Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Cara membatalkan asuransi Manulife Danamon sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukannya sama seperti ketika membatalkan polis asuransi lainnya. Tapi bagi yang belum lama terjun di dunia asuransi mungkin akan kebingungan melakukannya, karena tidak mengetahui bagaimana cara membatalkannya.

Walaupun membeli polis asuransi memberikan banyak keuntungan, namun tak sedikit nasabah yang akhirnya mengundurkan diri atau membatalkan polis karena berbagai alasan. Seperti karena masalah finansial karena tidak bisa membayar polis bulanan, hingga merasa kurang cocok dengan asuransi yang dipilih.

Sebenarnya membatalkan polis asuransi merupakan hak dari tiap nasabha, jadi wajar jika sewaktu-waktu nasabah polis asuransi ingin membatalkannya. Seperti halnya pada nasabah polis asuransi Manulife Danamon. Pihak perusahaan asuransi ini juga tak pernah melarang dan menahan-nahan para nasabah yang telah memutuskan membatalkan asuransi.

Walaupun demikian, jika Kamu berencana membatalkan polis asuransi maka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apakah Kamu tidak memerlukan asuransi tersebut lagi di mada mendatang. Akan tetapi, bagi yang telah bertekad bulat untuk membatalkan asuransi Danamon ini, Kamu bisa mengikuti tutorial cara membatalkan Asuransi Manulife Danamon di bawah ini.

Kekurangan Asuransi Manulife

Manulife Indonsia sebenarnya telah menjadi perusahaan yang menyediakan produk asuransi kesehatna terkemuka yang kini banyak dipilih orang. Walaupun demikian, Asuransi Manulife tetap memiliki kelemahan pada produk asuransi yang mereka tawarkan. Karena itu, daripada Kamu harus ribet melakukan pembatalan dikemudian hari, sebaiknya ketahui kekurangan asuransi Manulife terlebih dahulu.

Untuk mencegah terjadinya kerugian saat berasuransi. Ada poin-poin penting yang harus Kamu pertimbangkan saat memilih Asuransi Manulife. Berikut ini kekurangan Asuransi Manulife :

1. Premi

Pembayaran premi yang ditentukan oleh Manulife, ada yang dilakukan setiap semester, tahun, bulanan maupun triwulan. Jika sudah memasuki waktu jatuh tempo pembayaran, namun Kamu tidak bisa membayar premi, Kamu pun secara otomatis akan langsung terhenti menjadi nasabah Manulife.

Sementara itu, premi yang sudah dibayarkan sebelumnya secara otomatis akan hangus. Jadi tidak akan ada penggantian untuk uang penangguhan.

Oleh karena itu, sebelum Kamu memilih asuransi Mnaulife, pastikan Kamu harus sanggup membayar premi secara tepat waktu. Sebab resiko pembayaran premi Manulife adalah salah satu kelemahan yang harus Kamu ketahui dari asuransi Manulife.

2. Uang Penangguhan

Ini bisa terjadi jika konsumen atau nasabah melakukan pembatalan lebih awal karena tidak sesuai kesepakatan yang sudah disetujui. Kamu bisa jadi kehilangan uangmu dengan percuma, jika Kamu mengakhiri kontrak perjanjian polis yang sebelumnya sudah disepakati. Biasanya pihak Manulife tidak mengembalikan uang berdasarkan nilai premi yang dimiliki.

3. Investasi Dana

Investasi dana adalah salah satu fitur atua produk asuransi Manulife. Kekurangan investasi dana ialah semua manfaat bahkan kerugian harus ditanggung pemilik polis. Jika BEI (Bursa Efek Indonesia) mengalami penurunan, kemungkinan besar investasimu pun akan ikut turun.

4. Rumah Sakit Rekanan

Semua jenis produk asuransi yang ditawarkan Manulife biasanya hanya berlaku bagi rumah sakit tertentu yang sudah bermitra dengan Manulife. Dengan kata lain, rumah sakit lain yang bukan rekan Manulife tidak akan menerima semua jenis produk Manulife.

Namun sebenarnya untuk poin ini, Kamu tak perlu khawatir. Karena rumah sakit rekanan Manulife sendiri sudah cukup tersebar luas di seluruh Indonesia.

5. Asuransi Jiwa

Manulife bisa dikatakan sebagai perusahaan asuransi kesehatan murni. Idealnya asuransi kesehatan di Manulife bisa dibarengi oleh asuransi jiwa. Asuransi Manulife sendiri hanya memberikan jaminan dan perlindungan terhadap eksehatan, tanpa jaminan jiwa. Inilah salah satu kekurangan asuransi Manulife.

Berdasarkan kekurangan dan kelemahan asuransi Manulife Danamon di atas, sebenarnya bisa menjadi bahan pertimbanganmu sebelum memilih asuransi. Untuk uang penangguhan sendiri, sebenarnya hampir semua asuransi memang tidak akan mengembalikan keseluruhan uang premi jika Kamu membatalkan polis asuransi. Inilah kenapa Kamu harus benar-benar mempertimbangkan hal tersebut sebelum membeli asuransi Manulife.

Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon
Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Namun jika Kamu sudah terlanjur memilih asuransi Manulife Danamon sebelumnya saat membaca artikel ini, maka tak ada cara lain selain membatalkan asuransi tersebut. Selain itu, jika Kamu masih belum merasa yakin sebaiknya konsultasikan dengan pihak asuransi Manulife Danamon terlebih dahulu. Pastikan Kamu benar-benar mantap ingin membatalkan polis asuransi Manulife.

Ada beberapa tahapan cara membatalkan asuransi Manulife Danamon yang bisa Kamu coba, berikut panduannya!

1. Download Formulir Pembatalan

Silahkan unduh formulir untuk pembatalan asuransi Manulife Danamon terlebih dahulu di web resmi Manulife Danamon. Kamu bisa mendapatkan formulir pembatalan ini tanpa bayar dengan mengunduhnya. Jika sudah mengunduh formulir, sebaiknya cetak formulir menggunakan printer.

2. Isi Form Pembatalan Asuransi

Setelah mengunduh dan mencetak form pembatalan asuransi, Kamu tinggal mengisi formulir pembatalan tersebut. Silahkan isi formulir sesuai ketentuan, pastikan mengisi semua formulir dengan lengkap. Dalam formulir tersebut nasabah biasanya diminta untuk menjelaskan alasan pembatalan. Setiap nasabah asuransi yang membatalkan asuransi tentu mempunyai alasan tersendiri. Maka dari itu, pihak Manulife Danamon harus tahu alasan membatalkan asuransi nasabah.

Sudah sepantasnya pemilik polis asuransi untuk memikirkan alasan membatalkan polis Manulife Dnaamon telrebih dahulu sebelum pengajuan permohonan. Kamu harus memberikan alasan yang masuk akal dan logis, agar pijak asuransi tak perlu lagi mempertimbangkan alasan tersebut. Dengan alasan yang logis, tentu saja membuat pihak asuransi langsung menerima pembatalan dan memprosesnya dengan cepat.

3. Mempersipakan Data Asuransi dan Data Diri

Cara membatalkan asuransi Manulife Danamon selanjutnya, persiapkan data diri beserta data asuransi polis yang akan dibatalkan. Kamu harus melampirkannya saat menyerahkan form pengajuan pembatalan yang sebelumnya sudah diisi lengkap. Jika perlu, persiapkan pula data diri terlebih dulu sebelum mendownload formulir agat tidak membutuhkan waktu lama saat mencari kelengkapan data diri, semisal KK dan KTP.

Untuk selanjutnya, Kamu tinggal menunggu proses pembatalan asuransi dipercepat prosesnya oleh pihak Manulife Danamon.

4. Mendatangi Kantor Manulife Danamon

Sesudah mengisi formulir serta melengkapi form data diri, nasabah wajib mendatangi kantor Manulife Danamon saat penyerahan kedua dokumen ini. Tanyakan ke pihak staf asuransi mengenai ketentuan yang wajib dipenuhi supaya proses pengajuan pembatalan bisa diproses segera. Jika Kamu menemukan kesulitan saat melakukannya, silahkan tanyakan langsung ke staf yang bertugas.

5. Menunggu Proses Pengajuan Pembatalan Asuransi di ACC

Pembatalan asuransi biasanya berlangsung beberapa hari lamanya dari penyerahan formulir pendaftaran ke kantor cabang. Adapun waktu yang diperlukan selama pembatalan bisa berbeda, biasanya tergantung dari kondisi dan situasi.

Di samping itu, pada beberapa kondisi pembatalan juga dapat mengakibatkan nasabah tidak dapat mencairkan semua dana premi yang telah dibayarkan sebelumnya. Dengan kata lain, Manulife Danamon hanya dapat mencairkan sejumlah persentase tertentu dari dana premi yang tersimpan.

Cara membatalkan asuransi Manulife Danamon penting dilakukan jika Kamu sudah benar-benar mantap keluar atau mengundurkan diri dari polis asuransi Manulife. Jika tidak, maka Kamu juga akan dikenakan denda pembayaran premi yang tidak bisa Kamu bayarkan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan jika memang kondisi finansialmu sedang tidak baik ke pihak asuransi.

Baru Diulas:

Related posts