Cara Kredit Kredivo

Sebagian dari kita mungkin pernah menggunakan Kredivo. Platform pinjaman online ini memang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia, sebagai solusi pembelian barang secara kredit. Kamu bisa melakukan pembelian barang elektronik, seperti HP atau produk lainnya dengan menggunakan kredivo. Cara kredit Kredivo juga cukup mudah, asalkan Kamu sudah mendaftarkan akun di Kredivo dan memiliki limit kredit di Kredivo.

Kredivo kini telah bermitra dengan berbagai perusahaan marketplace ternama di tanah air, sehingga pengguna dapat memanaatkannya selain dari aplikasi langsung. Tapi, sebelum memanfaatkan fitur kredit di Kredivo sebaiknya Kamu harus mengetahui persyaratan kredit di aplikasi ini terlebih dahulu. Dengan demikian ketika pengajuan, Kamu sudah mengetahui ketentuan dan syaratnya.

Sampai saat ini ada ratusan merchant online yang telah bermitra dengan Kredivo. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa Kredivo menawarkan berbagai macam fitur, diantaranya proses pengajuan kredit yang lebih mudah dan cepat. Untuk tenor kredit yang dapat dipilih juga mulai dari tenor 3 bulan, 6 bulan sampai 12 bulan dan ada banyak fitur menarik yang bisa Kamu dapatkan.

Kamu bisa mengajukan limit kredit hingga Rp. 20 jutaan di Kredivo. Jika Kamu tertarik dengan cara kredit Kredivo, ada beberapa syarat yang harus Kamu ketahui. Namun sebelumnya ketahui kelebihan memakai Kredivo terlebih dahulu.

Alasan Memilih Kredit di Kredivo

Kredivo menyajikan berbagai macam layanan dengan keuntungan dan kelebihan yang bisa didapat para penggunanya selama melakukan transaksi online memakai Kredivo. Berikut keunggulan memakai Kredivo, diantaranya :

1. Para Pengguna Bisa Membeli Berbagai Jenis Produk Sekaligus

Limit pemakaian maksimal yang dapat Kamu peroleh jika melakukan pendaftaran “Akun Bayar” selama 30 hari, dengan limit Rp. 3 juta. Sedangkan untuk limit kredit sendiri, Kamu bisa mendapatkannya sampai Rp. 20 juta. Sehingga kamu dapat berbelanja berbagai macam produk sekaligus, sebab Kredivo menawarkan limit kredit yang jumlahnya lebih besar.

2. Kredit Produk Lebih Ringan Karena Tenor Kredit Lebih Panjang

Tenor akun kredit tentunya lebih panjang daripada akun bayar dengan tenor hanya 30 hari saja.Kamu dapat memilih masa kredit 3,6 atau 12 bulan. Sehingga jika Kamu membeli produk dengan harga tinggi, beban yang harus Kamu tanggung akan lebih ringan.

3. Bisa Mengajukan Pinjaman Tunai

Bagi Kamu yang memerlukan uang secara mendesak, Kamu pun dapat membuat akun kredit di Kredivo untuk melakukan pengajuan pinjaman tunai.

4. Tanpa DP Dengan Bunga Minimal

Bunga yang diberikan oleh Kredivo ialah 2,96% setiap bulannya. Dimana nilai bunga tersebut bisa dibilang lebih rendah jika dibandingkan layanan pinjol lainnya. Apalagi, Kredivo sendiri tidak memberlakukan uang muka atau DP di semua biaya layanannya.

5. Pemilik Akun Kredit Memperoleh Akun Bayar Selama 30 Hari

Jika Kamu melakukan pendaftaran sebagai pengguna akun kredit dengan penggunaan 30 hari/1 bulan pertama, secara otomatis Kamu pun akan memperoleh Akun Bayar hingga 30 hari. Akun cicilan ini bisa dipakai untuk pembayaran kredit Kredivo. Sementara, akun bayar dapat dipakai berbelanja online secara langsung.

Kekurangan Memakai Kredivo

Selain kelebihan di atas, Kamu juga harus mengetahui kekurangan memakai Kredivo sebagai bahan pertimbangan :

1. Jika Dibandingkan Bank, Suku Bunga Kredivo Cukup Besar

Mengingat pinjaman di Kredivo dilakukan secara online yang tidak memerlukan survei sama sekali, tentu saja perusahaan Kredivo harus siap menanggung resiko besar. Sebagai kompensasi resiko besar pengguna yang tidak membayar, perusahaan menanganinya dengan meningkatkan bunga per bulannnya. Tapi jika Kamu membayar cicilan selama kurang dari 1 bulan, Kamu pun tidak akan dibebankan bunga.

2. Telat Bayar Bisa Dikenakan Denda Bunga Keterlambatan

Keterlambatan membayar cicilan di Kredivo juga akan dikenakan denda berupa bunga keterlambatan. Apabila Kamu telat membayar atau tidak mencicil di Kredivo, Kamu harus siap membayar bunga keterlambatan dengan jumlah yang dapat dicek langsung di web resmi Kredivo.

3. Resiko Debt Collector Datang ke Rumah Jika Tidak Membayar Cicilan

Jika Kamu tidak melakukan pembayaran kredit Kredivo, maka harus siap-siap kedatangan debt collector.

Cara Kredit Kredivo

Cara Kredit Kredivo
Bagaimana Cara Kredit di Kredivo?

Syarat dan Ketentuan Mempunyai Akun Kredivo

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan memakai Kredivo di atas, Kamu pun bisa langsung memutuskan untuk mengambil kredit di Kredivo. Namun agar Kamu bisa melakukan cara kredit Kredivo, sebelumnya harus tahu dulu persyaratan cara kredit Kredivo berikut ini :

  • Harus berstatus Warga Negara Indonesia
  • Minimal berusia 18 tahun dengan usia maksimal 60 tahun ketika pelunasan
  • Berdomisili di Malang, Surabaya, Denpasar, Bandung, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Sukabumi, Medan, Cirebon, dan Makassar.
  • Berpenghasilan minimal sebesar Rp. 3 juta per bulan.
  • Mempunyai KTP dan foto selfie dengan KTP.
  • Memiliki bukti domisili yang telah dikaitkan dengan akun marketplace yang Kamu gunakan untuk bertransaksi.
  • Menyertakan bukti penghasilan/gaji yang telah dihubungkan pada akun internet banking yang berasal dari rekening penghasilan/gaji.

Mendaftar Akun Kredivo

Setelah memenuhi syarat cara kredit Kredivo di atas, Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara mendaftar akun Kredivo. Berikut diantaranya :

  • Silahkkan install kemudian buka Kredivo App untuk pendaftaran.
  • Kamu bisa memillih jenis akun Kredivo sesuai kebutuhan, apakah akun Premium ataukah Akun Basic.
  • Ambil foto selfie saat mendaftar atau melakukan verifikasi.
  • Silahkan berikan foto KTP berdasarkan instruksi yang terdapat dalam aplikas Kredivo.
  • Hubungkan memakai akun digital dengan riwayat sudah melakukan transaksi online.

Sebagai catatan, jika Kamu membuat akun Kredivo Basic, sesudah melakukan pengisian data diri lengkap, maka Kmau sudah dinyatakan sukses mendaftar Kredivo.

Sementara untuk pembuatan akun Kredivo Premium Express, ada beberapa langkah yang peru Kamu ketahui berikut :

  • Jika ingin membuat akun Kredivo Premium Express, Kamu wajib menghubungkan akun berbasis digital yang sudah mempunyai transaksi online.
  • Selanjutnya Kamu juga akan diminta meng-upload STNK atau KK sebagai bukti domisili/tempat tinggal.
  • Pada akun Premium Express, Kamu wajib menghubungkan dengan layanan internet banking. Sementara pada akun Premium Reguler, Kamu wajib mengunggah rekening koran atau gaji sebagai bukti pendapatan per bulan.
  • Jika sudah melengkapi semua data diri lengkap, Kamu dapat melakukan registrasi segera dengan waktu untuk konfirmasi maksimal 24 jam.

Cara Kredit Kredivo Dengan Berbelanja di Merchant Pilihan

Dengan berbagai macam kemudahan, tak sedikit orang tertarik dengan cara kredit Kredivo. Selain itu, cara pemakaiannya juga snagatmudah. Berikut cara berbelanja kredit di Kredivo mudah :

  • Pertama-tama, Kamu hanya perlu memilih barang yang ingin dibeli di merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.
  • Ketika ingin melakukan pembayaran, Kamu tinggal pilih Kredivo. Selajutnya pilih tenor cicilan yang Kamu inginkan di kiri atas. Jika memilih kredit/cicilan, Kamu akan mendapatkan penjelasan simulasi pembayaran tagihan pada kolom bagian kiri bawah.
  • Selanjutnya Kamu harus segera login memakai nomor Hp dan PIN. Selain itu, jangan lupa pula untuk menginputkan kode diskon (opsional). Lalu tekan “login”.
  • Apabila nominal belanjamu tidak sampai Rp. 200 ribu, transaksi pun langsung berhasil saat Kamu login.
  • Tapi, apabila nominalnya di atas Rp. 200 ribu, Kamu akan mendapatkan kode OTP yang nantinya akan dikirim lewat SMS ke nomor HP yang sudah terdaftar dalam Kredivo. Selanjutnya tinggal inputkan kode OTP dan ketuk “Konfirmasi OTP”.

Itulah tahapan cara kredit Kredivo yang dapat Kamu coba saat bertransaksi online di merchant yang sudah bekerjasama dengan Kredivo.

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019