Cara Install Google Meet di Laptop

Penggunaan Google Meet rasanya bukan hal baru lagi, dan setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan sudah pernah atau bahkan sering menggunakan Google Meet. Tapi, mungkin ada beberapa yang belum pernah mencobanya. Hingga akhirnya dituntut harus menggunakan Google Meet untuk keperluan rapat virtual. Termasuk kamu yang sedang mencari informasi cara install Google Meet di laptop.

Google Meet merupakan solusi rapat virtual yang biasanya digunakan ketika urgent, atau saat perusahaan harus menerapkan sistem Work Form Home kepada karyawannya. Meskipun tanpa bertatap muka, aktivitas meeting dengan Google Meet secara online tetap dapat berlangsung dengan baik, karena GMeet sudah melengkapi fiturnya.

Read More

Google Meet Sebagai Layanan Video Converence

Google Meet bisa dikatakan sebagai aplikasi video converence dengan penggunaan tanpa bayar oleh penggunanya. Kamu bisa mengakses Google Meet via desktop dengan mengunjungi situs resminya atau memakai aplikasi langsung via smartphone. Aplikasi virtual meeting ini sebenarnya bukan yang baru bagi Google, karena awalnya Meet dinamakan sebagai Hangouts.

Sejak berubah nama, Google Meet menjadi lebih populer dibanding nama sebelumnya. Hal inilah yang membuat Google akhirnya melengkapi Google Meet dengan banyak fitur. Dengan memakai Meet, kamu bisa melakukan acara rapat atau meeting selama 60 menit dengan jumlah peserta yang bisa mengaksesnya sampai 100 akun untuk sekali penayangan.

Terkait:  Cara Auto Admit Google Meet

Apa Saja yang Ditawarkan Google Meet?

Memanjakan penggunanya dengan sejumlah layanan, membuat Google Meet selalu menjadi pilihan aplikasi meeting yang dapat diandalkan. Jika kamu sering memakai Google Meet, ada sejumlah layanan yang bisa dinikmati, diantaranya :

1. Google Workplace Essentials

Apa itu Google Workplace Essentials? Fitur ini sebenarnya merupakan layanan berbayar dari Google Meet, dan kamu bisa menikmatinya jika membayarnya dengan tarif $8 per bulan. Jika dikonversikan, kira-kira sekitar Rp.118 ribuan.

Tentu saja tarif tersebut bukan angka yang mahal bagi sebuah perusahaan. Terlebih kamu akan mendapatkan layanan kuota meeting sampai 300 jam dengan jumlah peserta sampai sebanyak 150 orang.

Unggulnya Google Workplace Essentials yang ditawarkan Google Meet adalah dari fitur penyimpanan. Fitur inilah yang memungkinkan file yang kamu rekam, dengan otomatis langsung diunggah pada Google Drive dengan batasan kapasitas mencapai 100 GB. Belum lagi, adanya dukungan layanan tanpa batas sampai 24 jam. Wow, menarik bukan?

2. Layanan Gratis

Bagi startup atau UMKM yang memiliki karyawan dan harus melakukan meeting dengan Google Meet, kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Ya, meskipun kamu tidak perlu bayar tapi fitur-fitur yang didapatkan rasanya sudah cukup memuaskan. Kamu bisa menikmati berbagai fitur saat video conference dalam waktut 60 menit dengan kapasitas peserta sebanyak 100 pengguna/orang.

3. Google Workplace Enterprise

Bagi perusahaan berskala besar, kamu juga bisa menggunakan layanan video conference besutan Google ini. Layanan ini memungkinkan kamu bisa memperoleh durasi meeting sampai 300 jam, bahkan total peserta meeting-nya lebih banyak sampai 250 orang.

Fasilitas lainnya yang ditawarkan adalah layanan penyimpanan unlimited dari Google Drive. Pada paket ini, kamu juga bisa menikmati live streamaing sampai 100 ribu penonton dan support layanan sampai 24 jam.

Kini kamu sudah mengetahui apa saja yang ditawarkan Google Meet, untuk selanjutnya kamu bisa menggunakan Google Meet. Namun sebelumnya, kamu harus tahu cara install Google Meet di laptop terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Kerja Google Meet

Cara Install Google Meet di Laptop

Cara Install Google Meet di Laptop
Install Google Meet di Laptop

Tutorial Install Google Meet Pakai Aplikasi

Untuk melanjutkan ke tutorial cara install Google Meet di Laptop, misalnya saja kamu memakai Windows 10. Nah, disini kita akan coba memakai aplikasi pihak ketiga. Langsung saja ikuti tutorialnya :

1. Install Google Meet di Laptop via Memu

Aplikasi yang bisa kamu pakai untuk menginstall Google Meet di laptop adalah Memu. Kamu bisa mencoba cara install Google Meet di laptop dengan Memu menggunakan Windows 10, berikut ini :

  • Silahkan buka MEmu Apps.
  • Kemudian tekan Play Store, kamu juga bisa memakai MEmu di layanan App Store.
  • Masuk ke Google Play Store, kemudian temukan aplikasinya pada kolom pencarian.
  • Silahkan cari aplikasi Google Meet, lalu tekan aplikasi tersebut.
  • Klik ‘Install’ dan pasang aplikasi di PC/laptop.
  • Tekan ‘Open’ jika kamu sudah berhasil memasang Google Meet.
  • Selamat, kini Google Meet telah terpasang di perangkat laptopmu.

2. Install Google Meet di Laptop via Bluestacks

Selain MEmu, kamu juga bisa mengakses aplikasi Bluestacks untuk mengunduh Google Meet di laptop, simak panduannya :

  • Masuk ke aplikasi Bluestacks.
  • Lalu tekan ikon Play Store.
  • Silahkan masuk atau tap Play Store, lalu temukan aplikasi pada menu pencarian.
  • Silahkan temukan Google Meet, jika sudah tekan aplikasinya.
  • Klik ‘Install’ dan pasang aplikasi di laptop.
  • Tekan ‘Open’ jika Google Meet telah terpasang di laptop.
  • Jika sudah, tekan ‘Continue’, lalu gunakan aplikasi Google Meet seperti biasanya.

Tutorial Install Google Meet Tanpa Install

Walaupun kamu tidak mengikuti cara install Google Meet di laptop seperti tutorial di atas, kamu tetap bisa memakai layanan Google Meet di laptop. Caranya sangat simpel, cukup ikuti tutorial berikut :

  • Silahkan buka web browser yang biasa kamu pakai di laptop. Bisa memakai Firefox, Chrome atau yang lainnya bebas.
  • Buka situs web resmi dari Google Meet, bisa juga dengan langsung klik link ini.
  • Setelah sukses, silahkan masuk ke beranda program Google Meet, tekan opsi ‘Rapat Baru’ agar kamu dapat membuat meeting baru.
  • Tekan ‘Mulai Rapat Instan’ agar memasuki ruangan meeting.
  • Silahkan izinkan akses mikrofon dan kamera untuk melanjutkan proses penggunaan Google Meet.
  • Ketuk ‘Gabung Sekarang’ dan dapatkan link url untuk ruang meeting virtual. Jika akan melakukan presentasi lewat tampilan layar, tekan ‘Presentasikan’.
  • Kamu bisa mengundang peserta rapat yang lainnya dengan cara share link URL ruang meeting, cukup dengan menyalinnya dan ketuk ‘Salin Info Akses’.
  • Silahkan tambahkan orang lainnya lewat akun email, caranya tekan ‘Tambahkan Orang’.
Terkait:  Cara Install Ulang Macbook

Memakai Google Meet Langsung via Gmail

Kamu juga bisa menggunakan layanan Google Meet, dengan langsung mengaksesnya lewat Gmail. Ada beberapa tutorial yang dapat dilakukan :

  • Masuk ke web browser di PC/laptop.
  • Buka laman resmi Google Mail alias Gmail di opsi pencarian Google.
  • Silahkan login, inputkan email beserta password.
  • Di tampilan awal, ketika sukses memasuki akun Gmail, cek sebelah kiri bawah. Disana ada menu ‘Meet’ dan berisi pilihan ‘Gabung ke Rapat’ dan opsi ‘Rapat Baru’.
  • Jika ingin membuat rapat, tekan ‘Rapat Baru’ sedangkan jika ingin bergabung ke dalam rapat, pilih ‘Gabung ke Rapat’.
  • Setelah memilih, maka kamu akan langsung dialihkan menuju Google Meet.

Sebenarnya cara install Google Meet di laptop sangat mudah, bahkan kamu tidak perlu melakukannya jika ingin menggunakannya secara langsung. Tidak perlu repot-repot menginstalnya lewat aplikasi BlueStacks dan MEmu. Hanya saja, informasi di atas berguna sebagai opsi lain jika kamu memerlukannya. Google Meet bersifat kompatibel, karena kamu bisa memakainya di smartphone atau laptop.

Related posts