Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

cara cairkan saldo pelatihan prakerjaalau cari pekerjaan tapi susah dapatnya? Atau Kamu kurang pede karena merasa kurang kompeten? Kamu tak perlu khawatir, jika Kamu merasa dirimu masih belum siap terjun ke dunia pekerjaan karena merasa skill-nya masih kurang, Kamu bisa terus mengembangkan diri terlebih dahulu. Apalagi kini pemerintah telah memberikan kartu prakerja bagi fresh graduate, bahkan ada cara cairkan saldo pelatihan prakerja yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan diri.

Untuk siap terjun ke dunia kerja, ada beberapa hal yang harus benar-benar kita siapkan. Selain mental, Kamu juga perlu pengembangan diri agar menjadikanmu layak diterima di perusahaan idaman. Beruntungnya, generasi saat ini sudah dibekali banyak kemudahan dalam mencari kerja. Salah satunya yaitu dengan adanya kartu prakerja.

Read More

Kartu prakerja selain dijadikan solusi bagi Kamu yang sulit mencari pekerjaan, Kamu juga bisa mencoba cara cairkan saldo pelatihan prakerja untuk kepentingan pencarian kerja dan pengembangan diri. So, jangan ragu untuk mendaftarkan diri mendapatkan kartu prakerja, agar Kamu bisa menikmati semua fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan kartu prakerja.

Sekilas Tentang Kartu Prakerja

Program kartu prakerja adalah sebuah program yang dikeluarkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi kerja dan bisa berwirausaha. Ini adalah program berbentuk bantuan biaya khusus bagi para pencari kerja, dan pekerja yang di PHK. Bahkan bisa juga bagi pekerja yang membutuhkan upgrading kompetensi khusus para pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil.

Kelebihan lain dari kartu prakerja adalah bisa digunakan orang-orang difabel agar mereka memiliki skill yang mumpuni, sehingga bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Terkait:  Cara Gestun Kartu Kredit

Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja

Bagi kamu yang ingin memiliki kartu prakerja, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi agar kartu prakerja dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukkannya, yaitu :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusaha di atas 18 tahun.
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal, artinya jika kamu masih sekolah atau kuliah tidak bisa mendapatkan kartu prakerja.
  • Dikhususkan bagi orang-orang yang memiliki kriteria : pencari kerja fresh graduate, pekerja atau buruh yang terimbas PHK, pekerja atau buruh yang membutuhkan upgrading kompetensi dalam bekerja, pekerja atau buruh yang dirumahkan. Juga berlaku bagi para pelaku usaha baik mikro atau kecil.
  • Selama pandemi, tidak menerima bantuan sosial lainnya. Sistem akan secara otomatis membatalkan permintaanmu jika terdapat adanya bantuan sosial dalam bentuk apapun.
  • Tidak diperuntukkan bagi : pejabat negara, pimpinan dan anggota dalam ruang lingkup DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota POLRI, Kepala Desa termasuk didalamnya (perangkat desa), dan para karyawan BUMN dan BUMD.
  • Dalam 1 Kartu Keluarga (KK), hanya 2 orang saja yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja. Artinya jika jumlah anggota 4 orang, maka yang bisa didaftarkan hanya 2 orang saja.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Sebelum lanjut ke cara cairkan saldo pelatihan prakerja, Kamu tentu saja harus mendaftar kartu prakerja terlebih dahulu. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1. Tahap Pendaftaran

Setelah semua persyaratan di atas kamu penuhi, maka tahap berikutnya ialah mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu prakerja dan mendapatkan seluruh fasilitasnya. Untuk pendaftarannya sangat mudah, karena kamu tidak perlu keluar rumah untuk mendaftarkannya, melainkan cukup via online saja. Adapun langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka web browser di perangkat, baik lewat PC atau hp. Untuk memudahkanmu dan mendapatkan tampilan maksimal, disarankan menggunakan komputer. Bukalah browser bawaannya, bisa menggunakan internet explorer atau google chrome.
  • Masuk ke menu pencarian, masukkan laman berikut ini : dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  • Pada tampilan halaman depan dari situs tersebut, kamu tinggal mengisikan beberapa kolom pengajuan diri untuk mendaftar. Adapun kolom tersebut berupa kolom untuk pengisian akun email aktif, pengisian kata sandi dan konfirmasi kata sandi.
  • Klik ‘Setuju’ jika Kamu sudah membaca syarat dan ketentuan mendaftar sekaligus menggunakan kartu prakerja.
  • Jika sudah benar, selanjutnya kamu tinggal klik ‘DAFTAR’.
  • Tunggulah verifikasi pendaftaran yang akan dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya.
Terkait:  Cara Gadai di Pegadaian

Apabila kamu sudah memiliki akun, kamu tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup klik ‘Masuk di Sini’ yang ada di bagian paling bawah di halaman depan.

2. Tahap Penyeleksian

Langkah kedua bagi pendaftar adalah diwajibkan mengikuti seleksi berupa tes motivasi dan tes kemampuan dasar agar nantinya bisa bergabung langsung dalam gelombang pertama. Tunggulan hasil dari seleksi tersebut, jika kamu lolos maka kamu bisa mengikuti tahap selanjutnya.

3. Pilih Pelatihan Sesuai Kompetensi

Untuk memilih pelatihan, kamu perlu mengaksesnya melalui aplikasi Skill Academy atau jika tidak melalui aplikasi, maka bisa melalui laman resmi di alamat www.skillacademy.com.

Pada laman tersebut, kamu tinggal memilih kelas yang berlabel prakerja yang kamu inginkan berikut dengan beli kelas online.

Bayarlah dengan kartu prakerja yang sudah kamu dapatkan. Dengan membayar kelas online, kamu pun berhak mendapatkan voucher skill academy menyesuaikan kelas yang dipilih. Voucher yang didapatkan tersebut berasal dari Mitra Platform Digital Resmi.

Kamu tak perlu khawatir, karena dalam karatu prakerja Kamu sudah mendapatkan saldo untuk keperluan mencari kerja yang disubsidi langsung oleh pemerintah.

Adapun rincian saldo katu prakerja yaitu :

  • Insentif sebesar Rp. 2,4 juta yang akan diberikan secara bertahan selama 4 bulan, dimana setiap 1 bulan mendapatkan Rp. 600 ribu.
  • Saldo pelatihan sebesar Rp. 1 juta.
  • Insentif survei evaluasi sebesar Rp. 100 ribu.

Dilihat dari rincian diatas, maka setiap peserta kartu prakerja akan mendapatkan total uang senilai Rp. 3,5 juta.

Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja
Cairkan Saldo Pelatihan Kerja dari Kartu Prakerja

Bagaimana Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja?

Berdasarkan peraturan, telah dijelaskan bahwa saldo prakerja tidak bisa dicairkan dengan uang tunai atau dalam bentuk voucher sekalipun. Dengan kata lain, tidak ada cara cairkan saldo pelatihan prakerja, karena sisa saldo hanya bisa ditukarkan dengan cara membayar pelatihan kerja.

Terkait:  Cara Gadai Emas

Dalam cara cairkan saldo pelatihan prakerja, ada persyaratan yang perlu Kamu ketahui, yaitu batas waktu maksimal pembelian pelatihan adalah 30 hari. Jadi, jka kamu tidak membeli pelatihan kerja sampai 30 hari lebih, maka saldo akan hangus dan uang yang terdapat pada kartu prakerja akan dikembalikan ke kas negara.

Cara Mendapatkan Intensif

Sebenarnya memang tidak ada cara cairkan saldo pelatihan prakerja. Namun sebaliknya, Kamu bisa lebih fokus mengembangkan potensi diri sekaligus meningkatkan insentif agar mendapatkan banyak keuntungan.

Untuk mendapatkan insentif caranya sangat mudah sekali, Kamu tinggal mengisi suvei terkait lingkungan pekerjaan, ketika sudah melewati proses pelatihan kerja sebelumnya. Dengan mengisi survei tersebut, maka kamu akan mendapatkan insentif.

Adapun untuk mengisi survei, bisa kamu lakukan di situs resmi kartu prakerja yaitu : www.prakerja.go.id. Selain itu, waktu pengisian survey hanya membutuhkan waktu 20 menit hingga 30 menit saja.

Dalam mengisi survei, jawablah setiap pertanyaan dengan jujur dan benar. Hal ini dikarenakan hasil dari jawaban tersebut akan direkam dan dijadikan sebagai bahan evaluasi pada pelatihan yang telah diikuti. Dengan demikian, pelaksanaan program kartu prakerja kedepannya bisa lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan dari mendapatkan insentif adalah, insentif akan diberikan ketika pelatihan pertama telah selesai diikuti, walaupun kenyataannya kamu mengikuti beberapa pelatihan sekaligus. Selain itu, insentif akan diberikan ketika telah menyelesaikan survei dan ulasan kepada pihak lembaga pelatihan.

Itulah cara cairkan saldo pelatihan prakerja yang bisa kamu lakukan. Lebih baik fokus pada pengembangan diri dengan memanfaatkan kartu prakerja agar skill yang kamu miliki menjadi semakin terasah. Kamu juga bisa mencoba cara cek kartu prakerja untuk mengecek apakah Kamu sudah terdaftar sebagai penerima kartu ataukah tidak.

 

 

Related posts