Cara Convert Excel ke PDF

Bagaimana sih cara convert Excel ke PDF? Salah satu keunggulan menyimpan dokumen berformat PDF ialah bisa dibuka kapan saja dan dimana saja dengan mudah tanpa mengubah komposisi dan susunan dokumen itu sendiri. Selain itu, format dokumen PDF ini juga lebih menghemat tempat penyimpanan yang tersedia di perangkatmu. Sebab ukuran file-nya memang tak begitu besar. Selain dokumen Word yang disimpan lewat format PDF, Kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada Excel.

Mengkonversi dari file Excel ke bentuk PDF sendiri memang menawarkan banyak keunggulan. Khususnya bagi Kamu yang ingin mencetak hasil kerja dan membagikannya ke orang lain. Sebab file PDF sendiri dapat dibuka lewat perangkat apa saja dimana saja. Bahkan Kamu bisa membukanya di Smartphone yang tidak memiliki Microsoft Office sekalipun di Hpmu. Belum lagi Kamu juga bisa memperkecil ukuran PDF dengan mudah melalui cara kompres file PDF.

Melalui file PDF inilah, filemu juga dipasitkan lebih aman sebab format PDF ini memungkinkanmu untuk mengamankan file dengan cara memberinya password. Walaupun menyimpan dokumen dalam bentuk PDF sendiri cukup menyulitkanmu saat mengeditnya ketika ada yang salah atau kekurangan. Apapun itu jika ingin mengubah dokumen Excel ke bentuk PDF, Kamu bisa menggunakan cara convert Excel ke PDF dengan mudah di bawah ini!

Cara Convert Excel ke PDF

Cara Convert Excel ke PDF
Cara Mengubah Excel ke PDF

Mengubah File Excel ke PDF

Ada beberapa panduan cara mengubah file Excel ke PDF yang bisa Kamu tiru. Kamu tinggal pilih mana metode yang tepat untuk mengubah dokumen yang Kamu inginkan ke PDF. Simak panduannya di bawah ini :

1. Cara Mengubah File Excel ke PDF Lewat Microsoft Excel

Dalam cara convert Excel ke PDF secara dari operasi Microsoft Excel secara langsung, Kamu harus ingat bahwa metode ini hanya dapat dilakukan untuk OS di atas Windows 8. Untuk mengubahnya ke file PDF sendiri cukup mudah bahkan tak memerlukan waktu lama.

Dari sini Kamu akan memakai Microsoft Excel 2010. Selain itu, file yang telah diformat ke dalam bentuk PDF pun keasliannya file aslinya tetap terjaga. Sehingga Kamu tidak dapat mengembalikan file tersebut ke dalam bentuk Excel kembali. Jadi jika Kamu sudah mengubah file ke dalam bentuk PDF, maka Kamu tidak akan bisa mengubah atau mengedit dokumen tersebut kembali.

Ini dia langkah cara mengubah file Excel ke PDF, di bawah ini :

  • Silahkan buka dokumen Excel yang Kamu ingin konversi ke dalam bentuk PDF.
  • Selanjutnya pilih worksheet yang akan diubah ke dalam PDF dengan di block atau dengan menggunakan page break. Akan tetapi jika Kamu ingin mengkonversikan seluruh lembar kerja file Excelmu. Maka cara tersebut tidak perlu Kamu lakukan.
  • Setelah itu, klik file.
  • Lalu klik “Save and  Send”.
  • Setelah itu, tekan “Create PDF”.
  • Lalu tinggal simpan dalam bentuk PDF dengan “Save As PDF”.

Apabila Kamu memakai Ms. Excel 2008, maka Kamu dapat mengikuti panduannya berikut ini :

  • Silahkan buka data Excel yang akan diubah ke PDF.
  • Lalu pilih worksheet dengan membloknya terlebih dahulu, bisa juga dengan menggunakan page break. Kamu tak perlu melakukan cara ini jika ingin mengkonversi seluruh lembar kerja file Excel-mu.
  • Tekan menu “File”, lalu tekan lagi “Menu Export”.
  • Selanjutnya pilih “Simpan dan Kirim”.
  • Lalu tekan lagi “Create PDF” dan “Save As” dalam bentuk PDF.

Apabila Kamu ingin mengubah keseluruhan file Excelmu, maka Kamu cukup ke bentuk PDF, dengan memakai menu pada drop down yang bertuliskan “Save As Type” pada “Save As” dan pilih format PDF. Tapi jika Kamu ingin mengkonveri bagian tertentunya saja, tentu tetap dapat melakukannya. Caranya cukup klik “Options”. Dari situ Kamu dapat menentukan mana saja bagian yang akan diubah ke dalam PDF.

2. Cara Mengubah File Excel ke PDF Dengan Aplikasi Tambahan

Cara convert Excel ke PDF berikkutnya bisa dilakukan dengan memakai aplikasi tambahan. Metode ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi Kamu yang menggunakan Microsoft Office 2007, karena metode pada nomor 1 hanya bisa dilakukan untuk Microsoft Office 2008 ke atas saja. Kamu bisa langsung memasang Add ins Microsoft dengan cara mengunduhnya dari web resmi Microsoft secara online.

Selain itu, tidak perlu ragu karena aplikasi Add-Ins sendiri berukuran sangat ringan, bahkan tidak sampai 1MB saja ukurannya, jadi lebih aman. Apabila tidak ada masalah yang terjadi pada platrofm Microsoft Office-mu. Kamu cukup mengikuti langkah ini satu kali saja. Baru kemudian di Microsoft Excel dan Office lainnya, Kamu akan menemukan menu create XPS Document/PDF di dalam pilihan “Save As”. Setelah itu, tinggal ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, silahkan unduh aplikasi tambahan terlebih dahulu dari Save As PDF and XPS.
  • Jika Kamu sudah mengunduh dan memasang aplikasi Add ins Microsoft Save AS PDF tadi di PC, tinggal menggunakannya saja.
  • Apabila Kamu ingin mengkonversi dokumen Excel ke dalam file PDF secara langsung, maka Kamu tinggal memuka berkas Excel yang akan diubah.
  • Setelah itu, tekan Ribbons Office Button, lalu sorot tulisan “Save As”.
  • Lalu pilih PDF atau XPS, dan pilih opsi Save As Type PDF dan klik Publish.

3. Cara Mengubah File Excel ke PDF Dengan Program VBA Excel

Tujuan cara mengubah file Excel ke PDF sendiri ialah demi memudahkan para pembaca untuk melihat data melalui tampilan yang sama seperti pada e-book atau buku elektronik. Kamu sebenarnya bisa saja melakukan konversi file Excel kemudian mem-publikasikannya ke dalam PDF lewat pilihan file dan Save and Send.

Akan tetapi bagi developer dan programmer, biasanya mereka memerlukan instruki yang lebih programatikal dan intaksis. Metode tersebut bisa dilakukan lewat bahasa pemrograman Visual Basic for Application atau VPA atau melalui bantuan Macro.

Oke, langsung saja berikut ini panduan cara convert Excel ke PDF yang bisa Kamu coba :

  • Silahkan buka aplikasi Microsoft Excel.
  • Kemudian tekan secara bersamaan Alt+F11 jika ingin memunculkan kode editor MBA. Selain itu, Kamu juga bisa mengklik instruksi View Code pada Menu Developer.
  • Silahka buat Export dengan cara mengklik insert, dan pilih Form Control.
  • Lalu masuk ke dalam Source Mode atau dengan ketik kombinasi tombol Alt+F11.
  • Kemudian ketikkan script ini :
    Sub cetaktopdf()
    ActiveSheet.ExportAsFixedFrmat Type:=x1TypePD, Filename:=_
    “D:\PDF\hasilnya.pdf”, Quality :=x1QualityStandard, _
    IncludeDocProperties:=True, IgnorePrintAreas:=False, OpenAfterPublish:=_
    False
    DoEvents
    MsgBox “Convert To PDF Done”
    End Sub

Jadi apabila ada beberapa dokumen yang akan dicetak, Kamu cukup melakukan pengulangan script yang sudah dibuat di atas. Jika cara ini dirasa sulit dilakukan, Kamu bisa menggunakan metode lainnya.

4. Cara Mengubah File Excel ke PDF Secara Online

Selain cara convert Excel ke PDF secara offline, Kamu juga bisa menggunakan cara online jika ingin mengubah file Excel ke PDF. Berikut panduannya :

  • Silahkan buka link berikut, kemudian buka upload a file to convert dengan mengkliknya untuk menemukan berkas Excel yang ingin di convert ke dalam Pdf. Lalu tunggu sampai pengunggahan selesai dilakukan.
  • Apabila proses convert tadi selesai, tinggal tekan link Download tepat di pojok bagian atas untuk mengunduh hasil convert dari Excel menjadi Pdf.
  • Selanjutnya ada 2 opsi, silahkan tekan Download PDF File.
  • Sesudah file PDf tadi terbuka, Kamu tinggal klik Download.
  • Silahkan pilih tombol “Save As” lalu klik “Ok”.

Demikianlah ulasan cara convert Excel ke PDF yang dapat dipilih sesuai metode yang paling mudah, praktis dan tidak ribet menurutmu!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019