Cara Mengecek NIB Perusahaan

Bagaimana cara mengecek NIB perusahaan? NIB atau Nomor Induk Berusaha dari perusahaan biasanya terdiri atas 13 digit angka acak. Biasanya NIB diterbitkan pihak lembaga OSS atau Online SIngle Submission. Setiap perusahaan dapat mendaftar NIB tanpa pungutan biaya sepeser pun. OSS adalah sistem yang dapat mengurus semua perizinan online, diterbitkan lembaga pemerintah.

Kehadiran NIB adalah sebagai sebuah identitas para pelaku usaha berdasarkan regulasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018. NIB dibutuhkan oleh badan usaha maupun perseorangan, terutama pada perusahaan dalam bidang selain gas bumi, minyak, pertambangan dan keuangan.

Read More

Pentingnya NIB Perusahaan

Untuk menjalankan aktivitas usaha, tentu saja urusan legalitas tidak dapat diabaikan. Akan tetapi, sebelum memperoleh perizinan tertentu, kamu harus memahami pentingnya perizinan untuk bisnis yang dikelola. Berikut pentingnya NIB bagi perusahaan :

1. Pengajuan Izin Lebih Cepat

Jangan khawatir pengurusan NIB membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan. Melalui sistem OSS, kamu bisa lebih mudah mengurus perizinan. Alasanya, mengingat sistem berbasis automatic approval dan tidak adanya pratinjau ulang berkas atau dokumen. Menariknya lagi, persyaratan untuk mengajukan izin kini telah diseragamkan.

Asalkan kamu sudah mengisi informasi dengan lengkap, dan mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan, maka perizinan bisa turun dengan cepat.

2. Memudahkan Proses Izin yang Lainnya

NIB bag perusahaan juga sama fungsinya seperti NIK untuk warga negara. Nomor Induk berusaha bisa dijadikan sebagai langkah untuk memperoleh perizinan usaha yang lainnya. Selain sebagai identitas, tetapi NIB juga bisa berlaku sebagai API (Angka Pengenal Impor), TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan Akses untuk Kepabeanan.

Terkait:  Cara Jailbreak iPhone

Dengan kata lain, fungsi NIB dapat menggantikan ketiga dari persyaratan izin di atas, termasuk berkas lainnya yang diperlukan dalam perizinan usaha. Sebut saja, seperti bukti pendaftaran layanan BPJS ketenagakerjaan, SIUP (Surat Izin Usaha Untuk Sektor Perdagangan), dan RPTKA untuk penggunaan tenaga kerja asing.

3. Membuat Persyaratan Perizinan Semakin Ringkas

Karena sistemnya yang sudah terintegrasi, kamu bisa menyimpan data-data perizinan pada sebuah identitas. Di samping itu, NIB juga bisa diakses pihak pemberi perizinan, karenanya kalian tidak perlu lagi membawa dokumen dalam jumlah yang banyak ketika melakukan pegurusan legalitas perusahaan.

Cara Membuat NIB Online

Kecanggihan teknologi, sedikit banyaknya telah berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, termasuk dalam pengurusan permohonan atas kepemilikan usaha dalam bentuk NIB. Kamu dapat mengurus NIB secara online dengan lebih mudah. Jadi, jika kamu hendak mendirikan sebuah usaha maka tidak perlu harus kesana kemari demi mengurus proses perizinan.

1. Persyaratan Dokumen

Ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dilengkapi dan dipersiapkan berikut :

  • NPWP dan KTP pemilik perusahaan.
  • Akta perusahaan yang dilengkapi oleh bukti pengesahan langsung dari Kemenkumham.
  • Bukti tempat usaha dalam bentuk kepemilikan. Baik dengan sewa tempat usaha atau milik sendiri dengan tetap melampirkan buktinya.
  • NPWP milik perusahaan.
  • Harus menyelesaikan persoalan pajak perusahaan. Apabila badan usaha masih belum menyelesaikan pajak, sebaiknya selesaikan terlebih dulu.
  • Pakai akun email perusahaan aktif.

2. Proses Pembuatan NIB Online

Jika sudah mempersiapkan semua data yang disebutkan di atas, kini kamu hanya perlu mengajukan permohonan pembuatan NIB perusahaan. Silahkan ikuti tahapan pembuatan NIB online berikut :

Membuat NIB Perusahaan Online
  • Perusahaanmu suda mempunyai surat untuk pengurusan usaha, baik dalam bentuk Firma, PT, CV, Yayasan maupun Koperasi wajib mempunyai akta pendirian yang sah sebagai bukti jika usaha yang kamu jalankan adalah benar. Jangan lupa untuk membuat NPWP perusahaan.
  • Kamu bisa mendaftar online dengan cara mengakses website www.oss.go.id. Persiapkan paspor dan KTP pribadi yang berlaku dan akan dijadikan sebagai ID atau user ID. Silahkan ikuti tahapan pendaftaran di situs web tersebut.
  • Persiapkan semua data pendukung, diantaranya data untuk BP Jamsostek, Badan Usaha, BPJS kesehatan, Pemegang Saham, atau data lainnya.
Terkait:  Cara Menang Giveaway di IG

Semua data yang akan diajukan harus dapat dipertanggung jawabkan. Jadi, jangan sampai memberikan data-data yang fiktif alias palsu sebab konsekuensinya bisa saja izin usaha akan dicabut. Jika hal ini terjadi, kamu bisa kerepotan sebab perizinan yang kedua bisa menyulitkan.

Oleh sebab itu, jangan pernah melanggar aturan. Meskipun tahapannya saat ini sudah bisa dibilang mudah, tetap saja kamu harus mengikuti ketentuan.

Selanjutnya, kamu bisa menyelesaikan tahapan proses pengajuan NIB. Jika sudah, tunggu sampai pengajuannya diterima. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan jika kamu telah mempunyai NIB atau Nomor Induk Berusaha untuk dijadikan bukti jika usaha milikmu memang telah diakui negara.

Silahan simpan data NIB karena biasanya akan diperlukan untuk beberapa urusan. Hal ini juga dapat mempermudah pengecekan NIB perusahaan selanjutnya.

Cara Mengecek NIB Perusahaan

Cara Mengecek NIB Perusahaan
Panduan Mengecek NIB Perusahaan Online

Panduan Mengecek NIB Perusahaan Online

Cara mengecek NIB perusahaan dapat dilakukan dengan mudah dan praktis dimanapun kamu berada, asalkan terhubung ke dalam koneksi internet. Ada 2 opsi yang bisa kalian lakukan untuk mengecek NIB perusahaan, berikut ini :

1. Cek NIB Perusahaan di Situs NSWi

Situs NSWi adalah salah satu situs yang bisa dipakai untuk melacak NIB perusahaan yang sudah kamu buat. Untuk langkah-langkah pengecekan NIB di NSWi, simak panduannya berikut :

Mengecek NIB Perusahaan
  • Kunjungi situs web nswi.bkpm.go.id
  • Jika sudah memasuki laman situs web NSWI, tekan tracking di bagian atas pada tampilan menu. Pada halaman menu tersebut, kamu akan menemukan opsi tracking dan harus diisi oleh NIB perusahaan.
  • Jika kamu telah menginputkan NIB perusahaan, tekan cari. Silahkan tunggu sampai hasil pencariannya keluar. Kamu dapat mengetahui status dari badan usaha yang kamu cek.

2. Mengecek NIB Perusahaan Online Melalui Situs INSW

Selain situs NWSI, kamu bisa mengakses laman Indonesia National Single Window atau INSW. Simak langkah pengecekan NIB perusahaan di situs INSW berikut :

Terkait:  Cara Cek Pengiriman J&T
Mengecek NIB Perusahaan Melalui INSW
  • Silahkan buka laman INSW atau di https://insw.go.id/. Pada portal tersebut, kalian akan menjumpai beberapa opsi menu khusus.
  • Jika ingin mengecek NIB, cukup sorot opsi penelusuran kemudian pilih NIB
  • Masukkan NIB perusahaanmu.
  • Maka status legalitas badan usaha akan langsung ditampilkan.

3. Mengecek NIB Perusahaan Melalui OSS

Cara mengecek NIB Perusahaan selanjutnya adalah lewat Online Single Submission. Berikut langkah-langkahnya :

  • Ingin cek status NIB perusahaan lewat OSS, kamu hanya perlu mengunjungi https://oss.go.id/portal/ saja. Selanjutnya, kamu akan ditampilkan tentang gambaran perusahaan yang ingin dicek.
  • Silahkan masuk ke beranda atau halaman utama situs OSS.
  • Di halaman utama, kamu akan menemukan menu-menu yang tersedia, tekan status NIB.
  • Jika ingin mengeceknya, tekan pilihan tersebut.
  • Laluisi data-data sesuai perintah.
  • Isi kolom dengan nomor NIB perusahaan.
  • Lalu inputkan nomor beserta tanggal dan kode captcha, tekan submit.
  • Silahkan tunggu sampai sistem memproses informasi yang kamu.
  • Kamu akan menerima informasi status badan usaha.

Silahkan ikuti langkah cara mengecek NIB perusahaan diantara ketiga metode yang ada di atas. Selanjutnya, kamu bisa mengetahui apakah perusahaanmu sudah terdaftar atau belum.

Related posts