Cara Mematikan MIUI Optimization

Cara Mematikan MIUI Optimization

MIUI Optimization adalah fitur menarik yang ada pada HP xiaomi, dengan menggunakan fitur ini bisa meningkatkan performa HP menjadi lebih baik. Namun ada kalanya ada beberapa orang yang tidak menginginkan fitur ini dengan alasan tertentu. Jika ingin menonaktifkannya, kalian bisa coba cara mematikan MIUI Optimization.

Sekilas MIUI Optimization

Fitur yang dirasa cukup merepotkan sebagian pengguna Xiaomi adalah MIUI Optimization. Jika kalian baru membeli ponsel XIaomi, maka penting sekali mengetahui fitur yang satu ini.

Kalian dapat menemukan fitur yang satu ini pada opsi pengembang. Tujuannya agar mengetahui fungsi optimisasi MUI.

Fungsi utama MIUI Opimization adalah menjadikan tampilan hp Xaomi lebih fresh dan bagus. Tidak hanya mengubah tampilan pada fitur ini saja, tetapi juga membuat kinerja dan performa perangkat lebih cepat dan smooth.

MIUI Optimization telah terhubung pada fitur lainnya, diantaranya pelengkap fitur Artificial Intelligence, untuk mendukung ROM, RAM serta baterai. Jadi, cukup banyak fitur yang nantinya dapat berjalan baik apabila optimisasi MIUI ini diaktifkan.

Hanya saja, fitur MIUI bisa dibilang kurang ramah pada aplikasi yang diinstal di Play Store maupun aplikasi luar. Maka dari itu, ada banyak pengguna terpaksa harus menonaktifkan optimisasi MIUI ini agar dapat meningkatkan performa hp Xiaomi lebih baik menurut versi pengguna.

MIUI Optimization bisa membuat aplikasi pada hp Xiaomi tidak dapat bekerja sempurna, sebab fitur yang satu ini terhubung pada optimalisasi RAM juga baterai.

Di samping itu, sensasi saat bermain game pada hp low end Xiaomi menjadi berkurang sebab ketika bermain game maka sistem akan berusaha untuk menghemat daya dan mencegah kapasitas RAM penuh.

MIUI Optimization digunakan untuk mengurangi beban aplikasi maupun data aplikasi secara paralel. Dengan demikian, ketika membuka aplikasi dan mengoperasikannya bisa berjalan lebih lancar.

Teknologi ini hanya dimiliki oleh smartphone Xiaomi.  Dengan adanya teknologi MIUI Optimization, dapat mengurangi penggunaan RAM sehingga membuka aplikasi menjadi lancar.

Permasalahan MIUI Optimization

Sebagian besar aplikasi yang ada di Google Play Store mendukung aplikasi MIUI ini. Namun ada juga aplikasi yang tidak support dengan MIUI Optimization, akibatnya RAM harus bekerja ekstra keras dan kapasitas baterai menjadi semakin boros.

Inilah yang menjadi penyebab kenapa sebagian besar orang ingin mematikan MIUI Optimization dibandingkan menghidupkannya. Cara mematikan maupun menghidupkan MIUI Optimization dapat dilakukan kapan saja tergantung dari kebutuhannya. Oleh karena itu, kalian perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk menghidupkan MIUI Optimization atau kapan waktu yang tepat mematikan MIUI Optimization.

Cara Mematikan MIUI Optimization

Cara Mematikan MIUI Optimization
Mematikan MIUI Optimization

Karena alasan di atas, mungkin kalian terpaksa ingin menonaktifkan MIUI Optimization . Selain itu, setiap versi MIUI Optimization memiliki cara mematikan MIUI Optimization yang berbeda. Sebagai contoh untuk MIUI 11 ke bawah, cara menonaktifkannya akan berbeda dengan MIUI Optimization versi 12 ke atas. Berikut ulasannya

1. MIUI versi 11 atau versi di bawahnya

Ada beberapa cara mematikan MIUI Optimization yang bisa dilakukan untuk MIUI versi 11 maupun di bawahnya, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, bukalah menu pengaturan yang ada pada HP xiaomi kalian.
  • Selanjutnya, carilah opsi pengaturan tambahan yang berada di bagian bawah, kalian bisa melakukan scroll ke bawah agar opsi tersebut bisa ditemukan.
  • Setelah itu, silakan pilih opsi pengembang.
  • Akan muncul pengaturan baru mengenai MIUI Optimization, cukup pilih tombolnya pada posisi mati.

Cukup sederhana bukan? Bagi kalian yang menggunakan MIUI versi 10, versi 9 atau berada di bawahnya, silakan ikuti cara-caranya sama seperti pada MIUI versi 11.

2. MIUI versi 12 atau di atasnya

Bagi yang memiliki HP xiaomi dengan MIUI versi 12 ke atas, berikut cara mematikan MIUI Optimization di bawah ini :

  • Masuk ke menu pengaturan pada HP xiaomi.
  • Berikutnya kalian cukup masuk ke pengaturan tambahan dengan cara scroll ke bagian bawah dan temukan opsi tersebut.
  • Perbedaan pada MIUI Optimization versi 12 ke atas adalah harus menekan tombol sakelar ‘Buka Kunci OEM’ dalam posisi aktif.
  • Setelah itu, restart terlebih dahulu HP xiaomi agar opsi pengembang bisa tersedia.
  • Jika hp sudah di restart, kembali masuk pada menu pengatuarn lalu masuk kembali pada pengaturan tambahan. Disana akan ada opsi pengembang. Pilih opsi tersebut.
  • Jika sudah memilih opsi pengembang, kalian akan mendapatkan halaman baru dimana disana ada pengaturan MIUI optimiztion. Klik MIUI Optimization ke dalam posisi mati.

Jika dilihat sekilas baik cara mematikan MIUI Optimization pada MIUI versi 11 ke bawah atau MIUI versi 12 ke atas, harus masuk ke menu pengembang terlebih dahulu, baru bisa di nonaktifkan.

Hal tersebut dikarenakan memang MIUI opimization bukan fitur utama yang bisa diatur sembarangan sesuai kemauan. Karena MIUI Optimization justru digunakan untuk kepentingan sistem operasi HP xiaomi agar performanya menjadi lebih baik. Namun lagi-lagi MIUI Optimization menjadi boomerang sendiri karena masih ada kekurangannya.

Cara Mengktifkan MIUI Optimization

Jika suatu saat MIUI Optimization ingin diaktifkan kembali, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka terlebih dahuilu menu pengaturan pada HP xiaomi.
  • Selanjutnya pergi ke opsi ‘Tentang Telepon’.
  • Berikutnya kalian cukup pilih menu MIUI.
  • Nantinya akan muncul jendela notifikasi bertuliskan ‘Anda sekarang adalah seorang pengembang’.
  • Maka selanjutnya MIUI akan aktif kembali.

Cukup mudah jika kalian ingin mengaktifkan MIUI kembali, yang paling penting adalah opsi pengembang harus bisa di akses terlebih dahulu karena MIUI Optimization bisa diakses pada opsi pengembang.

Perjalanan MIUI Dari Versi Pertama ke Yang Paling Baru

Seiring dengan perkembangan HP xiaomi dari tahun ke tahun, MIUI sudah memiliki banyak perubahan, hal ini bisa dilihat dari upgrade MIUI. Saat ini bahkan sudah muncul MIUI 14 dengan teknologi yang sangat canggih. Untuk mengetahui perjalanan MIUI, simak penjelasannya di bawah ini :

1. MIUI 1

Pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2010 dengan tampilan desain yang sederhana dan mudah untuk di operasikan. MIUI 1 dibuat dengan custom ROM CynogenMod atau dikenal juga dengan istilah AOSP.

2. MIUI 2

Diluncurkan pada bulan Oktober 2010 dengan User Interface yang ditingkatkan dari versi sebelumnya, selain itu MIUI 2 menawarkan opsi kostumisasi tambahan yang cukup menarik.

3. MIUI 3

MIUI 3 diluncurkan pada tahun 2011 seiring dengan peluncuran toko tema yang bisa di ubah sesuai keinginan penggunanya. Seain itu, MIUI 3 bisa mengubah dialer, status bar, ikon, hingga lockscreen.

4. MIUI 4

MIUI 4 dirilis denan sistem android 4.0. yang menjadi andalan pada MIUI 4 adalah adanya aplikasi anti virus yang sangat bermanfaat untuk menangkal virus berbahaya.

5. MIUI 5

Dirilis pada tahun 2013 dengan user interface yang di desain ulang.

6. MIUI 6

Merupakan upgrade MIUI 5 yang berfokus pada desain yang lebih halus dan lebih elegan. MIUI 6 dirilis pada tahun 2014.

7. MIUI 7

Setahun kemudian MIUI 7 diluncurkan dengan fitur baru untuk mode anak dan pengaturan ukuran font.

8. MIUI 8

diumumkan pada tahun 2016 dengan dibarengi peluncuran Phablet Xiaomi memperkenalkan fitur baru seperti aplikasi ganda, wallpaper carousel, second space.

9. MIUI 9

MIUI 9 diluncurkan pada tahun 2017 dengan android nougat (N) sekaligus memperkenalkan fitur perintah suara yang biasa disebut dengan smart AI Assistant Xiao AI.

10. MIUI 10

Diluncurkan pada bulan Juni 2018 dengan menambahkan beberapa fitur terbarunya terutama fitur full screen navigation.

11. MIUI 11

MIUI 11 diluncurkan tahun 2019 dengan fitur yang diperkenalkan yaitu Always On Display.

12. MIUI 12

MIUI 12 diluncurkan pada tahun berikutnya dengan banyak fitur seperti floating windows dan dark mode.

13. MIUI 13

Diluncurkan pada tahun 2021 dimana salah satu fitur andalannya adalah bisa mengatur widget dan side bar juga dapat melakukan pencatatan dengan cepat.

14. MIUI 14

Diluncurkan pada bulan Agustus 2022 dengan berbagai menu eksklusif seperti liquia storage dan Atomized Memory.

Dengan informasi lengkap terkait perkembangan MIUI dan cara mematikan MIUI Optimization setidaknya kalian punya gambaran mengenai fitur yang terdapat pada perangkat Xiaomi ini.

Related posts