Cara Cek Garansi Hp Xiaomi

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi

Cara cek garansi hp Xiaomi sangat penting untuk mengetahui keaslian hp Xiaomi yang akan Kamu beli. Meskipun mengecek spesifikasi dan kondisi fisik hp juga penting, Kamu juga harus memperhatikan keaslian garansi. Tujuannya agar Kamu lebih mudah mengklaim garansi saat ada kerusakan atau masalah yang terjadi pada hpmu.

Jika Kamu membeli hp Xiaomi di konter dan bukan di Official resminya, hal yang harus dilakukan pertama kali ialah mengecek garansi hp Xiaomi terlebih dulu. Sebab kenyataannya tak semua hp Xiaomi yang dijajakan di tanah air sudah bergaransi. Namun sebelumnya, cari tahu dulu tentang jenis-jenis garansi hp yang berlaku di tanah air!

Read More

Jenis-Jenis Garansi Hp dan Perbedaannya

Kenapa sih penting sekali mengecek garansi hp? Ya, dengan mengecek garansi hp yang akan dibeli, Kamu bisa mengetahui apakah hp tersebut ori/legal ataukah BM (black market). Pengertian dari hp BM itu sendiri ialah hp tersebut masuk ke tanah air lewat pasar gelap, dengan kata lain nomor IMEI-nya tidak jelas.

Tapi sayangnya, Hp BM tersebut persis sama dengan produk hp resmi dan sulit dibedakan, terlebih jika penjual hp telah mengemasnya sedemikian rupa memakai kotak atau dus hp baru yang telah dilapisi oleh plastik.

Untungnya ada alternatif cara yang bisa Kamu terapkan untuk membedakan antara hp legal/ori dengan BM yang hanya memiliki garansi toko. Ini dia ulasannya :

1. Garansi Distributor Independen

Kamu harus hati-hati apabila ada toko hp yang hanya menawari klaim dengan garansi ini. Biasanya garansi distributor independent hanya akal-akalan penjual yang mengelabui pembeli awam yang tak terlalu mempedulikan tentang produk hp. Perlu Kamu ketahui bahwa garansi distributor independent ini sebagai bentuk penyamaran jika perangkat yang dijual tersebut adalah produk BM.

2. Garansi Personal

Untuk kasus ini, Kamu harus lebih teliti lagi sebagai calon pembeli. Karena ada 2 kemungkinan produk gadget ini dijual. Pertama, mungkin saja hp tersebut bergaransi resmi tapi masa garansinya sudah habis. Kemungkinan kedua, ini adalah hp BM dengan garansi personal. Jadi apabila hp tersebut rusak berdasarkan waktu tertentu, maka seller yang bertanggung jawab terhadap kerusakan hp tersebut.

3. Garansi Resmi

Apabila toko hp mengatakan hp tersebut sudah dibekali garansi resmi, ini artinya smartphone yang Kamu beli sudah resmi. Jadi, bisa dikatakan hp tersebut adalah legal. Terlebih apabila Kamu menjumpai ada lambing dari PT BPTM (Bangun Persada Tata Makmur) dan PT TAM (Taletama Artha Mandiri) pada kemasannya. Hal ini dikarenakan kedua distributor ini telah resmi menjual produk smartphone di Indonesia.

Oke, selanjutnya untuk mengecek garansi resmi hp yang akan dibeli, Kamu bisa mengikuti panduan di bawah!

Cara Cek Garansi di Hp Xiaomi

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi
Panduan Cek Garansi Hp Xiaomi

Panduan Cek Garansi Resmi di Hp Xiaomi

Untuk memastikan keaslian dan legalitas hp Xiaomi yang akan Kamu beli, Kamu perlu tahu cara cek garansi di hp Xiaomi. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cara cek garansi hp Samsung, tapi Kamu bisa coba ikuti langkah-langkahnya berikut :

Metode 1 : Cek Garansi Hp Xiaomi di Dus Kemasan Hp

Pada dusbox hp xiaomi, kamu pastinya tidak hanya melihat informasi spek dan tipe hp Xiaomi yang akan kamu beli. Melainkan akan ada stiker TAM jika memang hp tersebut bergaransi resmi. Namun sebaliknya, jika membeli hp xiaomi baru namun tidak ada stiker TAM, bisa dipastikan bahwa hp tersebut adalah hp BM.

Ini sesuai penjelasan di atas, dimana TAM adalah distributor resmi penjualan hp Xiaomi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pastikan dengan benar apakah pada dusnya terdapat stiker TAM atau tidak. Selain TAM, pastikan pula ada stiker PT SAT Nusapersada tbk sebagai perusahaan resmi yang merakit produk Xiaomi di Indonesia.

Jadi kesimpulannya, apabila kamu menemukan made in china dan bukan tulisan PT SAT Nusapersada tbk, maka garansinya hanya garansi distributor lokal saja.

Jika Kamu membeli hp baru mungkin sangat gampang mencoba cara cek garansi hp Xiaomi ini, apakah resmi ataukah BM. Tapi sayangnya, jika Kamu beli hp Xiaomi bekas akan sulit mengeceknya, terlebih jika dusnya sudah tidak ada.

Metode 2 : Cek Garansi Hp Xiaomi Dengan Melihat Chargernya

Cara cek garansi hp Xiaomi berikutnya ialah dengan mengecek chargernya. Ciri dari charger asli yang menandakan bahwa hp tersebut bergaransi resmi adalah charger hp nya memiliki dudukan standar dua kaki. Biasanya langsung di colokkan ke listrik, serta tidak memerlukan adapter khusus.

Adapun jika kamu mendapatkan hp xiaomi dengan bentuk pipih dan memiliki tiga kaki serta memerlukan adapter tambahan, dapat dipastikan jika hp tersebut berasal dari china dengan garansi distributor toko.

Sudah jelas perbedaannya bukan? Akan tetapi, untuk hp second penjual bisa saja menukar chargernya seolah-olah hp xiaomi tersebut adalah asli.

Metode 3 : Cek Garansi Hp Xiaomi Dengan IMEI

IMEI merupakan salah satu identitas yang diberikan pada setiap smarthphone yang beredar, apapun jenis dan mereknya. Termasuk hp xiaomi, akan dibekali dengan nomor IMEI. Nah, jika hp memiliki garansi resmi, otomatis IMEI-nya sudah masuk ke dalam sistem database Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Indonesia (Kemenperin).

Untuk mendapatkan nomor IMEI bisa dilakukan beberapa cara, namun yang paling mudah kamu lakukan adalah dengan melakukan panggilan lewat kode dial. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka hp xiaomi yang akan kamu beli.
  • Masuk ke menu panggilan lalu ketikkan kode dial *#06#, setelah itu klik OK atau panggil.
  • Sesaat kemudian nomor IMEI hp akan muncul pada layar. Kamu catat nomor IMEI tersebut lalu cek lewat situs-situs resmi pengecekan IMEI.

Pengecekkan nomor IMEI secara online bisa dilakukan pada 2 situs sekaligus. Tujuannya untuk meyakinkan kamu agar tidak terjebak dengan iming-iming penjual yang menyatakan bahwa hp xiaomi yang dimaksudkan bergaransi resmi. Adapun langkahnya bisa dijelaskan berikut ini :

1. Melalui Laman Resmi Kemenperin

Karena nomor IMEI akan selalu tersimpan di database Kemenperin, maka jika kamu memasukkan nomor IMEI, lalu ternyata nomor tersebut muncul. Dapat dipastikan jika hp yang akan kamu beli resmi bergaransi. Namun sebaliknya, jika nomor IMEI-nya ternyata tidak muncul di web Kemenperin, ini artinya hp tersebut adalah produk BM.

Adapun situsnya adalah www.imei.kemenperin.go.id. Silahkan buka situs webnya, kemudian masukkan nomor IMEI yag telah kamu dapatkan sebelumnya untuk diinputkan ke kolom pencarian. Setelah itu, akan muncul informasi terkait nomor IMEI yang kamu masukkan tersebut.

2. Melalui Web Resmi Xiaomi

Agar kamu lebih yakin lagi dengan hp Xiaomi tersebut, kamu pun bisa memasukkan nomor IMEI langsung di laman resmi xiaomi.  Dengan begitu, Kamu bisa mengecek apakah produk tersebut bergaransi resmi atau tidak.

Untuk situsnya kamu bisa masukkan pada browser dengan alamat www.buy.mi.com/id/registration. Kemudian masukkan nomor IMEI hp dan ikuti beberapa petunjuk didalamnya, hingga muncul informasi hp berdasarkan nomor IMEI yang kamu masukkan.

Sederhananya, jika yang muncul tulisan berbahasa China, maka hp kamu tidak bergaransi resmi. Sementara, jika yang muncul tulisan berbahasa Indonesia maka hp tersebut merupakan hp bergaransi resmi.

Oke, itulah beberapa cara cek garansi hp Xiaomi lengkap yang bisa Kamu lakukan untuk memastikan keaslian dan legalitas hp yang akan dibeli!

 

Related posts