Cara Facebook Ads

Meta Inc atau pemiliknya yang bernama Mark Zuckerberg,  merupakan seorang warga asal Amerika Serikat yang berhasil menemukan media sosial. Salah satunya, adalah Facebook. Pencapaiannya tersebut, membuat dirinya terus melebarkan sayap dalam perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak. Berikan manfaat besar, melalui cara Facebook Ads.

Facebook sendiri, tidak hanya digunakan sebagai media sosial saja. Melainkan, wadah untuk para pengguna melakukan transaksi jual-beli secara online. Dahulu, sebelum hadirnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan kawanannya. Aplikasi FB sangat diandalkan sebagai lapak pedagang agar bisa berjualan secara digital. Terutama, bagi mereka pemilik usaha kecil menengah.

Pentingkah Facebook Ads?

Tujuan dari kehadiran Facebook sendiri, oleh Mark Zuckerberg didesain untuk penggunanya agar lebih aktif dalam bersosialisasi. Baik itu untuk keperluan pribadi, ataupun urusan bisnis. Oleh sebab itu, fitur Facebook Ads sangat populer dimanfaatkan oleh berbagai kalangan user. Selain itu, biaya iklan yang sebelumnya menakutkan bagi para UMKM. Kini, dapat teratasi.

Promosi yang berlangsung melalui platform Facebook ini, dapat kalian lakukan melalui akun pribadi ataupun account business. Sama halnya, ketika kamu memasang iklan di media sosial saudaranya, yaitu Instagram. Perhitungan data analitiknya berlangsung berdasarkan algoritma yang berjalan di setiap postingan. Iklan yang ditayangkan melalui Facebook Ads ini, otomatis.

Cara Facebook Ads

Cara Facebook Ads
Cara Facebook Ads

Cara Facebook Ads Menentukan Kemana Iklan Akan Ditampilkan

Fitur Facebook Ads Manager ini, dikhususkan untuk mempermudah pengguna lebih terarah dalam menentukan target pemasaran produknya melalui iklan yang ditayangkan. Kalian juga dapat menambahkan melalui ketertarikan publik sesuai kategori produk yang kamu tawarkan. Nantinya, fanpage yang yang berisikan orang-orang dengan ketertarikan serupa, akan muncul.

Cara Facebook Ads menentukan kemana iklan akan ditampilkan, selengkapnya dapat kalian simak sendiri di pembahasan atas. Tetapi, buat kamu yang masih baru saja bergabung dengan media sosial Facebook. Rata-rata, pasti bingung dengan cara mengawali pemasangan  Ads di FB. Pembuatan halaman iklan di FB, bisa dilakukan melalui tahapan berikut ini:

  1. Masuk ke “Akun Facebook” kalian
  2. Klik menu “Buat Halaman” disesuaikan dengan kategori bisnis
  3. Isi kolom yang tersedia, lalu klik tombol “Lanjutkan
  4. Lebih lanjut, login  ke halaman “Facebook Ads Manager” (gunakan akun untuk kelola iklan)
  5. Targetkan “Campaign Ads” dengan lebih spesifik
  6. Klik tabulasi “Campaign atau Kampanye
  7. Pilih tombol “+Buat” di pojok kiri atas
  8. Pop-up windows, menunjukkan “Pilih Tujuan Kampanye
  9. Pilih “Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi” sesuai kebutuhan
  10. Ketuk tombol “Lanjutkan
  11. Halaman berikutnya, ada kolom “Nama Set Iklan, dan Traffic
  12. Pilih opsi “Situs Web
  13. Kemudian, pada “Anggaran & Jadwal” > klik “Anggaran Harian
  14. Centang kotak “Terapkan Tanggal Berakhir
  15. Lanjut ke kategori “Pemirsa” > klik tombol “Simpan Pemisa Ini
  16. Lengkapi kolom “Nama Iklan, serta Identitas
  17. Ketuk pilihan “Penyiapan Iklan” yang kamu inginkan
  18. Tentukan pilihan “Metode Pembayaran” > ketuk “Lanjutkan
  19. Proses cara Facebook Ads telah selesai.
Terkait:  Cara Menghitung Saham

Cara Facebook Ads Tertarget

Layanan pemasangan iklan secara otomatis yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna dari Facebook Ads ini. ternyata tidak terlalu murah. Dalam satu harinya, minimal uang yang perlu kalian keluarkan untuk biaya promosi, sebesar Rp 36.000 ke atas. Penyebaran informasinya sendiri, disesuaikan dengan target pemasaran dan kategori produk. Termasuk, waktu iklannya.

Cara Facebook Ads tertarget. Bangun bisnis online kalian, agar jauh lebih terdepan! Ya, asal ada perencanaan pemasaran yang matang. Oleh sebab itu, melalui Facebook Ads Manager ini, segala permasalahan marketing dalam hal penayangan iklan bisa teratasi dengan mudah. Ini dia, langkah-langkah untuk mengoperasikan FB Ads tertarget melalui cara manual:

  1. Tentukan group atau fanpage yang memiliki jumlah anggota terbanyak
  2. Simpan nama-nama dari group pilihanmu, di sticky notes
  3. Pastikan minimal likes yang dimiliki oleh group, sebanyak 50 k
  4. Targetkan insight akun FBmu, ke penonton yang tepat
  5. Perhatikan mulai dari kota, ketertarikan, asal negara, hingga umur pengunjung.

Apabila kalian merasa sulit melakukannya dengan metode manual. Ada cara Facebook Ads lainnya yang lebih praktis dan mudah untuk membantumu mempromosikan produk melalui penayangan iklan di platform secara online. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Ketuk tanda panah di sebelah kanan ikon globe
  2. Klik opsi “Kelola Iklan
  3. Laman berikutnya, akan menunjukkan “Ads Manager
  4. Kalian dapat melihat sisa pengeluaran, status akun, serta jumlah pengeluaran
  5. Pilih ikon garis empat yang ada di samping pengelola iklan
  6. Lanjutkan dengan klik “Wawan Pemirsa
  7. Klik pilihan “All People in Facebook
  8. Buka laman “Insight Pemirsa” melalui Facebook Ads kalian
  9. Tentukan “Target Pemasaran” iklan
  10. Sesuaikan dengan “Umur, Asal Negara, serta Minat Pemirsa
  11. Perhatikan “Kategori di Facebook Fanpage”, berdasarkan produk yang kalian jual
  12. Cari laman “Likes” untuk temukan “Kategori Produk Serupa
  13. Pastikan ketika produk diklik, fapage akan muncul beserta “Jumlah Suka” atau likes
  14. Pilih “Fanpage” dengan like terbanyak untuk mengisi kolom “Ketertarikan
  15. Klik “Simpan” untuk menyimpan data-data yang telah diisi
  16. Ketik nama dari “Audience” kalian, agar target iklan tepat sasaran.
Terkait:  Cara Bermain Binomo

Penulisan dari nama “Audience” yang dimaksudkan disini, bukan berarti nama akun dari pemilik media sosial Facebook. Melainkan, kata kunci seperti data yang akan muncul ketika seseorang sedang mengetik di kolom pencarian. Contoh, serum hydrating Avoskin. Selain itu, bisa juga kalian menambahkan keyword lain yang lebih mengerucut. Supaya, tidak meluas.

Keunggulan Penggunaan Fitur Facebook Ads

Tayangan iklan yang di-manage dengan menggunakan layanan Facebook Ads berbayar ini, bisa kamu atur pembayarannya untuk harian atau berjangka. Tersedia banyak sekali metode pembayaran yang berlaku agar pengguna dapat lebih mudah mengelola iklan di akunnya. Hal yang membuatnya populer di kalangan para pebisnis, kisaran bayaran murah. Sesuai budget.

Supaya kalian tidak merasa ragu untuk mencoba aplikasikan fitur Facebook Ads untuk urusan bisnis. Berikut ini adalah beberapa keunggulan lain yang dapat kamu rasakan dari layanan FB Ads tersebut. Simak penjelasan selengkapnya:

1. Target Penjualan Tepat Sasaran

Efektivitas yang ditawarkan oleh penggunaan fitur Facebook Ads ini, memuat berbagai data penting. Seperti halnya, usia, jenis kelamin, asal negara, ketertarikan, hingga hal lainnya yang memang ditargetkan untuk mengetahui konsumen yang tepat. Karena data yang dimuat cukup spesifik, wajar bila pemasarannya juga sesuai harapan penjual.

2. Jangkau ke Segala Penjuru

Sistem online yang dimiliki oleh platform satu ini, membuat cara Facebook Ads dapat meraih target pasar hingga ke berbagai pelosok negeri. Baik dalam maupun luar negeri sekalipun. Ini semua, membuat para pemilik UMKM memiliki kesempatan untuk dapat Go Internasional. Tidak perlu susah payah membuka toko offline terlebih dahulu. Asalkan, kamu tetap amanah.

3. Tingkatkan Kesadaran Brand

Tujuan dari penayangan iklan sendiri, tidak lain adalah untuk lebih meningkatkan kesadaran publik terhadap suatu merek tertentu. Ya, ini penting! Sebab, banyak orang yang merasa tertarik untuk membeli produk setelah terhipnotis oleh iklan. Baik itu penyajiannya dalam bentuk 2 dimensi (poster, gambar, dll) atau bisa juga secara 3 dimensi (video). Awareness.

Itulah beberapa cara Facebook Ads yang bisa kalian coba untuk meningkatkan penjualan di tokomu. Semoga informasinya bermanfaat.  See you on the next topics. Have a good rest, and bye bye~

Related posts