Cara Menghapus Virus di Android

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang kebingunan dengan virus di HP Android milikmu? Apakah kamu tahu cara menghapus virus di Android milikmu? Artikel kali ini akan membantumu menghapus virus di Android dengan cepat dan mudah.

Apa itu Virus Android?

 Dalam dunia teknologi, virus adalah sebuah program yang dirancang guna mengganggu kinerja sebuah perangkat. Sebelum ini, kita sudah dikenalkan dengan bermacam-macam virus di perangkat komputer, Tak terkecuali, Android yang merupakan sebuah perangkat teknologi pun berisiko mendapat serangan dari virus.

Risiko virus pada Android, bisa jadi disebabkan karena banyaknya pengguna perangkat ponsel pintar tersebut. Ditambah dengan sistem yang terbuka, membuat beberapa pelaku kejahatan mengincar para pengguna Android.Salah satu senjata yang digunakan adalah dengan memasukkan virus ke perangkat Android si target.

Virus Android sebenarnya merupakan virus komputer yang dimodifikasi agar bekerja di perangkat Android. Pada awalnya, virus komputer pertama diciptakan pada tahun 1971 oleh Bob Thomas. Virus komputer tersebut diberi nama “Creeper”, yang bertujuan untuk menginfeksi perangkat komputer pada jaringan ARPANET. Uniknya, Creeper bukanlah virus yang berbahaya karena hanya menampilkan pesan di layar si pengguna.

Pada awalnya, virus di Android menyebar melalui sambungan Bluetooth. Bluetooth adalah sebuah fitur yang mengijinkan para pengguna Android untuk saling mengirim dan menerima berkas. Melalui aktivitas dan fitur tersebut, virus virus berbahaya menyusup dan menginfeksi perangkat Android lain. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang ingin tahu cara menghapus virus di Android.

Bahaya Virus bagi Perangkat Android

Virus adalah sebuah program yang berbahaya jika sudah menjangkit perangkat targetnya. Tak seperti pendahulunya, Creeper yang hanya bersifat menampilkan pesan, virus Android kini sudah memiliki banyak kemampuan berbahaya. Hal ini membuat banyak orang ingin menghapus virus di Android. Adapun beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh Virus pada perangkat Android milikmu adalah sebagai berikut :

  • Mencuri uang. Kemajuan zaman yang memberikan berbagai fitur, termasuk dompet dan pembayaran secara digital membuat target baru bagi para pelaku tindak kejahatan. Para kriminal pun mengembangkan virus yang memiliki kemampuan untuk mengakses dompet dan pembayaran digital milik korban. Virus yang memilki kemampuan ini adalah virus Joker, yang menyebar melalui aplikasi di Google Play Store. Berhati hatilah karena virus ini memiliki kemampuan untuk menguras saldo dan pulsa di perangkat Android milikmu.
  • Mengirimkan pesan singkat. Perangkat Android memang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya adalah fitur perpesanan atau yang kita kenal dengan nama SMS. Sayangnya, fitur ini pun dapat diakses oleh para pelaku kriminal menggunakan kemampuan dari virus bernama Filecoder. Kemampuan virus ini dimanfaatkan untuk membuat nomor milikmu mengirimkan pesan kepada kontak di perangkatmu. Pesan singkat yang dikirimkan berupa link yang membawa virus Filecoder yang siap menjangkit para korbannya.
  • Mencuri informasi. Pernahkah terpikirkan, pesan yang kamu kirim kepada temanmu sedang dilihat oleh para penyadap di Internet? Hal ini tentu sangat mungkin, apalagi dengan adanya virus bernama FinSpy. Virus tersebut memiliki kemampuan untuk melihat dan menyadap isi dari layana perpesanan di perangkat Android. Bahkan aplikasi perpesanan yang terenkripsi sekalipun, dapat dicuri informasinya oleh virus FinSpy ini.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di Oppo

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android
Cara Menghapus Virus di Android

Untuk menghapus virus di Android milikmu, dapat ditempuh melalui beberapa metofe, yaitu :

  • Menghapus aplikasi yang terjangkit virus. Virus biasanya menjangkit pada aplikasi tertentu. Apabila kamu menemukan aplikasi yang sedang terjangkit virus Android, kamu dapat menghapus aplikasi tersebut unutk mengamankan perangkatmu.
  • Menghapus virus langsung. Menghapus virus secara langsung juga bisa menjadi pilihan tindakan yang bisa kamu lakukan.
  • Reset HP Android. Metode ini bisa kamu lakukan apabila perangkat Android milikmu memiliki maslaah serius dengan virus.

Menghapus Aplikasi yang Terjangkit Virus

Untuk mendeteksi apakah aplikasi milikmu terjangkit virus atau tidak sebenarnya mudah saja. Kamu tinggal menyadari aplikasi mana saja yang apabila dibuka mengalami crash, lag, atau bahkan tidak dapat dibuka. Itu berarti aplikasi milikmu berpotensi terjangkit virus. Untuk menghapus aplikasi yang terjangkit virus, kamu dapat melakukan langkah berikut :

  • Masuk ke dalam Safe Mode.
  • Cek aplikasi di dalam Safe Mode.
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan.
  • Hapus akses administrator aplikasi asing.
  • Keluar dari Safe Mode.

Menghapus Virus secara Langsung

Apabila kamu tidak ingin kehilangan data di Aplikasi yang terjangkit virus, kamu dapat memilih untuk menghapus virus saja. Hal ini tentu harus kamu lakukan dengan bantuan antivirus. Berikut beberapa antivirus yang direkomendasikan untuk menghapus virus di Android milikmu :

  • Avast Mobile Security. Avast merupakan brand antivirus yang sudah banyak dikenal sebagai antivirus unggulan di komputer. Dengan diluncurkannya Avast Mobile Security untuk HP Android, aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi dengan fitur blacklist yang dimiliki. Avast Mobile Security juga memberikan perlindungan dari berbagai macam bentuk penyadapan.
  • Kapersky Mobile Antivirus.Seperti halnya Avast, Kapersky juga merupakan brand ternama di bidang antivirus. Kapersky mampu menyaring panggilan dan memiliki fitur anti theft yang sangat berguna untuk melindungi perangkat Android milikmu.
  • McAfee Mobile Security. McAfee Mobile Security juga merupakan brand yang telah melanglang buana di bidang antivirus. Hadir dalam versi mobile, McAfee menyediakan layanan guest mode, anti theft, fitur pelacak dan Wifi Scanner. Fitur-fitur yang sangat berguna bagi keamanan perangkat Android milikmu.
  • Google Play Protect. Terakhir adalah aplikasi antivirus buatan Google, yaitu Google Play Protect. Aplikasi ini menyediaka fitur berupa Find My Device dan Chrome Safe Browsing. Terdapat pula fitur untuk menonaktifkan aplikasi dari jarak jauh. Ditambah lagi, menggunakan Google Play Protect akan semakin menambah koleksi layanan Google di perangkatmu.
Terkait:  Cara Melacak Pemilik No Hp Lewat Internet

Melakukan Reset HP

Apabila kamu tidak bisa melakukan dua langkah di atas, kamu dapat memilih untuk melakukan reset untuk pembersihan total di perangkat Android milikmu. Adapun beberapa jenis reset yang dapat kamu pilih adalah :

  • Reset ke setelan pabrik. Melakukan reset ke setelan pabrik akan menghapus secara total penyimpanan internal, menghapus aplikasi terinstall dan updatenya, sehingga perangkatmu akan kembali bersih. Namun jika virus menjangkit aplikasi bawaan, ada kemungkinan perangkat Androidmu tetap terjangkit virus.
  • Flash sistem operasi. Langkah ini bisa kamu gunakan untuk mengembalikan perangkatmu secara total. Apabila virus menginfeksi aplikasi bawaanmu, langkah terbaik adalah dengan melakukan flash sistem operasi Androidmu. Kamu bisa melakukan ini sendiri ataupun dengan bantuan teknisi.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus virus di Android melalui 3 metode yang cepat dan mudah.Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan oleh virus di Android, kamu perlu berhati-hati saat sedang berinternet. Modus yang dilakukan oleh para pembuat virus adalah mengirimkanmu pesan singkat atau memberikan iklan. Hal ini dapat membuat perangkatmu tanpa sengaja terjangkit virus Android yang berbahaya. Sekian, semoga bermanfaat.

Related posts