Cara Cleaning Printer HP

Alat yang digunakan untuk mencetak sebuah file atau dokumen ke dalam bentuk kertas, dikenal sebagai printer. Terdiri dari beberapa merek ternama yang laris manis di pasaran hardware, yaitu HP. Pertama kali didirikan di negara Amerika Serikat, kota California. Kini, sudah dapat kalian temukan dengan mudah produknya di Indonesia. Pelajari cara cleaning printer hp selengkapnya.

Perusahaan HP dibangun oleh 2 orang tokoh dengan latar belakang pendidikan mengesankan. Ya beliau adalah Bill Hewlet dan rekannya David Packard. Bermodalkan uang yang terbilang cukup sedikit. Keduanya berhasil membawa bisnis mereka menjadi salah satu yang paling terbesar di dunia. Bill sendiri menjabat sebagai CEO kurang lebih sekitar 9 tahun. Kemudian beliau pensiun.

Read More

Hewlett Packard atau yang lebih sering disebut dengan merek HP ini, tidak hanya memproduksi printer saja. Ada perangkat teknologi canggih lainnya seperti laptop, mesin fotokopi, desktop, hingga printer 3D juga tersedia. Selain itu, kamu juga dapat menemukan solusi untuk keuangan melalui Mikro Bisnis, Bisnis Kecil, sampai dengan grafis. Dapatkan promonya saat Hari Raya.

Cara Cleaning Printer HP

Cara Cleaning Printer HP
Cara Cleaning Printer HP

Cara Cleaning Printer HP Ink Tank 315

Perawatan terhadap printer, termasuk ke dalam salah satu hal yang perlu kalian perhatikan ketika sering menggunakan perangkat tersebut. Selain untuk menjaga performa alat print terus dapat bekerja secara optimal. Kalian jadi bisa mendapatkan hasil cetakan berkas yang bagus. Caranya, bisa dimulai dengan menjaga kebersihan dari printer. Berikutnya, lakukan juga Cleaning Head.

Cara cleaning printer HP ink tank 315 dengan mudah. No ribet deh pokoknya! Simak penjelasan langkah-langkahnya secara seksama di bawah ini. Setelah itu, coba kalian praktekan langsung ke printer HP yang dimiliki. Berikut instruksi selengkapnya tanpa perlu kamu gunakan aplikasi HP :

  1. Hidupkan printer HP dengan menekan tombol “Power
  2. Tekan lalu tahan tombol pada “Power” sambil menekan tombol X sebanyak 2 kali
  3. Lanjutkan dengan cara didiamkan sampai proses cleaning yang sedang berlangsung secara otomatis terdeteksi telah selesai
  4. Apabila tombol “Power” sudah berhenti berkedip nyalanya. Artinya, proses cleaning otomatis telah selesai
  5. Printer HP kalian sudah siap untuk digunakan kembali.
Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Hasil cleaning yang telah dilakukan, bisa kalian pantau dengan cara cetak salah satu file ke satu lembar kertas. Setelah itu, perhatikan hasil cetakannya. Bila terlihat ada tinta yang masih belum merata penyebarannya atau bahkan menggumpal. Sebaiknya, segera lakukan pembersihan ulang. Kamu dapat mencoba langkah-langkah lain dengan menggunakan bantuan aplikasi HP. Check!

  1. Sambungkan antara laptop/PC/komputer dengan printer HP menggunakan kabel USB pada printer
  2. Bila kedua perangkat tersebut sudah berhasil terkoneksi satu sama lain, masukkan kertas di bagian roller penyimpanan HVS atau kertas Foto yang akan dicetak
  3. Masuk ke “Start Menu” yang ada di perangkat laptop kalian
  4. Search software HP Deskjet yang telah kalian install ke perangkat laptop. Kalau belum, langsung lakukan pemasangan driver printer ke laptop (periksa di official web HP)
  5. Muncul laman berikutnya dengan beberapa menu. Diantaranya ada “HP Connected, Print, Shop, Help, Utilities”. Klik opsi menu “Print” untuk mulai cara cleaning HP
  6. Bagian bawah dari menu tersebut akan kalian temukan 2 pilihan yaitu, “See What’s Printing” dan “Maintain Your Printer
  7. Pilih “Maintain Your Printer
  8. Laman berikutnya, muncil beberapa opsi menu lainnya seperti: “Align Ink Cartridges, Clean Ink Cartridges, dan Clean Printer”
  9. Kalian pilih “Clean Ink Cartridges
  10. Diamkan sampai proses cleaning yang berlangsung selesai
  11. Tunggu sampai ada tulisan notifikasi “ Cleaning Has Completed”.

Cara Cleaning Printer HP 2135

Kalian yang masih merasa ragu dengan hasil cleaning yang telah dilakukan, sebaiknya uji coba print secara langsung. Lakukan pencetakan kurang lebih minimalnya sebanyak 3 kali. Apabila kamu masih menemukan celah hasil printing yang kurang optimal. Maka, lanjutkan cleaning melalui second level clean terhadap printer HP tersebut. Supaya, hasil cetakannya maksimal.

Terkait:  Cara Cleaning Printer Epson

Printer HP 2135, di platform belanja online seperti halnya Tokopedia. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 500.000-an saja. Ada toko yang menjual dengan harga Rp 595.000 untuk tipe HP Deskjet 2135 Ink Advantage. Kamu juga bisa mendapatkan harga beli yang lebih rendah lagi, melalui penambahan poin yang telah dimiliki. Selain itu, apply voucher dari Tokopedia bila ada.

Cara cleaning printer HP 2135 sama saja dengan tipe 315. Soalnya, masih satu merek. Prosesnya mudah, serta kalian tidak perlu panik harus mengeluarkan biaya besar. Kecuali, komponen di bagian cartridge perlu diganti. Kalau hanya memperbaiki masalah tinta yang keluarnya tidak bisa oprtimal. Kamu cukup lakukan cleaning saja. Begini proses selengkapnya:

  1. Koneksikan antara kedua perangkat laptop dengan printer HP menggunakan USb printer
  2. Buka aplikasi “HP Deskjet” yang sebelumnya sudah kalian install
  3. Temukan menu pilihan “Print” saat laman berikutnya muncul
  4. Lanjutkan dengan memilih “Maintain Your Printer” untuk mulai cara cleaning printer HP
  5. Muncul tampilan pop-up windows, lalu pilih menu “Device Services
  6. Klik opsi “ Clean Ink Cartridges
  7. Proses cleaning berlangsung, jangan ditutup paksa bagian laman cleaningnya
  8. Muncul notifikasi “Cleaning Has Completed”. Artinya, proses telah selesai.

Head Cleaning sendiri merupakan, salah satu metode atau cara yang dapat kalian manfaatkan untuk mengatasi permasalah yang terjadi pada tinta. Terutama, ketika tintanya tidak bisa keluar secara optimal. Sehingga, menimbulkan hasil cetakan yang jelek. Entah itu bergaris, atau bahkan menggumpal tintanya, seperti bercak-bercak yang sengaja ditumpakan ke kertas print HVSmu.

Oleh sebab itu, proses cleaning ini sangat dianjurkan ketika kalian merasa hasil cetakannya tidak sesuai dengan harapan. Umumnya, kalau setelah melakukan pembersihan masih menunjukkan hasil yang kurang optimal. Kalian bisa mencoba deep cleaning untuk meningkatkan pembersihan terhadap printer HP. Cara tersebut, berfungsi sebagai metode perawatan hardware printer.

Terkait:  Cara Ngeprint Bolak Balik

Cleaning Printer HP Tanpa Aplikasi

Lakukan pembersihan pada printer HP tanpa aplikasi? Pasti bisa dong. Kalian hanya perlu lihat OS Windows apa yang digunakan pada perangkat PC/laptop/ komputer yang disambungkan ke bagian hardware printer. Berikut, langkah-langkah untuk pembersihan yang dilakukan dengan menggunakan OS Windows 8.

  1. Pilih menu “Start”, lalu ketik “Control Panel” pada kolom search, dan pilih “Enter
  2. Tampilan menu Control Panel terbuka, kalian pilih “Hardware and Sounds
  3. Klik opsi “Devices and Printer”. Lihat sambungan printer HP yang terdeteksi oleh sistem
  4. Klik tombol kanan pada mouse atau trackpad dengan mengarahkan kursor pada printer yang digunakan
  5. Pilih tab “Maintenance” pada tampilan pop-up windows berikutnya
  6. Klik “Cleaning” lalu pilih “OK”
  7. Lanjutkan pilihan warna yang akan kalian bersihkan. Contoh, pilih “All Colors
  8. Klik tombol “Excute” > pilih “OK” untuk memulai proses cara cleaning printer HP
  9. Tunggu sampai proses cleaning selesai, dan lihat hasilnya.

Sekian penjelasan mengenai cara cleaning printer HP di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye bye!

 

Related posts