Cara Cek Kuota Indosat

Cara Cek Kuota Indosat

Cara cek kuota Indosat sangat penting diketahui oleh para pengguna Indosat, terutama pengguna newbie. Mengecek kuota internet memang harus dilakukan secara berkala agar kita bisa menggunakan kuota internet dengan lebih bijak. Selain itu, Kamu tak akan kaget jika sewaktu-waktu internet tidak bisa digunakan akibat kehabisan kuota.

Secara umum, cara pengecekan kuota untuk semua provider sama saja. Kamu dapat mengeceknya lewat SMS, menu Dial Up, hingga secara online. Hanya saja, untuk kode dan cara spesifiknya akan berbeda setiap provider.

Read More

Misalnya saja, jika Kamu nggak mau ribet menghafalkan kode dial up untuk cek kuota dan memilih pengecekan kuota Indosat lewat aplikasi. Tentunya kamu harus mendownload aplikasi khusus milik Indosat terlebih dulu. Begitupun dengan provider lain, pengecekan kuota harus dilakukan di aplikasi provider lainnya. Karena setiap provider memiliki aplikasi yang berbeda satu sama lain.

Mengingat pentingnya penggunaan kuota internet, karena sehari-hari kita cenderung menghabiskan waktu untuk berselancar menggunakan jaringan internet. Jadi, sangat dianjurkan untuk mengecek kuota internet secara berkala. Agar Kamu bisa melakukan persiapan sebelum kuota internetmu benar-benar habis.

Jenis-Jenis Kuota

Selain kuota internet, sebenarnya ada 2 jenis kuota lainnya yang sangat penting untuk keberlangsungan komunikasi yang dilakukan via hp. Setiap provider juga memiliki 3 jenis kuota tersebut, diantaranya :

1. Kuota SMS

Short Message Service (SMS) adalah sebuah layanan yang dikeluarkan oleh provider dengan mengutamakan jaringan provider itu sendiri. Dimana penggunanya membutuhkan pulsa atau paket SMS dalam mengirimkan SMS ke nomor tujuan.

Mengirim SMS bisa dilakukan dengan 2 cara dilihat dari segi ketersediaan pulsanya.

  • Menggunakan Pulsa Reguler

Kamu hanya membutuhkan pulsa regular dari kartu SIM milikmu, namun biasanya biaya SMS dengan menggunakan cara ini lebih mahal 2 hingga 3 kali lipatnya ketimbang memakai paket SMS.

  • Menggunakan Paket SMS

Setiap operator seluler selalu menyediakan paket SMS agar biaya SMS yang dikeluarkan lebih terjangkau dibanding memakai pulsa reguler. Bahkan penggunaan paket SMS ini bisa lebih rendah 2 hingga 3 kali lipatnya dari SMS reguler. Bukan itu saja, ada sebagian operator yang menyediakan SMS gratis jika memilih paket tertentu. Jadi Kamu bisa leluasa mengirimkan SMS tanpa perlu mengeluarkan biaya pulsa sama sekali.

2. Kuota Telepon

Kuota telpon digunakan untuk kepentingan menelpon baik pada sesama operator atau lintas operator. Seiap operator seluler memiliki kebijakan tersendiri mengenai paket yang tersedia. Adapun beberapa paket nelpon secara umum bisa kamu lihat dibawah ini :

  • Paket sesama operator, biasanya dikhususkan untuk menelpon ke sesama operator dengan biaya lebih murah. Lain halnya dengan lintas operator yang biayanya cenderung lebih mahal.
  • Paket lintas operator, Indosat menjadi salah satu operator yang menawarkan keuntungan besar mengenai paket ini. Sebab disinyalir memberikan paket lintas operator dengan biaya termurah ketimbang provider lainnya.

3. Kuota Internet

Saat ini kuota internet merupakan kuota yang paling banyak dibutuhkan oleh hampir semua pengguna smrtphone. Pasalnya, semua aktivitas sehari-hari sebagian besar menggunakan kuota internet.

Cara Cek Kuota Indosat

Cara Cek Kuota Indosat
Panduan Cara Cek Kuota Indosat

Panduan Cara Cek Kuota Indosat

Karena kuota intenet merupakan hal yang paling penting, maka kamu wajib mengetahui cara cek kuota internet Indosat, tujuannya supaya Kamu mengetahui sisa kuota yang dapat Kamu pakai. Sehingga aktivitasmu tidak terhambat saat kuota internet tiba-tiba saja habis. Oke, langsung saja simak ulasan cara cek kuota Indosat berikut ini.

1. Cek Kuota Indosat Melalui Pesan Singkat

Metode yang pertama untuk mengetahui kuota internet yang tersisa di kartu Indosatmu ialah dengan menggunakan pesan singkat alias SMS. Cara ini bisa dikatakan paling mudah, karena Kamu tidak perlu ribet-ribet mengunduh aplikasi untuk mengecek kuota internet Indosat. Adapun langkah-langkahnya, berikut ini :

  • Silahkan buka menu SMS atau aplikasi perpesanandi iPhone maupun di perangkat android milikmu.
  • Masukkan nomor yang akan dituju yaitu 363. Adapun nomor ini merupakan nomor default dari pelayanan khusus Indosat, sehingga Kamu lebih aman saat mengirimkan pesan ke nomor tersebut.
  • Setelah itu, kamu tinggal ketik saja pada kolom perpesanan dengan mengetik ‘USAGE’ lalu kirim ke nomor tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga pesan tersebut diterima oleh sistem, selanjutnya Kamu akan menerima pesan SMS dari nomor 363, tentang informasi sisa kuota internet yang dimiliki.

Cara di atas tentu saja nggak perlu waktu lama, dan Kamu langsung mendapatkan informasi terkait sisa kuota Indosat milikmu.

2. Cek Kuota Indosat Melalui Dial Up

Cara cek kuota Indosat selanjutnya dapat dipilih jika Kamu ingin yang lebih praktis, tanpa membutuhkan pulsa regular. Hanya saja, Kamu harus mengingat kode dial yang digunakan untuk mengecek kuota dan ikuti instruksinya. Oke, simak langkah-langkahnya berikut :

  • Masuklah ke menu telpon yang ada pada layar utama hpmu.
  • Setelah masuk, kamu tinggal ketikkan pada layar dengan mengetik : *363#.
  • Jika sudah mengetiknya, kamu tinggal menekan tombol panggilan.
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul pilihan menu internet yang tersedia.
  • Kamu cukup memilih menu status dan info, kemudian cek kuota internet jika ingin mengetahui sisa kuota internet yang ada di nomor Indosatmu. Selain itu, di poin kedua ini bisa digunakan sebagai cara mengecek nomor Indosat.

3. Cek Kuota Indosat Melalui Aplikasi

Cara cek kuota Indosat selanjutnya ialah memakai bantuan aplikasi dari Android yang dinamakan dengan myIM3. Kelebihan dari penggunaan aplikasi adalah kamu bukan hanya bisa mengecek sisa kuota internet, melainkan juga akan mendapat beragam informasi terkait produk Indosat. Kamu juga bisa mengetahui promo Indosat lewat aplikasi MyIM3.

Karena kepraktisannya, Kamu bisa mengakses aplikasi MyIM3 untuk berbagai transaksi yang berkaitan dengan provider Indosatmu, termasuk untuk mengecek jumlah kuota Indosat yang dimiliki. Berikut tutorialnya :

  • Unduh aplikasi My IM3 lebih dulu lewat platform Play Store bagi pengguna android.
  • Setelah mengunduhnya, Kamu tinggal menginstal aplikasi ini di perangkat hpmu.
  • Jika sudah, silahkan login atau mendaftar akunmu dengan menyebutkan nomor Indosat yang akan Kamu cek kuotanya sekaligus yang masih digunakan.
  • Jika sudah, lakukan verifikasi untuk membuktikan jika nomor Indosat yang Kamu pakai adalah milikmu sendiri.
  • Setelah itu, Kamu tinggal masuk ke aplikasi MyIM3
  • Jika sudah, Kamu akan masuk ke menu utama Silahkan scroll layar hingga ke bagian bawah, selanjutnya cari menu data. Nah, di menu inilah Kamu akan mendapatkan informasi tentang sisa kuota internet yang dimiliki kartu Indosatmu.
  • Klik menu data tersebut dan lihatlah informasi yang tersedia mengenai kuota internet yang kamu miliki.

Perlu kamu ketahui, informasi yang ditampilkan pada menu data terdiri dari kuota internet, kuota bonus dan kuota utama.

Bagi kamu pengguna produk iPhone sebenarnya caranya tidak jauh berbeda, jika ingin menggunakan aplikasi myIM3. Adapun perbedaannya ialah, Kamu harus mengunduh aplikasi My IM3 lewat platform App Store.

Itulah beberapa cara cek kuota Indosat yang dapat Kamu pilih. Silahkan pilih metode yang paling mudah, praktis dan hemat menurutmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts