Cara Membuat Blokir Instagram

  • Whatsapp

Bagaimana cara membuat blokir Instagram? Mungkin Kamu pernah memiliki keinginan untuk memblokir akun seseorang yang tak diinginkan agar lebih leluasa mengakses Instagram. Ketika Kamu memblokir akun Instagram supaya tidak bisa mengaksesmu, maka pemilik akun ini tidak bisa melihat profilmu maupun menghubungimu di Instagram.

Akan tetapi, pada beberapa kasus Kamu mungkin berniat membuka blokiran pengguna yang sudah Kamu blokir di Instagram. Jalur yang mesti Kamu ikuti sebenarnya sangat mudah, namun pada beberapa kasus, mungkin Kamu melihat bahwa pengguna yang Kamu blokir tidak terlihat di bilah pencarian. Hal tersebut karena pengguna yang Kamu blokir tak bisa melihat profil Instagrammu, begitupun sebaliknya. Lalu, bagaimana cara buka blokir Instagram?

Cara Buka Blokir Instagram

Cara Membuka Blokir Instagram
Membuka Blokir Instagram

Tutorial Membuka Blokir Instagram

Ada beberapa cara buka blokir Instagram yang bisa Kamu lakukan, baik melalui aplikasi Instagram, iOS, android maupun via browser komputer. Berikut ulasannya :

Tahap 1 : Membuka Blokir Instagram via Aplikasi

Memblokir pengguna melalui aplikasi Insyagram dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara mengunjungi profil pengguna Instagram dan lewat daftar blokir melalui Pengaturan Privasi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Mengunjungi Profil Pengguna

Pertama-tama, silahkan buka akun IG-mu, lalu temukan pengguna Instagram yang akan Kamu batalkan pemblokirannya. Silahkan masuk ke dalam halaman profil dari pengguna Insagram tersebut. Pilih “Buka Blokir” kemudian konfirmasikan dengan cara “Batal Blokir”.

  • Langkah pertama, silahkan temukan pengguna melalui form pencarian di IG.
  • Kemudian masuk ke dalam halaman profil.
  • Silahkan pilih “Buka Blokir”.
  • Lakukan konfirmasi dengan cara pilih “Batal Blokir”
  • Selesai.
Terkait:  Cara Membuka Pola Hp Vivo

2. Daftar Blokir Lewat Pengaturan

Pilihan kedua, silahkan cek daftar blokir. Kamu bisa masuk ke dalam halaman profilmu, lalu pilih ikon berbentuk tiga garis, tekan “Pengaturan”, pilih “Privasi” dan pilih lagi “Akun yang Diblokir”. Selanjutnya Kamu bisa melihat seluruh daftar blokir. Silahkan pilih akun IG yang akan Kamu batalkan pemblokiran melalui menu “Berhenti Blokir” dan tekan “Batal Blokir”.

  • Masuk ke dalam halaman profilmu.
  • Silahkan tap tanda tiga garis dan pilih “Pengaturan”.
  • Selanjutnya pilih “Privasi” dan pilih lagi “Akun yang Diblokir”.
  • Lalu Kamu dapat melihat seluruh daftar blokir.
  • Kemudian tap “Berhenti Blokir”.
  • Akan muncul tampilan pop up, lalu pilih “Batal Blokir”.

Tahap 2 : Membuka Blokir Instagram Melalui Komputer

Langkah cara membuka blokir Instagram selanjutnya ialah melakukan pembatalan lewat browser di PC. Bagi Kamu yang sering membuka IG melalui browser komputer, Kamu dapat mengikuti beberapa panduan berikut :

  • Penjelasannya sebenarnya sama seperti metode yang pertama, Kamu bisa mencari akun IG yang akan Kamu batalkan pemblokiran lewat form pencarian IG. Setelah itu, masuk ke dalam halaman profil pengguna. Ketuk “Buka Blokir” jika ingin membuka blokir untuk akun pengguna tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan pop up konfirmasi dan Kamu akan menemukan informasi bahwa Kamu bisa melihat postinganmu lalu mengikutimu di IG. Biasanya IG tak akan memberitahukan jika Kamu telah membuka blokirannya. Ketuk “Buka Blokir” jika ingin melakukan konfirmasi.

Jika sudah melakukan cara di atas, akun yang Kamu buka blokirannya pun sudah terbebas dari yang namanya pemblokiran. Ia pun akan melihat postingan maupun aktivitas Instagrammu kembali.

Tahap 3 : Membuka Blokir Instagram Orang Lain Melalui DM

Cara membuka blokir Instagram selanjutnya ialah dengan memakai fitur direct atau direct message di Instagram. Adapun langkah-langkah yang mesti Kamu lakukan ialah berikut ini :

  • Silahkan buka aplikasi IG, kemudian masuk ke menu direct di samping kanan pada bagian atas layar. Setelah itu, pilih ikon+ terletak di samping kanan atas.
  • Kemudian ketik akun yang diblokir sebagai penerima message atau pesan, dan tulis pesan kemudian kirimkan dengan pilih “send”.
  • Sesudah pesan terkirim, selanjutnya kunjungi profil IG yang Kamu blokir. Ketuk ikon profil di bagian atas. Jika sudah muncul opsi details dan pilih opsi unblock user. Setelah itu, akun tersebut secara otomatis tidak akan terblokir lagi.
Terkait:  Cara Membuka Whatsapp di Laptop Tanpa Hp

Tahap 4 : Membuka Blokir Instagram Orang Lain Melalui Explore

Cara membuka blokir Instagram selanjutnya ialah melalui fitur explore. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka Instagram, lalu pilih explore di ikon yang terletak di samping bawah. Tepatnya di nomor 2 sesudah ikon home.
  • Pilih search di bilah pencarian.
  • Silahkan ketikkan akun pengguna IG yang sebelumnya diblokir, kemudian kunjungi profilnya.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan cara memilih unblock. Lalu akun IG tersebut pun sudah tak lagi terblokir di Instagram.

Itulah cara membuka blokir Instagram yang bisa Kamu coba lakukan ketika Kamu ingin membatalkan blokir pengguna Instagram lain yang sebelumnya telah diblokir.

Fitur-Fitur Instagram yang Wajib Diketahui

Selain cara membuka blokir Instagram yang mudah, dengan menggunakan Instagram kamu bisa menikmati berbagai macam fitur berikut ini :

1. Instagram Reels

Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkanmu membuat video berdurasi singkat hanya 60 detik saja dengan pilihan efek, audio dan tools lainnya yang kreatif. Selain itu, Kamu juga dapat membuat atau menggabungkan beberapa foto ke dalam satu video secara utuh. Biasanya reels berguna untuk membuat konten lebih kreatif. Selain itu, ada banyak yang mengatakan jika fitur ini memang sama seperti Tiktok.

2. Restrict yang Digunakan Untuk Anti Bully

Restrict merupakan fitur IG yang dirancang khusus dalam membatasi pengguna IG yang dianggap telah melakukan bullying lewat bentuk apapun. Lain halnya dengan block, dimana fitur yang satu ini biasanya memungkinkan pengguna IG yang di restrict melihat postinganmu. Akan tetapi interaksi mereka dengan akunmu akan dibatasi.

3. Video Conference

Apabila Kamu biasanya hanya dapat melakukan video call atau video conference bersama 1 orang, kini Kamu juga dapat melakukan converence dengan beberapa orang. Caranya sebenarnya sangat mudah, berikut ini :

  • Buka direct message pada akun IG-mu.
  • Silahkan pilih video di sebelah kanan atas.
  • Ketuk “Create a Room”.
  • Silahkan pilih akun-akun IG dari temanmu untuk video conference lalu tekan “Join Room”.

4. Instagram Music

Selanjutnya ada fitur IG music yang dapat Kamu pakai saat membuat Story Instagram. Kamu bisa menambahkan beberapa lagu di video atau gambar yang ingin di upload untuk dijadikan Insta Story. Pertama-tama, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka Insta Story di akunmu.
  • Buat Foto atau video yang ingin di upload.
  • Ketuk tab music di bagian atas, lalu pilih lagu yang ingin Kamu pakai.
Terkait:  Cara Membuka Hp Xiaomi yang Terkunci

5. Stories Map

Stories Map merupakan fitur terkini yang mungkin tak banyak disadari oleh pengguna Instagram, terlebih apabila Kamu termasuk sebagai orang yang tak pernah mengecek archive Instagram.

Dalam layanan stories map-mu, bisa melihat post atau story Instagram yang sudah pernah diunggah berdasarkan dari lokasi foto dan story-mu. Selain itu, Kamu pun bisa melihat archive pada unggahan sebelumnya sesuai tanggal unggahan.

Nah, itulah fitur-fitur yang bisa Kamu nikmati di Instagram selain bisa melakukan cara membuka blokir Instagram di atas. Bagaimana, sangat menarik kan memakai Instagram?

 

Related posts