Cara Cek RAM Hp Xiaomi

  • Whatsapp

Performa HP Xiaomi yang maksimal tentu saja disokong oleh kapasitas RAM yang tersedia. Di samping dukungan processor, kapasitas RAM pada HP juga sangat membantu penggunanya untuk menjalankan berbagai macam aplikasi atau game-game berat. Oleh karena itu, pengguna Xiaomi harus tahu cara cek RAM Hp Xiaomi dengan baik.

Memori RAM bisa dikatakan sebagai memori HP yang bersifat sebagai penyimpana sementara, serta mempunyai kecepatan transfer cepat. Oleh karena itu, biasanya memory RAM ini hanya dipakai untuk memproses aplikasi atau program yang sedang berjalan. Selain itu, jika program/aplikasi sudah selesai dijalankan seharusnya sudah tidak memakai memory RAM kembali.

Read More

Peranan RAM pada perangkat Hp sendiri sangat penting, sebab dengan kapasitas RAM yang semakin banyak di ponsel, maka bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan. Akan tetapi besarnya kapasitas memori RAM tidak dapat dijadikan acuan utama Hpmu terbebas dari yang namanya lag, sebab ada faktor lainnya seperti spesifikasi GPU dan prosesor yang ikut menunjang agar kinerja HP bisa berjalan baik.

Nah, bagi pengguna Hp Xiaomi tentu penting sekali mengetahui cara cek RAM Hp Xiaomi untuk mengontrol pemakain RAM di HP. Sama halnya dengan mengecek RAM Hp Samsung dan lainnya, Kamu juga bisa menggunakan beberapa cara untuk mengetahui kapasitas RAM di HPmu!

Cara Cek RAM Hp Xiaomi

Cara Cek RAM Hp Xiaomi
Mengecek RAM Hp Xiaomi

Mengecek RAM Hp Xiaomi Tanpa Aplikasi

Mengecek RAM Hp Xiaomi memang sangat mudah, ada beberapa panduan yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan informasi mengenai kapasitas RAM yang dimiliki oleh Hp Xiaomimu. Kami akan membagikan cara cek RAM Hp Xiaomi tanpa aplikasi terlebih dahulu, di bawah ini :

Terkait:  Cara Cek Mutasi di ATM BCA

1. Cek RAM Xiaomi Melalui Menu Setting

Khusus bagi pengguna Xiaomi MiUi9, Kamu bisa menggunakan menu settings untuk mendapatkan informasi tentang kapasitas RAM Xiaomi yang tersisa. Berikut ulasan panduan cek RAM Xiaomi melalui menu setting di bawah ini :

  • Silahkan buka Hp Xiaomi, lalu pilih menu Setting atau Setelan di Hpmu.
  • Jika menu setting sudah dibuka, biasanya akan muncul tampilan menu yang harus Kamu pilih. Silahkan pilih “Lainnya”.
  • Sesudah menu “Lainnya”, selanjutnya Kamu akan melihat beberapa opsi menu lagi, silahkan aktifkan pada “Tampilan Status Memori”.
  • Setelah itu, kini Kamu bisa membuka pilihan “Task Manager”.
  • Selanjutnya Kamu bisa melihat kapasitas RAM yang tersisa di Hp Xiaomimu.

2. Cek RAM Xiaomi Melalui Tombol Menu

Kamu juga bisa menggunakan cara cek RAM Hp Xiaomi yang satu ini untuk mengetahui sisa kapasitas RAM di Hpmu. Silahkan ikuti panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka HP Xiaomi dan pilih atau tekan opsi “Tombol Menu” tepat di sebelah kiri.
  • Jika Kamu sudah menekan tombol tersebut, Kamu akan ditampilkan kapasitas RAM Hp yang tersisa akibat penggunaan aplikasi yang berjalan.

Jika cara ini berhasil dilakukan, Kamu bisa meningkatkan kapasitas RAM di Hp Xiaomi dengan mudah, cukup klik ikon “X” di Hp Xiaomi, selanjutnya kapasitas RAM di Hpmu akan langsung bertambah sebab seluruh aplikasi di ponsel yang sedang berjalan tertutup.

Mengecek RAM Hp Xiaomi Dengan Aplikasi

Selain panduan cek RAM Xiaomi tanpa aplikasi, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek RAM Hp Xiaomi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi RAM Xiaomi, berikut ini :

1. Cek RAM Xiaomi Dengan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z adalah salah satu aplikasi populer yang biasa digunakan untuk mengecek spesifikasi Hp dari berbagai merk, salah satunya Xiaomi. Kamu bisa memilih cara cek RAM Hp Xiaomi dengan memakai aplikasi ini.

Terkait:  Cara Cek HP Xiaomi

Kamu bisa mengunduh aplikasi CPU- ini secara gratis langsung di PLay Store. Jika sudah, tinggal menjalankan aplikasi tersebut di HPmu.

Keunggulan memakai aplikasi CPU-Z ini ialah dapat memberikan informasi spesifikasi yang begitu lengkap. Melalui aplikasi ini Kamu dapat mengetahui kapasitas RAM di Hpmu, jenis processor, sensor dan kapasitas internet. Di samping itu, ada juga informasi untuk mengecek kondisi daya baterai dan sistem operasi HP.

Untuk menggunakannya, hanya perlu membuka aplikasi CPU-Z di Hp setelah menginstallnya. Di tampilan awal aplikasi, Kamu bisa langsung melihat informasi spesifikasi Hp Xiaomimu termasuk kapasitas RAM.

2. Cek RAM Xiaomi Dengan Aplikasi AIDA 64

Kamu juga bisa mengecek RAM Xiaomi dengan menggunakan aplikasi AIDA 64. Sama seperti aplikasi CPU-Z, untuk memakai aplikasi ini Kamu juga diharuskan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Selain menampilkan kapasitas RAM di Hp Xiaomi, Kamu juga bisa mengetahui informasi spesifikasi layar, dari resolusi sampai ukurannya. Di samping itu, Kamu juga dapat mengetahui GPU dan jenis prosessor di Hp Xiaomi.

3. Cek RAM Xiaomi Dengan Aplikasi Device Info HW

Selain kedua aplikasi di atas, Kamu juga bisa mencoba aplikasi Device Info HW yang bisa diunduh di Play store Hp Xiaomimu. Aplikasi ini juga lengkap menampilkna spesifikasi Hp Xiaomi, mulai dari model, tipe, RAM, processor, dan masih banyak lagi.

Cara cek RAM Hp Xiaomi dengan aplikasi Device Info HW jga sangat mudah. Kamu cukup menginstall aplikasi tersebut di Hp Xiaomi lewat Play Store. Sesudah terpasang, selanjutnya buka aplikasi Device Info Hw. Selanjutnya, Kamu akan melihat informasi spesifikasi mengenai model, tipe, RAM dan spesifikasi lainnya.

Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Cek Spesifikasi RAM HP Xiaomi Lainnya

Jika Kamu ingin membeli Hp Xiaomi baru, maka penting sekali mengecek kapasitas RAM yang dimiliki oleh Hp Xiaomi tersebut. Tujuannya ialah agar Kamu mengetahui seberapa cepat dan bagus performa yang dihadirkan oleh Hp tersebut, di samping mengetahui spesifikasi lainnya, seperti jenis prosessor dan lainnya.

Salah satu cara cek RAM Hp Xiaomi lainnya yang bisa Kamu coba ialah dengan mengecek dusbook Hp Xiaomi. Cara yang satu ini termasuk cara paling mudah dan simpel. Biasanya ketika Kamu membeli ponsel Xiaomi baru, maka pada dusbook akan tertulis jenis/tipe Hp dan kapasitas RAM yang dimiliki.

Pentingnya Mengecek RAM Hp

Mengecek RAM Hp yang tersisa atau kapasitas RAM saat baru membelinya sangat penting. Hal ini dikarenakan RAM adalah salah satu spesifikasi terpenting untuk mengetahui seberapa  besar kinerja atau performa ponselmu.

Selain itu, terkadang RAM yang terlalu berat pada HP akibat penggunaan banyak aplikasi di ponsel bisa membuat ponselmu semakin lemot, bisa menguras penggunaan daya baterai, bahkan bisa membuat data internet lebih boros, hingga terjadinya kondisi overheat atau panas berlebih.

Jika hal ini terjadi, maka tugas yang haru Kamu lakukan ialah dengan meningkatkan atau menambah kapasitas RAM. Caranya cukup menonaktifkan atau menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan tapi sudah tidak digunakan kembali. Dengan demikian bisa meningkatkan performa RAM di HPmu kembali.

Jadi, dengan mengetahui dan mempraktekkan cara cek RAM HP Xiaomi di atas, maka Kamu bisa mengendalikan penggunaan RAM di HPmu agar HP kembali bekerja secara optimal!C

Related posts