Cara Broadcast WhatsApp

Cara Broadcast WhatsApp

WhatsApp sangat ampuh sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk berbisnis. Ada banyak fitur canggih yang ditawarkan WhatsApp untuk memudahkan para penggunanya. Tak hanya untuk bisnis, WhatsApp juga efektif bagi komunitas karena memiliki fitur broadcast di dalamnya. Fitur broadcast inilah yang memungkinkanmu dapat mengirim pengumuman atau pesan penting ke beberapa nomor tanpa repot. Karena itulah, disini kita akan membahas cara broadcast WhatsApp.

Fitur Broadcast WhatsApp

Fitur broadcast WhatsApp adalah fitur pesan siaran, dimana Kamu dapat mengirim pesan yang sama secar masal ke banyak nomor atau kontak Whatsapp sekaligus. Melalui fitur ini, akan sangat mempermudah promosi bisnis tanpa repot harus copas pesan satu per satu ke beberapa kontak WhatsApp yang tentunya memakan banyak waktu.

Read More

Jadi dengan fitur broadcast, Kamu tak perlu lagi harus mengetik pesan teks satu per satu, lalu mengirimkannya ke beberapa kontak WhatsApp secara bertahap.

Lantas, bagaimana cara broadcast WhatsApp? Bagi Kamu yang ingin mencoba fitur ini, Kamu bisa mencoba beberapa metodenya lewat ulasan artikel di bawah ini!

Cara Broadcast WhatsApp

Cara Broadcast WhatsApp
Tutorial Cara Broadcast WhatsApp

Syarat Melakukan Broadcast WhatsApp

Ada beberapa ketentuan dan syarat melakukan broadcast WhatsApp yang harus dipahami terlebih dulu sebelum mencoba cara broadcast WhatsApp. Berikut persyaratannya :

  • Kamu harus menyimpan daftar kontak WhatsApp yang akan Kamu kirimi pesan siaran.
  • Pesan siaran hanya bisa dikirimkan ke sebanyak 256 kontak WA untuk sekali klik.
  • WhatsApp pada dasarnya tidak melakukan pengaturan banyaknya pesan yang Kamu kirimkan, tapi jika Kamu mengirimkan pesan broadcast terlalu banyak di waktu yang berdekatan bisa-bisa akunmu diblokir.
  • Waktu pesan yang diterima berbeda.

Berdasarkan persyaratan di atas, bisa saja merugikanmu sebagai pengusaha. Contohnya, mengirimkan pesan broadcast terlalu banyak bisa beresiko membut akunmu diblokir.

Tutorial Broadcast WhatsApp Biasa

Ada 2 cara broadcast WhatsApp yang bisa dilakukan tergantung dari perangkat yang Kamu gunakan. Berikut ini ulasannya :

1. Mengirimkan Pesan Broadcast WA di Perangkat Android

Kamu bisa melakukan broadcast langsung dari perangkat androidmu dengan mudah, ini dia langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke aplikasi WhatsApp di perangkat androidmu.
  • Di laman chat, ketuk ikon tiga titik yang berada di kanan atas.
  • Kamu bisa memilih ‘New Broadcast’.
  • Jika sudah, Kamu bisa memilih kontak WhatsApp yang akan dikirimi broadcast dengan maksimal sebanyak 256 kontak, lalu ketuk centang.
  • Selanjutnya tampilan akan langsung dialihkan menuju chat room pada pesan broadcast.
  • Kamu tinggal buat pesan broadcast yang akan dikirimkan, Kamu juga bisa menyisipkan video, lokasi, foto maupun kontak.
  • Baru setelah itu, tekan send.

2. Broadcast WhatsApp Lewat Perangkat iOS

Cara broadcast WhatsApp selanjutnya melalui perangkat iOS. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka WhatsApp Apps pada perangkat iOS.
  • Ketuk pilihan ‘broadcast lists’ di sebelah kiri bagian atas di laman ‘chats’.
  • Pilih ‘New List’ dan buat daftar kontak WA yang akan Kamu kirimkan pesan siaran, lalu pilih kontak WhatsApp tersebut.
  • Selanjutnya Kamu akan dialihkan pada tampilan chat room yaang baru untuk melakukan pesan broadcast.
  • Silahkan buat pesan broadcast sesuai keinginan atau cukup copas pesan WhatsApp yang telah diketik.
  • Tekan send, selanjutnya pesan siaran langsung dikirimkan.

Tutorial Broadcast WhatsApp Tanpa Harus Menyimpan Kontak

Untuk metode ini, Kamu hanya bisa melakukannya melalui PC. Jadi, cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan kontak WhatsApp hanya bisa dilakukan lewat laptop atau PC. Setelah itu, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka Browser Google Chrome Pada PC

Langkah awal yang dapat Kamu lakukan ialah buka web Googgle Chrome pada perangkat PC-mu. Namun sebelumnya Kamu harus memastikan akses internetmu lancar dan stabil.

2. Masuk ke Situs Chrome Web Store

Jika sudah masuk ke dalam web Google Chrome, langkah berikutnya Kamu bisa masuk ke Chrome Web Store.

3. Temukan Ekstensi Pesan Siaran WhatsApp

Cara broadcast WhatsApp selanjutnya Kamu tinggal temukan ekstensi pengiriman pesan broadcast WA tanpa harus menyimpan kontak penerima. Adapun ekstensi yang bisa dipakai dalam metode ini, salah satunya ialah WAMessages Sender. Setelah itu, ketuk ‘Tambahkan ke Chrome’.

4. Masuk ke WhatsApp Web

Jika ekstensi tadi sudah ditambahkan pada perangkat, Kamu tinggal masuk ke WA Web memakai akun WhatsAppmu.

5. Buka Ekstensi Pesan Siaran WA

Langkah selanjutnya buka ekstensi untuk broadcast WA yang telah ditambahkan. Ekstensi tersebut biasanya ada di menu samping kanan bagian atas pada layar desktop.

6. Upload File Excel Kontak WhatsApp Penerima

Cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan kontak WA selanjutnya ialah upload file Excel berisi nomor kontak WA penerima. Kamu harus ingat, bahwa nomor yang tertera di file Excel ini mesti berawalan 62 kemudian lanjutkan mengetikkan nomor hpnya, misalnya saja 62813xxxxx.

7. Masukkan Pesan Broadcast

Jika file Excel berisi kontak WA penerima telah berhasil terupload, Kamu tinggal memasukkan pesan broadcast. Isi kolom pesan sesuai kebutuhan, seperti promo untuk produk makanan, invitation atau undangan dan lainnya.

8. Kirim Pesan Broadcast WA

Setelah teks terisi, Kamu tinggal mengirimkan pesan broadcast dengan tekan opsi ‘Send Message’. Untuk selanjutnya, pesan tersebut secara otomatis akan langsung dikiriman pada nomor yang telah tercantum pada file Excel. Jika sudah masuk ke tahapan ini, cara broadcast WA pun sudah berhasil dilakukan.

Apa Saja Sih Keunggulan Fitur Broadcast WA?

Ada beberapa keunggulan yang perlu Kamu ketahui terkait fitur broadcast yang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp. Berikut ulasannya :

1. Pesan Teks yang Dikirim Adalah Pesan Pribadi dan Bukan Grup

Untuk pengiriman pesan broadcast biasa lewat android, jika Kamu mengirimkan pengumuman ke daftar kontak yang dipillih, maka pesan yang dikirim bukan pesan yang akan dikirimi di grup. Tetapi pesan ini menjadi pesan personal atau pribadi yang nantinya terkirim ke kontak yang dituju satu per satu. Dengan demikian, kontak yang Kamu kirimi broadcast-pun, tak akan tahu jika Kamu memakai fitur ini.

2. Lebih Hemat dan Mudah

Melalui fitur broadcast WhatsAppp, maka Kamu tak akan mengeluarkan uang sepeser pun sebab fitur tersebut bisa dipakai gratis dengan hanya menginstall WhatsApp. Di samping itu, pemakaian fitur yang satu ini pun sangat mudah.

3. Lebih Efektif

Dengan adanya fitur broadcast, Kamu dapat mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus yang tersedia di kontakmu cukup dengan sekali pengiriman. Penyebaran promosi atau pengumuman dengan metode ini, lebih efektif dibandingkan Kamu mengirimkan memakai media lainnya.

Itulah ulasan lengkap tentang cara broadcast WhatsApp dengan menyimpan kontak dan tanpa menyimpan kontak yang dapat dipilih opsional. Untuk pengiriman pesan broadcast dengan menyimpan kontak juga dapat dilakukan lewat android maupun iOS. Agar pesan broadcast dapat dikirimkan dengan lancar, pastikan koneksi internetnya lancar dan stabil. Selain itu, jika Kamu tidak mau akunmu diblokir jangan mengirimkan broadcast WhatsApp terlalu banyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts