Cara Install Node JS di Windows

Ada banyak pilihan platform pemrograman untuk aplikasi web. Salah satunya yaitu Node.js yang dipercaya sebagai platform yang mempunyai performa tinggi. Untuk menggunakan Node JS sebagai platform pemrograman aplikasi, kamu harus tahu cara install Node JS di Windows.

Sekilas Tentang Pemrograman Aplikasi Web Node.js

Platform Node.js merupakan buatan dari Ryan Dahl yang berfungsi sebagai program pengembangan aplikasi web yang berbasis JavaScript. Program ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2009, dan memakai bahasa pemrograman JavaScript.

JavaScript sendiri adalah bahasa pemrograman, dan hanya bisa berjalan darisisi klien. Tapi melalui aplikasi ini, kamu dapat melengkapi kekurangannya dengan cara menjalankannya dari sisi server. Oleh karena itu, Node.js memiliki fungsi yang sama seperti Perl, PHP, Ruby, dan lainnya.

Kemampuan Node.js dalam mengoperasikan sistem JavaScript didukung oleh engine JavaScript V8. Hal ini dikarenakan engine V8 adalah engine besutan Google yang biasanya digunakan dalam Google Chrome.

Fitur Penting Pada Node.js

Untuk menjalankan tugasnya dalam pengembangan aplikasi web berbasis JavaScript, ada beberapa fitur yang mendukung kinerja Node.js itu sendiri, diantaranya sebagai berikut :

1. Beroperasi Sangat Cepat

Kode dari Node.js bisa berjalan cepat dalam program V8 JavaScript Engine dari Google Chrome.

2. Event Notification

Pada Node.js API tidak melakukan pemblokiran proses lain untuk menunggu proses yang sedang berjalan. Server pada Node.js selanjutnya akan melakukan pemanggilan API yang bertujuan untuk menggunakan mekanisme dari event notification. Setelah itu, akan menerima respon panggilan API sebelumnya.

Terkait:  Cara Mengunci Laptop

3. Single Threaded

Platform ini juga mengandalkan model single thread serta event looping. Oleh sebab itu, dapat membantu server memberikan respon dengan cara asynchronous. Selanjutnya membuat server menjadi lebih scalable dibandingkan server tradisional. Selain itu juga, memakai banyak thread dalam memproses berbagai instruksi atau permintaan.

4. Open Source

Program Node.js memiliki sifat open source, yaitu semua orang dapat mengetahui struktur kode pada program ini. Menariknya, kamu juga dapat berkontribusi mengembangkan program untuk lebih baik lagi.

Cara Install Node JS di Windows

Cara Install Node JS di Windows
Tutorial Install Node JS di Windows

Tutorial Install Node JS di Windows 7, 8, dan 10

Mengingat Windows 7,8 dan 10 termasuk operating system yang banyak digunakan, maka kita akan membahas cara install node JS di Windows 7,8 , dan 10.

1. Install Node JS di Windows di Web Resmi Node.js

Cara pertama, kamu bisa mengakses situs web resmi dari Node js untuk menginstall program Node js di Windows, berikut ulasannya :

  • Download Node js langsung situs web resminya, yakni node.js. Kamu harus tahu bahwa program yang satu ini biasanya hanya terinstal dalam OS Windows (x64) atau Windows 32 Bit.
  • Untuk selanjutnya, ketuk versi download sesuai keinginan. Silahkan download program tersebut kemudian masukkan ke dalam folder yang diinginkan.
  • Kamu bisa mencari file tempat meletakkan hasil unduhan. Lalu, double klik pada file node js untuk instalasi. Biasanya file node js berbentuk nama yang rumit, contohnya ‘node-v16.15.1-x64.msi’.
  • Setelah itu, akan muncul tampiln setup wizard, kamu tinggal ketuk ‘next’ untuk melanjutkan.
  • Setelah muncul opsi perizinan instal aplikasi dan ketentuannya, kamu cukup mencentang ‘accept the terms….’. Jika sudah lanjutkan dengan memilih ‘Next’.
  • Lalu kamu dapat memilih file tempat untuk menyimpan node JS. Kamu bisa membiarkannya secara default ke dalam Program Files kemudian pili Node JS. Setelah itu, tekan next.
  • Langkah cara install node js di Windows berikutnya, kamu akan ditampilkan menu custom setup, kamu tidak perlu melakukan kustomisasi di bagian ini. Arahkan saja kursor ke tombol ‘Next’.
  • Kemudian silahkan tekan ‘install’ dan kamu akan memasuki lama perizinan admin, silahkan klik ‘yes’. Jika sudah, tunggu sampai proses instalasi selesai. Biasanya berlangsung sekitar 3 menit, dan tergantung dari spek desktop/PC yang dipakai.
  • Jika instalasi sudah selesai, kamu akan mendapatkan keterangan yang tertera dalam setup wizard-nya berupa tulisan ‘Completed the Node.js Setup Wizard’. Setelah itu, tekan ‘Finish’.

Jika sudah menekan ‘finish’ maka cara install node js di Windows sudah selesai dilakukan. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan dari node js dengan cara membuka file node js tersebut.

Terkait:  Cara Menghilangkan Green Screen Di Premiere

2. Install Node js di Windows Dengan NPM (Node Package Manager)

Cara install node js di Windows selanjutnya kamu bisa memakai aplikasi yang berguna untuk membagikan atau mengembangkan kode JavaScript. Apabila kamu memakai OS Widows, kamu bisa memakai Chocolatey.

Adapun yang dimaksud Chocolatey yaitu sebuah framework khusus untuk menginstall tools atau aplikasi secara cepat. Ini dia tutorialnya :

  • Silahkan masuk ke web resmi Chocolatey, lalu ikuti petunjuk instalasinya.
  • Jalankan instruksi instalati dari web tersebut sesuai prosedur di dalam Command Prompt.
  • Kamu bisa mengetikkan perintah untuk install node js, lalu tekan enter.
  • Silahkan tunggu proses pemasanagan selesai, kamu pun sudah bisa memakai program Node.js.

Tutorial Install Node JS di MacOS

Selain install Node JS di Windows, jika kamu menggunakan perangkat MacOS, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan unduh versi terbaru dari Node.js langsung dari situs web resminya.
  • Ketuk 2 kali pada file yang diunduh, setelah itu akan ditampilkan jendela install node JS. Tekan continue.
  • Silahkan baca perjanjian lisensi software/perangkat lunak dan tekan continue.
  • Kamu bisa memilih folder tujuan, dan tekan continue kembali.
  • Lakukan peninjauan jenis penginstalan, lalu tekan ‘install’.
  • Setelah itu, proses instalasi dimulai.
  • Jika sudah selesai, biasanya NPM dan Node.js akan langsung tersedia. Tekan ‘close’ jika ingin menyelesaikan proses instalasi.
  • Setelah itu, tekan ‘launchpad’ di dalam dock, lalu buka Terminal.

Cara Kerja Node JS

Prinsip kerja dari Node JS adalah memakai konsep single threaded dan non blocking. Mari kita bahas kedua istilah tersebut.

Kita ambil contoh program X. Program tersebut bekerja menggunakan konsep multi threaded dan konsep blocking. Dalam proses kerjanya, algoritma pada program X memiliki beberapa proses.

Terkait:  Cara Install Google Meet di Laptop

Mengingat sifat blocking yang dimilikinya, algoritma pada program tersebut tidak dapat berlanjut saat satu proses masih belum diselesaikan.

Sementara di samping itu, program Y bersifat single threaded dan non blocking. Antara program X dan program Y mempunyai algoritma sama. Namun, kinerja program Y sendiri tidak akan pernah berhenti dalam satu proses apabila proses yang selanjutnya tidak membutuhkan output pada proses sebelumnya. Jadi, inilah yang dinamakan sebagai sistem non blocking.

Berdasarkan pembahasan di atas, terutama terkait kelebihan dan fitur Node.js, tentu saja wajar jika banyak platform yang menggunakan Node.js. Ada beberapa platform yang memanfaatkan Node.js seperti aplikasi streaming Netflix dan LinkedIn.

Bisa disimpulkan bahwa Node.js merupakan runtime environtment bersifat cross platform dan open sourve. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan melalui sifat single thread dan asynchronous yang ideal untuk keperluan aplikasi berbasis web saat ini.

Namun sebelum mengikuti cara install node js di Windows, pastikan untuk memakai platform ini kamu harus sudah mempelajarinya lebih dalam. Sebelum kamu menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi.

 

Related posts