Cara Cek HP Samsung

  • Whatsapp

Jika Kamu merasa khawatir akan keaslian Smartphone Samsung, apakah ori atau replika, maka penting sekali mengetahui cara cek Hp Samsung dengan akurat.

Smartphone Samsung sebenarnya memang sudah dikenal sebagai produk smartphone berkualitas baik dan mumpuni. Jadi wajar jika Hp Samsung menjadi incaran banyak orang walaupun harganya bisa dikatakn cukup mahal.

Read More

Akan tetapi karena spesifikasi dan desainnya yang menarik, belum lagi banyaknya fitur handal yang disematkan, sehingga wajar jika Hp Samsung terkesan eksklusif sehingga membuat orang tidak ragu membeli produk Samsung yang satu ini.

Cara Cek HP Samsung Ori atau Replika

Cara Cek HP Samsung
Mengecek HP Samsung

Bagi Kamu yang sedang mengincar Hp Samsung, cara cek Hp Samsung ori atau replika wajib Kamu lakukan, apalagi jika ingin membeli smartphone Samsung bekas, sebaiknya ketahui apakah Hp tersebut asli atau Kw/palsu.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengecek Hp Samsung, diantaranya sebagai berikut :

1. Gosok Merk Hp Samsung

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui apakah Hp yang Kamu incar ori atau replika ialah dengan menggosokkan tulisan merek Samsung yang terletak di bagian belakang ponsel Samsung itu sendiri.

Gosok memakai benda yang dapat menghilangkan bagian merk tersebut, baik itu menggunakan kuku ataupun yang lainnya secara terus menerus.

Nah, jika merknya menghilang, bisa dipastikan bahwa Hp Samsung yang Kamu beli palsu.

Terkait:  Cara Cek Kuota Tri

2. Periksa Casing Samsung

Kamu harus perhatikan casing Hp Samsung-mu dengan jeli, jika Hp Samsung yang Kamu miliki palsu biasanya bahan casing-nya mudah rapuh, seperti gampang patah. Kemudian casing Hp juga tampak lebh tipis di banding casing bagian belakangnya.

Lalu bisa Kamu cek juga di bagian tombol smartphone Samsung. Biasanya warna pada casing serta tombol Hp Samsung akan sedikit berbeda, pada casing biasanya berwarna putih, sedangkan pada tombolnya tampak warnanya putih pucat. Melakukan pengecekan seperti ini memang membutuhkan ketelitian.

3. Melakukan Pengecekan Kode Samsung

Cara cek Hp Samsung ori atau replika lainnya bisa dilakukan dengan memakai beberapa macam kode rahasia berikut ini :

*#1234# dilakukan untuk penegcekan SW version CSC, Cek Modem, dan PDA.
*#0*# dilakukan untuk pengecekan General Test Mode.
*#12580369# dilakukan untuk pengecekan HW info dan SW info.
*#0228# dilakukan untuk pengecekan ADC reading.
*#197328640# dilakukan untuk pengecekan service mode.
*#232331# dilakukan untuk pengecekan test mode bluetooth.
*#232337# dilakukan untuk pengecekan alamat bluetooth.

Jika Kamu sudah memakai kode-kode di atas, kini pastikan kinerja smartphone Samsungmu berjalan seperti pada umumnya. Sehingga bisa dipastikan bahwa Hp Samsung yang Kamu beli adalah asli/ori.

4. Mengecek Spesifikasi Hp Samsung

Jika Kamu hendak membeli Hp merk Samsung, maka Kamu harus mengetahui spesifikasi tipe Hp Samsung tersebut lebih dahulu.

Tentu saja hal ini akan sangat membantu ketika mengecek apakah Hp Samsung yang Kamu pilih asli ataukah palsu.

Jika mempunyai spesifikasi lebih rendah dibanding yang aslinya, maka bisa dipastikan jika Hp Samsung tersebut adalah bajakan alias palsu.

5. Pengecekan Kode QR Baterai

Cara cek Hp Samsung ini terbilang cukup mudah untuk mengecek keaslian Hp Samsung dengan cara melihat baterai pada HP tersebut.

Jadi, apabila kode QR yang tertera pada baterainya tampak lebih kecil, sementara kertas yang menempel pada baterai gambar terkelupas, bisa diartikan bahwa Hp Samsung yang Kamu miliki bajakan alias palsu.

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kuota Smartfren

6. Pengecekan Dengan Samsung KIES

Kamu bisa mengunduh software Samsung Kies di situs resmi Samsung memakai laptop atau komputer. Selanjutnya, silahkan hubungkan smartphone Samsungmu dengan PC.

Apabila software Samsung Kies dapat mendeteksi perangkat Hp Samsungmu, ini berarti Hp Samsung yang Kamu beli adalah asli.

7. Pengecekan Lewat Menu Setting atau Pengaturan

Dengan memanfaatkan menu settin atau pengaturan, Kamu dapat mengecek tipe smartphone Samsungmu lebih mudah. Hal ini dikarenakan tiap android keluaran terkini memang telah dilengkapi oleh data-data yang spesifik untuk Hp.

Misalnya saja, nama model, perangkat android, dan lain sebagainya. Sebab semuanya terletak di menu pengaturan. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke menu setting atau pengaturan di perangkat androidmu.
  • Lalu cari menu bertuliskan “Tentang Perangkat” yang ada di bagian bawah.
  • Sesudah itu, akan tampil informasi lengkap terkait Hp Samsung yang Kamu miliki, termasuk tipenya.

8. Pengecekan Hp Samsung Dari Nomor IMEI

Nomor IMEI Hp juga dapat dilacak secara online via link http://imei.info. Sesudah nomor IMEI pada ponsel beserta dus sesuai, maka Kamu dapat melakukan penegcekan apakah nomor tersebut itu palsu atau asli.

Pertama, sesudah masuk ke link di atas, selanjutnya Kamu diarahkan untuk menginputkan nomor IMEI yang tersedia di kolom.

Silahkan ketikkan nomor tersebut kemudian centang di tulisan i’m not a robot lalu klik check.

Apabila nomor IMEI-mu asli, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman informasi tentang brand, tipe Hp, spek Hp, dan model.

9. Pengecekan Kualitas Gambar/Kamera Samsung

Pada Hp Samsung asli, biasanya mempunyai kualitas kamera yang lebih jernih beresolus tinggi sesuai degan spesifikasi kamera Hp yang dimiliki.

Pada HP Samsung HDC/palsu/replika pasti mempunyai kualitas kamera sedikit buram dengan resolusi rendah.

10. Cek Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya cara ini dilakukan jika Kamu ingin mengecek tipe Hp Samsung yang Kamu beli.

Terkait:  Cara Cek Layar Samsung

Bahkan aplikasi tersebut juga menampilkan informasi yang cukup lengkap, mulai dari sistem operasi, baterai, SOC, dan lain sebagainya.

Adapun aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk pengecekan tipe HP dan keaslian Hp Samsung yang berkualitas cukup baik ialah CPU-Z.

11. Perbedaan Harga Hp Samsung Asli Vs Replika

Perbedaan yang dapat dilihat dengan jelas antara produk asli vs palsu pada Hp Samsung bisa dilihat dari harganya. Harga Hp Samsung baru biasanya dibanderol dengan cukup tinggi.

Misalnya jika tipe Hp tersebut terbilang keluaran terbaru, harganya tentu dibanderol sangat tinggi. Namun pada Hp palsu/replika atau HDC biasanya dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga aslinya.

Itulah cara cek Hp Samsung ori vs bajakan yang bisa Kamu coba lakukan untuk mengetahui keaslian HP Samsung yang Kamu beli.

Bagaimana Sih Mencegah Beli Hp Samsung Kw/Palsu?

Baik itu beli secara online, di konter atau di mall, pastikan Kamu membelinya langsung dari toko resmi. Sebab jika membelinya di toko resmi smartphone Samsung, sudah dipastikan produk yang Kamu dapatkan adalah produk asli 100%.

Meskipun kadangkala harga yang dibanderol pada toko resmi lebih mahal sedikit, namun sebanding dengan spesifikasi dan kualitasnya. Ini tentu lebih baik daripada Kamu harus menghadapi resiko membeli Hp Samsung yang palsu.

Menariknya lagi, jika Kamu membeli Hp Samsung di toko resmi terpercaya, maka Kamu juga dapat melakukan pengembalian barang atau retur jika produk yang diterima terdapat kerusakan atau cacat.

Kenapa sih penting memperhatikan keaslian produk Hp? tentu saja, karena dilihat dari kualitasnya pun pastinya HP Samsung asli atau ori jauh lebih berkualitas dibandingkan yang KW.

Oleh karena itu, pastikan Kamu mempraktekkan cara cek Hp Samsung di atas sebelum benar-benar membawa pulang Hp samsung yang Kamu cari!

Related posts