kini saatnya untuk mengaktivasi akun. Adapun panduan yang dapat Kamu coba ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka web resmi internet banking BRI di sini!
  • Jika sudah, inputkan user id beserta password. Kemudian masukkan kode captcha.
  • Jika sudah berhasil login, silahkan tekan “Setuju” pada halaman Syarat dan Ketentuan.
  • Selanjutnya, Kamu  diminta untuk mengubah password layanan internet banking BRI.
  • Silahkan masukkan akun email aktif dan kini Kamu pun sudah dapat mengakses internet banking BRI.

Itulah langkah-langkah mudah untuk aktivasi layanan internet banking BRI yang bisa Kamu lakukan.

Saat mengakses layanan internet banking BRI, pastikan untuk selalu merahasiakan kata sandi, user id serta m-Token milikmu. Selain itu, hati-hati jika ada SMS atau email yang mengatasnamakan bank BRI. Para nasabah harus melakukan pengecekan kembali apakah pemberitahuan tersebut memang benar-benar dari pihak BRI ataukah penipuan.

Demikian ulasan cara daftar e-banking BRI untuk memudahkan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019