Cara Edit Video di iPhone

Apple Inc., memang dikenal sebagai salah satu perusahaan di bidang teknologi terkemuka di dunia. Nampaknya, hal tersebut tidak membuat Apple merasa puas dengan pencapaian yang telah didapatkannya. Baru-baru ini, mereka telah membuat terobosan baru dengan fitur keren nan canggih. Kalian bisa pindah kartu SIM via Bluetooth. Ini dia, cara edit video di iPhone.

Sebelum itu, kita akan kupas terlebih dahulu mengenai fitur pemindahan SIM Card tanpa ada lagi kerepotan membuka kartu SIM di perangkat. Disini, teknologi yang digunakan adalah versi elektronik. Bukan kartu fisik. Oleh sebab itu, cara pemindahannya juga terbilang sangat unik. Bagaimana tidak, kalau dengan fitur bluetooth saja, kamu bisa memindahkan e-SIM.

Caranya, pindai kode QR seperti halnya ketika kalian memindai kode tersebut di berbagai tempat umum. Akan tetapi, teknologi tersebut baru ditanamkan ke dalam iOS 16. Buat kalian pengguna iPhone dengan iOS di bawah 16, tentu tidak dapat mencoba fitur tersebut. Selain itu, perlu perhatikan juga dukungan operator yang digunakan. Sebab, ketentuannya berbeda.

Cara Edit Video di iPhone

Cara Edit Video di iPhone
Cara Edit Video di iPhone

Cara Edit Video di iPhone Tanpa Aplikasi

Hasil tangkapan foto atau video yang direkam menggunakan kamera iPhone, bisa dikatakan memiliki kualitas yang tinggi. Saking bagusnya, kamu bisa mengibaratkannya seperti kamera DSLR versi mini. Mudah digenggam, dan dibawa kemanapun. Bahkan, untuk jenis Android, kalian bisa menemukannya di model hp Samsung Galaxy S22 Ultra sebagai saingan. Try it!

Cara edit video di iPhone tanpa aplikasi, apakah mungkin? Tentu saja. Mengingat App Store menyediakan berbagai aplikasi premium, dengan harga yang bisa dibilang tidak murah. Itulah mengapa banyak pengguna yang merasa kebebasan mengunduh aplikasi jadi terhalang. Tapi, kali ini kalian dapat melakukan proses editing video dengan bebas. Berikut tahapannya:

  1. Buka menu “Gallery” pada iPhone
  2. Pilih salah satu “Video” yang akan di-edit
  3. Klik “Edit” yang terdapat di pojok kanan atas
  4. Muncul laman pengerjaan “Edit
  5. Pilih “Tools” yang tersedia pada bagian bawah video
  6. Klik tombol “Selesai” yang ada di sebelah kanan bawah layar
  7. Pop-up windows, kalian pilih “Simpan Video Sebagai Klip Baru”
  8. Tunggu beberapa saat, sampai proses penyimpanan selesai.
Terkait:  Cara Mengunci Galeri di iPhone

Alat atau Fitur Editing Video di iPhone

1. Potong atau Crop

Fitur satu ini, dapat langsung digunakan dengan cara menggeser ke arah kiri atau kanan dari panjangnya video. Fungsinya sendiri, yakni sebagai alat pemotong durasi video. Umumnya, user bisa melakukan pemotongan dari sisi tepi durasi. Kalian dapat temukan berbagai macam pilihan tools edit. Diantaranya, ada luruskan, perlebar bagian bawah, perkecil, dan lain-lain.

2. Pencahayaan

iPhone juga telah menyediakan fitur pencahayaan atau kontras warna yang bisa bantu kalian untuk mendapatkan hasil suntingan video terbaik. Tersedia banyak sekali pilihan di dalamnya. Mulai dari otomatis, kontras, kecerahan, pencahayaan, sorotan, bayangan, kecerahan, serta masih banyak lagi opsi lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan editing, saat memilihnya.

3. Mode Cermin

Menu mode cermin, terletak di sebelah pojok kiri atas layar. Berfungsi untuk membuat video atau gambar di dalamnya terlihat seperti refleksi diri. Artinya, posisi asli saat kamu lakukan proses rekaman objek, secara otomatis dibalik. Ya, sisi kiri kalian biasanya mewakili bagian kanan. Tetapi, dengan menggunakan fitur mirror, sebelah kanan kamu dan video jadi sama.

4. Filter

Pilihan yang tersaji di dalamnya, bisa bantu kalian merubah warna video. Adapun opsi yang dimaksud, diantaranya ada hitam/putih, sedikit hangat, mono, jelas hangat, silvertone, jelas dingin, dan lain sebagainya. Kamu pilih saja sesuai keinginan. Cara penerapan tools-nya, bisa dilakukan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Otomatis, video berubah.

5. Mode Putar

Berikutnya, alat sunting video di iPhone yang tidak kalah menarik adalah mode putar. User, dapat menggunakannya untuk memutar video sebanyak 360ο. Kalian bisa memilih agar posisi videonya, berubah seper sekian derajat. Tidak perlu khawatir, bisa diposisikan kembali ke keadaan awal.

Terkait:  Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud

6. Rasio Video

Rasio video atau lebih familiar dengan istilah bingkai. Fitur yang memungkinkan pengguna bisa atur ukuran video sesuai kebutuhan. Terdiri dari lebih dari satu pilihan ukuran atau size. Mulai dari 16:9, bentuk bebas, asli, dan masih banyak lagi yang lain. Secara umum, kalian yang ingin upload konten ke media sosial Youtube. Maka, size yang digunakan yaitu, 16:9.

Cara Edit Video di iPhone 11 Pro Max

Proses sunting video menggunakan iPhone, bisa kalian variasikan lebih jauh dengan gunakan aplikasi bantuan. Ada banyak sekali pilihan software editor yang dapat meningkatkan hasil dari rekamanmu. Misalnya saja, Splice, Enlight Videoleap Video Editor, iMovie, Magisto, sertta bisa juga manfaatkan aplikasi Adobe Premier Rush for Video. Pilihannya beragam.

Cara edit video di iPhone 11 Pro Max kali ini, kita akan membahasnnya dengan bantuan dari aplikasi bernama VLLO. Berdasarkan penuturan yang telah disampaikan melalui channel YT @Carysha. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Install aplikasi “VLLO” melalui App Store
  2. Operasikan aplikasiny, di laman utama klik “+Create Video”
  3. Pilih klip video di “Gallery” iPhone
  4. Klik ikon “Panah ke Kiri” yang terdapat di pojok kanan atas
  5. Lanjutkan dengan ketuk kembali ikon “Panah” tersebut
  6. Berhasil di-import, langsung mulai editing video
  7. Lakukan drag klip video untuk mengatur posisi
  8. Tools lainnya, bisa kalian pilih di deretan menu bawah aplikasi
  9. Klik ikon “Panah ke Atas” atau “Export & Video”
  10. Tekan tombol “Export”
  11. Project kalian telah berhasil di-edit.

Edit Video di iPhone Tanpa Watermark Via iMovie

Tahapan yang akan dijelaskan di bawah ini, disampaikan secara langsung melalui Youtube channel @Insomnia Project. Ini dia langkah-langkah detailnya:

  1. Buka aplikasi “iMovie”
  2. Klik logo “Plus(+)” untuk menambahkan video project baru
  3. Lanjutkan dengan klik “Film atau Movie
  4. Scroll ke bawah untuk memilih klip video yang akan di-edit
  5. Tekan tombol “Buat Film” di paling bawah aplikasi
  6. Aktifkan mode “Rotasi” iPhone, agar permudah proses editing
  7. Klik menu lapisan, dan mulai pilih tools
  8. Lakukan “Review”, sebelum menyimpan hasil video
  9. Pilih “Selesai” di pojok kiri atas
  10. Klik ikon “Share”, lalu pilih “Simpan Video”.
Terkait:  Cara Daftar OneKlik BCA di Gopay

Otomatis, hasil klip video yang telah kalian lakukan proses editing menggunakan iMovie ini, akan tersimpan ke dalam menu “Gallery” pada iPhone. Melalui software tersebut, kamu dapat menghasilkan video yang bagus untuk dijadikan sebagai konten di Youtube. Selain caranya cukup sederhana, aplikasinya juga tersedia secara gratis.

iMovie sendiri, merupakan salah satu aplikasi yang biasanya sudah tertanam secara langsung di iPhone. Oleh sebab itu, banyak sekali pengguna produk Apple Inc. yang memanfaatkannya dalam urusan edit video. Kalian bisa lakukan split atau bagi frame untuk memberikan efek di klip videonya. Terlebih, terdapat juga tools untuk mengatur kecepatan video. Add suara juga.

Kalian pengguna iPhone? Maksimalkan kinerja dari perangkatmu untuk menghasilkan karya-karya terbaik yang kamu buat sendiri. Pilih aplikasi yang membuatmu merasa nyaman, ketika melakukan editing videonya.

Sekian perjumpaan cara edit video di iPhone kali ini. Semoga informasinya bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts