Cara Check In Kereta Api

Bagaimana cara check in kerata api? Ya, sejak tahun 2017 yang lalu PT. KAI (Kereta Api Indonesia) telah menerapkan sistem pelayanan boarding bagi para penumpang lewat fasilitas e-boarding pass atau secara online. Fasilitas tersebut hadir guna memberikan kemudahan bagi para penumpang transportasi kereta api. Hal ini mengingat di zaman digital seperti saat ini semuanya meman sudah bisa dilakukan secara instan, efisien, dan mudah. Jadi, kini bukan hanya memakai pesawat saja kita bisa melakukan check in secara online, melainkan dengan naik kereta api pun bisa dilakukan secara online.

Akan tetapi, walaupun pemberitaannya sudah marak, ada banyak masyarakat yang masih belum familiar dengan cara check in kereta api online. Oleh Karena itu, kami akan membagikan ulasannya dalam artikel ini!

Cara Check In Kereta Api

Cara Check In Kereta Api
Panduan Check In Kereta Api Online

Panduan Check In Kereta Api Online

Bagi Kamu yang ingin melakukan check in kereta api secara onlline, maka Kamu harus mengikuti panduan check in kereta api online berikut ini :

1. Check In Kereta Api Online : Unduh Aplikasi KAI Access

Sebagai pemberitahuan, bagi Kamu yang akan melakukan cara check in kereta api online, pastikan Kamu mengunduh aplikasi KAI Access trlebih dahulu. Sebab cara ini baru bisa dilakukan dengan melakukan pembelian tiket lewat aplikasi KAI Access. Maka dari itu untuk mempermudah saat check in, serta langsung mendapatkan e-boarding pass, Kamu harus membeli tiket lewat aplikasi KAI Access terlebih dahulu.

2. Check In Kereta Api Online : Kode Booking Kereta Api Harus Disimpan Baik-Baik

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa cara check in kereta api online hanya dapat dilakukan bagi penumpang yang sudah membeli tiket KAI secara online, namun hanya lewat aplikasi KAI Access. Apabila Kamu sudah melakukan pemesanan tiket KAI dan melakukan pembayaran, selanjutnya Kamu akan mendapatkan kode booking. Nah, kode booking inilah yang harus disimpan baik-baik agar tidak hilang.

3. Check In Kereta Api Online : e-Boarding Pass

Panduan check in kereta api online berikutnya ialah mendapatkan e-boarding pass. Nah, untuk memperoleh e-boarding pass ini Kamu harus mempunyai aplikasi KAI Access. Dimana aplikasi tersebut dapat di download 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Apabila telah meluncurkan e-boarding pas, maka penumpang cukup memberikan e-boarding pass ke petugas KAI saja lewat smartphone-mu.

4. Check In Kereta Api Online : Tak Perlu Print Out Boarding Pass di Mesin Check In Counter

Melalui e-boarding pass ini pastinya sangat mempermudah para penumpang untuk masuk langsung ke gate tempat penumpang menunggu datangnya kereta api. Selain itu, PT KAI juga menjelaskan bahwa bagi yang telah mendapatkan e-boarding pass maka secara otomatis tak bisa lagi melakukan print out e-boarding pass tersebut pada mesin chek in counter yang ada di stasiun. Jika Kamu mencetaknya di mesin tersebut, maka e-boading pass tak dapat dilakukan.

Tips Check In Kereta Api Online

Setelah melakukan panduan check in kereta api online di atas, Kamu pun tinggal menanti kedatangan kereta api di stasiun. Namun saat melakukan check in pastikan mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Jangan Lupa Simpan Kode Booking Tiket KAI

Sebenarnya Kamu dapat memesan tiket KAI di utiket, indomart, tiket.com, Traveloka dan masih banyak yang lainya. Bahkan Jika Kamu sudah melakukan pemesanan tiket kereta api, selanjutnya Kamu akan mendapatkan kode booking, pastikan jangan sampai Kamu menghilangkan kode booking tiket KAI tersebut.

2. Lakukan Pengecekan Mandiri dari 12 Jam Sebelum Waktu Pemberangkatan

Selanjutnya Kamu akan diminta menginputkan kode bookin tiket tadi untuk check in secara mandiri lewat mesin CIM yang ada di stasiun KAI. Apabila datanya valid, maka mesin CIM langsung mencetak e-boarding pass berwarna orange.

3. Proses Print Out Boarding Pass Lebhi Cepat Dibandingkan Mencetak Tiket Mandiri

Dalam proses cetak madiri biasanya memerlukan waktu selama 15-17 detik, sementara untuk mesin cetak boarding pass sendiri hanya memerlukan waktu selama 2-3 detik. Hal ini tentu lebih efektif dan cepat mencetak boarding pass. Hanya saja, print out boarding pass sendiri hanya dapat dilakukan pada stasiun keberangkatan.

4. Penumpang Dapat Memasuki Boarding Gate Sejak 1 Jam Sebelum Keberangkatan

Pemberlakuan boarding pass dan check in memang lebih efisien dan efektif. Dimana penumpang KAI hanya diperbolehkan untuk memasuki boarding gate selama 1 jam sebelum waktu keberangkatan dengan langsung menunjukkan kartu identitas dan boarding pass.

5. Cetak Tiket Mandiri Berwarna Biru Tetap Harus Memiliki Boarding Pass Berwarna Orange

Biasanya, calon penumpang kereta api masih belum memahami sistem boarding pass dan check in kereta api memakai tiket KAI mandiri berwarna biru. Inilah yang perlu Kamu ketahui, walaupun Kamu sudah memiliki tiket mandiri, tetap diwajibkan untuk mengeprint e-boarding pass yang berwarna orange.

Sistem boarding pass dan check in yang hanya dapat dilakukan pada stasiun keberangkatan kereta api bisa menghindari peredaran tiket KAI palsu. Selain itu, penerapan sistem tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan, ketertiban sekaligus kenyamanan para penumpang PT. KAI.

Keuntungan e-ticket Dengan Booking Tiket Online

electronic-ticket atau e-ticket KAI ialah tiket yang sudah dipesan dengan cara online lewat situs resmi PT. KAI atau lewat aplikasi KAI Access. Adapun keuntungan memesan tiket KAI secara online ialah Kamu tak perlu lagi pergi jauh-jauh ke stasiun kereta api hanya untuk melakukan pembelian tiket, cukup mengaksesnya dari rumah saja lewat perangkat Hp atau komputer Kamu pun sudah bisa melakukan booking tiket KAI.

Selain itu, kelebihan lainnya ialah dapat menentukan tempat duduk atau kursi sendiri. Dimana hal tersebut sangat berguna jika Kamu ingin mengajak serta teman, atau keluarga untuk naik kereta agar bisa berdampingan di kereta.

Selain itu, perbedaan pembelian tiket KAI online dengan offline biasanya terletak dari boarding pass-nya. Jika Kamu membeli tiket online, maka Kamu akan menerima e-ticket yang nantinya dikirimkan langsung ke email-mu, sementara dengan membeli offline Kamu bisa langsung memperoleh boarding pass. Lalu e-ticket tersebut harus dicetak terlebih dahulu di check in counter stasiun untuk memperoleh boarding pass.

Selain itu, e-ticket sendiri berisi nomor booking code atau kode pemesanan, data perjalanan, data penumpang dan data pemesan. Biasanya kode pemesanan tersebut langsung terlihaat jelas di e-ticket. Kamu cukup mengunduh e-ticket yang berhasil dikirimkan ke akun email-mu atau catat nomor pemesanannya untuk dicetak pada msin check in counter. Sementara itu, boarding pass sendiri hanya dapat dicetak langsung di stasiun tempat awal keberangkatan, dan tidak dapat dicetak di stasiun lain.

Dengan informasi cara check in kereta api online dan beberapa hal terkait check in tiket kereta api, tentu akan mempermudah Kamu dalam mendapatkan e-ticket dan boarding pass. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019