Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

Cara cek kerusakan hp Xiaomi sangat penting, terutama bagi Kamu yang ingin membeli hp Xiaomi bekas atau second. Dengan begitu, bisa meminimalisir terjadinya kerusakan yang semakin parah, yang berimbas pada mahalnya biaya perawatan hp.

Dikenal sebagai hp low end, Xiaomi memiliki spesifikasi yang kualitasnya tak diragukan. Inilah yang membuat masyarakat seringkali memilih produk Xiaomi karena menawarkan paket lengkap. Harga yang murah dan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Read More

Bahkan kehadiran Xiaomi sempat menggeser posisi para seniornya yang sudah ada lebih dulu. Bukan tanpa alasan, hal ini tak lain karena Xiaomi selalu memberikan terobosan terbaru, baik itu lewat desainnya maupun fitur-fitur yang disematkannya.

Jika Kamu sedang mencari hp dengan kualitas yang baik dan fitur-fitur yang mumpuni, tapi memiliki budget minimal, sangat cocok jika memilih produk smartphone dari Xiaomi. Bahkan Xiaomi seringkali disebut-sebut sebagai ‘Apple-nya China’.

Bagi Kamu yang baru membeli ponsel Xiaomi ori, mungkin tak ada kendala apapun yang terjadi pada perangkatmu. Namun, bagaimana jika membeli xiaomi bekas? Kamu tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, atau kerusakan apa saja yang akan dialami. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui cara cek kerusakan hp Xiaomi.

Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi
Panduan Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

Bagaimana Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

Membeli hp Xiaomi bekas mungkin pilihan yang tepat untukmu mengingat budget yang Kamu miliki untuk memberli hp Xiaomi baru masih terbatas. Namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan ke depannya, Kamu perlu mengecek adanya kerusakan terlebih dahulu. Berikut panduan cara cek kerusakan hp Xiaomi yang harus Kamu ketahui :

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

1. Cek Fisik Hp Xiaomi

Bagian fisik pada Hp tak hanya dilihat dari bagian terluar hp saja, melainkan juga komponen di dalamnya yang dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Nah, trik simpel ini bisa membantumu untuk mengetahui apakah hp bekas tersebut layak dibeli atau tidak.

Ada beberapa bagian yang dapat dicek untuk mengetahui kondisi fisik hp itu sendiri, diantaranya baterai hp, body hp, layar hp, charger dan akses untuk membuka aplikasi.

Kamu juga harus memperhatikan tiap sudut komponen hp di atas. Misalnya saja, terkadang kita menemukan bagian sudut body hp mengalami retakan. Bisa jadi, retakan tersebut disebabkan oleh benturan atau hp terjatuh saat digunakan.

Selain itu cek juga pada bagian layar hp, apakah terdapat goresan-goresan di layar hp atau mungkin goresan pada hp hanya mengenai pelindung layar hp saja. Jika hanya terkena pelindung layarnya, tak masalah karena Kamu cukup mengganti pelindung layar saja.

Untuk mengecek kondisi baterai sendiri, Kamu bisa mencobanya dengan menghubungkannya pada charger bawaan hp. Mengingat produk-produk hp terbaru saat ini biasanya kondisi baterainya sudah menyatu dengan body dan casing hp, jadi Kamu tidak bisa melihat kondisi baterainya secara langsung.

Biasanya ketahanan waktu standby baterai bisa berjam-jam, namun jika kekuatan baterainya lemah, maka ketahanan waktu standby-nya akan lebih rendah. Inipun bisa menjadi pertimbangan, apakah hp xiaomi tersebut layak dibeli atau tidak.

2. Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Cara cek kerusakan hp Xiaomi berikutnya ialah dengan mengecek bagian layar. Namun di poin ini, kita tidak akan mengecek kondisi fisik layar Xiaomi, melainkan mengecek sensitivitas layarnya. Selain itu, Kamu juga bisa mengecek pemerataan warna di steiap sudutnya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka terlebih dahulu menu pengaturan pada hp
  • Karena kamu ingin memeriksa bagian layarnya, maka selanjutnya klik ‘about phone’.
  • Setelah itu, kamu tinggal klik beberapa kali pada menu ‘Kernel Version’.
  • Kemudian akan muncul menu baru yaitu ‘hardware Test’.
  • Berikutnya untuk pengecekan layar hp xiaomi, kamu tinggal pilih menu ‘Touch Panel Edge/Touch Panel Self Test’.
  • Beberapa saat setelah menekan tombol tersebut, biasanya di layar hp akan terlihat ada kotak yang muncul, biasanya kotak inilah yang digunakan untuk menguji tingkat sensitifitas layar hp xiaomi.
  • Kamu cukup menekan maupun menggeser tiap-tiap kotak di layar tersebut. pada setiap kotak yang ada pada layar.
  • Apabila pengujian tersebut berhasil, maka layar hp xiaomi beserta sensitifitasnya masih bagus dan bisa digunakan dengan optimal.
Terkait:  Cara Membersihkan Cache di Hp Xiaomi

Selain itu, untuk pengujian layar hp xiaomi pun bisa dengan menggunakan aplikasi yang bisa kamu download di Play Store. Kamu tinggal klik menu pencarian, selanjutnya di menu pencarian tuliskan text ‘Touchscreen Test’.

Setelah itu, akan muncul aplikasinya dan tinggal memasang aplikasi tersebut untuk menguji bagian layar hp.

3. Cek Kerusakan Hp Memakai Kode Rahasia

Umumnya cara cek kerusakan hp Xiaomi dengan metode ini, paling sering digunakan di counter-counter. Kamu cukup ketikan saja kode rahasianya lewat menu panggilan hp. Baru kemudian, akan muncul berbagai informasi terkait hp tersebut.

Berikut tutorial cara cek hp Xiaomi lewat kode rahasia :

  • Buka menu phone atau dial pada hp xiaomi
  • Ketik kode rahasia berikut ini : *#*#64663#)#*
  • Tunggu beberapa saat sampai ada respon dari Xiaomi.
  • Setelah itu, Kamu akan menemukan informasi tentang hp Xiaomi tersebut di layar. Biasanya informasi tersebut tentang prosesor, layar, baterai, dan lainnya.
  • Cek keseluruhan komponen secara teliti, agar Kamu bisa mengetahui mana komponen yang kondisinya mash prima dan mana yang harus diganti.

Lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi yang bisa kamu gunakan untuk cek hp xiaomi.

  • Backlight, digunakan untuk pengcekan layar mengenai kecerahannya.
  • Keypad, berfungsi untuk mengetahui tombol-tombol yang ada pada hp xiaomi masih berfungsi atau tidak.
  • LCD,yang digunakan untuk pengecekan warna pada layar.
  • LED Indicator, yang digunakan pada saat mengecek lampu di dalam bodi Xiaomi.
  • Gyro Sensor, digunakan saat mengecek perubahan pada layar hp.
  • GPS, untuk melihat tingkat akurasi lokasi ketika hp xiaomi digunakan.
  • Speaker, bisa di cek dengan mendengarkan beberapa suara sehingga bisa terlihat ada bagian yang error atau tidak sama sekali.
  • Bluetooth, yang akan mendeteksi secara otomatis ketika kamu melakukan pengecekan.
  • Battery, bisa digunakan jika ada kemungkinan cacat baterai pada hp xiaomi.
  • Miui Main Camera dan Front Camera bisa kamu gunakan untuk mengetahui respon dari kamera yang tersemat pada hp apakah berfungisi dengan baik atau tidak.
Terkait:  Cara Barcode Wifi Xiaomi

Cara yang ditawarkan pada poin ini memang sangat lengkap. Silahkan kamu cek komponen-komponen tersebut, supaya Kamu benar-benar yakin dengan kondisi produk hp Xiaomi seken yang akan dibeli.

4. Cek Jaringan

Terakhir adalah kamu harus cek jaringan hp. Pertama-tama, perhatikan bar sinyal yang ada di layar utama hp xiaomi. Jika sudah ada dan ternyata berfungsi dengan baik, dengan demikian menandakan bahwa jaringan hp Xiaomi masih baik.

Selnjutnya mengenai jaringan wifi perlu kamu cek juga, apakah hp xiaomi tersebut merespon jika ada sinyal wifi atau tidak. Mengingat jaringan wifi ini penting sekali terutama jika kuotamu habis atau ingin menyambungkan internet di rumah menggunakan wifi. Jika ternyata ada kendala, bisa saja pada bagian settingannya atau justru komponen yang ada di dalamnya bermasalah.

Demikianlah 4 cara cek kerusakan hp Xiaomi yang penting sekali untuk diketahui dan dipraktekkan saat Kamu hendak membeli hp Xiaomi bekas!

 

Related posts