Cara Diskon di Tokopedia

Tak hanya bisa cara diskon di Shopee saja, para pengguna Tokopedia juga bisa mencoba cara diskon di Tokopedia. Pasalnya, Tokopedia pun kerap memberikan banyak pilihan diskon menarik yang bisa diaktifkan oleh seller di Tokopedia maupun dapat dinikmati oleh pembeli. Jika Kamu termasuk seller di Tokopedia, bisa menjadikannya sebagai momen untuk meningkatkan penjualanmu.

Mengaktifkan Diskon di Tokopedia Untuk Seller

Jika Kamu ingin mendapatkan lebih banyak pembeli, maka salah satu caranya ialah dengan selalu memberikan tawaran potongan harga menarik yang dapat dinikmati oleh para pembeli. Diskon tersebut bisa berupa cashback atau potongan harga. Inilah yang membuat penjual wajib memahami cara diskon di Tokopedia agar dapat memikat pembeli untuk tertarik membeli produk yang Kamu jual.

Read More

Melalui diskon inilah, membuat produk yang Kamu tawarkan lebih banyak dilirik penjual, sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dimana hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap performa tokomu. Mengingat dengan semakin banyaknya produk yang dibeli, maka ulasan yang akan Kamu dapatkan terkait produkmu menjadi lebih banyak. Menariknya lagi, para penjual juga bisa mencoba cara diskon di Tokopedia dengan sangat mudah.

Syarat Untuk Membuat Diskon di Tokopediaa

Kamu harus tahu bahwa sebelum mencoba cara diskon di Tokopedia, ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah tokomu layak atau belum layak memberikan diskon kepada pembeli di Tokopedia. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut :

  • Toko mempunyai pesanan sebanyak 5 pesanan lebih selama 30 hari terakhir.
  • Biasanya hanya dapat dilakukan melalui perangkat laptop atau PC.
  • Tersambung dengan akses internet yang lancar.
  • Produk yang Kamu berikan diskon mempunyai stok yang banyak.
Terkait:  Cara Bebas Ongkir Tokopedia

Cara Diskon di Tokopedia

Cara Diskon di Tokopedia
Tutorial Diskon di Tokopedia-

Tutorial Diskon di Tokopedia

Jika Kamu ingin mengaktifkan diskon di Tokopedia untuk para pembeli, maka ada beberapa cara diskon di Tokopedia yang dilakukan oleh seller Tokopedia. Berikut ulasannya :

1. Memililh Fitur Diskon Toko

Salah satu cara diskon di Tokopedia adalah dengan memilih fitur diskon toko di Tokopedia terlebih dahulu. Ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan login ke akun seller center di aplikasi Tokopedia atau lewat website.
  • Setelah itu, ketuk promosi dan pilihan iklan, setelah itu Kamu akan diperlihatkan voucher gratis ongkir atau cashback.
  • Selanjutnya Kamu tinggal memilih diskon toko, lalu tambahkan produk dan pilih produk tertentu yang ingin diaktifkan diskonnya.
  • Kamu harus tahu bahwa maksimal produk yang dapat dipilih untuk dimasukkan ke dalam diskon toko hanya 50 produk. Atau pakai produk yaang akan Kamu jadikan diskon toko.
  • Setelah itu, Kamu bisa mengisi kolom harga diskon, persentase diskon, maksimal pesanan juga lamanya waktu diskon berlangsung.
  • Setelah berhasil Kamu simpan, selanjutnya Kamu akan menerima notifikasi jika diskon produk yang Kamu pilih sudah berhasil diaktifkan.

2. Memakai Fitur Voucher Cashback Tokopedia

Cara diskon di Tokopedia selanjutnya ialah dengan mengaktifkan voucher cashback. Ini adalah poin pengembalian uang atau promo yang dapat dipakai dalam pembelian berikutnya. Untuk cashback sendiri bisa berbentuk potongan harga maupun persentase. Melalui cashback Tokopedia inilah, Kamu bisa memikat perhatian pembeli untuk bertransaksi, sebab bisa lebih menghemat anggaran yang dikeluarkan. Simak ulasannya berikut :

  • Silahkan masuk ke seller center di aplikasi Tokopedia.
  • Jika sudah masuk, pilih ‘Iklan & Promosi’, lalu pilih menu.
  • Selanjutnya Kamu bisa memilih target yang mendapatkan voucher, yaitu ‘publik’ apabila Kamu hendak memberikan promo cashback ke semua pengguna yang  ada di Tokopedia. Lalu fitur ‘khusus’ yang dapat diberikan kepada pengguna tertentu.
  • Setelah itu, tinggal berikan nama voucher tersebut.
  • Selanjutnya pilih jenis dari cashback yang Kamu inginkan. Dapar berupa persentase atau potongan rupiah. Adapun minimal rupiah pada cashback biasanya sebesar Rp. 5000.
  • Silahkan pilih periode waktu pemakaian voucher.
  • Kemudiana tekan ‘Tambah voucher’ selanjutnya selesai.
Terkait:  Cara Cicil di Tokopedia

3. Memakai Fitur Voucher Free Ongkir Tokopedia

Banyak pembeli di Tokopedia yang berburu voucher gratis ongkir. Nah, untuk memikat banyak konsumen, tak ada salahnya Kamu mengaktifkan voucher gratis ongkir ini. Biasanya seller di Tokopedia yang telah mengaktifkan voucher free ongkir langsung memeproleh keringanan ongkos kirim hingga Rp. 50 ribu.

Akan tetapi, untuk penjual yang masih belum mengaktifkan layanan ini, bisa membuat pembeli enggan untuk membeli produk di tokomu. Maka dari itu, penting sekali mengaktifkan voucher free ongkir dalam bertransaksi. Ini cara diskon di Tokopedia untuk gratis ongkir :

  • Masuk ke akun seller center seperti biasanya, lalu tekan pilihan ‘Iklan dan Promosi’, selanjutnya pilih ‘Tambah Jumlah Pesanan Baru’ kemudian tekan ‘Bebas Ongkir.
  • Kamu bisa membaca ketentuan kebijakan layanan gratis ongkir terlebih dahulu di Tokopedia. Tekan ‘setuju’ jika Kamu sudah memahami semua ketentuannya.
  • Jika semuanya telah terpenuhi, selanjutnya akun toko akan langsung terpasang logo free ongkir. 

Keuntungan Mengaktifkan Fitur Diskon di Tokopedia

Berdasarkan pembahasan di atas, fitur diskon memang dapat diatur pada halaman toko di Tokopedia. Dengan fitur inilah, Kamu bisa menciptakan strategi untuk mengelola diskon sesuai anggaran dan kebutuhan. Namun pastikan pula harga diskon dan harga produk yang diberikan kompetitif, supaya tak terjadi adanya kecurangan. Sebab Tokopedia sendiri selalu mengecek produk-produk yang sedang diskon secara berkala.

Berikut ini ada beberapa keuntungan jika Kamu mengaktifkan Diskon Toko :

1. Mengatur Diskon Toko Dalam Satu Waktu

Kelebihan mengaktifkan layanan Diskon Toko pertama yaitu Kamu dapat melakukan pengaturan diskon toko dalam satu waktu sekaligus. Bahkan Kamu dapat mengatur diskon hingga maksimal sebanyak 50 SKU sekaligus tanpa perlu mengupload CSV. Sehingga Kamu bisa mengelola diskon lebih praktis di online shop.

2. Menentukan Periode Diskon Lebih Leluasa

Kamu juga mendapatkan kebebasan untuk menentukan periode promo online shop. Di samping itu, Kamu pun dapat menjadwalkan periode promo yang berbeda, di tiap-tiap varian produk online shop. Sehingga Kamu lebih leluasa memberikan diskon tergantung keinginan. Terlebih, Kamu juga bisa lebih bebas mengkustomisasi diskon.

Terkait:  Cara Klaim Gratis Ongkir Tokopedia

3. Bebas Melakukan Perpanjangan Waktu Promo

Kelebihan mengaktifkan diskon toko selanjutnya yaitu Kamu dapat melakukan perpanjangan waktu diskon. Kamu bisa memperpanjang periode promo produk yang tengah berjalan, bahkan tanpa dibatasi oleh waktu tertentu. Sehingga proses promosi dapat berjalan lebih leluasa tanpa terikat oleh ketentuan waktu.

4. Tak Perlu Melakukan Pengaturan Alokasi Stok Produk

Kelebihan lainnya mengaktifkan Diskon Toko yaitu Kamu tak perlu melakukan alokasi stok produk kembali. Kamu tak perlu mengalokasikan stok produk khusus, sebab stok promo atau diskon toko nantinya akan memakai stok lama. Sehingga, Kamu tak perlu memikirkan stok produk untuk diskon apabila persediaanya habis. Karena stok fitur untuk Diskon Toko secara otomatis akan mengganti ke dalam stok utama.

5. Leluasa Mengurangi atau Menambah Stok Produk

Kelebihan mengaktifkan layanan Diskon Toko yaitu Kamu leluasa mengatur jumlah stok produk. Lewat fitur ini, Kamu dapat mengurangi dan menambah stok tanpa mematikan fitur diskonnya lebih dulu. Oleh karenanya lebih efisien dan praktis, sebab Kamu dapat menghemat lebih banyak waktu.

Itulah beberapa panduan cara diskon di Tokopedia untuk penjual dan keuntungannya jika Kamu mengaktifkan fitur diskon toko di Tokopedia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts