Cara Hemat Kuota

Banyak orang menggunakan kuota internet mengingat kebutuhan jaringan internet yang sudah sangat vital saat ini. Dengan banyaknya kelebihan memanfaatkan jaringan internet, tentu saja membuat banyak orang kerap berselancar di dunia maya setiap waktu dengan berbagai aktivitas yang berbeda. Namun, sayangnya terkadang kuota internet cepat habis. Sehingga tak jarang para pengguna mencari cara hemat kuota internet agar mereka bisa memanfaatkan kuota internet lebih leluasa.

Ketersediaan kuota internet biasanya harus dibeli menggunakan pulsa. Sehingga membuat para penggunanya harus lebih ekstra hemat menggunakannya. Namun sayangnya hanya sedikit orang saja yang mampu menghemat kuota internet dengan baik. Hal ini karena seringnya orang terlalu asyik berelancar sehingga mereka tidak dapat mengendalikan kuota internet yang dimilikinya. Lalu, bagaimana cara hemat kuota internet?

Cara Hemat Kuota

Cara Hemat Kuota
Menghemat Kuota Internet

Menghemat Kuota Internet Mudah

Sebenarnya ada beberapa panduan cara hemat kuota internet yang bisa Kamu coba agar pemakaian kuota bisa dikontrol dengan baik. Sehingga Kamu tetap aman dan nyaman berselancar di dunia maya. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak panduannya di bawah ini :

1. Memakai Aplikasi Mailbox Untuk Email

Biasanya salah satu aktivitas yang membuat kuota data cepat habis ialah pemakaian email. Kebutuhan surat menyurat elektronik atau email seperti mengunduh dan mengunggah file attachment atau membuka email tentunya membuat kuota internet banyak tersedot.

Salah satu cara hemat kuota internet untuk penggunaan email sendiri ialah dengan mengunduh Mailbox dari program Dropbox yang sudah tersedia dalam platform iOS dan android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa menyimpan data/file yang seharusnya tak tersedot saat memakai email. Sehingga kuota data bisa tetap dihemat.

2. Mengubah Fitur Maps ke Mode Offline

Cara menghemat kuota internet selanjutnya ialah dengan mengubah “Maps” ke dalam mode offline. Fitur Maps dalam smartphone memang bisa menguras kuota dengan cepat. Anehnya hanya beberapa orang saja yang menyadarinya. Aplikasi Maps justru bisa semakin menguras kuota data lebih banyak jika Kamu memakainya untuk turn by turn directionsbuilt in navigation, melihat traffic realtime maupun melihat map menggunakan satelit.

Salah satu alternatif untuk mengatasi kuota boros akibat penggunaan aplikasi Maps tersebut, yaitu dengan mengubah sistem pengaturan Maps yang tadinya mode online menjadi mode offline. Pada paltform android, Kamu bisa menekan Search bar di bagian atas pada aplikasi Maps. Sesudah itu, Kamu bisa menggesernya sampai ke bawah dan meemukan opsi “Save map to use offline”.

Kemudian Kamu bisa memilih opsi save untuk memindahkan Maps ke mode offline. pada platform iOS sendiri, kamu cukup mengubahnya ke dalam flight mode.

3. Jangan Aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan Secara Otomatis

Ada beberapa akun yang biasaya melakukan sinkronisasi secara otomatis di smartpone yang secara tanpa sadar membuat kuota datamu langsung tersedot. Demi mengatasi hal tersebut, Kamu bisa menonaktifkan sinkronisasi secara otomatis di beberapa akun tertentu yang jarang dipakai. Adapun caranya ialah dengan memasuki opsi settings, lalu pilih account dan pilih akun mana yang tidak akan disinkronisasikan. Melalui cara yang satu ini, Kamu bisa lebih menghemat kuota yang dimiliki.

4. Batasi Pemakaian Data Pada Background

Terkadang kuota internet yang habis diakibatkan oleh pemakaian data secara otomatis pada background HP-mu. Hal tersebut seringkali banyak yang tidak menyadarinya. Guna memastikan pemakaian data pada background Hp, Kamu bisa menuju opsi Settings, masuk ke Data Usage, lalu tap ikon tiga garis vertikal di samping kanan atas, kemjudian pilih restrick background data dan pilih OK.

Melalui hal tersebut Kamu memang bisa menghemat kuota data lebih baik. Hanya saja kekurangannya akan ketinggalan pemberitahuan atau notifikasi.

5. Batasi Pemakaian Mobile Data Lalu Aktifkan Peringatannya

Cara hemat kuota lainnya ialah dengan cara membatasi pemakaian mobile data internet dengan cara mengaktifkan peringatannya. Melalui fitur bernama limit system dan data usage warning yang built in ke perangkat android, Kamu pun akan menerima peringatan ketika penggunaan kuota internet sudah melampaui batas. Adapun pengaturan pemakaian mobile data tersebut bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu Settings, kemudian pilih data usage, pilih lagi celular data lalu set celular data limit. Selanjutnya tap jika ingin mengaktifkannya.

6. Gunakan Browser yang Efisien

Peramban atau web browser juga berkontribusi terhadap pemakaian kuota internet dan membuatnya lebih cepat habis. Khususnya browser default, sebagai bawaan smartphone yang sering diyakini mengambil banyak kuota data. Guna mengatasi hal tersebut, Kamu bisa mengunduh sekaligus memakai browser yang tidak membuat kuota data cepat habis, seperti halnya Opera Mini.

Web browser tersebut memang banyakt erbukti mampu menyimpan data internet secara primer, caranya dengan mengompres situs yang Kamu kunjungi. Melalui fitur data saving bernama “video boost”, Kamu bisa menghabiskan proses buffer sekaligus bisa memaksimalkan kualitas gambar pada smartphone tanpa menghabiskan kuota yang besar.

Tidak hanya Opera Mini, Kamu juga bisa memakai web browser lainnya yang efisien penggunaannya, seperti Google Chrome. Caranya buka Chrome, lalu sentuh tanda titik tiga di kanan bagian atas, tekan Setting dan sentuh Bandwidth lalu pilih opsi Data Saver guna menonaktifkan data saving.

7. Membatasi Pemakaian Data Pada Aplikasi

Cara menghemat kuota berikutnya ialah Kamu juga dapat membuat pembatasan pemakaian data di tiap-tiap layanan atau aplikasi yag ada agar lebih hemat kuota. Pada beberapa aplikasi biasanya mempunyai opsi sinkronisasi serta pilihan pengaturan datanya.

Adapun cara pengaturannya, Kamu bisa mengaksesnya lewat menu settings di aplikasi yang akan diatur. Misalnya saja seperti di aplikasi Google Photos, cukup masuk ke opsi Settings, kemudian masuk ke Back Up & Sync guna mengecek pilihan penghematan data.

8. Mengidentifikasi Aplikasi Tertentu yang Menghabiskan Kuota Data

Mengidentifikasi aplikasi tertentu yang menghabiskan kuota internet juga termasuk salah satu cara hemat kuota internet. Kamu pasti bisa mengetahui beberapa aplikasi tertentu yang sudah diunduh dan diinstall lebih banyak menghabiskan kuota. Namun jika tidak mengetauinya, silahkan ketuk Settings, pilih Data Usage kemudian gulir ke bawah.

Dari sinilah Kamu akan menemukan list aplikasi apa saja yang menghabiska banyak kuota. Nah, jika ingin menghemat kuota internet maka kamu bisa melakukan uninstall beberapa aplikasi yang menghabiskan banyak kuota internet tersebut.

9. Pakai Aplikasi Kompresi Data

Salah satu aplikasi kompresi data yang bisa digunakan ialah Onavo Extend, yang bekerja dengan menganalisa seluruh aplikasi yang tersedia di perangkat android. Walaupun Onavo Extend tersebut tidak bisa mengkompresi video, tapi Onavo tetap bisa memberikan pilihan ideal jika Kamu ingin lebih menghemat kuota.

Setelah membaca ulasan 9 cara hemat kuota internet di atas, Kamu tentu langsung mempraktekkannya sekarang juga bukan? Jika membiarkan beberapa faktor di atas, tentu saja membuat kuota internet yang Kamu miliki cepat habis sehingga menghabiskan banyak pulsa karena boros pemakaian internet. Selain itu, bagi pengguna Indosat juga bisa menghemat kuota dengan cara gratis kuota Indosat ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019