Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Cara Menghapus Toko di Tokopedia
Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Apakah kamu sedang kebingungan mengenai cara menghapus toko di Tokopedia milikmu? Tak perlu risau lagi karena artikel berikut ini akan membantumu menghapus toko di Tokopedia dengan cepat dan mudah.

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik yang didirikan dari tahu 2009. Hingga saat ini, Tokopedia masih menjadi favorit masyarakat di tengah maraknya perusahaan e-commerce yang bermunculan. Perusahaan lain tersebut seperti Lazada, Shopee, JD ID, dan masih banyak lagi. Layanan-layanan baru yang berpotensi mempengaruhi para seller untuk menghapus toko di Tokopedia mereka.

Read More

Sebenarnya, untuk urusan kompetitor bukanlah hal yang baru bagi perusahaan ini. Di awal kemunculan dan perjuangannya, Tokopedia sudah memiliki pesaing yang cukup berat kala itu, bernama Bukalapak. Ditambah lagi dengan status Bukalapak sebagai perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, membuat Tokopedia harus berusaha lebih keras. Usaha tersebut pun berbuah hasil dan menjadikan Tokopedia saat ini sebagai Unicorn yang berpengaruh tak hanya di Indonesia namun juga di Asia Tenggara.

Mengudara dengan slogan kebanggaan “mulai aja dulu”, e-commerce yang satu ini membanggakan lengkapnya produk dan jasa yang dijual di dalam aplikasi mereka. Hal ini tentu didukung dengan banyak dan bermacam macam nya penjual di situs Tokopedia. Dengan lengkapnya produk, diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam berbelanja, dan mencegah mereka untuk menghapus toko di Tokopedia miliknya.

Kenapa Seseorang Menghapus Toko di Tokopedia

Apabila kamu menggunakan aplikasi Tokopedia, maka kamu bisa memilih 2 status. Apakah kamu ingin membeli produk di Tokopedia atau kamu ingin menjual produk di sini. Jika kamu memilih untuk menjual produk di Tokopedia, maka kamu akan memiliki toko di Tokopedia. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan kamu ingin menghapus toko di Tokopedia milikmu. Adapun beberapa penyebab seseorang menghapus toko di Tokopedia adalah:

  • Aplikasi sering error. Aplikasi e-commerce memang membutuhkan proses kinerja yang lebih berat dari aplikasi lain di HP. Namun, aplikasi e-commerce juga dituntut untuk bisa meminimalisir error dan gangguan di dalam aplikasi. Karena lancarnya aplikasi e-commerce akan meningkatkan minat masyarakat untuk membuat akun di layanan tersebut
  • Perang harga. Banyaknya pengguna Tokopedia, mengakibatkan karakter penjual di dalamnya sangat beragam. Keberagaman penjual tersebut membuat kekacauan yang dinamakan perang harga. Sebuah kondisi dimana sebagian penjual menurunkan harga barang secara gila-gilaan hanya untuk menarik minat konsumen. Hal ini tentu dapat dikategorikan sebagai persaingan yang tidak sehat dan berpotensi menyebabkan banyak penjual menghapus toko di Tokopedia mereka
  • Fitur pengelolaan toko rumit. Seorang penjual tentu mengharapkan fitur pengelolaan toko yang mudah. Sayangnya, pengelolaan toko di Tokopedia terbilang cukup sulit. Hal ini berbahaya karena akan ada banyak e-commerce lain yang memudahkan pengelolaan toko dan menarik para pengguna Tokopedia.
  • Banyak produk spam. Tokopedia membolehkan siapapun untuk berjualan dengan mudah. Hal ini menyebabkan banyak produk serupa yang direupload oleh pengguna lain dengan menaikkan atau menurunkan harganya. Alhasil. pembeli kadang bingung untuk menemukan penjual yang kredibel dan penjual yang ‘bodong’.
  • Kualitas gambar menurun. Poin yang satu ini sangat berpengaruh bagi penjual karena kualitas gambar yang diupload ke Tokopedia untuk mendeskripsikan produk mereka menurun. Hal ini membuat display dari produk mereka tidak cukup menarik untuk membuat orang membeli produk tersebut. Hal ini sangat merugikan bagi seller di Tokopedia.

Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Cara Menghapus Toko di Tokopedia
Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Menghapus toko di Tokopedia sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa perangkat, yaitu :

  • PC/Laptop
  • Browser HP
  • Aplikasi Tokopedia

Cara Menghapus Toko di Tokopedia Menggunakan PC/Laptop

Bagi kamu yang menjalankan Tokopedia dari PC atau Laptop milikmu, atau kamu sedang tidak bisa mengakses HP milikmu, kamu bisa menghapus akun Tokopedia dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, silakan login ke akun Tokopedia kamu melalui https://www.tokopedia.com
  • Selanjutnya cari ikon rumah dan pilih pengaturan toko.
  • Masuk ke informasi toko lalu pilih status toko.
  • Pada bagian atur jadwal toko silakan di ceklist checkbox “tutup toko sekarang”.
  • Isi juga alasan mengapa kamu ingin menutup toko lalu klik atur.

Dengan melakukan langkah tersebut kamu sudah menutup toko di Tokopedia milikmu.

Cara Menghapus Toko di Tokopedia Menggunakan Browser HP

Menghapus toko di tokopedia melalui PC/Laptop dilakukan pada browser. Karena HP saat ini memiliki fitur yang sama, maka tidak mustahil bagi kita untuk menghapus toko di Tokopedia menggunakan browser di dalam HP. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama silakan buka dulu website Tokopedia di https://m.tokopedia.com lalu login menggunakan akun yang kamu miliki.
  • Berikutnya, silakan pilih ikon garis tiga.
  • Masuk ke pengaturan toko.
  • Silakan atur jadwal toko untuk ditutup, ceklist, dan jangan lupa isi alasan mengapa kamu ingin menutup toko tersebut.

Dengan ini kamu tidak perlu lagi menggunakan PC/Laptop untuk menghapus toko di Tokopedia milikmu.

Cara Menghapus Toko di Tokopedia Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Menghapus toko di Tokopedia menggunakan aplikasi tentu mungkin dilakukan. Mengingat aplikasi juga merupakan interpretasi dari laman di web. Adapun langkah-langkah menghapus toko di Tokopedia menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Login terlebih dahulu ke akun Tokopedia melalui aplikasi
  • Pilih tab akun yang ada di bagian bawah
  • Lalu klik ikon pengaturan di bagian pojok kanan atas.
  • untuk menghapus atau menutup toko silahkan pilih menu toko
  • Lalu kalian pilih menu informasi.
  • Pilih status toko kemudian klik toko ditutup.
  • Terakhir klik simpan untuk mengakhiri.

Menghapus Toko di Tokopedia Secara Permanen

Jika diperhatikan, ketiga langkah di atas sebenarnya hanya bertujuan untuk menutup toko di situs Tokopedia untuk sementara waktu. Yang menjadi permasalahan adalah apakah bisa untuk menghapus toko di Tokopedia secara permanen? Tidak ada informasi resmi dari pihak Tokopedia terkait penghapusan toko secara permanen. Seperti halnya e-commerce Shoppe, untuk menghapus toko di Tokopedia kamu harus menghubungi CS Tokopedia. Tapi tak perlu khawatir, karena artikel kali ini akan memberikanmu cara menghapus toko di Tokopedia melalui CS.

  • Melalui browser mu, buka situs ini.
  • Temukan dan tekan tombol Tulis Kendala
  • Tuliskan detail berupa alasan mengapa kamu ingin menutup akun tokopedia. Pastikan untuk mengisinya dengan jelas.
  • Siapkan foto KTP milikmu untuk dijadikan lampiran dalam pengajuan penghapusan akun Tokopedia milikmu.

Setelah melengkapi persyaratan, pihak Tokopedia akan meninjau pelaporanmu, dan akan melakukan proses penghapusan. Proses penghapusan toko secara permanen ini dapat ditolak oleh beberapa hal, yakni :

  • Masih memiliki transaksi. Seperti halnya menghapus akun e-commerce lain, kamu tentu harus mengosongkan transaksi milikmu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghapus toko secara permanen. Toko yang dihapus sedangkan masih memiliki transaksi, maka prosesnya akan dibatalkan dan toko tidak jadi dihapus.
  • Salah memasukkan data pendukung. Karena bersifat pengajuan, maka proses penghapusan pun memerlukan beberapa data pendukung sebagai syarat untuk menghapus toko di Tokopedia. Syarat tersebut merupakan alasan dan foto KTP. Pastikan selalu melengkapi keduanya dengan benar sehingga proses penghapusan toko di Tokopedia milikmu berjalan lancar.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus toko di Tokopedia dengan cepat dan mudah. Selalu berhati hati dalam berteknologi, sekian, semoga bermanfaat.

More Tutorials:

Related posts