Cara Memperkecil Ukuran PDF

PDF bisa dibilang sebagai format file unik yang tetap mempertahankan orisinalitas isi dokumen karena tidak mudah di edit, berbeda dengan file dari Ms.Office. Namun meskipun tidak dapat diubah dengan mudah, kalian masih tetap bisa mencoba cara memperkecil ukuran PDF melalui berbagai metode. Karenanya file berekstensi PDF menjadi lebih kecil ukurannya dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Terkadang pada sebuah instansi jika ingin mengirimkan file PDF biasanya ada syarat yang wajib dipenuhi, salah satu syarat tersebut adalah ukuran file PDF yang tidak lebih dari 1 MB.

Read More

Mungkin bagi kalian yang memiliki ukuran file PDF di bawah syarat yang di tentukan tidak menjadi masalah, namun akan bermasalah jika ternyata ukuran PDF nya lebih dari syarat yang ditentukan. Alhasil file PDF tersebut harus di kompres agar bisa memenuhi syarat tersebut.

Selain itu, bukan untuk sebuah persyaratan yang harus dipenuhi saja. Jika kalian lebih menyukai membuka file PDF di smartphone dibandingkan di laptop atau PC. Untuk melancarkan akses loading di smartphone, kalian harus mengompres ukuran filePDF terlebih dahulu. Jangan khawatir, karena mengecilkan ukuran PDF ini tidak akan mengurangi kualitas isi yang ada di dalam file PDF tersebut.

Cara Memperkecil Ukuran PDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF
Tutorial Memperkecil Ukuran PDF

Tutorial Memperkecil Ukuran PDF Melalui Website

Bagaiamana, tertarik untuk memperkecil ukuran PDF? Simak terus artikel ini mengenai cara memperkecil ukuran PDF melalui website yang bisa kalian coba berikut ini :

1. Small PDF

Cara memperkecil ukuran PDF melalui website yang pertama yaitu dengan menggunakan situs small PDF. Situs ini merupakan salah satu rekomendasi platform untuk mengecilkan file PDF. Karena bukan hanya untuk memperkecil ukuran PDF saja, tetapi juga dapat dijadikan tools untuk mengonversi dengan menawarkan 21 pilihan fitur dalam satu website. Untuk menggunakan platform ini, kalian dapat mengikuti tutorial di bawah :

  • Buka situs small PDF dengan alamat www.smallpdf.com/id
  • Pada halaman depan situs ini, gulir sedikit ke bawah lalu cari bagian untuk memperkecil ukuran PDF, yaitu ‘Mengompres PDF’. Klik bagian tersebut.
  • Akan muncul pada halaman berikutnya untuk memasukkan file PDF yang akan di ubah ukuannya. Caranya bisa dengan klik ‘pilih file’ lalu cari di bagian explore. Atau bisa juga dengan seret file ke dalam kotak yang tersedia.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses upload file PDF berhasil di lakukan di situs tersebut.
  • Pada halaman berikutnya, kalian akan melihat ukuran file sebenarnya dengan ukuran file setelah di kompres. Ada 2 pilihan kompres file yaitu kompresi dasar (gratis) dan kompresi pro (berbayar). Tentu dari kedua pilihan ini yang paling baik adalah kompresi pro
  • Sebagai contoh, jika kalian memilih kompresi dasar, klik bagian tersebut lalu pilih tombol kompres yang ada di bagian bawah.
  • Biarkan smallPDF bekerja untuk memperkecil ukuran PDF.
  • Di halaman berikutnya, kalian akan melihat file PDF yang sudah diperkecil ukurannya, bahkan hanya dengan ‘kompresi dasar’, file PDF bisa di kompres hingga 77 % dari ukuran sebenarnya.
  • Setelah selesai memperkecil ukuran PDF, selanjutnya tinggal ‘Unduh File’ yang berada di bagian bawah.
  • Untuk menyimpannya ke dalam dropbox, klik Simpan ke Dropbox.
  • Apabila ingin disimpan ke Google Drive, klik Simpan Google Drive.
Terkait:  Cara Memperbesar Ukuran PDF

2. ilovePDF

Situs web selanjutnya yang dapat kalian gunakan ke dalam cara memperkecil ukuran PDF adalah dengan menggunakan situs ilovePDF. Situs ini menawarkan berbagai macam tools untuk merubah atau mengedit PDF sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa tools pada situs ini adalah menggabungkan 2 PDF, memisahkan PDF menjadi 2 bagian, memperkecil ukuran PDF, edit PDF, unlock PDF, protect PDF, rotate PDF, dan lain sebagainya. Jika dihitung jumlah tools yang ada di dalam situs ini, ternyata cukup banyak hingga mencapai 23 tools yang bisa kalian manfaatkan.

Untuk mencoba salah satu alat dari sekian banyak alat tersebut, klik di salah satunya. Karena kalian akan memperkecil ukuran PDF, maka klik alat tersebut. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka situs ilovePDF dengan alamat www.ilovepdf.com.
  • Setelah terbuka situsnya, di halaman utama situs tersebut akan langsung tersaji semua alat yang bisa kalian gunakan. Di mana salah satunya adalh alat untuk memperkecil ukuran PDF.
  • Karena pada situs tersebut langsung tersaji dalam bahasa inggris. Untuk memperkecil ukuran PDF berarti yang harus di klik adalah ‘Compress PDF’.
  • Pada halaman khusus kompres PDF, silakan pilih file dari explore dengan klik ‘Select PDF Files’.
  • Selain dengan metode memilih langsung dari explore, kalian pun bisa langsung drop file PDF nya langsung ke halaman tersebut.
  • Atau jika file PDF nya terdapat pada Google Drive atau Dropbox, silakan klik ikon dari masing-masing penyimpanan cloud yang berada di halaman tersebut.
  • Setelah memilih file PDF nya, maka akan muncul file PDF tersebut pada halaman baru. Di sini pun kalian bisa menambahkan file PDF lainnya, sehingga kompres file PDF bisa lebih dari 1 file.
  • Di bagian bawah, ada tulisan ‘Compress PDF’. Silakan klik tombol tersebut untuk memulai memperkecil ukuran PDF.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs ini melakukan tugasnya untuk memperkecil ukuran PDF.
Terkait:  Cara Convert JPG ke PDF

3. PDF2go

sama seperti 2 situs yang sudah di jelaskan di muka, bahwa memperkecil ukuran PDF merupakan salah satu alat dari sekian banyak alat yang ditawarkan. Bahkan untuk situs ini terdapat hingga 27 alat sekaligus untuk berbagai keperluan yang di bagi ke dalam 4 segmen, di antaranya Edit file PDF, Tingkatkan Kualitas File PDF, Konversi dari PDF, dan Konversi ke PDF.

Cara memperkecil ukuran PDF melalui PDF2Go, masuk pada segmen Tingkatkan Kualitas file PDF. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Buka situs PDF2go yang beralamat : www.pdf2go.com/id
  • Pada halaman utama, kalian bisa langsung masuk pada alat komres PDF. Atau jika penasaran ingin melihat alat ini masuk ke dalam segmet ‘Tingkatkan Kualitas file PDF’ bisa di klik tombol ‘Semua Alat’ yang ada di sebelah kanan atas di halaman utama.
  • Untuk memperkecil ukuran PDF, silakan klik ‘pilih file’ atau ‘jatuhka file di sini’ pada kotak yang telah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses inisialisasi selesai.
  • Di bagian bawah akan ada beberapa pilihan kompresi. Di antaranya ada kompresi dasar, kompresi kuat, dan pilih dari preset. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu, kalian cukup kik tombol ‘Mulai’.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai dilakukan.
  • Silakan download file yang sudah di kompres tersebut.

PDF2go bisa melakukan kompresi fie PDF hingga 70 % walau dengan menggunakan kompresi dasar saja.

Kalian bisa memilih salah satu dari ketiga metode cara memperkecil ukuran PDF di atas, silahkan pilih yang paling mudah. Masing-masing platform atau tools di atas memiliki kelebihan tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kalian bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Terkait:  Cara Convert Excel ke PDF

Related posts