Cara Beli Token Listrik di Indomaret

Cara Bayar Token Listrik di Indomaret

Kehadiran token listrik sat ini memang menawarkan kemudahan, karena kita lebih mudah menekan biaya konsumsi listrik setiap bulannya. Dalam urusan pembeliannya juga sangat praktis, karena Kamu bisa membeli token listrik dimanapun. Salah satunya adalah dengan cara beli token listrik di Indomaret.

Token listrik adalah layanan listrik prabayar dari PLN. Melalui layanan yang satu ini, Kamu dapat melakukan pengisian pulsa listrik seperti halnya mengisi pulsa hp. Jadi, Kamu bisa mengisi ulang pulsa saat sudah habis. Meskipun terdengar simpel, namun kenyataannya token listrik seringkali membuat pelangannya merasa bingung. Karena masih banyak orang yang awam bagaimana cara membeli token listrik.

Read More

Sekilas Tentang Token Listrik

Sistem listrik pintar ini memang telah diperkenalkan sejak tahun 2012 lalu kepada masyarakat, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Pada saat itu, PLN telah melakukan inovasi terbaru Bernama Listrik Prabayar atau disingkat sebagai LPB. PLN sepertinya terinspirasi oleh layanan kartu prabayar yang digaungkan oleh berbagai perusahaan telekomunikasi.

Oleh karena itu, mereka menamai produk tersebut sebagai layanan listrik prabayar. Karena listrik prabayar pun bisa dilakukan isi ulang, tak jauh berbeda dari kartu prabayar provider seluler. Tak hanya itu saja, dengan adanya layanan listrik prabayar ini, cenderung lebih irit penggunaan konsumsi listrik sehari-hari.

Disebut Listrik prabayar sebab Kamu harus melakukan pembayaran iuran listrik terlebih dahulu, yang dikenal sebagai token listrik sebelum menikmati layanan listrik dari PLN. Oleh karena itu, untuk menggunakan listrik di rumah, Kamu harus membeli token PLN terlebih dahulu jika Kamu memasang listrik pra bayar.

Apa Saja Perbedaan Listrik Pascabayar dan Prabayar

Seperti sudah dijelaskan di atas, listrik prabayar mengharuskan kita untuk melakukan pembelian token listrik terlebih dahulu sebelum memakai fasilitas listrik. Oleh sebab itu, dinamakan listrik pra bayar. Berbeda dengan listrik pascabayar, yakni Kamu dapat menikmati fasilitas listrik terlebih dahulu, baru kemudian Kamu melakukan pembayaran di bulan berikutnya.

Listrik Prabayar dan Listrik Pasca Bayar, Mana yang Lebih Hemat?

Saat ini, layanan listrik prabayar semakin populer, bahkan lebih dikenal daripada listrik pintar. Sebaiknya, kapan kita melakukan pembelian token? PLN menyarankan pembelian token sebaiknya dilakukan apabila sisa stroom kurang dari 25 kWh. Tujuannya untuk mencegah permadaman listrik tiba-tiba akibat stroom habis. Oleh karena itu, pastikan Kamu sudah mengisi token jika stroom kurang dari 25 kWh.

Menggunakan listrik prabayar cenderung lebih hemat dan lebih baik dibandingkan listrik prabayar. Kamu bahkan bisa melakukan pembelian token listrik di berbagai tempat, termasuk cara beli token listrik di Indomaret.

Cara Beli Token Listrik di Indomaret

Cara Bayar Token Listrik di Indomaret
Bayar Token Listrik di Indomaret

Tutorial Beli Token Listrik di Indomaret

Salah satu opsi untuk membeli token listrik adalah dengan cara beli token listrik di Indomaret. Meskipun sebenarnya pembelian token listrik bisa dibeli dimanapun, namun cara ini juga tak kalah mudah dan praktis, apalagi bagi yang rumahnya berdekatan dengan gerai Indomaret. Indomaret termasuk salah satu payment point dengan menawarkan berbagai pilihan pembayaran, termasuk token listrik.

Dengan cara beli token listrik di Indomaret, tentu saja Kamu akan dibantu kasir yang sedang bertugas di Indomaret. Asalkan Kamu membawa atau mencatat nomor IDPEL atau ID Pelanggan yang bisa dilihat dari struk pembelian token listrik sebelumnya. Oke, simak ulasannya berikut ini :

  • Silahkan datang ke gerai Indomaret terdekat yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.
  • Lalu beritahukan ke kasir bahwa Kamu ingin melakukan pembelian token listrik.
  • Serahkan struk pembelian token listrik di bulan sebelumnya untuk melihat IDPEL listrik milikmu ke kasir. Atau bisa juga dengan menyerahkan catatan IDPEL milikmu. Lebih baik lagi jika Kamu menghafalnya.
  • Jika sudah, tunggu sebentar sampai kasir memberitahukan proses pengisian ulang token listrik berhasil dan menyerahkan nomor token listrik yang perlu Kamu isi di Kwh meter.
  • Bayar sesuai nominal yang tertera atau yang disebutkan oleh kasir. dan simpan nomor token jangan sampai hilang.

Itulah beberapa langkah cara beli token istrik di Indomaret yang bisa Kamu ikuti untuk mengisi token listrik pra bayar milikmu.

Apa Saja Keuntungan Membeli Token Listrik di Indomaret?

1. Beli Token dengan Peluang Dapat Hadiah

Dengan membeli token listrik di Indomaret, Kamu berkesempatan untuk menikmati berbagai macam promosi terkait pembayaran yang diadakan oleh pihak penyelenggara. Promosi yang dimaksud bisa dalam bentuk undian berhadiah atau kupon untuk ditukarkan dengan produk yang ditawarkan oleh pihak Indomaret.

Mengingat Indomaret termasuk retail teraktif di Indonesia yang mempunyai laba besar, tak jarang mereka memberikan hadiah berupa barang kebutuhan sehari-hari sampai uang jutaan rupiah.

Setiap promo yang di berikan oleh retail biasanya dengan mengandalkan struk belanja yang dapat ditukarkan dengan hadiah jika beruntung. Oleh sebab itu, kamu harus menyimpan setiap struk pembelian token listrik ketika sedang ada promo dari indomaret.

2. Pembayaran Tunai

Bagi kamu yang selalu menyimpan uang secara tunai dan dana di rekening bank milikmu tidak mencukupi, tentu saja akan kesulitan dalam melakukan transaksi secara online. Maka dari itu, dengan menggunakan retail seperti Indomaret, ini adalah langkah ideal sebab pembayaran dapat dilakukan dengan cara kontan atau tunai.

Kelemahan Membeli Token Listrik di Indomaret

Untuk kelemahannya sendiri, lebih cenderung kepada jam operasional Indomaret saja. Sebab secara umum jam operasional akan dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00. Walaupun demikian, sekarang ini sudah banyak gerai-geraai Indomaret yang membuka pelayanan hingga 24 jam.

Sebenarnya kelemahan atau kekurangan ini tak terlalu diperhitungkan, karena tidak begitu menghambat pengisian token listrik. Sebagai alternatifnya, Kamu bisa melakukan pembelian token listrik saat kwhnya kurang dari 25 kwh sesuai saran PLN. Agar Kamu tidak kelabakan saat tengah malam token listrik habis atau listrik mati total.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan metode pengisian lainnya karena kini ada banyak merchant yang menyediakan layanan pengisian token listrik. Bahkan Kamu bisa melakukannya di toko online, seperti di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Atau jika Kamu menggunakan layanan mobile banking, juga bisa dilakukan asakan Kamu memiliki sisa saldo di rekening yang mencukupi untuk melakukan pembelian pulsa listrik.

Kesimpulan

Pembelian token listrik melalui Indomaret sangatlah mudah dilakukan oleh siapapun, kamu hanya perlu mengetahui nomor ID pelanggan dan nomor meter listrik saja sehingga proses pembelian akan segera diproses langsung oleh kasir. Jadi, Kamu tidak perlu repot harus menyelesaikan tahapan-tahapan pengisian token seperti halnya menggunakan layanan mobile banking atau melakukan pembelian di marketplace secara online.

Cara beli token listrik di Indomaret sendiri langkah-langkahnya tak jauh berbeda dari pembelian token di gerai-gerai lain, baik itu Alfamidi, Lawson, atau Alfamart. Jadi, Kamu bisa membeli token listrik di gerai manapun tergantung lokasi gerai tersebut. Namun biasanya, gerai Indomaret atau Alfamaret sering kita jumpai karena lokasinya selalu berdekatan dengan rumah-rumah penduduk. Karena itu, lebih mudah dijangkau dibandingkan gerai lainnya.

 

 

Related posts