Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD merupakan hal yang paling mudah dilakukan, karena pengguna bisa memindahkannya secara mandiri dari menu pengaturan. Tujuan dari pemindahan aplikasi tentu saja agar memori internal tidak terlalu terbebani. Mengingat memori biasanya cepat habis akibat banyaknya aplikasi yang memenuhi ruang perangkat. Bagi pengguna Xiaomi, penting sekali mengetahui cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi!

HP Xiaomi bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri jika dibanding merk hp lainnya. Hal ini mengingat pada HP Xiaomi, terdapat sistem MIUI sebagai penggerak sistem android. Karenanya, biak dilihat dari fitur maupun tampilannya akan terlihat berbeda dari hp android lainnya

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi
Tutorial Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD XIaomi

Metode 1 : Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi via File Manager

Salah satu cara paling mudah untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi adalah dengan memanfaatkan menu file manager.

Selain cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi melalui script Aftiss di atas, kalian juga bisa mencoba memindahkan aplikasi lewat File Manager Xiaomi berikut :

  • Buka pilihan menu file manager pada hp Xiaomi dan cari apa saja aplikasi yang akan ditransfer ke SD Card.
  • Setelah ketemu, kalian tinggal tekan lalu tahan aplikasi sampai muncul opsi di bawah layar. Tekan pindah dan cari ruangan kartu SD.
  • Jika sudah, pilih paste atau tempel pada folder SD Card.
  • Selesai, kini aplikasi telah sukses ada di SD Card.
Terkait:  Cara Membersihkan Memori Internal Xiaomi

Meskipun termasuk cara paling mudah, namun prosesnya tidak selalu suses dilakukan. Biasanya salah satu faktor kegagalan metode ini yaitu dikarenakan perangkat Xiaomi kalian belum rooting.

Metode 2 : Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Melalui Aplikasi Link2SD

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu memindahkan aplikasi ke dalam kartu SD Xiaomi yaitu dengan memakai aplikasi pemindah, salah satunya Link2SD.

Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk memanfaatkannya tanpa harus rooting. Berikut cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi menggunakan Link2SD :

  • Download dan pasang Link2SD di perangkat Xiaomi lewat Play Store.
  • Setelah berhasil, buka Link2SD Apps.
  • Kalian hanya perlu mencari mana saja aplikasi yang dapat dipindahkan ke dalam SD Card.
  • Selesai.

Metode 2 : Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Melalui Activity Launcher

Selain kedua cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi di atas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Activity Launcher. Berikut step by stepnya :

1. Persiapkan Perangkat Komputer

Saat memulai transfer aplikasi ke kartu SD, yang harus dipersiapkan adalah kabel data dan PC/laptop terlebih dahulu. Kedua perangkat ini sangat penting mengingat bahwa proses pemindahan aplikasi ke kartu SD membutuhkan perangkat tersebut.

2. Download File Aftiss

Aftiss merupakan script khusus untuk memindahkan aplikasi dari kartu SD pada HP Xiaomi. Apabila script ini tidak ada, maka proses pemindahan aplikasi tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu, kalian wajib download Aftiss terlebih dahulu, yang bisa di download pada laman pencarian Google.

Jika script tersebut sudah berhasil diunduh, selanjutnya lakukan extract file ke dalam folder khusus, yang bisa disimpan baik pada direktori C atau direktori lainnya sesuai dengan keinginan kalian.

3. Nyalakan Mode Debugging

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi berikutnya adalah beralih ke perangkat Xiaomi, kalian wajib mengaktifkan mode debugging. Caranya bisa kalian ikuti di bawah ini :

  • Buka hp Xiaomi, pastikan tidak dalam keadaan terkunci.
  • Masuk pada menu pengaturan, silakan scroll pelan-pelan lalu temukanlah opsi Pengembang (Developer Options).
  • Setelah masuk pada opsi pengembang, scroll kembali ke bagian bawah dan temukan opsi USB Debugging dengan menggeser slider dari kiri ke kanan (semula off, menjadi on).
Terkait:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Adapun fungsi dari mode debugging ini adalah sebagai jembatan penghubung antara HP Xiaomi dengan komputer. Tujuannya, untuk menjalankan operasi lanjutan yang biasa dilakukan oleh seorang profesional. Hal ini dikarenakan akan langsung mengubah pengaturan default, yang sebenarnya tidak boleh di utak-atik sembarang orang.

4. Menghubungkan HP Xiaomi Ke Komputer

 

Setelah memastikan USB Debugging aktif pada HP Xiaomi, selanjutnya tinggal sambungkan HP Xiaomi ke komputer yang telah di persiapkan sebelumnya memakai kabel USB. Simak tutorialnya :

  • hubungkan ujung kabel ke HP Xiaomi dengan slot yang sama, lalu ujung kabel lainnya masukan pada lubang USB sesuai dengan ukuran slot yang sama.
  • Pastikan agar kabel yang terhubung pada kedua perangkat stabil untuk menghindar terjadinya malfungsi karena ada guncangan sehingga menyebabkan tidak terhubung dengan benar.
  • Pada layar HP Xiaomi, pastikan pula agar menggunakan mode transfer file, bukan mode charging.

6. Jalankan Script Aftis Sesuai Dengan Sistem Operasi Komputer Yang Digunakan

Apabila sudah terhubung dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengoperasikan aftiss-caranya yaitu :

  • buka scrift aftiss sesuai sistem operasi pada komputer. (gunakan format cmd jika Windows, gunakan format sh jika menggunakan Linux).
  • Akan ada 3 pilihan yang tersedia pada scrift tersebut dengan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya, 10% SD Card dipakai untuk memori internal, 50% dipakai sebagai internal memori, dan 90%  dijadikan memori internal.
  • Silahkan pilih salah satunya.
  • Cara memilihnya cukup tekan angka 1, 2, atau 3 saja pada keyboard sesuai pilihan, setelah itu silakan tekan enter.
  • Sebenarnya kalian juga dapat mengatur persentase kartu SD yang nantinya ingin dijadikan memori internal sesuai kebutuhan. Akan tetapi, tentu saja opsi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman.
  • Selanjutnya proses format SD Card akan berlangsung sehingga kartu SD dapat bekerja sebagai memori internal. Jika format sudah selesai, copot kabel data dari PC atau komputer.
Terkait:  Cara Menggunakan MI Remote

7. Download Aplikasi Tambahan Activity Launcher

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi selanjutnya adalah mengunduh aplikasi tambahan bernama Activity Launcher. Aplikasi inilah yang nantinya membantu kalian untuk memindahkan aplikasi dengan mudah. Karena walaupun kartu SD sudah diformat ke dalam memori internal, tetap saja aplikasi tidak dapat berpindah otomatis.

  • Buka HP Xiaomi sehingga dalam keadaan standbye.
  • Berikutnya masuk pada Google Play Store.
  • Cari aplikasi Activity Launcher.
  • Klik install untuk memasangnya di perangkat Xiaomi kalian.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Activity Launcher kompatibel di semua seri HP Xiaomi. Jadi, bagi yang memiliki HP Xiaomi seri lama juga bisa menggunakan aplikasi ini.

8. Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Yang Sudah Di Format

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang paling penting yaitu pada tahapan ini. Ikuti tutorialnya :

  • Buka aplikasi Activity Launcher.
  • Pada halaman tersebut, bukalah menu pengaturan lalu pilih ‘All Activities.

  • Cari menu ‘Settings’.
  • Berikutnya cukup pilih Manage Apps. Di sini akan terlihar berbagai macam aplikasi yang sudah terinstal pada memori internal HP Xiaomi.

  • Silahkan pilih aplikasi yang akan kalian pindahkan ke kartu SD.
  • Klik aplikasinya, lalu akan ada pilihan untuk memindahkan ke kartu SD. Pilih bagian tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Dari ketiga cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi di atas, kalian bisa pilih salah satunya yang paling mudah. Dengan memindahkan aplikasi hp Xiaomi, membuat memori internal Xiaomi menjadi lebih lapang dan kalian tidak perlu mengeluhkan hp lemot lagi akibat kepenuhan memori!

 

Related posts