Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Memori internal adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Smartphone. Dengan adanya memori internal maka smartphone akan berjalan dengan baik selain didukung dengan komponen-komponen lainnya. Untuk meningkatkan performa Oppo A3S, kalian bisa coba cara membersihkan memori internal Oppo A3S.

Fungsi utama dari memori internal adalah untuk menyimpan sistem dan berbagai data berdasarkan karakter penggunanya,. Diantaranya seperti mendownload berbagai aplikasi, download game, download lagu, video, atau download dokumen yang nantinya bisa secara otomatis tersimpan pada memori internal.

Read More

Selain itu, jika kalian menggunakan kamera untuk merekam video atau memotret, maka file tersebut akan langsung tersimpan pada memori internal. Oleh karena itu, cukup penting keberadaanmemori internal tersebut untuk mempermudah mobilitas penggunaan HP Smartphone.

Saat ini, banyak sekali merek HP yang menyediakan memori internal dengan kapasitas cukup besar untuk menambah daya tarik agar orang lain membelinya. Termasuk pabrikan Oppo yang tidak hanya menyediakan fitur kamera yang mumpuni, tetapi juga dari memori internalnya.

Oppo selalu mengeluarkan seri-seri teranyarnya, seri-seri tersebut tentu saja mengedepankan kualitas, kebutuhan, dan juga mengusung konsep trendi sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan. Setiap seri Oppo menyuguhkan desain yang begitu menawan dan tidak usang dimakan zaman. Oleh karena itu, walaupun kalian membeli HP Oppo second sekalipun, sangat cocok dipilih karena desainnya yang dibuat trendy.

Sekilas Oppo A3S

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan memori internal oppo A3S. Namun sebelumnya, alangkah lebih baik mengetahui seri Oppo A3S ini agar kalian lebih mengenal mengenai seri Oppo yang satu ini.

Oppo A3S pertama kali diluncurkan pada tanggal 13 Juli 2018 secara global, artinya pada saat itu seri Oppo A3S sudah bisa dibeli pada bulan Juli pada tahun tersebut. Jika kalian ingin membeli Oppo A3S di counter resmi, tentu saja sudah tersedia, baik yang versi terbaru maupun seri second-nya. Akan tetapi, jika ingin beli second sudah bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah.

Mengusung Android 8.1 (oreo) Color OS 5.1, maka sistem sudah sangat baik untuk digunakan membuka aplikasi atau bermain game yang berat. Apalagi didukung dengan layar 6.2 Inchi dimana layar tersebut 81,2 % menutupi body depannya.

Untuk memori internal, terdapat 3 pilihan diantaranya adalah 16 GB memori internal ditambah 2 GB RAM, 32 GB memori internal ditambah 3 GB RAM, dan yang paling besar adalah 64 GB memori internal dengan 4 GB RAM.

Memori Internal Berdasarkan Kapasitasnya

Karena yang namanya memori internal memiliki kapasitas tertentu, mulai dari yang terkecil adalah 16 GB, lalu 32 GB, dan yang paling besar 64 GB. Oleh karena itu, kalian harus selalu cek ketersediaan memori internal yang tersisa.

Biasanya jika memori internal yang cukup besar, kalian tidak perlu khawatir sering mengecek ketersediaan memori internal karena bisa menggunakannya dengan leluasa. Alih-alih masih merasa cukup denga memori internal untuk penyimpanan data, justru lambat laun memori internal tersebut akan penuh.

Salah satu kelemahan dari memori internal yang sudah penuh adalah dapat menyebabkan sistem menjadi lambat, terhambatnya proses download, dan kemungkinan besar tidak akan bisa install aplikasi . Oleh sebab itu, kalian harus mengoptimalkan kembali sisa memori yang tersedia.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain dengan menggunakan microSD, juga kalian harus selalu rajin membersihkan memori internal Oppo A3S agar penggunaannya tetap maksimal. Adapun cara membersihkan Oppo A3S dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Semuanya tergantung dari kalian yang memiliki seri Oppo ini. Namun supaya lebih terarah, lebih baik ikuti langkah-langkah membersihkan memori internal yang akan dibahas dibawah ini.

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S
Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Kalian bisa mencoba cara membersihkan memori internal Oppo A3S dengan mudah, melalui panduan berikut :

1. Mengosongkan Semua Sampah Aplikasi yang Terinstall

Hal paling pertama untuk membersihkan memori internal Oppo A3S adalah dengan menghapus semua file sampah yang tidak berguna. Secara umum file sampah bisa berupa file cache, thumbnails, folder kosong, dan data-data sisa dari aplikasi yang sebelumnya telah dihapus..

Sebenarnya jika memori internal telah penuh, maka akan ada notifikasi pada slider notifikasi yang menyatakan bahwa memori internal hampir habis. Oleh karena itu, kalian tidak perlu repot-repot mencari aplikasi default penghapus file sampah, karena yang perlu kalian lakukan adalah cukup klik notifikasi tersebut.

  • Setelah klik notifikasi ‘Memori internal hampir habis, … ‘ maka selanjutnya tinggal menunggu layar selanjutnya untuk membersihkan memori internal.
  • Pada bagian halaman tersebut, klik semua data cache aplikasi.
  • Nantinya akan muncul halaman berikutnya dimana halaman tersebut berupa bagian-bagian yang akan dihapus.
  • Ceklis aplikasi-aplikasi yang akan dibersihkan file sampahnya.
  • Dibagian paling bawah, akan muncul ukuran file sampah. Klik tulisan ukuran file sampah tersebut.
  • Dengan begitu, maka file sampah yang ada pada Oppo A3S telah terhapus.

Perlu dietahui bahwa tidak setiap aplikasi yang tersedia bisa dicentang, kalian harus selektif memilihnya karena jika aplikasi tersebut dicentang maka semua data didalamnya akan terhapus.

2. Memindahkan File Penting ke Dalam Aplikasi Lain

Cara membersihkan memori internal Oppo A3S adalah cara yang paling mudah dilakukan setelah cara pertama. Untuk cara ini yaitu tinggal memindahkan file penting yang terdapat pada HP Oppo A3S ke perangkat lain seperti laptop/PC.

  • Siapkan terlebih dahulu laptop/PC kalian, jangan lupa siapkan juga kabel data sebagai alat untuk menghubungkan HP dengan laptop.
  • Sambungkan HP dengan menggunakan kabel data pada laptop, pastikan agar kalian memberi akses untuk transfer file.
  • Jika sudah terkoneksi dengan laptop, masuk pada bagian eksplore di laptop.
  • Apabila sudah masuk pada menu ekslpore, pilih penyimpanan internal HP Oppo A3S.
  • Pilihlah file-file penting yang terdapat pada memori internal tersebut seperti untuk hasil download maka masuk pada folder download, untuk hasil pembuatan video maupun foto maka masuk pada folder DCIM.

Apabila sudah selesai memindahkan semua file penting pada laptop, maka akan secara otomatis memori internal HP Oppo A3S menjadi lebih besar dibandingkan sebelum memindahkan file. Agar hasil yang maksimal, setelah itu tinggal cabut kabel datanya dan restart HP tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Cclenaer, AVG cleaner, atau aplikasi lainnya. Sebagai contoh dibawah ini akan dijelaskan AVG Cleaner dimana aplikasi ini sudah sangat lengkap membersihkan memori internal Oppo A3S. Berikut tutorial cara membersihkan memori internal Oppo A3S :

  • Download terlebih dahulu aplikasinya pada Google Play Store.
  • Cari aplikasinya dengan klik pada kolom pencarian : AVG Cleaner.
  • Insta aplikasinya dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasi AVG Cleaner, lalu klik tombol mulai untuk proses scanning.
  • Apabila telah selesai di scan, selanjutnya tinggal menghapus file sampah tesebut.

Dengan memilih salah satu cara membersihkan memori internal Oppo A3S di atas, kalian bisa leluasa bisa menginstall aplikasi dan mengaksesnya.

 

Related posts