Cara Live di Discord

Bagaimana cara live di Discord? Discord termasuk aplikasi chat populer yang banyak dimanfaatkan para penggiat game. Para gamer seringkali memilih Discord dengan alasan kemudahan yang ditawarkan dan sudah dilengkapi  banyak fitur di dalamnya. Pada Discord, para pengguna bisa membuat grup sehingga dapat dipakai secara bersamaan dengan para pengguna lain dalam satu grup.

Selanjutnya grup tersebut dapat dipecah ke dalam beberapa channel, entah itu channel untuk teks biasa maupun voice chat. Fitur tersebut mempermudah para pengguna agar topik yang dibahas tidak akan tercampur. Selain itu Discord dapat mempermudah para penggunanya untuk mengecek dan melihat aktivitas dari pengguna lain. Tujuannya ialah untuk memperlihatkan game seperti apa yang tengah dimainkan para penggunalain. Di samping itu, layanan voice chat pada Discord pun dibuat agar memudahkan pengguna saat bermain game.

Read More

Supaya pembuatan Discord lebih menarik para gamer, Discord telah menambahkan fitur terbaru mereka, yaitu berupa live streaming. Adapun fitur bernama Go Live sendiri membiarkan para pengguna untuk menyiarkan tayangan mereka ketika bermain game secara live ke grup Discord. Akan tetapi, berbeda dengan platform live lainnya, fitur Discord biasanya hanya membiarkan live streaming disaksikan oleh 10 orang pengguna yang lain. Lalu bagaimana cara live di Discord?

Cara Live di Discord

Cara Live di Discord
Live Streaming Game di Discord

Live Streaming di Discord

Sebenarnya cara live di Discord sendiri cukup rumit, namun tentu saja kita membahasnya dengan lengkap agar Kamu lebih gampang memahaminya. Selain itu, ada berbagai pilihan media streaming yang dapat digunakan saat ini, Kamu tinggal memillih mana yang paling tepat agar memberikan hasil terbaik. Discord sendiri adalah salah satu platform streaming terbaik yang ada di pasaran.

Terkait:  Cara Live di Facebook Gaming

Discord sendiri memiliki kualitas kompresi mumpuni sehingga Kamu bisa mendapatkan koneksi streaming dengan stabil. Di samping keandalan dan kualitasnya yang begitu handal, Discord juga sangat mudah dipakai dan gampang diatur.

Cara Streaming di Platform Discord Melalui PC Windows

Syarat utama cara live di Discord dengan PC ialah mempunyai server yang sudah dilengkapi setidaknya oleh 1 saluran suara saja. Walaupun pengguna sebagian besar dapat mengakses Discord lewat browser web, tapi streaming game sekarang ini hanya ada dalam aplikasi Discord. Jadi intinya supaya Kamu bisa melakukan live streaming, Kamu harus melakukan pembuatan server terlebih dahulu di Discord.

Agar Kamu bisa mendapatkan aplikasi Disord untuk PC Windows, silahkan kunjungi halaman download Discord lalu klik tautan download untuk Windows. Jika pengunduhan sudah selesai, Kamu bisa memulai instalasi dengan mengikuti instruksi/perintah di layar. Dimana proses tersebut cukup mudah berbeda dari aplikasi lainnya.

Membuat Server Discord

Jika sudah memasang aplika Discord ke PC Windows-mu, kini saatnya Kamu membuat akun serta server Discord. Ada beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka Discord App yang sudah terpasang di PC-mu.
  • Bagi yang belum memiliki akun Discord bisa membuatnya terlebih dahulu dengan cara mendaftarkannya sekarang juga. Ikuti instruksi yang tertera di layar, pembuatan akun Discord akan selesai hanya 1-2 menit saja.
  • Jika sudah masuk ke dalam aplikasi, pada menu pojok kiri,Kamu dapat melihat ikon bertanda + di atas. Silahkan klik ikon tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul pop up server dan ketuk “Buat My Own”.
  • Kini masukkan nama servermu lalu upload gambar yang Kamu pakai menjadi ikon server, kemudian ketuk tombol Buat yang ada di pojok kanan bagian bawah pada jendela pop up.
  • Silahkan tunggu selama beberapa detik sampai server Discord selesai dibuat. Jika sudah, server barumu akan terlihat di menu sebelah kiri.
Terkait:  Cara Dengerin Lagu di Discord

Jika Kamu sudah membuat server, Kamu bisa mengirimkan undangan atau invitation kepada teman-temanmu untuk ikut bergabung. Selain itu, dalam cara live di Discord ini, Kamu bisa menambahkan teks sekaligus channel suara tambahan sebagai pemisah topik yang bervariasi.

Contohnya saja, Kamu bisa membuat channel aturan agar anggota baru mengetahui apa saja yang diperbolehkan/diizinkan dan yang tidak diizinkan. Apabila Kamu ingin membuat channel suara secara khusus, Kamu bisa melakukannya misalnya hanya untuk Kamu dan kedua teman terdekatmu saja.

Live Streaming Game di Discord

Adapun cara live di Discord untuk streaming Game sendiri hanya memerlukan beberapa detik saja. Dengan software deteksi game yang terintegrasi, Discord sendiri akan mengenali hampir seluruh game. Sehingga memungkinkanmu untuk bisa memulai live streaming dengan cepat hanya 1 klik saja.

Perlu Kamu ketahui juga bahwa versi Discord gratisan hanya dapat mendukung resolusi 720p dan 480p. Jika Kamu ingin melakukan streaming pada resolusi di atas 1080p, maka Kamu perlu berlangganan aplikasi Discord Nitro. Adapun biaya layanan yang diterapkan hanya sekitar $ 9,99 per bulannya atau konversi per tahunnya sekitar $99,99/tahun tergantung preferensimu.

Hal tersebut juga berlaku bagi frame rate live streaming. Discord gratisan hanya mendukung 15-30 fps saja, sementara untuk 60fps sendiri hanya tersedia bagi pengguna Discord Nitro.

Tahapan Live Streaming Discord

Melalui pengaturan server pada Discord-mu, kini Kamu bisa memulai cara live di Discord untuk bermain game secara langsung. Berikut tahapannya :

  • Silahkan mulai permainan game yang akan Kamu streaming.
  • Pakai pintasan dengan menekan tombol Alt+Tab secara bersamaan pada keyboard untuk beralih lagi ke Discord.
  • Di pojok kiri bagian bawah pada jendela Discord, dan di atas pilihan profilmu, Kamu akan menemukan entri baru berisi ikon serta nama game yang baru Kamu mulai.
  • Kamu akan melihat judul game dan ikon Stream. Silahkan ketuk untuk memulai live streaming gameplay-mu.
  • Selanjutnya menu untuk berbagi layar akan muncul beserta nama game yang akan di streaming.
  • Setelah itu di menu paling bawah, silahkan pilih “Saluran Suara” Kamu bisa memilih saluran suara untuk di streaming.
  • Tekan untuk memilih resolusi layar PC yang tersedia.
  • Pada laju Bingkai, Kamu tinggal memilih salah satu  opsi frame rate saja.
  • Jika Kamu sudah mengatur seluruh pilihan tersebut, ketuk tombol bertuliskan “Go Live” di samping bawah kanan pada tampilan pop up.
  • Kini streaming bisa dimulai, Kamu tinggal beralih lagi ke permainan. Silahkan cek notifikasi Stream Paused di pojok kanan bagian bawah Discord. Ketika mengarahkan kursor ke atasnya, kamu bisa mengakses opsi lebih banyak untuk streaming. Kamu bisa menghentikan streaming, mengakses setting streaming dan menyalakan kamera.
  • Jika ingin memulai streaming, Kamu tinggal beralih pada game yang Kamu streaming-kan dan Discord pun mulai melakukan streaming otomatis.
Terkait:  Cara Join Discord

Apabila Kamu ingin menghentikan live streaming, tinggal beralih lagi ke Discord selanjutnya streaming akan langsung berhenti. Jika ingin mengakhiri live streaming, ketuk ikon bertuliskan “Stop Streaming” tepat di sebelah entri game pada sudut kiri bagian bawah aplikasi Discord. Kamu juga perlu memutuskan channel suara dengan cara manual.

Demikianlah tahapan-tahapan cara live di Discord saat bermain game secara langsung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baru Diupdate:

Related posts