Cara Install Photoshop CS6

Bagaimana cara install Photoshop CS6? Program Photoshop sampai saat ini masih banyak diandalkan oleh orang-orang yang bergelut dalam bidang editing gambar. Photoshop banyak digunakan baik oleh para pemula maupun para profesional.

Adobe Photoshop CS6 merupakan aplikasi desain untuk pengolah gambar dari Adobe System. Program ini diluncurkan sejak tanggal 7 Mei 2012 lalu, sebagai hasil pengembangan Adobe Photoshop CS5.

Program Adobe Photoshop CS6 sendiri lebih unggul dibandingkan CS5, inilah yang membuat eksistensi Adobe Photoshop CS5 semakin meredup. Hal ini dikarenakan program Adobe Photoshop menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan banyak keunggulan.

CS6 telah hadir lewat tampilan baru yang bertema dark, dengan beberapa tambahan fitur serta tools baru untuk membantu kinerjanya menjadi lebih baik dan cepat.

Kenapa Harus Adobe Photoshop CS6?

Jika dibandingkan versi yang sebelumnya, versi Adobe Photoshop CS6 sudah mengalami banyak peningkatan dalam layanan dan fitur yang disematkannya. Berikut alasan kenapa kamu harus beralih ke Photoshop CS6 :

1. Mendukung Adobe Camera Raw 7.0

CS6 telah mendukung Adobe Camera Raw 7.0, sebagai plug in yang digunakan untuk melakukan editing file foto atau gambar mentah langsung dari perangkat kamera digital. Melalui fitur ini, kamu dapat memproses gambar yang berasal dari perangkat kamera digital supaya lebih mudah dilihat.

Terkait:  Cara Install Google Meet di Laptop

2. Antarmuka Baru

Adobe Photoshop CS6 telah membawa sistem antarmuka baru yang warnanya lebih gelap. Kamu juga bisa mengontrol tampilan UI. Selain itu, bisa memilih 4 skema pada warna UI berbeda. Kamu juga dapat mengontrolnya dengan melakukan pengaturan preference.

3. Type Styles

Aplikasi Photoshop CS6 telah membawa style editing teks InDesign untuk mempermudah para penggunanya dalam mengubah tipe format atau karakter lebih cepat.

4. Content Aware Move

Fitur yang satu ini berfungsi untuk mengisi komponen tertentu pada gambar yang telah dipilih. Contohnya, sebuah foto view pemandangan dengan di tengah-tengah terdapat pohon, tapi kamu ingin pohon tersebut dihilangkan lalu menyamakan bagian tersebut dengan rumput.

Dengan kondisi di atas, kamu bisa memanfaatkan fitur ini, karena Photoshop selanjutnya akan mengisi komponen yang hilang pada gambar dengan rumput di area sekitarnya.

5. New Crop Tool

Fitur ini memungkinkan seseorang dapat memotong foto/gambar tergantung kebutuhan. Dalam versi Photoshop CS6, opsi terbaru dari crop ini sudah mengalami peningkatan, sehingga proses pemotongan gambar menjadi lebih fleksibel dan mudah.

6. Blur Gallery

Adoba Photoshop CS6 telah membawa fitur Blue Gallery dengan meningkatkan efek blur dalam gambar atau foto menggunakan field blur, tilt shift, dan Iris. Sehingga memungkinkan para penggunanya memfokuskan titik tertentu berdasarkan keinginan tanpa harus membuat layer mask atau layer baru.

7. Adaptive Wide Angle

Fitur yang satu ini biasanya dipakai untuk memperbaiki sistem distori area dalam gambar melalui pengubahan sudut serta meluruskannya.

Cara Install Photoshop CS6

Cara Install Photoshop CS6
Tutorial Install Photoshop CS6

Panduan Install Adobe Photoshop CS6 Dengan Crack

Untuk menginstall Adobe Photoshop CS6 kamu bisa memakai PC atau laptop dengan spek 64 bit. Adapun yang harus dipersiapkan dalam cara install Photoshop CS6 adalah mendownload software Photoshop.

Terkait:  Cara Install Android Studio

1. Install Photoshop CS6

Kamu bisa klik link ini untuk mengunduh Photoshop CS4 31 bit+Patch. Jika sudah mempunyai file master dari Installer CS6 yang dipakai untuk menginstall, untuk selanjutnya kamu bisa melakukan install Photoshop CS6.

Ikuti cara install Photoshop CS6 di Windows berikut ini :

  • Silahkan nonaktifkan antivirus, sebab file crack untuk Potoshop biasaya akan dideteksi oleh sistem sebagai virus. Setelah mematikan antivirus, kamu bisa melakukan ekstrak file .rar, sebagai file yang sudah diunduh sebelumnya dan disimpan pada satu folder.
  • Kamu bisa membuka Adobe Photoshope CS6 dan cari setup untuk proses instalasinya.
  • Setelah itu, buka Setup tersebut, dan kamu akan memulai ‘initializing installer’. Jika mengalami masalah ketika membuka setupnya, kamu bisa melakukan restart PC kamu terlebih dahulu, lalu buka kembali filenya.
  • Jika proses sudah selesai, biasanya kamu akan mendapatkan tampilan popup berupa tahap-tahap instalasi.
  • Silahkan nonaktifkan koneksi yang masih terhubung di PC, supaya kamu tidak diminta kode lisensinya. Setelah itu, klik ‘Install a trial’ dan tekan ‘Accept’.
  • Langkah berikutnya, kamu akan dibawa pada opsi tambahan aplikasi yang akan diinstal. Apabila ingin membiarkannya, tekan ‘install’ namun jika tidak diperlukan cukup menghilangkan opsis tersebut.
  • Setelah muncul tampilan popup kotak dialog. Tekan ‘yes’ lalu tunggu instalasi selesai.
  • Jika sudah selesai, akan ada notifikasi ‘installation complete’.

Namun ingat, kamu masih belum bisa membuka program Photoshopnya sebelum kamu melakukan crack atau mengakses licency key program terlebih dahulu.

2. Tutorial Crack Adobe Photoshop CS6

Ada beberapa langkah cara crack Adobe Phosohop CS6 yang dilakukan setelah mengikuti cara install Photoshop CS6 di atas :

  • Masuk dan buka folder bertuliskan Universal Adobe Patcher, kemudian cari file ‘adobe.snr.partch.v2.0-painter.exe’. Silahkan klik kanan lalu pilih ‘Run as administrator’.
  • Jika sudah membuka crack-nya, silahkan cari Adobe Photoshop CS6 Extended pada ‘patch’.
  • Setelah itu, tekan ‘Patch’ di tombol sebelah kanan bawah, lalu tunggu proses sampai muncul opsi ‘Patching Done’.
  • Kamu pun bisa keluar dari proses crack tersebut, dan kini sudah bisa menggunakan Photoshop CS6 dengan leluasa.
Terkait:  Cara Install Ulang Macbook

Mengenal Panel-Panel di Adobe Photoshop CS6

Bagi kamu yang baru pertama kali memakai Photoshop CS6, ada beberapa panel yang harus kamu kuasai saat menggunakannya. Berikut ini :

1. Tool Box

Panel ini berbentuk kotak berisi beberapa tools atau tombol perintah untuk mengedit, mengelola dan melakukan pengaturan objek yang ingin dikerjakan. Panel Tools bisa dibilang sebagai komponen penting dalam Photoshop.

2. Menu Bar

Sesuai namanya, menu bar atau baris menu terdapat beberapa daftar perintah yang digunakan untuk mengolah layer, dokumen, dan mengatur file. Pada fitur ini juga terdapat perintah untuk menambahkan filter atau efek serta melakukan pengaturan tampilan panel.

Di dalam menu bar, ada beberapa pilihan menu seperti Type, Image, Edit, View, Filter, Select, Help, Windows, dan Layer.

3. Workspace

Panel ini dipakai untuk mengedit tampilan Photoshop, agar kamu bisa lebih mudah mengerjakan pekerjaanmu.

4. Document Bar

Berisi beberapa dokumen yang aktif atau dilakukan proses editing.

5. Option Bar

Panel ini adalah bagian yang didalamnya terdapat tombol perintah atau tools yang bisa dipakai untuk melakukan sebuah instruksi. Biasanya instruksi tersebut menyesuaikan tools dalam panel toolbox.

6. Document Windows

Opsi ini menyediakan lembar kerja untuk editing gambar serta apa saja yang kamu kerjakan.

7. Pallete atau Panel

Padaa menu ini ada informasi terkait dokumen yang aktif, beberapa perintah untuk pengorganisasian layer, melakukan manipulasi gambara dan sebagainya.

Dengan memahami tools-tools di atas, bisa mempermudah pekerjaan editing kamu memakai Adobe Photoshop CS6. Software ini memang telah menjadi pilihan pengguna PC di Indonesia, sebab memiliki keunggulan lebih ringan.

Adobe Photoshop CS6 masih bisa menangani semua kebutuhan dalam desain grafis kekinian hingga yang akan datang. Bahkan kamu bisa menggunakannya untuk keperluan media sosial, percetakan, pembuatan logo,ikon, konten web dan masih banyak lagi. Jika ingin membuktikannya, install sekarang juga dengan cara install  Photoshop CS6 di atas!

Related posts