Cara Packing Bubble Wrap

Cara Packing Bubble Wrap
Cara Packing Bubble Wrap

Cara packing bubble wrap menjadi salah satu hal unik dan banyak dibutuhkan akhir-akhir ini, apalagi bagi para penjual online yang ingin mengirim produk mereka ke alamat tujuan konsumennya. Ada banyak sekali keuntungan jika membungkus produk dengan menggunakan bubble wrap ini.

Namun sayangnya, masih belum banyak yang tahu bagaimana cara packing yang baik dan benar dan kebanyakan mereka membungkus secara asal-asalan, alhasil produk sampai di tangan konsumen dalam kondisi rusak atau pecah. Jika kamu salah satu yang demikian, maka bisa langsung simak panduan lengkap di artikel kali ini.

Manfaat Serta Fungsi Bubble Wrap

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana cara packing bubble wrap, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat dan fungsi dari bubble wrap ini. Jika dulu, masih banyak pedagang yang membungkus produk mereka dengan menggunakan kertas koran atau lainnya, kini banyak sekali yang lebih memilih untuk pakai bubble wrap agar barang mereka tetap aman dan tidak pecah selama dikirim ke konsumen. Untuk lebih jelasnya  berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Bubble wrap berfungsi untuk membungkus barang elektronik ataupun benda yang terbuat dari kaca dan mudah pecah agar tidak rusak ketika dikirim ke alamat tujuan konsumen
  • Bubble wrap berfungsi untuk menghilangkan listrik statis sehingga mampu melindungi chip peralatan elektronik dari listrik statis yang bisa merusaknya. Hal ini dikarenakan bubble wrap mengandung plastik anti-statis.
  • Buble wrap bisa digunakan untuk membungkus makanan dan minuman karena mampu menjaga suhunya tetap dingin meskipun tidak diletakkan di dalam kulkas
  • Ketika kamu menyentuh gelembung-gelembung kecil pada bubble wrap, ternyata mampu menghilangkan rasa stres karena bisa memunculkan perasaan puas dan menyenangkan
  • Bubble wrap bisa menjaga barang berupa sepatu tidak berubah bentuk dan gumpalan bubble wrap akan menjaga bentuk sepatumu tetap utuh tidak letoy

Jenis-jenis Bahan Bubble Warp

Selain memberitahumu tentang manfaat dan fungsi dari bubble warp, kami juga akan memberitahumu tentang jenis-jenis bahan bubble wrap agar kamu tidak salah memilih ya. Secara umum, bubble wrap ini mempunyai berbagai macam variasi yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika kamu ingin tahu cara packing bubble wrap yang baik dan benar, maka silahkan pilih satu jenis-jenis bahannya di bawah ini.

  1. Bubble Wrap Foil

Jenis bubble wrap yang pertama ini mempunyai ciri khas dengan warnanya yang metalik. Biasanya, bubble wrap yang terbuat dari bahan ini sifatnya ringan serta tahan terhadap kelembapan udara yang tunggu. Jadi, bubble wrap foil ini bisa kamu gunakan untuk mempacking barang yang harus disimpan dalam suhu terkontrol.

  1. Bubble Wrap Umum

Jenis bahan bubble wrap kedua ini adalah bahan yang paling banyak digunakan oleh semua orang, khususnha dalam packing barang online shop karena terdiri dari dua macam. Pertama bubble wrap regular dan bubble wrap heavy duty sehingga pemakaiannya bisa digunakan untuk beberapa barang yang mudah pecah.

  1. Bubble Wrap Anti Static

Jenis bahan bubble wrap ketiga ini mempunyai tampilan yang bewarna pink. Biasanya jenis bahan ini banyak digunakan untuk pengemasan yang berkomponen listrik yang berisiko menimbulkan penumpukan listrik statis. Sedangkan pemakaian wrap jenis ini bisa berguna untuk mencegah korsleting yang berujung terbakar.

  1. Bubble Wrap Busa

Apabila kamu menggunakan wrap berbahan busa, maka kamu akan memberikan perlindungan ganda sebab bahan ini dilengkapi dengan busa setebal 0,5 km. Bahan buble wrap ini sangat cocok untuk digunakan pada barang yang sensitif dari kaca, elektronik, ataupun barang yang rentan timbulnya jamur.

  1. Bubble Wrap Kertas Kraft

Jenis bubble wrap bahan satu ini dilapisi dengan kertas Kraft yang kuat dan tahan lama. Cara packing bubble wrap kertas ini selalu ditujukan untuk membungkus alat rumah rumah tangga yang sangat berat seperti furnitur dari kayu. Bubble wrap kertas Kraft ini juga bisa digunakan untuk melindungi permukaan dari benturan dan goresan.

  1. Bubble Wrap Protector Soft Protective

Jenis bahan bubble wrap yang terakhir satu ini  bisa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk barang-barang yang sangat rawan jika terkena benturan dan goresan. Bubble wrap satu ini mampu memberikan perlindungan dari kelembapan jangka panjang karena dilengkapi dengan gelembung-gelembung berkualitas tinggi.

Cara Packing Bubble Wrap

Cara Packing Bubble Wrap
Cara Packing Bubble Wrap

Bagi kamu yang masih bingung dengan bagaimana cara packing bubble wrap, maka tenang saja sebab pada pembahasan kali ini kami sudah merangkum berbagai informasi terkait cara packing yang baik dan aman. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Langkah 1: Pilih Jenis Bubble Wrap Yang Dibutuhkan

Pada pembahasan sebelumnya, kami sudah menyebutkan berbagai jenis bahan bubble wrap yang bisa kamu gunakan untuk melindungi produkmu. Maka dari itu, silahkan kamu pilih salah satu jenisnya yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis produk, ukuran produk, berat produk, jarak pengiriman, berat produk, lama pengiriman, dan lain-lain.

Hal-hal di atas harus kamu perhatikan ketika kamu menentukan cara packing bubble wrap yang berbeda-beda agar produk yang akan kamu kirim ke konsumen bisa terlindungi secara maksimal.

Langkah 2: Sesuaikan Ukuran Bubble Wrap

Hal kedua yang harus kamu lakukan sebagai cara packing bubble wrap adalah kamu harus menyesuaikan ukuran yang akan kamu gunakan. Berikut adalah tipsnya.

  • Pertama, kamu harus mengukur terlebih dahulu berapa panjang dan lebar bubble wrap yang dibutuhkan untuk membungkus produk
  • Kamu harus ingat bahwa ada beberapa jenis produk yang harus diperlakukan secara khusus, sehingga sangat mungkin membutuhkan berlapis-lapis bubble wrap
  • Maka dari itu, hal ini harus kamu pertimbangkan ketika akan memotong ukuran bubble wrap

Langkah 3: Bungkus Produk Pakai Bubble Wrap

Setelah kamu berhasil memotong ukurannya, maka kamu harus membungkus produkmu. Sebelumya, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk yang akan dikirim sudah tepat dan semua segelnya masih dalam kondisi baik.

Setelah itu, silahkan kamu lapisi sekeliling produk dengan bubble wrap dan pastikan bubble wrap yang ada di bagian luar adalah bagian rata. Sementara untuk yang gelembung, ada di bagian dalam. Pastikan juga bahwa tidak ada bagian yang terbungkus lebih tebal atau tipis. Jika kamu mengirim produk dalam kemasan dua, maka sebaiknya produk tersebut dibungkus sendiri-sendiri terlebih dahulu.

Langkah 4: Bungkus Produk Dengan Sangat Rapi

Terakhir, jika produk kamu sudah dibungkus dengan bubble wrap maka kamu harus mengemasnya ke dalam dua untuk menjamin produkmu lebih aman. Setelahnya, kamu harus membungkusnya dengan rapi dan pastikan tidak ada bagian yang terbuka. Agar keamanan menjadi lebih tinggi lagi, maka tidak ada salahnya jika kamu membungkusnya kembali dengan

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara packing bubble wrap yang baik dan benar sehingga mampu menjaga kondisi produkmu tetap aman sampai ke tangan konsumen. Berikut yang bisa kamu sampaikan, semoga bermanfaat ya.

Related posts