Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Apakah bisa bayar Tokopedia Pakai Gopay? Bagaimana cara bayar Tokopedia Pakai Gopay? Apakah pengguna yang tidak memiliki Rekening BANK bisa melakukan pembayaran Tokopedia lewat Gopay?

Ngomongin tentang aktivitas belanja online, mungkin saat ini kita sudah kerap kali menemukan banyak layanan e-commerce di Indonesia yang membantu kita untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari membeli keperluan rumah, pribadi, olahraga, fashion, sampai mungkin otomotif.

Itulah mengapa saat ini ada banyak sekali para pengguna yang lebih senang melakukan kegiatan belanja online, ketimbang kegiatan belanja konvensional dengan mengunjungi toko atau store offline. Selain itu, layanan e-commerce atau toko online sendiri juga memiliki ragam keuntungan.

Baik untuk pihak penjual atau pembeli, mereka yang bergelut didalam dunia e-commerce sangat diuntungkan dengan adanya promo atau program layanan dari e-commerce itu sendiri. Mulai dari gratis ongkos kirim, potongan harga, flash sale, cashback, dan masih banyak lagi.

Tentunya, ini juga menjadi sebuah kesempatan untuk para seller atau penjual di e-commerce, dan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, dengan ragam promo yang digunakan. Salah satu e-commerce yang banyak digunakan saat ini adalah Tokopedia.

Sebagaimana kita tau, Tokopedia sendiri dikenal memiliki tampilan dan juga kemudahan yang sangat membantu pengguna baru, yang munkin ingin melakukan kegiatan belanja online untuk pertama kalinya. Dengan sistem pendaftaran yang sangat mudah, tentunya sangat membantu para konsumen dalam membeli produk yang diinginkan.

Selain itu, tokopedia juga sudah bekerja sama dengan banyak pihak pembayaran. Mulai dari pihak BANK, dompet digital, layanan Kredit Online, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pengguna yang mungkin saja tidak memiliki rekening BANK, bisa dengan mudah menggunakan beragam metode pembayaran yang disediakan.

Nah, berbicara tentang layanan Dompet digital, Ternyata tokopedia juga bekerja sama dengan salah satu Aplikator Ojek Online terbesar, yakni Gojek. Sebagaimana kita tau, Gojek sendiri sebenarnya merupakan sebuah layanan transportasi online, yang mana memiliki metode pembayaran GoPay atau Go Payment.

Biasanya, gopay ini bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran jasa dari pihak Gojek, ataupun melakukan pemesanan lain di Aplikasi Gojek, baik itu seperti Go Food, Go Box, Go Send, Go Ride, dan masih banyak lagi. Selain itu, cara top up atau pengisian saldo dari Gopay sendiri terbilang sangat mudah kok. Pertama tama kalian hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel kalian kedalam Aplikasi Gojek, nah, nomor yang terdaftar inilah yang nantinya akan berguna sebagai nomor untuk kalian melakukan top up.

Setelah itu kalian bisa mengunjungi merchant yang bekerja sama dengan Gojek, untuk melakukan top up saldo Gopay, untuk kemudian bisa digunakan sebagai metode pembayaran, salah satunya adalah Tokopedia. Hah? Emangnya bisa?

Pertanyaan diatas memang sempat menjadi pertanyaan untuk saya pribadi. Tapi ternyata, kalian juga bisa kok melakukan pembayaran untuk pembelian produk di tokopedia dengan menggunakan gopay. Caranya juga gak terlalu sulit kok, hampir mirip dengan menggunakan transfer bank atau virtual account. Tapi perlu diperhatikan ya, kalian harus terlebih dahulu memiliki saldo gopay yang cukup, atau sudah melakukan top up terlebih dahulu.

Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay
Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Dan buat kamu yang juga belum tau, berikut ini kami sajikan artikel tentang cara bayar Tokopedia pakai Gopay.

Langkah 1: Buat Pesanan baru di Tokopedia

Langkah pertama sebelum masuk kedalam menu pembayaran adalah dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Pada laman tokopedia sendiri, kalian bisa melihat banyak sekali kategori yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga history pencarian kalian.

Bahkan kalian juga bisa memilih ragam kategori lain di Tokopedia, seperti gratis ongkir, Flash Sale, Potongan harga, dan masih banyak lagi. Pada langkah ini, kamu bisa terlebih dahulu memasukkan belanjaanmu ke keranjang, atau mungkin langsung melakukan pembelian seperti biasa. Dan setelah itu

Langkah 2: Pilih Metode Pembayaran

Pada saat sudah yakin dengan produk yang akan dibeli, terlebih dahulu kita harus mengisikan semua data yang diperlukan, seperti misalnya

  • Nama dan Alamat lengkap Penerima
  • Jumlah / kuantiti produk
  • Opsi pengiriman / jasa ekspedisi yang digunakan
  • Kode Voucher (opsional)
  • Note (catatan kepada penjual)
  • Metode Pembayaran

Nah, jika semua data sudah dirasa benar terisi, maka selanjutnya kita bisa pilih METODE PEMBAYARAN dengan menggunakan BANK TRANSFER atau VIRTUAL ACCOUNT (misalnya MANDIRI) yang digunakan. Dan setelah itu, langsung saja tekan tombol KONFIRMASI / BAYAR SEKARANG dan tunggu sampai keluar kode bayar atau nomor Virtual Account dari Tokopedia. Copy Nomor Virtual Account Mandiri dari Tokopedia tadi, dan selanjutnya kita masuk ke tahap selanjutnya. Yaitu

Langkah 3: Buka Aplikasi Gojek dan Lakukan Pembayaran

Karena disini kita akan menggunakan sistem pembayaran melalui Gopay, maka pertama-tama kita buka dulu Aplikasi Gojek kita, dan pastikan kalian sudah melakukan Top Up atau memiliki saldo Gopay sesuai nilai belanjaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Buka Aplikasi Gojek terlebih dahulu
  • Tap pada pilihan Lainnya
  • Setelah itu, klik pada tombol Tarik / Withdraw
  • Selanjutnya, klik pada opsi Ke Rekening Bank
  • Kemudian lanjut untuk mengklik opsi Transfer Instan ke Rekening Baru (jika sebelumnya kalian belum pernah melakukan penarikan saldo dari Gopay ke Rekening)
  • Kemudian akan muncul pilihan BANK yang tersedia. Kamu bisa memlih BANK yang sesuai dengan Nomor Virtual Account Tokopedia tadi (pilih MANDIRI, BCA, BNI, atau BRI) silahkan disesuaikan saja.
  • Setelah memilih BANK, kalian akan diminta untuk Memasukkan Nomor Rekening, nah disini, kamu bisa mengisi Nomor rekening tersebut, dengan Nomor Virtual Account Tokopedia tadi
  • Kemudian, klik pada tombol LANJUT, dan jangan lupa untuk memasukkan nominal belanjaan dari Tokopedia
  • Setelah itu, klik pada tombol BAYAR dan masukkan PIN GOPAY kalian yang sudah disetting sebelumnya

Terakhir, kalian tinggal melihat status pembayaran di Tokopedia, ataupun tunggu sampai ada notifikasi bahwa pembayaran kalian sudah berhasil dilakukan.

Sedikit catatan yang perlu diingat, ketika menggunakan metode pembayaran Gopay di Tokopedia, pastikan kalian memiliki cukup saldo gopay, atau mungkin melakukan Top up saldo gopay terlebih dahulu, agar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Tokopedia.

Sistem yang berlaku disini sebenarnya tak jauh berbeda dengan menggunakan layanan Bank Transfer, hanya saja, cara ini bisa sangat berguna untuk pengguna yang mungkin tidak memiliki rekening BANK seperti Mandiri, BCA, BNI atau BRI, untuk melakukan transaksi namun memiliki saldo Gopay.

Perlu juga dicatat, pengguna Gopay / Gojek yang menggunakan cara ini sangat disarankan untuk melengkapi semua data yang dibutuhkan terlebih dahulu, atau mungkin melakukan Upgrade Akun Gojek dengan menyertakan KTP dan juga foto selfie dengan KTP.

Demikianlah artikel tentang cara bayar Tokopedia pakai Gopay, semoga artikel ini bisa menjadi salah satu alternatif untukmu ketika berbelanja online, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi