Cara Belanja di Alfamart Pakai GoPay

Bagaimana cara belanja di Alfamart pakai Gopay? Adakah persyaratan khusus ketika menggunakan metode pembayaran gopay di alfamart? Apa saja langkah langkah bayar belanjaan di alfamart pakai gopay?

Berbicara soal gopay, mungkin kita akan lebih dulu mengingat kata Gojek. Gopay sendiri merupakan singkatan dari gojek payment, yang mana sebenarnya berfungsi untuk melakukan pembayaran ketika pengguna menggunakan layanan dari gojek, seperti Go ride, go food, go massages, go send, dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, saat ini gopay dari gojek ini sudah berubah menjadi sebuah layanan dompet digital yang berguna untuk melakukan pembayaran di beberapa tempat. Seperti misalnya untuk membayar makanan di merchant go food, bayar transaksi atau pembelian online, membeli diamond mobile legends di play store, atau bahkan yang lainnya.

Tak sampai situ saja, gopay juga bisa digunakan untuk membayar beragam tagihan, mulai dari pulsa, listrik, bpjs, dan juga untuk ditarik atau dicairkan ke rekening pribadi ataupun orang lain melalui aplikasi gojek, apabila saldo dirasa cukup. Itulah mengapa, saat ini kita bisa melakukan pembayaran menggunakan gopay di beberapa tempat, seperti coffee shop, kedai makanan, kedai minuman, toko aksessoris, dan lain sebagainya.

Tak cuma itu aja, gopay juga memberikan kemudahan kepada pengguna nya. Sebab, mereka tidak perlu khawatir ketika tidak membawa atau tidak memiliki uang cash, karena dengan melakukan top up saldo gopay, kita bisa menggunakan saldo tersebut sebagai metode pembayaran.

Seperti pada artikel sebelumnya, kita juga bisa melakukan beragam pembayaran dengan menggunakan saldo gopay, seperti misalnya, bayar shopee pakai gopay, belanja di indomaret pakai gopay, dan juga belanja di tokopedia dengan menggunakan metode pembayaran gopay.

Itulah kenapa, saat ini gopay dari gojek menjadi salah satu layanan dompet digital yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone dan juga gojek itu sendiri. Ditambah dengan beragam sektor perbelanjaan yang bekerja sama dengan gojek, membuat pengguna semakin merasa dimudahkan dalam urusan pembayaran.

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara belanja di alfamart pakai gopay, yang mana sebetulnya cara ini tak begitu beda dengan ketika kita berbelanja di indomaret dengan metode pembayaran menggunakan gopay. Dan berikut ini adalah ulasannya.

Cara Belanja di Alfamart Pakai GoPay

Cara Belanja di Alfamart Pakai GoPay
Belanja di Alfamart Pakai GoPay

Top Up Saldo Gopay Terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kalian harus terlebih dahulu memiliki saldo gopay, jika tidak, maka kalian bisa melakukan top up di beberapa merchant ataupun tempat yang memang menyediakan layanan pengisian saldo gopay.

Kalian bisa melakukan top up sejumlah belanjaan yang akan dibeli, atau bahkan dilebihkan. Atau, jika kamu adalah pengguna bank mandiri serta pengguna mandiri online, kalian bisa melakukan top up saldo melalui mandiri online lewat virtual account.

Untuk cara top up gopay sendiri terbilang mudah

  • Datang ke tempat dimana kamu akan mengisi gopay
  • Sebutkan nomor telfon yang terdaftar di gopay untuk pengisian ulang
  • Lakukan pembayaran sejumlah nominal top up
  • Selesai

Atau kalian juga bisa melakukan pengisian saldo gopay dengan cara meminta pengguna gopay lain seperti saudara atau keluarga untuk melakukan transfer ke sesama pengguna gopay. Jika dirasa memungkinkan, pada saat melakukan pembayaran menggunakan gopay, kalian bisa mengganti opsi ‘bayar dengan’ (pada aplikasi gojek) dari Saldo gopay, menjadi Gojek Paylater.

Tapi perlu diingat, ketika menggunakan layanan Gojek Paylater, pastikan dulu kamu sudah mengupgrade akun gopaymu, menjadi gopay+. Adapun keuntungan menggunakan layanan ini adalah kalian bisa melakukan pembayaran di merchant yang menerima pembayaran dengan gopay, dan kemudian baru membayar hutang paylater di akhir bulan.

Tapi jangan sampai pembayarannya telat ya, agar tidak ada denda yang membebankan atau menambah besar pembayaran paylater diakhir bulan tersebut.

Pilih Produk yang akan dibeli

Setelah berhasil melakukan top up, kalian bisa mengunjungi store atau Alfamart terdekat. Pastikan juga, kalian menanyakan kepada kasir apakah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan gopay. Nah, biasanya apabila store alfamart menyediakan atau melayani pembayaran dengan gopay, kalian bisa melihat banner atau semacam pamflet dengan barcode yang bertuliskan ‘bayar dengan gopay’.

Jika sudah, maka kalian bisa langsung memilih produk atau belanjaan apa yang akan kalian beli di Alfamart. Sedikit catatan, untuk pembayaran melalui gopay sendiri tidak berlaku untuk pembelian produk seperti rokok. Jadi, pastikan kalian mengetahui produk apa yang bisa dibeli dengan metode pembayaran gopay, atau bertanya kepada karyawan di alfamart.

Buka Aplikasi Gojek dan lakukan pembayaran

Lalu, apabila kalian sudah menentukan produk apa yang akan dibeli dan juga sudah melakukan top up, maka selanjutnya adalah kalian bisa langsung ke meja kasir untuk melakukan pembayaran. Nah, karena kita menggunakan metode pembayaran gopay, maka kalian bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi gopay yang sudah di top up tadi
  • Klik pada menu bayar
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul semacam kamera scanner
  • Scan barcode yang tertera untuk pembayaran gopay
  • Konfirmasi pembayaran

Nantinya, akan muncul nominal atau jumlah belanjaan yang harus kalian bayarkan. Jika sudah sesuai dan benar, langsung saja klik pada tombol bayar dan masukkan pin gopay yang sebelumnya sudah kalian buat.

Selesaikan Transaksi

Terakhir, setelah transaksi selesai dilakukan, maka kalian akan menerima notifikasi dari gojek, yang mana menginformasikan jika pembayaranmu sudah selesai dilakukan. Kalian bisa menyimpan transkip atau bukti pembayaran dari gopay dengan melakukan screenshoot, ataupun menerima struk pembayaran dari alfamart tadi.

Sedikit tips pada saat kalian menggunakan gopay sebagai metode pembayaran, pada saat membuka aplikasi gojek, kalian bisa mencari informasi terlebih dahulu dari gopay perihal promo atau potongan harga untuk belanja menggunakan gopay.

Kalian bisa melihatnya dalam menu voucher yang ada di aplikasi Gojek, lalu kemudian menggunakan voucher tersebut. Biasanya, voucher yang diberikan sendiri berupa cashback, atau bahkan potongan harga untuk produk tertentu.

Atau kalian juga bisa menanyakan kepada pihak alfamart mengenai promo offline yang berlaku ketika kalian membeli produk di alfamart, untuk mendapatkan diskon yang memang diberikan sendiri dari pihak alfamart.

Namun juga perlu dicatat, biasanya pengguna gopay yang sering kali mendapatkan voucher adalah pengguna yang memang sering melakukan transaksi menggunakan gopay, atau bahkan sudah melakukan verifikasi Data diri seperti foto ktp, foto selfie, dan lain sebagainya.

Untuk itu, pastikan dulu semua data yang ada pada aplikasi gojek kalian sudah terisi dengan lengkap dan juga valid, atau kalian sudah melakukan verifikasi data sebelum melakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay.

Dan itulah tadi pembahasan tentang bagaimana cara belanja di alfamart pakai gopay, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi