Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Industri 4.0 menghasilkan beragam teknologi yang bisa memudahkan berbagai macam aktivitas keseharian, baik untuk urusan pribadi hingga pekerjaan. Hal ini nampaknya tidak ingin disia-siakan oleh pabrikan Xiaomi dalam hal pemberian fitur dan spek yang cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas penggunanya. Ini cara membersihkan sampah di hp Xiaomi!

Berbicara mengenai sistem teknologi yang melekat pada HP Smartphone, maka kalian akan menjumpai 2 sistem yang sudah beredar di pasaran, yaitu sistem Android dan sistem iOS. Keduanya merupakan rival yang saling bersaing terutama dari segi performa upgrading system nya untuk mempermudah melakukan berbagai macam aktivitas melalui HP smartphone.

Read More

Android Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa HP Smartphone yang mengandalkan sistem Android di Indonesia adalah yang paling banyak digunakan dibandingkan iOS. Alasan utamanya cukup sederhana, yaitu HP smartphone dengan menggunakan sistem Android sangat mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun bagi kalian yang ingin mendapatkan beragam fitur menarik dari smartphone android, paling tidak harus merogoh kocek di atas 2 juta rupiah jika ingin menikmati fitur-fitur mumpuni.

Setelah kalian memiliki dana yang cukup untuk membeli HP smartphone berbasis Android. Selanjutnya kalian tinggal memilih merek mana yang akan dijadikan sebagai pilihan utama gadget kesayangan.

Cukup banyak merek-merek yang bisa kalian pilih. Namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih tinggi dari merk smartphone lain dengan harga sama,  maka kalian bisa memilih HP smartphone keluaran dari Xiaomi.

Keunggulan HP Xiaomi yang paling utama adalah harganya yang sangat terjangkau dengan fitur yang bisa diandalkan. Kalian tidak perlu risau jika berniat ingin membeli salah satu produknya karena sampai dengan saat ini, Xiaomi dikenal sebagai distributor terbesar ke 3 di dunia. Artinya sepak terjangnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Masalah Pada HP Smartphone Berbasis Android

Ada salah satu permasalahan yang cukup menonjol bagi para pengguna HP Android termasuk HP keluaran dari Xiaomi, yaitu file sampah. Sampah-sampah tersebut mungkin dianggap tidak terlalu berpengaruh besar bagi perfroma HP. Akan tetapi, jika dibiarkan terlalu lama, maka sampah-sampah tersebut justru mengakibatkan terganggunya ekosistem perangkat HP yang bisa menurunkan performa.

Apabila file sampah tidak rutin dibersihkan, maka selain performa HP Android yang menurun, juga memori HP akan cepat penuh dan bisa mengurangi memori HP secara keseluruhan. Untungnya banyak sekali aplikasi-aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan dari perangkat android yang dapat diandalkan untuk menghapus file sampah yang bisa menyebabkan masalah jangka panjang.

Namun sebelumnya, kalian perlu tahu file-file sampah yang wajib dihapus untuk meningkatkan performa HP Android, diantaranya :

1. File Cache

Sistem Android biasanya akan secara otomatis menghapus file cache ini jika aplikasi yang sudah di instal sudah lebih dari 1 minggu. Namun apabila terlalu banyak cache, maka akan terjadi penumpukan yang bisa menyebabkan penurunan performa hingga memori penyimpanan menjadi berkurang.

Contoh yang bisa diambil yaitu aplikasi Instagram yang selalu menyimpan file cache hasil dari melihat timeline file foto maupun video pada beranda Instagram yang baru dilihat atau ditonton. Apabila terlalu banyak foto dan video yang ditonton, tentu saja file cache akan semakin menumpuk.

2. Folder kosong dan Folder Tidak Terpakai

Folder kosong ini dihasilkan karena sebelumnya pengguna membuat folder untuk menyimpan file penting, lalu file tersebut dipindahkan dan lupa untuk menghapusnya. Berbeda dengan folder tidak terpakai, biasanya terjadi akibat dari sisa aplikasi yang di uninstall.

Agar performa HP Xiaomi milikmu berjalan dengan maksimal, maka tidak ada salahnya untuk menghapus kedua jenis folder ini dengan masuk pada sistem.

Sebenarnya masih banyak file sampah yang perlu kalian ketahui agar bisa tahu mana file sampah yang bisa dihapus, atau file penting yang tidak perlu dihapus sama sekali. Hal ini dikarenakan bisa merusak merusak sistem.

Namun, untuk lebih mempermudah dalam proses penyeleksian file sampah supaya lebih aman dihapus, maka lebih baik gunakan fitur bawaan dari HP Xiaomi atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Membersihkan Sampah Di HP Xiaomi

Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi
Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Agar kalian bisa lebih jelas untuk menghapus file-file sampah pada HP Xiaomi, dibawah ini ada beberapa cara membersihkan sampah di hp Xiaomi dengan aman dan mudah, diantaranya :

1. Menggunakan Cleaner Bawaan HP Xiaomi

Saat ini HP Xiaomi keluaran terbaru telah menyematkan fitur teranyarnya, yang salah satunya bernama fitur cleaner. Fitur ini berfungsi untuk membersihkan file-file sampah yang tidak digunakan sekaligus melakukan optimalisasi penyimpanan memori.

Adapun langkah-langkahnya, bisa kalian ikuti dibawah ini :

  • Buka terlebih dahulu fitur pembersih yang sudah ada pada fitur bawaan. Kalian bisa menemukannya pada deretan menu atau bisa di geser slider ke bawah hingga menemukan fitur tersebut.
  • Lakukan proses pembersihan dengan menekan tombol yang sudah disediakan. Sebelumnya, kalian akan diperlihatkan beberapa pilihan untuk membersihkan file yang tidak terpakai seperti : Berkas cache, Berkas tak berguna, Paket, Sisa, dan lain-lain.
  • Proses pembersihan sedang berlangsug setelah menakan tombol khusus dan memproses pilihanmu tersebut, yang perlu kalian lakukan adalah menunggunya hingga proses scanning
  • Setelah selesai, selanjutnya akan muncul ukuran file sampah pada layar, untuk membersihkannya cukup tekan tombol dibawah yaitu ‘Bersihkan’.

2. Menggunakan Clean Master Lite

Cara membersihkan sampah di hp Xiaomi selanjutnya  yaitu Clean Master Lite yang bisa kalian download pada Google Play Store. Langkah-langkahnya bisa kalian ikuti dibawah ini :

  • Download terlebih dahulu dengan masuk pada Google Play Store.
  • Setelah masuk, silahkan ketik pada kolom pencarian dengan menuliskan Clean Master Lite.
  • Instal aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan aplikasi Clean Master Lite siap untuk digunakan.
  • Buka aplikasi tersebut hingga bisa masuk ke berandanya.
  • Pada beranda, akan terpampang dengan jelas mengenai proses pemindaian terlebih dahulu file-file sampahnya. Kalian hanya perlu klik tombol besar berbentuk bulat yang bertuliskan ‘Pindai’.
  • Tunggulah hingga proses pemindaian selesai, apabila sudah selesai maka terakhir tinggal tekan tombol ‘Bersihkan’ sebagai langkah menghapus file sampah yang tidak perlu hasil dari pemindaian tadi.
  • Lakukan restart HP Xiaomi kalian agar hasilnya bisa meningkatkan performa HP lebih baik.

3. Menggunakan Team Win Recovery Project (TWRP)

Cara membersihkan sampah di hp Xiaomi yang terakhir, bisa menggunakan Team Win Recovery Project (TWRP). Program ini akan membawa kalian pada fitur bernama Wipe Cache yang bisa menghapus file sampah yang tidak berguna. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Restart HP Xiaomi terlebih dahulu. Setelah mati, segera teklan tombol Power + Volume Up dan tunggulah beberapa detik hingga nanti akan masuk pada TWRP Recovery.
  • Carilah opsi Wipe lalu tekan tombol Wipe Cache.
  • Tunggulah hingga prosesnya selesai.
  • Apabila sudah selesai, restart kembali.

Kalian bisa memilih salah satu dari ketiga cara membersihkan sampah di hp Xiaomi, dan melakukan pembersihan secara rutin. Tujuannya, untuk meningkatkan performa hp Xiaomi menjadi lebih baik lagi dan dapat digunakan untuk mobilitas berselancar di hp.

Related posts