Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Saat ada kontak yang tidak dikenal di WhatsApp yang tiba-tiba saja mengirimkan chat misalnya. Lalu Kamu ingin mengetahui keberadaan atau lokasi orang tersebut, maka Kamu bisa mencoba cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp. Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan jika Kamu ingin melacak orang terdekat.

Pasalnya, hanya berbekal aplikasi WhatsApp Kamu kini sudah bisa melacak lokasi keberadaan seseorang dengan mudah. Kamu bisa mencoba cara melacak keberadaan seseorang melalui Whatsapp dengan tutorial berikut!

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp
Melacka Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Melacak Keberadaan Seseorang via WhatsApp

Selain melacak orang tak dikenal, kita seringkali concern dengan keberadaan orang yang kita sayangi, baik itu adik, kakak, pacar atau suami/istri. Dengan memakai WhatsApp, Kamu dapat mengetahui keberadaan mereka secara realtime. Jika Kamu penasaran, berikut cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp di bawah ini!

1.  Tutorial Melacak Nomor WhatsApp yang Tidak Kamu Kenal

Adapun cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp yang pertama ialah, Kamu harus menyimpan kontak WA orang yang akan Kamu lacak keberadaannya terlebih dahulu. Kamu harus ingat bahwa cara ini berlaku hanya apabila nomor hp tersebut mempunyai akun WA, dengan begitu Kamu dapat melihat nama beserta datanya.

Bagi yang penasaran dengan caranya, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

  • Apabila Kamu dihubungi oleh nomor biasa, sebaiknya simpan nomor hp tersebut ke dalam kontak ponsel terlebih dulu.
  • Lalu buka aplikasi WA kemudian cari kontak dan jika menemukan akun WhatsApp-nya, silahkan klik akun WA tersebut.
  • Se;anjutnya Kamu bisa melihat nama pada kontak WA di “About and Phone Number” apabila pemilik menampilkan namanya di profil WhatsApp.

Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk melacak keberadaan seseorang yang baru Kamu kenal atau bahkan tidak dikenal via nomor WhatsApp sendiri akan sulit dilakukan. Kamu hanya bisa melihat nama kontak dan nomornya saja di kontak WhatsApp yang ada.

Kalaupun mungkin bisa dicek lewat status orang tersebut, biasanya nomor kontak WA Kamu harus disimpan oleh orang tersebut. Baru Kamu bisa melihat statusnya dan mengecek keberadaannya.

2. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Live Location WhatsApp

Cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp ini bisa Kamu coba dan bisa benar-benar bekerja. Maksud dari melacak di sini tentunya berbeda dari menyadap. Karena maksudnya ialah memonitor keberadaan akun WhatsApp yang sudah berteman denganmu. Dengan kata lain seperti melacak adik, saudara, kakak, pacar atau suami/istri.

Untuk mengetahui keberadaan lokasi seseorang dengan cara real time, tentu saja Kamu wajib meminta izin orang yang ingin Kamu cari lewat fitur WhatsApp Live Location. Adapun cara mengaktifkan live location di WhatsApp sendiri sangat mudah, diantaranya :

  • Pertama-tama silahnya nyalakan aplikasi WhatsApp Kamu kemudian pilih orang atau grup yang ingin Kamu berikan lokasi terkini atau live location. Jika sudah, ketuk paperclip di bawah dan pilih lokasi. Jika ingin membagikan opsi live location, Kamu hanya perlu memilih opsi “Berbagi lokasi terkini”.
  • Setelah itu, Kamu bisa menentukan lamanya waktu live location di WhatsApp sekaligus mengisi pesan yang akan disampaikan.
  • Cara ketiga, silahkan tekan tombol send jika ingin mengirimkan link lokasi Kamu. Kamu harus tahu bahwa lokasi Kamu akan berubah apabila Kamu berubah posisi. Dimana pengiriman fitur live location ini secara otomatis akan terhenti apabila durasi waktunya sudah habis. Kamu juga dapat mengentikannya dengan memilih “Berhenti Berbagi”.

3. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp via GPS

Kamu juga dapat mencoba cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp via GPS. Kamu bisa memanfaatkan Google Maps dalam hal ini. Untuk itu, silahkan ikuti tutorialnya :

  • Silahkan buka Google Maps.
  • Pastikan supaya hp telah terhubung pada jaringan internet lebih dulu.
  • Kamu bisa mengatur koneksi internet berdasarkan time based.
  • Sebaiknya jangan mengatur jaringan internet sesuai jumlah data internet yang dipakai.
  • Ketuk di menu option sesudah aplikasi Google Maps Kamu terbuka.
  • Silahkan masuk ke pilihan Friend List atau Daftar Teman.
  • Kamu bisa menambah Add Friend atau Tambah Teman.
  • Kemudian undang seseorang yang akan Kamu lacak posisinya.
  • Silahkan tunggu hingga seseorang yang akan diketahui posisinya telah menerima undangan.
  • Ketuk di kontak target atau orang yang akan dilacak.
  • Tunggu aplikasi Google Maps sukses melacak nomor ponsel yang telah ditargetkan.

4. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp dengan WhatsApp Web

Cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp lainnya ialah bisa dilakukan melalui WhatsApp Web. WhatsApp Web adalah perantara untuk menegcek keberadaan seseorang melalui alamat Ip pengguna WA.

Adapun caranya, tinggal melakukan chattingan melalui WhatsApp web. Setelah itu, pastikan Kamu sudah menutup semua aplikasi hp yang sedang berjalan di background. Jika kebingungan, Kamu bisa memasuki task manager lalu tutup semuanya saja.

Setelah itu, silahkan buka command prompt, lalu silahkan ketikan nestat-an. Selanjutnya akan muncul berbagai informasi, termasuk IP pengguna WA web itu sendiri. Baik itu, teman Kamu sendiri atau orang lain.

Lalu jangan lupa catat IP Addres yang muncul pada CMD tersebut langsung di kertas Kamu. Sesudah Kamu mencatat atau menulisnya, langkah terakhir yang bisa dilakukan ialah mengunjungi link http://www.ip-adress.com/ip_tracer/.

Link tersebut di atas berguna untuk melacak keberadaan seseorang lewat IP Address yang dipakai seseorang dengan mudah dan cepat.Bagaimana, sangat mudah bukan?

Sebenarnya cara yang paling ampuh untuk melacak keberadaan seseorang diantara keempat cara di atas adalah melalui fitur live location, dengan menggunakan layanan “Berbagi Lokasi Terkini” di WhatsApp.

Persyaratan yang Diperlukan Untuk Memakai Fitur Live Location di WhatsApp

Untuk memanfaatkan layanan pelacakan lokasi di WA, ada persyaratan yang wajib Kamu penuhi. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  • Kedua pihak atau akun WhatsApp terkait harus saling mengetahui tentang pembagian lokasi. Sehingga tidak ada seorangpun yang dapat menyalaghgunakannya.
  • Kamu dapat melakukan pelacakan posisi seseorang saat mereka telah membagikan lokasi keberadaan mereka dengan sadar di akunmu.
  • Durasi pelacakan untuk lokasi di WhatsApp sendiri sudah diatur pihak yang telah membaginya dan biasanya terbatas maksimal selama 8 jam.

Kelebihan Fitur Live Location di WhatsApp

Meskipun ada keterbatasan, namun layanan pelacakan lokasi di aplikasi WhatsApp mempunyai beberapa kelebihan. Namun yang utama ialah fitur tersebut harus mengedepankan transparansi dan persetujuan. Karena pengguna tak akan dapat melacak seseorang diam-diam.

Selain itu, pembagian lokasi biasanya hanya dapat dilakukan pemilik akun. Sama halnya dengan durasi pembagian lokasi itu sendiri. Sehingga, kemungkinan terjadinya penyalahgunaan fitur tersebut dapat diminimalkan. Keamanan dan privasi pengguna pun bisa terjaga.

Di samping itu, live location di WhatsApp biasanya bekerja dengan maksimal tanpa hambatan. Melalui fitur ini, kamu dapat melihat pergerakan akun WhatsApp yang dilacak dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan mudah dan lancar.

Demikianlah ulasan tentang cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts