Cara Cek Masa Tenggang Tsel

Jika Kamu termasuk pengguna kartu Tsel, sudah pasti harus mengetahui cara cek masa tenggang Tsel. Hal ini dilakukan agar kartu Telkomselmu tetap dapat digunakan dan tetap aktif untuk aktivitas komunikasi maupun berselancar di internet.

Provider Telkomsel sendiri termasuk salah satu provider terbesar dan terkemuka di Indonesia dan telah memiliki jutaan pengguna/pelanggan. Selain itu, jaringan Telkomsel juga telah tersebar merata hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Berbicara mengenai masa tenggang kartu Tsel, tentu saja masa tenggang ini penting diketahui agar Kamu tetap bisa menggunakan kartu Telkomsel dengan nyaman. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita simak penjelasan tentang masa tenggang kartu di bawah ini terlebih dahulu!

Apa Itu Masa Tenggang Tsel?

Masa tenggang Tsel atau kartu Telkomsel merupakan tenggat waktu yang telah diberikan oleh Telkomsel kepada para penggunanya, supaya mengaktifkan kembali masa berlaku kartu tersebut.

Selain itu, masa tenggang juga bisa dikatakan sebagai peringatan dari pihak Telkomsel, jika dibiarkan kartu Tsel yang Kamu miliki akan diblokir.

Berapa Lama Masa Tenggang Kartu Tsel?

Jika lamanya masa tenggang ialah 30 hari, biasanya dihitung dari masa aktif/berlaku kartu Tsel berakhir.

Contohnya, masa aktif Tselmu jatuh pada 1 Juli, jadi masa tenggangnya akan berakhir pada tanggal 31 Juli. Jika Kamu masih belum juga melakukan pengisian paket internet atau pulsa, maka siap-siap saja kartumu akan mati atau hangus, dan tak bisa digunakan kembali.

Dalam masa tenggang ini, Kamu tidak dapat melakukan panggilan, tidak dapat mengirimkan SMS dan tidak dapat berselancar di internet lewat Hpmu.

Namun Kamu masih dapat menerima panggilan telepon masuk dan dapat menerima SMS masuk namun tidak dapat membalasnya, walaupun Kamu masih mempunyai pulsa di kartu Tselmu.

Jadi, sampai sini Kami harap Kamu sudah memahami tentang masa tenggang Tsel. Selain itu, sudah tentu masa tenggang kartu berbeda dari masa aktif.

Cara Cek Masa Tenggang Tsel

Cara Cek Masa Tenggang Tsel
Cek Masa Tenggang Telkomsel

Selain itu, cara cek masa tenggang Tsel sendiri memang tidak bisa ditampilkan. Namun, Kamu bisa mengetahuinya melalui cara cek masa tenggang Tsel berikut :

  • Biasanya jika kartu Tselmu tela memasuki masa tenggang, maka Kamu akan langsung dikirimi pesan singkat/SMS oleh sistem operator Telkomsel. Pesan tersebut biasanya berisi masa tenggang, dan Kamu diharapkan segera mengisi pulsa supaya kartu Tselmu bisa kembali aktif.
  • Kamu juga dapat mengecek masa tenggang dengan mengetahui masa aktif Tsel-mu. Patokan perhitungan masa tenggang itu sendiri ialah ketika masa aktif  kartu berakhir.

Kamu juga bisa mencoba cara cek masa tenggang Tsel melalui Assisten Virtual. Adapun layanan asisten virtual tersebut ialah layanan teknologi digital yang berbasis chatting. 

Hampir seluruh pengguna gadget saat ini mempunyai akses layanan digital chat ini. Oleh karena itu, momentum tersebut diaplikasikan provider Telkomsel untuk mempermudah para pengguna.

Adapun aplikasi media sosial atau chat yang digunakan Tsel diantaranya ialah seperti Line, Telegram, dan Facebook.

Di samping melalui akun media sosial provider Telkomsel, Kamu juga dapat mengetcek masa tenggang Tsel dengan langsung bertanya via live chat di web resmi Telkomsel, yaitu di www.telkomsel.com.

Lewat website resmi Tsel inilah, Kamu dapat mengetahui masa aktif dan masa tenggang kartu dnegan mudah. Kamu hanya perlu bertanya langsung ke asistem virtual yang tersedia di pojok kanan bagian bawah situs. Setela itu, ketikkan pertanyaan untuk mengeek masa tenggang. Kemudian masukkan nomor Tsel yang akan Kamu cek.

Bagaimana Jika Kartu Tsel Telah Melebihi Masa Tenggang?

Jika masa tenggang kartu TSelmu sudah habis dan Kamu tidak juga melakukan pengisian ulang pulsa, maka kartu Tselmu akan hangus/mati. Biasanya tanda kartu Tsel sudah mati/hangus ialah kartu sudah tidak dapat dipakai untuk aktivitas apapun dan sinyal pada kartu akan hilang secara otomatis dari telepon.

Namun walaupun sudah angus, biasanya Telkomsel memberikan masa toleransi hingga 15 hari lamanya, apabila Kamu ingin kartu Tselmu yang hangus tersebut dapat diaktifkan lagi. Namun layanannya akan berbeda, sebab kartu Tselmu akan berubah ke pasca bayar dari yang awalnya menggunakan layanan prabayar.

Tentu saja ada beban pembayaran yang akan ditagihkan apabila memakai kartu TSel pasca bayar, walaupun telepon tidak Kamu gunakan tetap Kamu harus membayar tagihan sebesar yang sudah ditetapkan pihak Telkomsel.

Akan tetapi, jika Kamu masih melewatkan waktu toleransi 15 hari tadi dan tidak mendatangi GraPARI telkomsel untukmengaktifkannya kembali. Maka nomor pada kartu TSelmu akan selamanya dihapus ole sistem. Sehingga Kamu pun tidak dapat memintanya lagi untuk mengaktifkan nomor tersebut.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu Tsel yang Sudah Habis Masa Tenggang?

Umumnya masa tenggang kartu itu mempunyai rentang waktu selama 30 hari. Jika tidak juga dilakukan pengisian pulsa, secara otomatis Kamu sudah lalai memperhatikan waktu berlaku kartu tersebut. Sehingga bisa membuat masa tenggang kartu menjadi habis.

Sebelum mengaktifkan kartu Tsel yang hilang jaringan atau sudah hangus, sebaiknya kartu Tselmu masih memasuki masa tenggang dengan waktu tidak melebihi 2 bulan.

Alasannya, jika masa tenggang kartu sudah benar-benar hangus melebihi 2 bulan lamanya, akibatnya kartu Tsel tersebut menjadi kadaluarsa. Pihak Telkomsel sebenarnya berhak mengaktifkan kemballi kartu Tsel dengan nomor serupa. Akan tetapi, kartu Tsel tersebut biasanya masih menunggu antrian cetakan.

Jika Kamu sudah memahami hal ini, selanjutnya untuk mengaktifkan kembali nomor Tsel yang hangus akibat masa tenggang yang sudah habis, caranya ialah pindahkan kartumu dari smartphone berbasis OS ke dalam Hp senter biasa.

Hal tersebut dilakukan supaya kartu menerima jaringan kembali. Namun ingat, pastikan kartu mendapatkan jaringan lebih dulu. Jika Kamu sudah mengganti Hp, tapi tetap saja tidak mendapatkan jaringan, selanjutnya pindahkan kartu tersebut kembali ke modem. Tapi usahakan modemnya berbasis mobile partner. Setela itu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Silahkan masukkan sim card Teselmu yang sudah hangus/mati ke perangkat modem, kemudian pilih tools, lalu dilanjutkan dengan memilih options dan pilih network.
  2. Jika sudah, pilih opsi tab Registration Mode, lalu silahkan pilih Manual and search register.
  3. Selanjutnya, pilih Telkomsel kemudian register dan jika sudah mendapatkan jaringan, maka kartu Tselmu bisa diaktifkan kembali.
  4. Setelah itu, masukkan kartulagi ke Hp lalu ketik dial *806# lalu silahkan beli masa aktif kartu Tsel.
  5. Kamu boleh melakukan pembelian pulsa sesudah jaringan pada kartu aktif kembali.

Apabila trik di atas ternyata gagal, itu artinya kartu Tselmu sudah tidak dapat dikembalikan lagi atau dengan kata lain hangus total. Panduan di atas hanya dapat dilakukan apabila jaringan seluler pada kartu sudah kembali aktif.

Demikianlah informasi lengkap mengenai masa tenggang kartu, cara cek masa tenggang Tsel, dan cara mengaktifkan kembali kartu yang sudah melewati masa tenggang yang dapat Kamu coba.

Dengan begitu, Kamu bisa menggunakan kembali nomor Hp Tsel yang sudah memasuki masa tenggang. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019