Cara Mengunci Akun Twitter

Cara mengunci akun twitter adalah sebuah hal umum bagi para penggunanya. Kamu mungkin salah satu dari mereka yang masih memakai platform tersebut sampai sekarang. Twitter adalah sosial media yang sudah berdiri sejak tahun 2007.

Aplikasi ini pertama kali didirikan di California | Amerika Serikat dan sangat populer di negara manapun. Tak bisa dipungkiri bahwa semua orang sudah lazim memakainya. Bahkan, twitter sudah menambah kapasitas jumlah tweet mencapai 280 karakter.

Kamu mungkin penasaran bagaimana cara mengunci akun twitter yang benar. Twitter selalu dinilai sebagai aplikasi yang bisa mempublikasikan media dengan bebas. Bahkan, kamu bisa memasukan konten apapun ke dalamnya. Mereka yang sedikit cemas terhadap anak kecil mungkin sangat membutuhkan informasi ini.

Kamu juga tidak bisa sembarangan membuat paragraf maupun media di sana. Hal itu dikarenakan banyak orang selalu posting foto atau video tertentu sehingga akunnya harus dikunci.

Namun, banyak orang belum mengetahui bagaimana cara mengunci akun twitter sehingga konten kamu dapat dicuri. Uraian berikut mampu memecahkan masalah ini supaya rasa penasaran kamu bisa diatasi. Tak hanya itu, kamu juga bisa menguncinya lewat tiga metode berbeda.

Hal ini membuat cuitan atau konten yang dipublikasikan tidak mudah diketahui semua orang. Tweet kamu pun hanya bisa dilihat oleh following atau followers yang sudah kamu setujui saja.

Cara Mengunci Akun Twitter

Cara Mengunci Akun Twitter
Mengunci Akun Twitter

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Melihat Tweet Kita

Mungkin, yang pertama kali ada di benakmu saat ini adalah bagaimana cara agar orang lain tidak bisa melihat tweet kita bukan?

Sebenarnya, caranya sangatlah sederhana. Tapi akan sedikit merepotkan bagi yang tidak suka membaca sampai habis. Nah, pada ulasan kali ini akan kami sajikan secara lengkap bagaimana cara mengunci akun Twitter agar orang lain tidak bisa melihat Tweet dari kita.

Ada beberapa metode yang bisa dipakai untuk menyembunyikan Tweet kita, diantaranya:

Mengunci Akun Twitter Lewat Aplikasi Smartphone

Twitter adalah aplikasi yang bisa mempublikasikan konten sensitif hingga kini. Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengunci akun twitter yang benar via smartphone dengan cepat dan tepat. Hal ini dikarenakan tidak semua penggunanya sudah memahaminya sampai sekarang.

Kamu harus memperhatikan dan menganalisa beberapa poin penting di bawah ini supaya bisa menutupnya. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Buka aplikasi Twitter via smartphone masing-masing.
  • Jika kamu belum mempunyai aplikasinya, kamu bisa unduh via App Store atau Google Play.
  • Kamu bisa login (masuk) sesuai username atau password yang berlaku.
  • Pilih menu “setting” atau “pengaturan”, lalu pilih “privasi”.
  • Tekan menu “privasi” serta “keamanan”.
  • Terakhir, kamu bisa mengaktifkan menu “lindungi tweet” dan akun sudah terkunci.

Uraian di atas adalah cara mengunci akun twitter via smartphone. Kamu harus mengetahui bahwa poin-poin tersebut bisa dilakukan via android atau iOS. Tak hanya itu, kamu juga perlu memastikan akun sudah terkunci lewat profil terlebih dahulu.

Caranya adalah melihat logo gembok pada samping nama profil (bukan username). Apabila muncul tanda gembok, maka bisa dipastikan akun kalian sudah dikunci atau dirahasiakan. Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

Mengunci Akun Twitter Lewat Browser Smartphone

Selain menggunakan aplikasi Twitter di ponsel/smartphone, kamu juga bisa memakai browser ponsel lho. Bagaimana cara melakukannya? Hampir sama atau bahkan sama persis seperti aplikasi, berikut langkahnya:

  • Langkah awalnya, kamu harus membuka dulu browser di smartphone kamu. Boleh pakai Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, atau apa aja senyamanmu.
  • Dibagian address bar, ketik dan kunjungi mobile.twitter.com
  • Login atau masuklah menggunakan akun Twitter kamu.
  • Setelah masuk, tekan icon foto Profil kamu di pojok kiri atas untuk memunculkan menu.
  • Lanjut pilih menu “Pengaturan dan privasi“.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Privasi dan keamanan“.
  • Kemudian, pilih “Audiens dan penandaan“.
  • Terakhir, berikan tanda centang pada “Lindungi Tweet Anda” untuk mengonfirmasi penguncian akun kalian.

Bentar, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

Mengunci Akun Twitter Lewat PC/Laptop

Kalian harus mengetahui bahwa cara mengunci akun twitter sangat beragam. Pasalnya, selain informasi sebelumnya bahwa kamu juga bisa melakukannya via browser di laptop maupun PC. Tak bisa dipungkiri bahwa langkah ini dilakukan mereka yang punya memori ponsel rendah.

Prosedur tersebut terbilang sederhana dan selalu dilakukan banyak orang. Kamu bisa mempraktikkan tutorialnya melalui uraian selanjutnya. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Kamu harus membuka browser yang tersedia (Google, UC Browser, Mozilla Firefox, dll).
  • Selanjutnya, kalian bisa masuk ke halaman resmi twitter di Twitter.com.
  • Langkah berikutnya adalah input username dan password sesuai akun twitter kamu untuk Login/Masuk.
  • Langsung saja klik menu Selengkapnya.
  • Kemudian, pilih opsi “Pengaturan dan Privasi”.
  • Pilihlah menu “Privasi dan keamanan“, lanjutkan memilih dan klik “Audiens dan Penandaan“.
  • Berikutnya, berikan tanda centang pada “Lindungi Tweet Anda” untuk mengonfirmasi penguncian akun kalian.

Beberapa orang bisa dibilang tidak lazim melakukan langkah-langkah di atas. Kamu bisa mengunci akun twitter hanya dalam hitungan menit saja. Kendati demikian, cara mengunci akun twitter via browser dinilai lebih lama dari ponsel.

Hal ini dikarenakan kalian harus punya jaringan seluler cukup kuat. Jangan lupa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memudahkan proses penguncian akun. Tujuannya adalah mempercepat proses privasi yang berbeda daripada langsung via aplikasi resminya.

Cara merahasiakan cuitan lewat computer ini juga dinilai lebih sederhana. Kamu hanya perlu aplikasi jelajah internet seperti Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome dan lainnya. Selain itu, kalian juga bisa melihat tampilan aplikasinya secara jelas dan lebar.

Kemudian, kamu bakal melihat tampilan profil sudah terkunci dan semua cuitan dirahasiakan. Prosedur ini masih diklaim sebagai langkah paling sederhana. Hal itu disebabkan bermain Twitter via PC lebih seru dan menyenangkan.

Cara Menghilangkan Tanda Kunci pada Twitter

Sudah selesai mengunci akun Twitter kamu? Ingin membukanya kembali? Untuk menghilangkan tanda kunci di twitter tersebut kamu harus menjadikan akun Twitter kamu Public kembali.

Caranya sama saja seperti saat mengunci Twitter, untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Twitter atau website Twitter.com melalui perangkat yang kamu pakai saat ini.
  • Login menggunakan akun Twitter kamu.
  • Langsung saja klik menu Selengkapnya. (Jika kamu pakai web Twitter mobile, klik icon foto Profil untuk memunculkan menu).
  • Kemudian, pilih opsi “Pengaturan dan Privasi”.
  • Pilihlah menu “Privasi dan keamanan“, lanjutkan memilih dan klik “Audiens dan Penandaan“.
  • Lanjut, hilangkan tanda centang pada “Lindungi Tweet Anda” untuk menjadikan akun Twitter kamu sebagai Public account kembali.
  • Selesai deh!

Mengapa Akun Twitter Harus Dikunci?

Cara mengunci akun twitter tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan banyak orang mungkin saja kurang menyukai cuitan atau konten kalian. Maka dari itu, privasi akun adalah solusi terbaik bagi kamu atau siapapun yang punya cuitan sensitif.

Tak sedikit orang selalu memasang media tertentu yang berujung “viral”. Bahkan, konten tersebut bisa saja menimbulkan pro dan kontra. Hal ini menjadi alasan mengapa pengguna Twitter perlu mengunci akunnya supaya tidak bisa dilihat semua orang.

Tips Cara Menggunakan Akun Twitter yang Dikunci

Cara mengunci akun twitter sangat cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya lewat tiga prosedur berbeda sesuai uraian di atas. Hal ini bertujuan supaya cuitan kalian tidak bisa diketahui semua orang. Pasalnya, tidak semua orang yang mengikuti akun kamu mampu menerima apapun yang dipublikasikan.

Risiko utama bila kalian sampai melanggar dalam penggunaan Twitter adalah unfollow dari siapa saja. Bahkan, pihak Twitter tidak memandang akun mana pun yang mempublikasikan media kurang pantas untuk dilihat. Mereka juga bisa menutup atau memblokir akun kalian yang dikunci sekalipun.

Akun yang dikunci dapat dinilai cukup menguntungkan lantaran semua orang sulit untuk retweet. Siapapun bakal rumit menyebarluaskan cuitan kalian ke profil mereka. Akun twitter yang dikunci tentu saja sulit dilacak oleh siapapun, bahkan akun verifikasi sekalipun.

Namun, kelemahan yang selalu ditemukan adalah sedikit rumit menambah jumlah followersnya. Mereka harus mengonfirmasi terlebih dahulu daripada akun publik yang bertambah otomatis.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...