Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Salah satu strategi untuk mendatangkan banyak pembeli ke toko online Kamu di marketplace adalah dengan mengikutsertakan toko atau produkmu ke dalam program flash sale. Menariknya, kini Tokopedia telah menyajikan cara ikut flash sale Tokopedia untuk seller di Tokopedia. Tujuannya, agar mereka bisa memaksimalkan penjualan sekaligus meningkatkan branding Toko.

Program flash sale sendiri adalah program yang paling ditunggu para penggiat belanja online. Karena, setiap orang pasti menyukai produk yang harganya super murah. Hal inilah yang membuat pembeli akhirnya sulit menolak untuk membeli barang tersebut.

Bagi penjual, program flash sale Tokopedia tentu saja menjadi tempat untuk mempromosikan usaha dengan cara gratis. Hal ini dikarenakan calon pembeli akan melihat langsung halaman produk flash sale terlebih dahulu, sebelum mereka mencari produk yang memang benar-benar dicari.

Oleh sebab itu, biasanya penjual yang menyelenggarakan program flash sale akan mendapatkan keuntungan hingga berkali lipat. Inilah yang membuat omset penjualan semakin meroket berbanding lurus dengan profit yang diperoleh. Namun tentu saja, tak semua penjual bisa ikut serta dalam program flash sale di Tokopedia. Karena Tokopedia memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, agar toko Kamu bisa ikut serta dalam program flash sale. 

Syarat dan Ketentuan Flash Sale di Tokopedia

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh para seller di Tokopedia yang ingin mengikuti program flash sale, diantaranya sebagai berikut :

Terkait:  Cara Diskon di Tokopedia

1. Ketentuan Flash Sale Untuk Seller di Tokopedia

Ketentuan flash sale yang pertama, berlaku bagi seller atau toko yang ingin mengikuti program flash sale di Tokopedia. Adapun ketentuan cara ikut flash sale Tokopedia adalah sebagai berikut :

  • Program flash sale di Tokopedia hanya dapat dipakai para penjual yang terdaftar di situs atau aplikasi Tokopedia. Caranya dengan menekan ‘Daftar FLash Sale’, maka penjual pun dianggap sudah menyetujui kebijakan atau ketentuan program flash sale.
  • Tokopedia berhak untuk memilih produk dan penjual yang bisa mengikuti program flash sale sesuai kriteria yang sudah ditentukan berdasarkan kebijakan.
  • Tokopedia untuk selanjutnya akan memberitahukan ke pihak penjual mengenai pengumuman penjual/produk yang terpilih mengikuti program flash sale.
  • Jika periode program flash sale diselenggarakan pada hari libur atau akhir pekan, maka penjual yang sudah terpilih berkewajiban menjamin tokonya agar tetap beroperasi, serta harus memproses orderan ketika flash sale berlangsung.

2. Ketentuan Flash Sale di Tokopedia Untuk Produk yang Dijual

Sebelum Kamu mendaftar program flash sale, sebaiknya ikuti dan patuhi ketentuan program flash sale di Tokopedia untuk produk yang dijual, berikut ini :

  • Seller hanya diperbolehkan untuk mendaftarkan produk yang sebelumnya sudah diunggah di etalase toko seller tersebut.
  • Penjual hanya bisa mengikutsertakan barang jualannya sesuai jenis produk yang sudah ditetapkan di tiap program campaign.
  • Jika produk yang didaftarkan dalam program flash sale mempunyai varian ukuran dan warna, maka link produk di Tokopedia yang harus didaftarkan adalah link produk dari tiap-tiap varian.
  • Jumlah stok produk minimum yang wajib disediakan penjual dalam program flash sale bisa Kamu lihat di halaman untuk pendaftaran produk yang ada di tiap periodenya.
  • Penjual wajib memastikan toko harus dalam kondisi aktif sampai berakhirnya program flaah sale.
  • Pastikan produk yang telah didaftarkan mempunyai foto yang jelas, tidak gelap atau tidak kabur.
  • Produk yang didaftarkan harus produk baru dan bukan produk barang bekas.
  • Penjual wajib memastikan jika produk yang ingin didaftarkan mempunyai tanggal kadaluarsa di atas 2 bulan dari waktu berlangsungnya program flash sale.

Itulah beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh produk maupun toko yang akan diikut sertakan ke dalam program flash sale Tokopedia.

Terkait:  Cara Gratis Ongkir Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia
Panduan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Panduan Mengikuti Program Flash Sale Tokopedia

Jika sudah mengetahui dan menyetujui ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan di Tokopedia, maka Kamu bisa mencoba cara ikut flash sale Tokopedia berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka web atau aplikasi Tokopedia, kemudian ‘login’ ke akun seller Tokopedia milikmu.
  • Setelah itu, buka ‘Pesan’ tepat di bagian atas pada aplikasi, sementara pada website, tinggal masuk ke link berikut : https://www.tokopedia.com/chat.
  • Lanjutkan dengan memilih pesan yang berasal dari layanan Tokopedia Seller, berisi invitation atau undangan untuk mengikuti program flash sale.
  • Langkah berikutnya, silahkan klik tulisan ‘Yuk, Daftar Sekarang!’, Kamu juga bisa mengklik ‘Cek Sekarang’.
  • Isi form untuk pendaftaran, biasanya didalamnya terdiri dari pengisian data diri, nama produk, kategori produk, link halaman toko, stok produk dan sebagainya.
  • Langkah cara ikut flash sale Tokopedia selanjutnya, tekan ‘submit’.
  • Selesai, selanjutanya pendaftaran langsung diseleksi pihak Tokopedia.

Kamu harus tahu bahwa cara ikut flash sale Tokopedia di atas hanya sekedar untuk registrasi. Sedangkan persetujuan apakah tokomu berhak ikut program tersebut selebihnya ditentukan oleh Tokopedia.

Trik Tingkatkan Omset Penjualan Dengan Program Flash Sale di Tokopedia

Jika Kamu tertarik untuk meningkatkan omset penjualan lewat flash sale Tokopedia, maka ada beberapa trik jitu agar Tokopedia langsung approve pendaftaranmu. Berikut ulasannya :

  • Silahkan berikan diskon di bawah harga jual normal agar pembeli tertarik membeli produkmu dengan tetap mempertimbangkan modal dan biaya operasional. Jadi, jangan sampai Kamu juga merugi.
  • Kamu harus memilih produk unggulan yang dijual di tokomu alias yang biasanya paling laku.
  • Pastikan tidak menjual produk terlarang atau diluar kebijakan Tokopedia.
  • Buat foto barang jualanmu terlihat menarik dan jelas dengan menggambarkan bentuk yang aslinya, tanpa ada watermark dengan warna latar belakang harus cerah.
  • Selanjutnya silahkan mengisi deskripsi produk dengan jelas.
  • Pakai rumus penamaan untuk produk, berikut ini contohnya ‘Tipe/jenis produk + brand + keterangan + copywriting (kata promosi)’.
  • Selanjutnya, pastikan stok ketersediaan produk harus cukup.
  • Pastikan kamu memberikan pelayanan memuaskan untuk pelanggan.
Terkait:  Cara Dapat Gratis Ongkir Tokopedia

Nah, itulah beberapa trik untuk memaksimalkan omset penjualan dengan mengikuti program flash sale di Tokopedia.

Keuntungan Mengikuti Flash Sale Tokopedia Lainnya

Selain untuk meningkatkan omset penjualan, Kamu juga akan mendapatkan keuntungan lainnya jika mengikuti program flash sale, diantaranya :

  • Jika produkmu dimasukkan ke program flash sale, maka biasanya akan muncul di laman utama, entah di aplikasi maupun situs Tokopedia. Inilah yang membuat pengguna Tokopedia langsung bisa melihat produkmu saat membuka aplikasi/situs Tokopedia.
  • Dengan mengikutsertakan produkmu ke dalam program flash sale di Tokopedia,maka Kamu secara tak langsung sudah mempromosikan produkmu. Karena flash sale merupakan cara efektif untuk promosi produk.
  • Program flash sale juga bisa meningkatkan skor terhadap produk yang Kamu jual. Dengan semakin tingginya skor atau rating produk, tentu saja bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan pengguna kepada produkmu.
  • Melalui program flash sale, maka Kamu dapat meningkatkan reputasi toko. Hal ini tentu saja membuat pembeli semakin mempercayai tokomu saat mereka berbelanja di Tokopedia.

Nah, itulah beberapa keuntungan mengikuti program flash sale di Tokopedia. Kini Kamu bisa mencoba cara ikut flash sale Tokopedia untuk mendapatkan banyak keuntungan bagi toko atau produkmu sendiri. Selamat mencoba!

 

Related posts