Cara Kerja di Luar Negeri

Bekerja di luar negeri memang memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pelakunya. Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bisa bekerja di luar negeri dengan penawaran gaji yang menggiurkan, inilah alasan banyak orang mencari informasi tentang cara kerja di luar negeri. Selain itu, Kamu juga harus memahami setiap kebiasaan negara yang akan Kamu tuju, seperti cara kerja di Jepang, Korea, atau yang lainnya.

Tak hanya membanggakan, bekerja di luar negeri memiliki sensasi tersendiri karena kita bisa mempelajari budaya dan adat istiadat negeri orang yang tentu saja berbeda dari Indonesia.

Cara Kerja di Luar Negeri

Cara Kerja di Luar Negeri
Bekerja di Luar Negeri

Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri?

Untuk bisa bekerja di luar negeri sebenarnya memang lebih rumit jika dibandingkan bekerja di negeri sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa tahapan tips dan cara kerja di luar negeri yang harus Kamu pelajari berikut in :

1. Melakukan Riset

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan ketika mencoba mencari kerja di luar negeri ialah kurangnya riset atau penelitian. Karena, melalui penlitian ini Kamu dapat mengetahui apa saja panduan yang harus dipersiapkan ketika Kamu berencana untuk mencari kerja di tempat tersebut. Misalnya dengan memahami dan mengetahui kebijakan imigrasi, kesehatan negara dan pajak yang ditetapkan.

Apalagi bagi negara-negara tertentu, seperti Belanda, Austria, Singapura, Polandia, Jerman dan Malaysia yang akan mempermudah para pelamar terampil agar mendapatkan izin untuk bekerja.

2. Menunjukkan Antusiasme Diri

Cara kerja di luar negeri selanjutnya ialah tunjukkan antusiasme diri. Jadi antusiasme ini seringkali memberikan nilai tambah saat pencarian kerja. Namun, bila Kamu mencari pekerjaan di negara lain pastikan untuk mengartikulasikan semangat melalui metode yang tepat.

3. Mencari Pekerjaan Sebagai Pegawai Pemerintah

Sebenarnya salah satu ketertarikan Warga Negara Indonesia yang berminat mencari pekerjaan di negara lain ialah karena keinginan mereka untuk bekerja di pegawai pemerintahan. Di luar negeri ada departemen-departemen dari organisasi pemerintah yang telah beroperasi. Adapun kementrian yang menawarkan penempatan bekerja di luar negeri ialah Kementrian Luar Negeri.

Pasalnya organisasi dalam bidang layanan sosial, semisal Peace Corps sekalipun telah menawarkan daftar posisi serta peluang bekerja di mancanegara. Biasanya posisi dalam Peace Corps sendiri bersifat sukarela, hanya saja bisa memberikan pengalaman yang sagat luar biasa.

4. Mengajar Bahasa Inggris

Adapun salah satu peluang cara kerja di luar negeri yang paling populer ialah dengan mencoba mengajar bahasa Inggris. Ada banyak peluang kerja jangka panjang dan jangka pendek di sekolah bahasa maupun institut pendidikan yang ada di seluruh dunia. Biasanya mereka memerlukan guru-guru untuk penutur bahasa Inggris dengan persyaratan yang bervariasi. Namun umumnya Kamu memerlukan kualifikasi atau gelar mengajar bahasa Inggris.

5. Bekerja di Perusahaan Lokal yang Berkantor di Luar Negeri

Tidak sedikit perusahaan multinasional yang ada di Indonesia, mempunyai kantor induk yang ada di luar negeri. Selain itu, ada pula perusahaan Indonesia berkantor cabang di negara lain. Bekerja di sebuah perusahaan yang  memimliki kantor cabang di luar negeri, tentu saja memberi peluang untuk menempati posisi yang ada di luar negeri.

Melihat tawaran pekerjaan secara lokal lebih depat bisa membuka peluang untuk bekerja di negara lain yang belum pernah Kamu sadari sebelumnya. Selain itu, mendaftar pekerjaan perusahaan lokal tentu saja prosesnya lebih sederhana dibandingkan melamar pekerjaan secara langsung di luar negeri.

6. Mencari Posisi Pekerjaan Luar Negeri di Situs Pencari Kerja

Sebaiknya jangan hanya berfokus terhadap situs web lowongan pekerjaan dengan menawarkan posisi kerja di luar negeri. Kamu juga bisa memakai web pencari kerja biasa dengan berbagai perusahaan rekrutmen. Beberapa organisasi besar berbasis internasional, terkadang mengiklankan posisi pekerjaan di luar negeri. Maka silahkan cari lowongan kerja di situs-situs rekrutmen kemudian cek daftar pekerjaan.

7. Mendaftar Untuk Memperoleh Izin Kerja atau Visa

Cara kerja di luar negeri selanjutnya ialah mendaftar izin kerja atau visa. Pastikan Kamu memenuhi persyaratan izin kerja atau visa sebelum Kamu melamar kerja. Biasanya kedutaan besar negara tempat tujuanmu akan menyediakan informasi mengenai cara memperoleh visa.

Sebaiknya pastikan kamu mempunyai paspor yang tepat sebelum bertanya bagaimana cara memperoleh visa. Kamu juga dapat memperoleh informasi lewat daring/internet mengenai persyaratan pembuatan visa.

8. Manfaatkan Network

Mendapatkan pekerjaan di negara lain ialah prospek yang kemungkinan sulit untuk dicapai. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa Kamu cocok dalam pekerjaan tersebut. Di samping itu, Kamu harus bisa menawarkan hal yang lebih menarik daripada kandidat lokal meskipun kandidat tersebut jelas-jelas membutuhkan waktu lebih sedikit untuk beradaptasi. Mengingat alasan inilah dan beberapa kesulitan yang Kamu hadapi di dunia kerja yang baru, penting sekali untuk memanfaatkan jaringan dan kontak yang Kamu miliki.

Kamu bisa memanfaatkan himpunan alumni kuliah dan jaringan online demi menciptakan kontak bersama orang-orang lain yang bekerja dalam bidang serupa. Jika Kamu menemukan teman atau rekan yang sudah bekerja di luar negeri, mintalah bimbingan dan nasihat mereka supaya Kamu pun bisa melakukan hal serupa.

9. Mempertimbangkan Kualifikasi Kecakapan Bahasa

Biasanya syarat kecakapan untuk berbahasa ini bervariasi, dan tergantung dari jenis pekerjaan yang Kamu minati. Misalnya, jika Kamu bekerja bagi pemerintah Amerika yang berada di luar negeri, maka kemungkinan besar setiap orang yang ada di kantormu akan memakai bahasa Inggris.

Selain itu, pekerjaan yang dilakukan sehari-hari pun memakai bahasa Inggris. Apabila Kamu melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan asing, maka kemungkinan perusahaan mengharapkanmu bisa menguasai bahasa perusahaan lokal.

10. Membuat Resume Pekerjaan

Cara kerja di luar negeri selanjutnya ialah jikaKamu siap mendaftar kerja, Kamu bisa melakukan beberapa persiapan seperti Kamu mendaftar pekerjaan pada umumnya. Termasuk untuk membuat resume pekerjaan yang aktual. Ketika melamar kerja di perusahaan luar negeri atau  perusahaan lokal yang berkantor di luar negeri, Kamu harus tetap mempertimbangkan beberapa persyaratan yang diminta oleh negara tujuan.

11. Memiliki Keterampilan dan Beradaptasi Dalam Budaya Lokal

Melamar kerja baik di luar negeri atau dimanapun, prosesnya hampir sama. Setiap pemberi kerja pastinya akan melihat seberapa besar keterampilanmu  agar sesuai syarat atau kualifikasi pekerjaan. Apabila Kamu tidak mempunyai preferensi tentang negara tujuan, namun memiliki keterampilan secara khusus, Kamu harus melakukan penelitian.

Adapun penelitian ini digunakan untuk mendapatka informasi negara-negara apa saja yang memerlukan orang yang memiliki keterampilan khusus sesuai yang Kamu miliki.

Jadi ketika menulis resume, Kamu harus pertimbangkan budaya yang dimiliki negara tujuanmu. Kamu harus beradaptasi dengan budaya tersebut. Selain itu, budaya kerja di setiap negara sangat bervariasi.

12. Persiapkan Diri Untuk Wawancara

Jika Kamu melamar kerja di sebuah perusahaan luar negeri. Maka, kemungkinan wawancara kerja awal biasanya dilakukan lewat Skype atau telepon. Kamu tentu saja harus mempersiapkan dengan sebaik mungkin seperti halnya melakukan wawancara langsung atau tatap muka.

Itulah 12 tahapan cara kerja di luar negeri yang harus Kamu pahami dan perhatikan agar Kamu benar-benar sukses dan berhasil diterima kerja sebagai karyawan di perusahaan besar luar negeri.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019