Cara Live Streaming Zoom di Youtube

Di era digital seperti saat ini, aplikasi Zoom sangat mempermudah proses meeting di kantor atau penyampaian materi dari guru/dosen/tutor tanpa harus pergi ke tempat pekerjaan maupun ke sekolah. Terlebih dengan cara live streaming Zoom di Youtube semakin memberikan kemudahan akses aktivitas di Zoom. Sebenarnya untuk menghubungkan aplikasi Zoom ke platform Youtube sangat mudah. Kamu bisa melakukan live streaming secara bersamaan.

Mengenal Aplikasi Zoom Lebih Dekat

Aplikasi Zoom adalah salah satu aplikasi video conference yang dapat diaplikasikan di berbagai desktop, perangkat seluler, sistem ruang dan telepon. Biasanya, pengguna memakai aplikasi yang satu ini untuk meeting dan konferensi video serta audio.

Live Streaming Zoom di Youtube

Pada umumnya, Zoom menawarkan fitur yang dapat memungkinkan para penggunanya melakukan live streaming zoom ke Youtube. Fitur ini memang dapat memberikan kemungkinan ke pihak peserta yang tak terkoneksi pada meeting room agar tetap bisa mengikuti rapat langsung lewat platform Youtube.

Meskipun demikian, terkadang saat proses live streaming dari Zoom yang dihubungkan ke Youtube Live mengalami delay sekitar beberapa detik lamanya. Di samping itu, untuk yang menonton webinar atau meeting dari Youtube, biasaya mereka hanya dapat memberikan komentar lewat live chat di Youtube. Selain itu, mereka juga tidak dapat langsung berinteraksi bersama peserta webinar atau meeting di ruangan meeting yang ada di aplikasi Zoom.

Persyaratan Aplikasi Zoom

Agar cara live streaming Zoom di Youtube berhasil dilakukan, tetu saja dibutuhkan beberapa syarat dan ketentuan. Jangan harap jika aplikasi Zoom bisa langsung live di platform Youtube apabila persyaratannya tidak sesuai. Di bawah ini ada beberapa syarat dan ketentuan supaya aplikasi Zoom langsung live dan terhubung ke Youtube :

Terkait:  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

1. Streaming yang Digunakan Untuk Meeting

Persyaratannya meliputi :

  • Harus akun bisnis, akun Pro, Perusahaan atau Pendidikan.
  • Zoom Klien harus versi 4.4.53582 maupun di atasnya pada Mac atau PC.
  • Host harus dilisensikan.
  • Streaming akan langsung diaktifkan pada Youtube.

2. Streaming yang Digunakan Untuk Webinar

Persyaratannya meliputi :

  • Host dengan add-on webinar.
  • Harus akun bisnis/pro , Perusahaan maupun Pendidikan.
  • Streaming diaktifkan langsung di youtube.
  • Zoom klien dengan versi 4.0 maupu di atasnya pada Mac atau PC.

Cara Live Streaming Zoom di Youtube

Cara Live Streaming Zoom di Youtube
Live Streaming Zoom di Youtube

Tutorial Cara Live Streaming Zoom di Youtube

1. Membuat Channel Youtube Melalui Gmail

Sebelum melakukan cara live streaming Zoom di Youtube, hal pertama yang harus Kamu lakukan ialah membuat channel Youtube terlebih dahulu bagi yang belum memiliki Youtube. Adapun langkah termudah membuat akun dari  Youtube itu sendiri ialah dengan mengakses Gmail. Melalui aku Gmail, Kamu dapat mengaktifkan Youtube serta mengaktifkan channel untuk meng-upload video sekaligus melakukan streaming.

Agar dapat menayangkan live streaming, maka langkah pertama ialah mengaktifkan setting untuk streaming dan selanjutnya melakukan verifikasi channel Youtube-mu dengan cara menginputkan nomor HP-mu.

Jika Kamu sudah mengaktifkan sekaligus melakukan verifikasi channel tersebut, setelah itu tinggal melakukan live streaming dari webcam melalui PC/laptop. Selain itu, bisa juga menanyangkannya lewat Streamyard, Zoom atau software live streaming yang lainnya.

Kamu harus tahu bahwa dibutuhkan waktu selama 1×24 jam untuk melakukan live streaming pertama di platform Youtube. Sehingga, apabila Kamu menjadwalkan live streaming pada hari tertentu, sebaknya pastikan channel Youtube-mu sudah dapat melakukan live streaming.

2. Aktivasi dan Verifikasi Channel/Akun Youtube

Cara live streaming Zoom di Youtube selanjutnya tinggal melakukan aktivasi dan verifikasi pada akun Youtube milikmu. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama, pada halaman Youtube, di samping kanan atas Kamu akan menemukan opsi Live Streaming dan Create.
  • Kamu akan menerima notifikasi jika belum bisa live streaming pada saat ini. Silahkan tekan “Enable”.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta memberikan akses pada fitur streaming dengan memverifikasi channel Youtube milikmu. Silahkan pilih verify, kemudian langkah verify pun akan terbuka pada halaman baru.
  • Terdapat 2 tahapan langkah verifikasi. Langkah pertama, Kamu diminta menginputkan nomor teleponmu. Sementara cara mendapatkan verifikasi dapat melalui SMS atau voice mail. Misalnya Kamu memilih verifikasi dengan SMS atau pesan singkat.
  • Langkah verifikasi kedua ialah dengan menginputkan kode verifikasi atau OTP yang diterima. Sesudah memasukkan kode OTP untuk verifikasi, Kamu akan menerima pemberitahuan jika akun Youtube milikmu telah diverifikasi.
Terkait:  Cara Live Streaming Youtube

Sesudah langkah verifikasi selesai, Kamu dapat kembali lagi ke halaman yang sebelumnya untuk melakukan live streaming kembali.

3. Mulai Melakukan Livestream di Platform Youtube

Cara live streaming Zoom di Youtube berikutnya sesudah mengaktifkan fitur live streaming di  channel Youtube, Kamu akan memasuki Youtube Live Control Room. Di sini Kamu dapat memilih apakah Kamu ingin jika live streaming dijadwalkan atau berlangsung saat ini. Kamu bisa mencoba memilih langsung live streaming sekarang dengan menekan Right Now lalu pilih Start.

Dikarenakan saat ini memang baru pertama kali meakukan live streaming, Kamu perlu memberi akses pada microfon dan kamera. Baru selanjutnya dapat mengisi deskripsi pada tayangan webstream-mu. Kamu bisa memberinya judul “Test”, kemudian “Set Private” sebab hanya Kamu yang akan dapat melihat videonya sebagai uji coba.

Selain itu, Kamu harus menunggu selama 24 jam untuk dapat mencoba fitur live streaming. Hal ini dikarenakan Kamu baru mengaktifkan sekaligus memverifikasi channel Youtube.

4. Melakukan Streaming Zoom ke Youtube

Sama halnya dengan cara live di Facebook. Sesdah Kamu mengatur pemberian ijin dari Zoom Live Streaming menuju Youtube. Dari sini Kamu hanya perlu melakukan setting fitur Live Streaming di platform Youtube-nya. Sebenarnya cara live streaming Zoom di Youtube sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi dan menu yang ada. Berikut panduannya :

  • Agar Kamu dapat melakukan live streaming untuk Zoom, terlebih dahulu Kamu harus memasuki ruang meeting-nya.
  • Kemudian dari pilihan meeting control, Kamu dapat memilih opsi more dengan ikon titik, lalu pilih opsi Live on Youtube.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta login  akun Gmail yang terintegrasi dengan channel youtube sebagai tempat untuk streaming.
  • Kamu tinggal mengisi deskripsi, selanjutnya pilih apakah live streaming yang dilakukan bersifat public, private atau unlisted. Kamu bisa memilih private, mengingat ini adalah percobaan jadi hanya Kamu sendiri yang akan melihat hasil streaming video yang sudah dilakukan. Silahkan tekan Go Live untuk melanjutkan streaming.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa menuju akun Youtube.
  • Kamu dapat meliha live streaming di Youtube yang sudah dibuat. Biasanya akan mengalami delay streaming dari aplikasi Zoom ke platform Youtube selama beberapa menit saja.
  • Di pojok kiri bagian atas Zoom, Kamu akan ditampilkan keterangan jika Zoom meeting tersebut dilakukan secara live di platform Youtube. Jika ingin menghentikan live streaming ke Youtube dari Zoom, tinggal pilih Stop Live Stream.

Jika Kamu sudah menghentikan live streaming dengan menekan tombol stop, Kamu masih dapat melanjutkan mengobrol di aplikasi Zoom serta tanpa  harus keluar langsung dari aplikasi Zoom.

Terkait:  Cara Download Video Youtube di iPhone

Itulah tahapan cara live streaming Zoom di Youtube yang dapat Kamu lakukan untuk mencoba live streaming di Zoom. Sebenarnya hal terpenting agar dapat melakukan streaming ke akun Youtube ialah dengan memverifikasi dan mengaktifkan channel Youtube itu sendiri.

Baru Diulas:

Related posts