Cara Cek Rekening BCA

Setiap aktivitas perbankan tentu saja memerlukan rekening bank. Dengan rekening bank inilah, Kamu bisa melihat transaksi finansial yang terjadi selama beberapa waktu tertentu. Salah satunya bagi pengguna BCA. Untuk bisa melakukan transaksi perbankan tentu saja membutuhkan rekening BCA. Oleh karena itu, jika Kamu melupakan nomor rekeningmu bisa mencoba cara cek rekening BCA yang akan Kami bagikan caranya dalam artikel ini.

Jika berbicara tentang rekening bank, tentu setiaprekening mempunyai nomor identitas, yang biasa kita sebut sebagai nomor rekening. Tentu saja, kamu sudah tahu bahwa setiap nomor rekening pasti berbeda dengan nasabah lainnya. Biasanya nomor rekenin dipakai saat Kamu hendak melakukan transaksi perbankan. Sama halnya dengan mentransfer uang, baik ke sesama pengguna BCA maupun ke antar bank.

Nomor rekening memiliki peranan yang sangat penting, karena nomor ini bisa dikatakan sebagai nomor identitas, sebab berisi informasi pribadi para nasabah bank itu sendiri. Kelihatannya memang hanya deretan angka saja, tapi justru dalam deretan angka tersebut didalamnya tersimpan data diri nasabah. Oleh karena itu, tak ada salahnya apabila Kamu mencatat nomor rekening sendiri atau menghafalnya. Namun kalaupun sulit menghafalnya, bisa lakukan cara cek rekening BCA berikut!

Cara Cek Rekening BCA

Cara Cek Rekening BCA
Mengecek Nomor Rekening BCA

Mengecek Nomor Rekening BCA

Untuk mengecek nomor rekening BCA sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa meakukan beberapa metode, seperti melalui Buku Tabungan sendiri, layanan call centere-banking, dan sebagainya. Meskipun ada banyak cara cek rekening BCA yang bisa Kamu coba, tentu saja bukan berarti Kamu harus mengikuti semuanya. Kamu hanya perlu memilih salah satu cara paling mudah sesuai kebutuhan.

1. Cek Nomor Rekening BCA Melalui Buku Tabungan

Ketika Kamu lupa dengan nomor rekening tabungan BCA-mu sendiri, maka secara otomatis Kamu akan langsung melihat dan mengeceknya lewat buku tabungan. Cek nomor rekening BCA yang satu ini bisa dibilang paling sering dilakukan nasabah. Sebab ketika membuka rekening tabungan di bank,  biasanya pihak Customer Service memberikan buku tabungan yang didalamnya terdapat 10 digit nomor yang disebut sebagai nomor rekening BCA tadi.

Akan tetapi mengecek nomor rekening BCA melalui cara ini bisa bekerja asalkan buku tabungan BCA-mu tidak hilang dan masih ada. Kemudian, Kamu bisa lihat di samping kiri bagian atas tepat di sampul buku tabungan BCA.

Di bagian inilah, Kamu bisa mendapatkan nomor rekening BCA, alamat, nama lengkap, sampai tanda tangan. Namun biasanya tidak semua nasabah selalu membawa serta buku tabungan mereka kemana pun. Belum lagi, ukurannya memang tidak cukup jika harus disimpajn di dompet. Oleh karena itu, lebih baik buku tabungan disimpan di rumah.

Alangkah baiknya jika Kamu menghafal nomor rekening BCA-mu sendiri. Apalagi kita tahu bahwa nomor rekening tabungan BCA sebenarnya hanya 10 digit saja dan tidak sampai belasan. Hampir sama seperti jumlah digit pada nomor Hp-mu.

Selain itu, penting sekali menyimpan buku rekening tabungan BCA-mu dengan baik, sebab pasti Kamu memerlukannya sewaktu-waktu untuk mencetak buku tabungan saat ingin mengecek riwayat transaksi perbankan.

2. Cek Nomor Rekening BCA Melalui Mobile Banking

Cara cek rekening BCA yang kedua ialah dengan menggunakan layanan Mobile Banking. Cara ini baru bisa dilakukan bagi Kamu yang sudah mendaftar fasilitas atau layanan BCA Mobile. Fasilitas Mobile Banking sebenarnya tak hanya digunakn untuk mengecek nomor rekening BCA semata, melainkan juga bisa mengecek saldo, transfer uang, beli token, cek mutasi, topup  dan masih banyak lagi aktivitas perbankan lainnya.

Untuk bisa memakai layanan mobile banking BCA, Kamu harus melakukan pendaftaran akun di BCA Mobile. Selain itu, pastikan Kamu sudah terkoneksi dengan internet. Berikut cara mengecek nomor rekening BCA via mobile banking yang bisa Kamu ikuti :

  • Pertama-tama, silahkan unduh dan install BCA Mobile di App Store bagi pengguna Apple maupun di Play Store bagi pengguna android.
  • Lalu buka aplikasi tersebut di smartphone-mu.
  • Kemudian pilih layanan m-BCA, kemudian inputkan kode akses, masuk ke m-info dan pilih menu “Info Saldo”.
  • Selanjutnya Kamu bisa menemukan nomor rekening BCA-mu di sebelah kiri.
  • Selesai.

3. Cek Nomor  Rekening BCA Melalui Internet Banking

Cara cek rekening BCA lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan layanan internet banking. Fasilitas internet banking sebenarnya tak jauh berbeda dari mobile banking. Kamu bisa mencoba panduan berikut untuk mengetahui nomor rekening bank BCA-mu, diantaranya :

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs web di IB BCA dengan link berikut : ibank.klikbca.com.
  • Inputkan user ID beserta nomor PIN IB BCA, dan klik “Login”.
  • Silahkan pilih menu “Informasi Rekening” dan pilih lagi “Informasi Saldo”.
  • Jika sudah, Kamu akan melihat saldo rekening bank BCA-mu disertai dengan nomor rekening yang terletak di sebelah kiri.
  • Selesai.

4. Cek Nomor Rekening BCA Melalui Halo BCA

Selain cara cek nomor rekening BCA di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan layanan Halo BCA untuk mengetahui nomor rekening bank BCA. Caranya ialah dengan menghubungi layanan call center bank BCA, di 1500 888. Metode ini bisa dikatakan cukup praktis.

Cara ini juga bisa dilakukan saat Kamu tidak bisa mengakses buku tabungan BCA, seperti ketika di perjalanan atau saat sedang urgent. Namun, pastikan terlebih dahulu pulsa Hp-mu mencukupi agar bisa menghubungi layanan call center BCA.

Jika sudah terhubung, maka call center langsung memproses verifikasi data-datamu untuk keperluan mendapatkan nomor rekening BCA. Adapun data-data yang diperlukan untuk verifikasi bisa berbentuk NIK, nomor kartu ATM, dan lainnya.

Jadi, pastikan Kamu bisa menjawab semua pertanyaan terkait verifikasi data yang diberikan oleh customer service BCA. Selain itu, Kamu juga harus tahu jika bisa saja pihak BCA menolak untuk memberikan informasi terkait nomor rekening apabila terjadi kesalahan saat verifikasi data.

5. Cek Nomor Rekening BCA Melalui ATM

Mengecek nomor rekening BCA melalui mesin ATM bisa dilakukan apabila Kamu tidak memiliki layanan internet banking dan mobile banking. Kamu hanya perlu mendatangi mesin ATM bank BCA terdekat untuk mengetahui nomor rekening BCA-mu.

Metode ini juga mudah sekali, Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan kunjungi gerai mesin ATM BCA terdekat.
  • Jika sudah, inputkan kartu ATM bank BCA ke mesin atm dan pilih layanan bahasa Indonesia/Inggris sesuai keinginan.
  • Masukkan nomor PIN ATM BCA-mu.
  • Pilih menu “Transaksi Lain”, dilanjutkan dengan memilih “Info Rekening” dan “Mutasi Rekening”. Silahkan tunggu sampai transaksi selesai diproses.
  • Selanjutnya Kamu akan diberikan print out cek mutasi rekening BCA-mu.
  • Di dalam struk tersebut biasanya berisi informasi tentang daftar transaksi perbankan terakhir berikut nomor rekening bank BCA yang sudah tercetak di struk bukti transaksi.

Nah, itulah beberapa pilihan cara cek rekening BCA yang bisa Kamu coba dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019