Cara Membuat Channel Youtube

  • Whatsapp

Sebagian besar pengguna internet, pastinya sudah sangat mengenal platform video bernama Youtube. Bahkan tak sedikit nama-nama Youtuber terpopuler di Indonesia seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Arief Muhammad, Raditya Dika, dan lainnya. Orang-orang ini dapat dikatakan sebagai beberapa content creator Youtube yang mampu meraup lebih banyak keuntungan. Namun sebenarnya, gimana sih cara membuat channel Youtube?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara pembuatan channel Youtube, Kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan channel Youtube itu sendiri. Channel Youtube adalah alat akun Youtube, biasanya dapat dipakai untuk beraktivitas lewat platform Youtube. Diantaranya dengan mengunggah video ke platform Youtube, mempublikaiskan konten video ke akun Youtube, kemudian melakukan pengaturan-pengaturan lainnya.

Read More

Ini artinya syarat utama menjadi Youtuber ialah harus mempunyai channel Youtube lebih dulu. Apabila seorang blogger memerlukan website tertentu untuk memasukkan tulisan dan konten. Maka seorang Youtuber akan memerlukan sebuah channel untuk memasukkan sekaligus mempubikasikan videomu.

Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube
Membuat Channel Youtube

Persiapan Membuat Channel Youtube

Sebenarnya cara membuat channel Youtube sendiri sangat mudah. Karena di sini Kamu hanya memerlukan satu akun saja jika ingin membuat channel Youtube. Akan tetapi, sebelum membuat akun di platform Youtube Kamu wajib mempunyai akun Google lebih dulu :

1. Membuat Akun Google

Syarat dan langkah awal yang harus dilakukan ialah mendaftar akun Google terlebih dahulu. Apabila Kamu sudah mempunyai akun Google, maka Kamu bisa melewati langkah yang satu ini. Namun jika belum mempunyai akun Google, silahkan buat akunnya terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Live Streaming Zoom di Youtube

2. Membuat Akun Youtube

Mungkin banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara channel Youtube dan akun Youtube itu sendiri. Secara sederhananya sebenarnya, akun Youtube-mu dipakia untuk mengakses platform Youtube sama seperti pada akun Google. Sedangkan channel Youtube adalah saluran untuk menempatkan berbagai macam konten video pada Youtube. Melalui akun dan channel Youtube, maka Kamu dapat mengunggah berbagai konten video kapanpun.

Membuat Akun Youtube

Youtube adalah website tempat untuk sharing atau berbagi video dari google. Yang artinya, apabila Kamu mempunyai akun Google, Kamu pun dapat mengakses Youutbe memakai akun Google. Berikut ulasannya :

  • Ketuk “Login” Youtube.
  • Silahkan masukkan Google Account milikmu.
  • Ketuk tombol selanjutnya.
  • Inputkan password Google Account.
  • Klik lagi tombol berikutnya dan login akun Youtube berhasil.

Mulai Pembuatan Channel Youtube

Jika Kamu sudah mempunyai akun Youtube serta sukses login ke akun Youtube, kini bisa masuk ke cara membuat channel Youtube. Adapun langkah-langkah pembuatan channel Youtube itu sendiri diantaranya :

  • Klik di bagian profil pada akun Youtube, terletak di pojok kanan bagian atas.
  • Ketuk di opsi channel saya. Ketika mengklik gambar pada profil akun, maka Kamu bisa dihadapkan ke berbagai menu. Adapun menu-menu tersebut diantaranya channel saya, membership berbayar, creator studio, beralih akun, logout, dan sebagainya.
  • Setelah itu, Kamu bisa memilih opsi “Channel Saya”.
  • Lalu Kamu akan langsung dihadapkan pada kolom verifikasi untuk nama channel. Biasanya nama channel Youtube yang muncul pertama kali sesuai nama Google Account-mu. Misalnya, untuk nama akun Wigatos, sehingga nama channel Youtube yang muncul pertama kali ialah Wigatos. Selanjutnya di kolom tersebut, tinggal ganti saja nama channel Youtube-nya sesuka hati.
  • Apabila nama channel-nya sudah diganti, silahkan klik “Buat Channel”.
  • Dari sini, channel Youtube-mu sudah berhasil dibuat. Akan tetapi, ada beberapa pengaturan yang mesti dilakukan supaya channel Youtube-mu lebih menarik.
  • Untuk pengaturan dan melakukan desain channel, tinggal klik di tombol bertuliskan “sesuaikan channel”.
  • Ketuk pada pilihan “creator studio” jika ingin melihat, menyunting serta mempublikasikan konten yang sudah Kamu upload.
  • Ketuk di pilihan “upload” jika ingin mengunggah konten.
Terkait:  Cara Membuat Akun Youtube

Itulah tahapan-tahapna cara membuat channel Youtube via laptop. Jika Kamu telah berhasil memiliki channel Youtube, kini tinggal unggah konten video saja setiap harinya. Tujuannya supaya channel-mu mempunyai banyak subscriber dan ramai dikunjungi viewer.

Tahapan Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

Berikut ini ada beberapa tahapan membuat konten untuk pemula di platform Youtube. Diantaranya sebagai berikut :

1. Bisa Dibagikan

Untuk membangun channel Youtube, kemampuan konten untuk bisa dibagikan adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Sebab hal tersebut terkait dengan cara bagaimana audiens membagikan videomu ke orang lain. Dengan semakin tinggi tingkat shareability, maka akan semakin banyak juga orang yang mengenal atau mengetahui keberadaan channel-mu. Oleh karenanya, akan semakin banyak juga penonton dan mereka pun memiliki alasan kenapa videomu layak dibagikan.

2. Mengajak Penonton Untuk Berbicara

Di bagian ini berhubungan dengan bagaimana sebagai Youtuber pemula, Kamu bisa berbicara dengan penonton channel Youtube-mu. Kita tahu bahwa Youtube adalah platform sosial, untuk memungkinkan banyak kehadiran komunitas yang dapat dibangun sekaligus menciptakan kedekatan bersama mereka.

3. Melibatkan Audiens

Kondisi saat Kamu melibatkan atau mencoba terlibat dengan penontonmu pada konten videomu adalah hal penting. Sebab penonton merupakan kunci kesuksesan videomu. Di sini Kamu dapat menggali informasi secara tanpa sadar dari para penonton. Sebagai Youtuber, Kamu dapat membaca komentar masuk ke dalam channel-mu. Hal tersebut bisa membangun loyalitas sekaligus kedekatan penontonmu sebab mereka merasa “dianggap”.

4. Konsisten

Poin yang tak kalah penting dalam membangun channel Youtube ialah konsistensi. Dalam hal ini, Kamu dapat memahami konsistensi untuk dijadikan aturan jadwal unggah video, ketetapan tema, hingga baju yang sering Kamu gunakan.

5. Mempersiapkan Sasaran

Jika Kamu baru memulai video sebenarnya wajar jika ingin memperoleh banyak viewer untuk tiap konten videomu. Namun lebih efektif lagi apabila Kamu mempunyai sasaran audiens yang sesuai konten video tersebut. Jika ingin menampilkan konten masak misalnya, maka Kamu dapat menyasar para wanita muda yang tertarik belajar memasak. Selain itu, targetmu bisa juga para ibu rumah tangga yang ingin mencoba membuat menu masakan baru untuk tiap minggunya.

Terkait:  Cara Membuat ATM BNI

6. Menjaga Keberlangsungan

Seorang konten kreator terkenal biasanya akan tetap menjaga kehadiran mereka dengan paling tidak telah mengunggah sebanyak 300 konten video tanpa jeda setiap minggunya. Ini bertujuan untuk tetap menjaga keberlangsungan pada channel video mereka agar tidak ditinggalkan penonton setianya. Dalam tahapan ini, Kamu biasanya sebagai pembuat video Youtube pemula telah mempunyai penonton setia. Mereka akan menunggu konten baru darimu setiap minggu. Maka dari itu, Kamu harus berusaha agar tetap menjaga keberlangsungan pada channel Youtube-mu.

7. Gampang Ditemukan

Pastikan agar konten videomu gampang ditemukan oleh orang lain atau pengguna Youtube. Kamu bisa memastikan bahwa konten videomu telah dilengkapi oleh optimasi yang dapat menunjang “keterlihatan”. Di sini Kamu dapat mencari bagaimana cara menuliskan judul konten video secara efektif, memberikan deskripsi video dan pemberian tags yang sesuai. Ini penting sekali sebab channel Youtubemu perlu melakukan exposure, sebab Kamu masih konten kreator pemula.

8. Gampang Diakses

Apabila ada penonton atau audiens yang baru berkunjung pertama kali ke channel-mu, ketahui apakah ia dapat melihat konten videomu dengan mudah sesuai keyword yang dicari? Hal tersebut disebabkan Kamu sudah mengunggah lebih banyak video serta keyword yang telah dicari.

Itulah 8 cara membuat konten video agar channel-mu lebih banyak dikenal. Ini penting sekali dilakukan setelah Kamu sukses dengan cara membuat channel Youtube seperti di atas!

 

 

Related posts