Cara Live di Facebook

Facebook Live adalah salah satu layanan dan fitur yang sangat populer sekarang ini. Fitur ini menyediakan layanan siaran langsung atau live streaming di aplikas Facebook memakai Hp. Facebook sendiri merilis fitur ini agar para pengguna bisa menyiarkan semua aktivitasnya dengan cara realtime dan membagikannya ke semua pengikutnya di Facebook. Lalu, bagaimana cara live di Facebook?

Sebelum membahas cara live di Facebook, Kamu harus tahu bahwa Facebook Live sendiri diluncurkan pertama kali sejak tahun 2015 lalu. Awalnya fitur ini hanya tersedia bagi kalangan selebritis saja. Selanjutnya, Facebook pun akhirnya merilis lagi dan kini tersedia untuk seluruh pengguna yang profilnya masih aktif.

Facebook Live sendiri sangat mudah dipakai. Bahkan saat Kamu menjalankan siaran di Facebook Live, orang yang sudah berteman denganmu di Facebook pun akan menerima notifikasi. Dengan demikian, siaran yang Kamu buat bisa disaksikan oleh banyak orang. Hanya saja, biasanya yang menonton tayangan siaranmu hanya beberapa teman saja. Apabila Kamu ingin memiliki lebih banyak penonton, Facebook merekomendasikan mengumumkan terlebih dahulu saat berencana melakukan siaran langsung.

Melalui Facebook Live ini, membat tokoh masyarakat bisa membawa penggemar mereka hingga ke belakang layar. Dapat melakukan tanya jawab dan membuat artis dan para penggemarnya lebih depat, atau bisa berbagi pengumuman serta hal lainnya yang dilakuka dengan cara real time.

Cara Live di Facebook

Cara Live di Facebook
Live Streaming di Facebook

Live Streaming di Facebook Mudah di Hp

Jika Kamu ingin mencoba siaran langsung di Facebook, ada beberapa tahapan cara live di Facebook yang bisa Kamu lakukan berikut :

1. Pilih Ikon Kamera

Silahkan buka aplikas FB-mu via ponsel lalu kunjungi opsi halaman berita. Selanjutnya Kamu akan menemukan ikon kamera yang ada di samping kiri atas, lalu tap. Kamu juga bisa mengakses menu status “Whats on your mind?“. Setelah itu, pilih “Go Live”.

2. Memberikan Permintaan Izin Akses dari Facebook

Cara live di Facebook selanjutnya Kamu bisa memberikaan permintaan izin akses dari Facebook untuk dapat mengakses mikrofon dan kamera pada perangkat Hp yang digunakan. Jika sudah mengizinkan permintaan Facebook untuk mengakses kamera pada ponsel, setelah itu Kamu akan diminta mengizinkan pemakaian konten kamera Hp.

3. Mengalihkan Kamera ke “Live” Video

Jika tahapan di atas sudah Kamu lakukan, Kamu bisa mengalihkan kamera ponsel Facebook ke dalam live video FB dengan cara tap “Live” di bagian bawah. Kamu tak perlu khawatir sebab live video Facebook tak akan tayang langsung sesudah Kamu memilih opsi live.

4. Pengaturan Posting dan Privasi

Menariknya, Facebook telah memberikan fitur untuk pengaturan privasi dan posting live video. Sehingga Kamu bisa mengaturnya sesuka hati. Kamu bisa mengatur opsi “Post, Story” dan “Only Me”.

Untuk pilihan Only Me Kamu hanya bisa melihat langsung video, tanpa ada pengikut atau teman yang melihatnya. Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan live sreaming video ke status maupun story apabila Kamu menginginkannya. Silahkan atur opsi tersebut dengan mengetuknya.

Apabila Kamu ingin memposting sebuah brand, Kamu mungkin akan mempublikasikannya agar bisa menjangkau lebih banyak orang memakai Facebook. Sementara jika hendak memposting diri Kamu sendiri, maka Kamu bisa memilih teman saja yang menjadi audiens atau penonton Jika ingin mengujinya, Kamu bisa memilih pengaturan posting dan privasi ke “Hanya Saya” atau “Only Me”.

5. Menambahkan Deskripsi

Cara live di Facebook selanjutnya ialah tambahkan deskripsi streaming, sehingga deskripsi tersebut akan muncul pada halaman berita para pengikut atau audiens. Agar lebih menarik perhatian banyak orang untuk menonton live streaming video-mu, Kamu bisa membuat judul menarik supaya lebih banyak orang menontonnya.

Di samping itu, Kamu bisa membantu mereka untuk memahami yang sedang disiarkan olehmu.

6. Menambahkan Aktivitas atau Memilih Lokasi

Kamu bisa mengetag orang yang ada di dalam video yang di streaming. Akan tetapi, apabila orang tersebut tidak ingin Kamu tandai, hapus saja tag tersebut. Di samping itu, tambahkan pula lokasi atau Kamu bisa membagikan aktivitas yang dilakukan saat siaran berlangsung.

7. Menetapkan Orientasi Kamera

Sebelum Kamu memulai live streaming video, pastikan kamera Hpmu tertuju pada arah yang diinginkan. Ini artunya, Kamu akan menampilkan lensa menghadap ke bagian depan atau mengarahkan lensa kamera untuk menghadap ke bagian belakang. Ketuk ikon berbentuk “kamera” jika ingin mengubah tampilan selfie maupun sebaliknya seperti foto biasa.

8. Melengkapi Gambar dan Tulisan

Ketuk ikon tongkat yang ada di samping kiri bertuliskan “Start Live Video” untuk memulai siaran langsung di FB Live. Biasanya ikon tersebut terletak di bagian tengah layar. Apabila Kamu ingin mengubah filter, menambahkan lensa pada wajah, maupun gambar/teks agar video live streaming Facebook lebih menarik. Kamu bisa mengeksplor opsi filter dan pengeditan ini dengan leluasa.

9. Mulai Live Video di Facebook

Silahkan tap pada opsi “Start Live Video” untuk memulai live streaming video di Facebook yang ingin ditayangkan. Jika Kamu sudah memulai siaran video, maka video yang Kamu tayangkan akan langsung muncul pada haaman berita pengikutmu atau audiens, sama halnya dengan status. Biasanya Facebook Live bisa menampung video yang Kamu siarkan di Facebook selama 90 menit.

10. Berinteraksi Dengan Audiens

Cara live di Facebook lainnya ialah berinteraksi dengan audiens. Ini dilakukan supaya penonton atau audiens tetap terlibat dengan cara memberikan komentar. Selain itu, Kamu bisa melihat komentar yang ditambahkan oleh audiens di video siaran, hal ini bersamaan dengan informasi jumlah penonton. Bahkan Kamu juga bisa memblokir penonton ketika sedang berlangsungnya video siaran dengan cara mengetuk profil lalu memilih “Block”.

11. Mengakhiri Video Siaran di Facebook

Kamu bisa mengakhiri video live sreaming. Sebagai catatan, meskipun Kamu sudah mengakhiri video tersebut tapi video tetap ditayangkan pada timeline-mu di Facebook sama halnya dengan entri video yang lainnya.

12. Memposting Video Siaran

Jika sudah selesai, Kamu akan mendaptkan tampilan bertuliskan “Nice, You went live for 0:18…”. Apabila Kamu akan mempostingnya, orang lain atau audiens bisa melihat video yang Kamu streaming di Facebook Live, meskipun Kamu sudah berhenti siaran.

Silahkan pilih “download” jika ingin menyimpan video, agar Kamu mempunyai salinan video yang dapat disimpan. Selain itu, Kamu juga bisa kembali pada timeline jika ingin mengedit deskripsi, melakukan pengaturan privasi yang ingin diubah, bahkan menghapus video.

Tips Live Streaming di Facebook

Ada beberapa tips yang harus Kamu ikuti ketika melakukan live streaming di Facebook :

  • Melakukan video secara langsung dengan pengaturan privasi sebagai “Hanya Saya” atau “Only Me”.
  • Selanjutnya perkenalkan dirimu ketika sedang siaran.
  • Kamu bisa membuat visual video menarik.
  • Kamu bisa melakukannya dengan cara spontan.
  • Tak perlu khawatir terjadi kesalahan.
  • Kamu bisa mendorong penonton agar menyukai serta membagikan video.
  • Melibatkan audiens atau komentator dengan menyebutkan namanya.
  • Kamu bisa meminta orang untauk menonton sekaligus menanggapi komentar.
  • Meminta penonton berlangganan pemberitahuan di Facebook Live.
  • Kamu bisa melakukan siaran hingga 10 menit.

Itulah beberapa cara live di Facebook yang bisa coba Kamu lakukan untuk live streaming di Facebook. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019