Cara Menghapus Akun Whatsapp

  • Whatsapp

Halo sobat wigatos! Apakah kamu pernah kebingungan dengan cara menghapus akun Whatsapp? Pernahkah terpikir untuk berpindah ke layanan perpesanan lain, karena kamu tidak lagi nyaman dengan Whatsapp? Tentu kali ini kamu tidak perlu bingung karena menghapus akun Whatsapp adalah hal yang mudah dan bisa kamu lakukan dalam hitungan detik.

Di jaman modern saat ini, Whatsapp menjelma menjadi layanan sosial media dan perpesanan bagi sejuta umat. Bagaimana tidak, hampir di semua kalangan, dari anak anak hingga para orang tua, mempercayakan urusan perpesanan dan komunikasi mereka pada layanan yang sudah diakuisisi oleh Facebook ini. Kemudahan pengoperasian, murahnya biaya dan aplikasi yang ringan membuat layanan ini makin digemari di seluruh penjuru dunia. Bahkan di tahun 2020 lalu, jumlah pengguna aktif Whatsapp mencapai angka 2 miliar tiap bulannya.

Read More

Namun beberapa waktu lalu, ramai terjadi di seluruh pelosok dunia, isu menghapus akun Whatsapp secara massal. Meledaknya isu ini dimulai oleh Whatsapp yang akan memperbarui kebijakannya tentang privasi di layanan mereka. Hal yang membuat banyak masyarakat dunia ramai ramai meninggalkan Whatsapp. Namun, masalah tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak penyebab seseorang ingin menghapus akun Whatsappnya.

Kenapa Seseorang Menghapus Akun Whatsapp

  • Tidak menyetujui kebijakan yang berlaku di layanan Whatsapp. Tak semua orang setuju dengan kebijakan privasi Whatsapp, apalagi dengan kebijakan privasi Whatsapp yang baru. Akibatnya, trend hapus akun Whatsapp marak di internet dan bisa menjadi penyebab seseorang menghapus akun Whatsapp miliknya.
  • Nomor yang digunakan hilang/dicuri. Hal ini wajar terjadi ketika seseorang memisahkan nomor Whatsapp miliknya dari ponsel pintar yang terinstall aplikasi Whatsapp. Ketika ponsel yang terisi nomor whatsapp hilang atau dicuri akan berakibat hilangnya nomor yang terdaftar pada akun Whatsapp yang sedang digunakan. Apabila nomor tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, besar kemungkinan akun Whatsapp akan digunakan dalam urusan kejahatan cybercrime.
  • Akun Whatsapp dibajak. Hal ini adalah salah satu akibat dari nomor yang dicuri atau jatuh ke pihak yang tak bertanggung jawab. Akun Whatsapp yang dibajak biasanya dilakukan sebagai alat kejahatan atau transaksi gelap, dengan identitas dari pemilik akun yang dijadikan tembok bagi kejahatan yang dilakukan.
  • Migrasi ke layanan komunikasi lain. Tak semua orang nyaman menggunakan Whatsapp dalam jangka waktu yang lama. Beberapa orang, kadang merasa bosan dan jenuh dengan fitur dan layanan yang ditawarkan oleh Whatsapp. Banyaknya alternatif layanan komunikasi lain di internet membuat beberapa orang memilih untuk migrasi dari Whatsapp ke layanan komunikasi lain.
  • Berada pada lingkungan yang tak menggunakan Whatsapp sebagai layanan komunikasi utama. Seperti halnya Whatsapp, yang sukses menyingkirkan dominasi BBM kala itu sebagai layanan komunikasi utama, tak menutup kemungkinan keberadaan Whatsapp sebagai layanan komunikasi utama akan tergeser oleh layanan baru di perkembangan teknologi yang pesat seperti ini. Beberapa komunitas telah memutuskan untuk tidak menggunakan Whatsapp sebagai layanan komunikasi utama mereka, yang mengakibatkan anggotanya memilih untuk menghapus akun Whatsapp miliknya.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Telegram

Dari berbagai alasan seseorang menghapus akun Whatsapp, solusi paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghapus akun Whatsapp.

Cara Menghapus Akun Whatsapp

Cara Menghapus Akun Whatsapp
Menghapus Akun Whatsapp

Sebagaimana dijelaskan lewat laman resminya, cara menghapus akun Whatsapp sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam hitungan detik. Bagi kamu yang masih merasa bingung dan takut untuk menghapus akun Whatsappmu, pastikan untuk membaca artikel ini sampai habis sebelum melakukan prosedur cara menghapus akun Whatsapp berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi Whatsapp di ponsel pintarmu dan pastikan kamu berada di layar Chats (Pesan)
  • Kemudian, tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas, tepatnya di samping tombol pencarian
  • Langkah ketiga, pilih Setting (Pengaturan)
  • Kemudian, pilih Account (Akun)
  • Di bagian paling bawah, terdapat pilihan “Delete My Account” (Hapus Akun Saya)
  • Setelah menekan pilihan tersebut, masukkan nomor Whatsappmu menggunakan format internasional (+62….)
  • Terakhir, Setelah memastikan nomor yang kamu tulis benar, tekan tombol “Delete My Account” (Hapus Akun Saya)
  • Selamat, akun Whatsappmu sudah benar-benar terhapus

Beberapa Kesalahan Cara Menghapus Akun Whatsapp

Beberapa orang, terkadang tak mengetahui prosedur sederhana tersebut. Kurangnya informasi dan tindakan yang terburu-buru menjadi salah satu penyebab kesalahan dalam menghapus akun Whatsapp. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah :

  • Hanya melakukan uninstall aplikasi. Hal ini tentu tidak dibenarkan. Melakukan uninstall aplikasi Whatsapp tidak pernah menghilangkan akun Whatsapp milikmu. Uninstall aplikasi hanya menyebabkan data Whatsapp di ponsel pintarmu terhapus. Hal ini bermanfaat untuk membebaskan sebagian penyimpananmu, tapi tidak benar-benar menghapus akunmu.
  • Salah memasukkan nomor handphone. Kesalahan kali ini bisa jadi disebabkan karena kelalaian. Tapi tenang, karena apabila kamu memasukkan nomor Whatsapp yang salah saat penghapusan akun, Whatsapp akan langsung memberikan pemberitahuan bahwa nomor yang kamu masukkan salah. Hal ini tidak berpengaruh apa apa pada nomor yang kamu masukkan.
  • Membiarkan nomor terblokir dengan sendirinya. Hal ini bukanlah tindakan yang bijaksana apabila kamu ingin menghapus akun Whatsapp milikmu. Nomor yang terblokir tidak akan berpengaruh apa apa pada akun Whatsapp. Akun Whatsapp milikmu akan tetap ada di dalam database. Sebaliknya, justru membiarkan nomor terblokir akan memyebabkan nomor ponselmu tidak bisa lagi digunakan untuk keperluan apapun.
  • Membuat akun Whatsapp dengan nomor baru. Hal ini memang akan membuatmu memulai lagi Whatsapp dari nol, tak ada riwayat perpesanan, tak ada grup, dan tak ada data media. Namun hal ini tidak membuat akun Whatsapp milikmu terhapus. Justru akun Whatsapp lama milikmu masih aktif dan berpotensi disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Terkait:  Cara Menghilangkan Notifikasi Whatsapp

Akun Whatsapp yang tidak terhapus secara benar akan terus ada di dalam database Whatsapp. Apabila seseorang berhasil membajak akun Whatsappmu, bisa dipastikan akun Whatsappmu dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak baik.

Yang Akan Terjadi Jika Akun Whatsapp Dihapus

Bagi beberapa orang, menghapus akun Whatsapp tentu memerlukan pertimbangan. Itu dikarenakan ketika kamu menghapus akun Whatsappmu, akan menimbulkan beberapa akibat dan konsekuensi sebagai berikut :

  • Info dan Profil akan terhapus. Informasi tentangmu dan profil yang kamu buat di Whatsapp sebelumnya akan terhapus ketika akun Whatsappmu dihapus.
  • Keluar dari semua grup. Ketika kamu menghapus akun Whatsappmu, maka secara otomatis kamu akan keluar dari semua grup yang pernah kamu ikuti di Whatsapp. Akan terkirim pemberitahuan di dalam grup bahwa kamu keluar dari grup. Apabila kamu belum memberikan salam perpisahan atau lupa memberikan klarifikasi, awas bisa-bisa kamu dicap sebagai tukang ghosting.
  • Menghapus cadangan dan riwayat pesan. Pernah mencadangkan pesanmu? Cadangan pesan ini akan ikut terhapus seiring dengan terhapusnya akun Whatsapp milikmu. Begitu pula dengan riwayat pesan yang telah kamu lakukan bersama teman dan kontakmu di Whatsapp. Pastikan tak ada pesan penting yang ikut terhapus, karena sekali akunmu terhapus, pesan yang sangat penting bagimu itu pun akan ikut hilang untuk selamanya.
  • Nomor akan terdaftar sebagai akun baru. Setelah akun Whatsapp milikmu terhapus, nomor ponselmu masih dapat difungsikan seperti biasa, termasuk untuk membuat akun Whatsapp. Namun, karena akun Whatsapp milikmu telah terhapus, ketika kamu mendaftarkan nomor ponselmu sebagai akun Whatsapp, nomormu akan terdaftar sebagai akun Whatsapp yang baru. Tak ada pesan, tak ada grup, seperti halnya pertama kali menggunakan Whatsapp.
Terkait:  Cara Mengunci Foto di iPhone

Demikian adalah penjelasan mengenai cara menghapus akun Whatsapp milikmu. Pastikan untuk menyadari konsekuensi dan akibat yang akan kamu terima sebelum memutuskan untuk menghapus akun Whatsappmu. Karena tak menutup kemungkinan, kamu akan kehilangan beberapa informasi penting yang masih tersimpan di akun Whatsapp milikmu.

Related posts