Cara Copy Gambar Dari pdf

Bagaimana cara copy gambar dari PDF? PDF termasuk salah satu bentuk format file yang banyak kita jumpai. Format dokumen ini selalu mempertahankan keaslian gambar maupun teks yang terdapat di dalamnya. Jadi meskipun dipindahkan ke dalam perangkat lain, bentuknya tidak berubah. Maka dari itu, ketika ingin menyalin gambar dalam file PDF kemudian menyimpannya ke bentuk JPG secara terpisah, metodenya tentu akan berbeda ketika mengunduh gambar langsung dari internet.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara copy dari PDF ke Word, hanya saja untuk metode tersebut tidak bisa langsung menyalin gambar sekaligus. Namun jangan khawatir, ada beberapa pilihan cara copy gambar dari PDF dengan mudah yang bisa Kamu coba.  Simak panduannya di bawah ini!

Cara Copy Gambar dari PDF

Cara Copy Gambar dari PDF
Cara Menyalin Gambar dari PDF

Menyalin Gambar dari PDF

Aktivitas menyalin gambar dari PDF memang bisa dikatakan tidak mudah, apalagi bagi Kamu pengguna baru. Namun Kamu tak perlu khawatir, karena bisa mengeksplorasi cara copy gambar dari PDF paling mudah dari beberapa metode berikut!

1. Cara Menyalin Gambar dari PDF via Wondershare PDF Converter

Wondershare PDF Converter merupakan salah satu tool PDF yang berfungsi untuk mengekstrak seluruh gambar yang ada di tiap halaman PDF. Hasil gambar yang diekstraksi juga berkualitas dan tetap terjaga keasliannya. Berikut ulasan cara menyalin gambar dari PDF melalui Wondershare PDF Converter, di bawah ini :

  • Download aplikasi Wondershare PDF Converter dan instal aplikasinya.
  • Buka dan jalankan PDF Converter.
  • Klik drag and drop dokumen PDF ke dalam Photo Konverter. Untuk gambar yang akan diekstrak lebih dari satu atau ada beberapa, Kamu bisa meletakannya di satu folder kemudian import.
  • Pilih gambar tadi ke dalam format output pada format daftar. Lalu pilih Advance Pengaturan ke tab gambar. Tujuannya untuk pemilihan format yang tepat pada gambar seperti format .JPG. Pada menu extract images, Kamu bisa pilih opsi “Extract all images in the PDF files” lalu klik “Ok”.
  • Jika sudah siap semuanya, langsung pilih “convert” untuk gambar yang diambil pada file PDF. Sesudah dikonversi, klik tombol yang terbuka untuk melihat tampilan gambar output. Gambar-gambar tersebut dimasukkan pada folder berbeda sesuai nama-nama dari file PDF yang asli.

2. Cara Menyalin Gambar dari PDF via Lightshot

Cara copy gambar dari PDF lainnya ialah menggunakan aplikasi Lightshot, sebagai salah satu aplikasi screenshot yang cukup banyak digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Sesudah diunduh baru install aplikasi seperti biasa.

Jika sudah, Kamu tinggal membuka dan menjalankan aplikasi Lightshot dengan mengambil gambar dalam file PDF. Langkah-langkahnya, silahkan buka berkas PDF yang akan Kamu ambil gambarnya. Setelah itu, masuk ke tempat lokasi gambar berada. Dilanjut dengan memilih icon Lightshot di icon tray area pada bagian ujung kanan bawah dalam taskbar.

Silahkan pilih gambar mana yang akan Kamu ambil, lalu klik “Save” atau “Simpan” dan gambar yangt adi filenya akan berbentuk JPG secara terpisah.

3. Cara Menyalin Gambar dari PDF via PDF Image Extractor

Untuk menyalin gambar yang terdapat pada berkas PDF, Kamu bisa memakai perangkat lunak lainnya yang bernama PDF Image Extractor. Melalui bantuan aplikasi yang satu ini, Kamu dapat mengekstrak seluruh gambar pada dokumen PDF dengan cara otomatis, kemudian menyimpannya di PC dalam bentuk berkas JPG.

Adapun keunggulan cara copy gambar dari PDF via PDF Image Extractor ini ialah tak perlu lagi repot-repot melakukan screenshot satu per satu. Jadi bagi Kamu yang ingin mengambil gambar dari berkas PDF dalam jumlah cukup banyak, cara yang satu ini bisa dikatakan lebih efektif juga lebih hemat waktu.

Oke, langsung saja kita praktekkan tutorial cara menyalin gambar dari PDF via PDF Image Extractor berikut :

  • Siapkan gambar dari berkas PDF yang akan diambil atau disalin.
  • Lalu buka web PDFCandy : Extract Images dari PDF di link ini.
  • Setelah itu, tekan Add Files lalu pilih berkas PDF yang akan kamu ekstrak gambarnya, lalu tunggu sampai proses selesai.
  • Selanjutnya aplikasi akan langsung mengekstrak gambar-gambar pada berkas PDF ke dalam bentuk file JPG. Jika proses tersebut sudah selesai, tekan download untuk mengunduh dan menyimpan seluruh gambar yang sudah disalin tadi ke komputer.

Biasanya file gambar yang diunduh masih berformat zip, jadi Kamu harus mengekstrak file tersebut. Hanya saja kelemahannya ialah seluruh gambar yang terdapat pada PDF berikut gambar-gambar berukuran kecil dan beberapa ikon pun akan langsung tersimpan. Namun tak perlu khawatir, Kamu tinggal sortir saja mana gambar yang dibutuhkan.

4. Cara Menyalin Gambar dari PDF via Adobe Acrobat Reader

Aplikasi Acrobat Reader memang sering digunakan untuk menyalin file PDF, begitu pun untuk menyalin gambar dari PDF. Aplikasi ini bisa dikatakan memiliki fitur yang cukup lengkap, Kamu tingal melakukan copy paste gambar  beserta teks PDF dengan mudah seperti editor teks pada umumnya.

Cara yang bisa Kamu lakukan untuk meng-copy gambar dari PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader ialah berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan unduh dan instal Adobe Acrobat Reader di sini!
  • Selanjutnya buka berkas PDF yang akan diambil gambarnya dan masuk menuju tempat gambar berada.
  • Silahkan klik kanan gambar, kemudian pilih opsi copy selected graphic.
  • Kini gambar pun sudah tersalin ke dalam clipboard, Kamu tinggal tempelkan saja ke aplikasi editing gambar lalu simpan berkasnya ke dalam komputer.

5. Cara Menyalin Gambar dari PDF via Adobe Photoshop

Cara copy gambar dari PDFyang terakhir ialah Kamu hanya perlu memanfaatkan Adobe Photoshop. Dengan begitu, Kamu tinggal menyalin atau mengambil gambar dalam berkas PDF. Tak hanya beberapa gambar saja, bahkan semua gambar dari berkas PDF bisa diambil secara langsung.

Untuk lebih jelasnya, simak tutorial di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka Adobe Photoshop di komputer atau laptopmu.
  • Lalu klik “File” lalu “Open As”.
  • Selanjutnya di kotak Open As, Kamu tinggal pilih opsi Photoshop PDF di bagian tersebut. Selanjutnya file PDF akan langsung muncul.
  • Silahkan tekan Open.
  • Setelah jendela import muncul, Kamu tinggal pilih images atau page. Untuk mengambil gambar, silahkan klik images kemudian tekan kombinasi tombol CTRL+klik, selanjutnya Kamu bisa mengambil beberapa gambarnya secara acak dan tekan “Ok”.
  • Jika gambar tersebut sudah muncul, langkah berikutnya tinggal “Save As” saja.
  • Kemudian simpan lagi melalui format PNG atau JPEG sesuai kebutuhan.
  • Selesai.

Jika di komputer atau PC-mu sudah memiliki Adobe Photoshop, Kamu tinggal ikuti panduan nomor 5 saja. Kalaupun tidak, bisa mengunduh software Photoshop terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa tutorial cara copy gambar dari PDF yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Cari mana metode yang paling mudah untuk menyimpan gambar dari berkas PDF. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019