Cara Clear Cache Samsung

Awesome video, kamera, performa, serta masih banyak hal lainnya yang memang ditawarkan dengan keunggulan tinggi. Merek Flaship satu ini, memang tidak pernah absen memberikan gebrakan di pasar IT untuk teknologi terbarunya. Mulai dari harga yang ramah di masyarakat, sampai menawarkan harga paling tinggi. Yuk, cari tahu cara clear cache Samsung terlengkap!

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara menghapus cache pada ponsel Samsung kalian. Ada sedikit informasi yang perlu kalian ketahui dari perusahaan asal negeri ginseng tersebut. Hal menarik yang sedang difokuskan oleh Samsung Electronics.Co., Ltd ini terutama kategori hp, yaitu pengembangan yang dilakukan pada bagian kamera. Dikutip dari laman liputan6.com.

Lensa kamera yang ditanamkan ke series Galaxy S23 Ultra ini, mencapai 200 MP. Sudah bisa kalian bayangkan akan sejernih apa hasil tangkapan jepretannya. Padahal untuk merek-merek yang sudah tergolong kategori flagship, hanya perlu mencapai standar kameranya di 108 MP. Wah, buat kamu yang sukanya selfie atau foto-foto pasti puas banget dengan hasilnya. Check!

Cara Clear Cache Samsung

Cara Clear Cache Samsung
Cara Clear Cache Samsung

Cara Clear Cache Samsung A51

Berdasarkan kutipan dari Business Korea, perusahaan Samsung menjadi salah satu yang bisa dibilang memiliki tanggung jawab besar dalam pengembangan moderasi modul terbaru pada lensa kamera di angka 200 MP. Smartphone merek lainnya yang turut serta dalam progress perkembangan tersebut, yaitu Apple. Namun, pihak dari Samsung sendiri masih ada misteri.

Misterinya, tidak lain adalah series dari produk android Samsung mana yang akan diriliskan pertama kali dengan lensa kamera 200 MP tersebut. Kabar-kabarnya, kandidat di Samsung smartphone yang akan diterapkan modul terbaru, yaitu Galaxy S23 Ultra. Tetapi, belum ada tanggapan resmi dari pihak perusahaan. Buat kamu pengguna android, lakukan clear cache.

Cara clear cache Samsung A51 dengan mudah. Ya, daripada kalian pusing memikirkan ganti ponsel dengan kamera eksklusif. Coba lakukan hal berikut terhadap hp yang kamu miliki. Ini, dapat menjadi langkah paling dasar untuk memperpanjang masa penggunaan pada perangkat. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Tekan tombol daya atau power yang terdapat di sisi kanan ponsel Samsung A51
  2. Secara bersamaan, pada layar kalian ketuk sebanyak 2 kali untuk memuat ulang
  3. Apabila layar berubah gelap, tekan tombol volume atas dan power sampai muncul logo Samsung Galaxy
  4. Lepaskan semua tombol. Pilih menu “Wipe Cache Partition” pada layar
  5. Pakai “Tombol Volume” sebagai alat navigasi untuk mengarahkan pilihan ke menu yang ada
  6. Tekan “Enter” dengan cara menekan tombol power atau daya
  7. Ketuk pilihan “Reboot System Now
  8. Kemudian, tekan “Enter/OK”  menggunakan tombol power
  9. Proses clear cache telah berhasil dilakukan.
Terkait:  Cara Cek Spek Hp Samsung

Mudah bukan caranya? Nah, kalian juga dapat melakukan proses cara clear cache Samsung dengan metode manual melalui menu pengaturan atau setting yang terdapat di ponsel. Dikutip dari penjelasan yang telah disampaikan pada laman resmi website Samsung.com. Begini instruksi selengkapnya:

  1. Scroll ke bawah dari layar ponsel kalian untuk memunculkan manu shortcut
  2. Pilih ikon gear untuk beralih ke menu “Pengaturan”
  3. Klik opsi “Pembaruan Perangkat Lunak atau Update Software
  4. Pilih “Unduh” >  lanjutkan dengan memilih “Install”
  5. Ikuti instruksi berikutnya sesuai yang tertera di layar.

Berhasil memastikan kalau perangkat lunak yang digunakan merupakan versi terbaru. Hal berikutnya yang perlu dilakukan oleh pengguna hp Samsung, yaitu:

  1. Buka kembali menu “Pengaturan” > klik opsi “Perawatan Perangkat dan Baterai” ponsel
  2. Pilih tombol biru “Optimalkan Sekarang atau Optimize Now
  3. Tunggu sampai proses optimalisasi berjalan sampai selesai.

Layanan pengoptimalan pada perangkat hp Samsung ini, dapat membantu tingkatkan kinerja atau performa selama dioperasikan. Adapun tindakan yang dilakukan secara otomatis ketika kalian memilih untuk lakukan optimalisasi, diantaranya:

  • Kelola pemakaian baterai atau daya hidup ponsel yang berlebihan
  • Pindai berbagai macam aplikasi bermasalah yang sudah terpasang di perangkat, serta kendala dari malware
  • Tutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di background ketika sedang tidak digunakan,

Cara Clear Cache Samsung A52

Buat kalian para pengguna smartphone keluaran dari merek Samsung, agar memori tetap luas dan kamu bisa mengoperasikan perangkat tanpa kendala. Alangkah baiknya secara rutin user lakukan clear cache. Selain tidak perlu unduh aplikasi bantuan, proses pembersihannya juga cepat. Kinerja ponselmu tetap optimal, pasang aplikasi apapun storage memory tetap aman.

Cara clear cache Samsung A52 yang dijelaskan oleh perusahaan melalui FAQ di laman resmi milik Samsung.com. Kalian dapat menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, masih ada cara lainnya apabila kamu hanya ingin menghapus cache yang terdapat di aplikasi. Simak caranya berikut ini:

  1. Buka menu “Pengaturan atau Settings
  2. Pilih opsi “Apps” (Default Apps & App Settings)
  3. Laman selanjutnya, muncul pilihan “Choose Default Apps, dan Samsung App Settings”. Kalian pilih ikon garis 3 disertai loop yang terdapat di bagian kanan atas layar
  4. Muncul beberapa pilihan aplikasi atau “Your Apps” yang sudah terpasang di ponsel
  5. Cari aplikasi yang akan kalian hapus
  6. Setelah memilih salah satu aplikasinya, akan terlihat “App Info”
  7. Kalian lihat pada kategori “Usage” > pilih opsi “Storage”
  8. Tampilan berikutnya, terlihat “Space Used” yang dipakai oleh aplikasi pilihan kalian
  9. Terdiri dari “App. Data, Cache, dan Total” > pilih opsi “Clear Cache” pada bagian bawah detail keterangan Storage
Terkait:  Cara Cek Sensor HP Samsung

Langkah-langkah tersebut, dapat juga kalian terapkan untuk melakukan pembersihan pada hp yang memorinya penuh diakibatkan oleh penggunaan data aplikasi. Caranya sangat mudah. Kalian ikuti saja step by step dari nomor 1 sampai dengan 8 pada penjelasan di atas. Tepat di bagian nomor 9, kamu ambil pilihan “Clear Data” untuk menghapus besar data aplikasinya.

Pengguna hp android Samsung untuk semua tipe dan series. Kalian bisa mengaktifkan setting pada perangkat secara otomatis. Sehingga, proses pembersihan akan diingatkan oleh sistem tanpa perlu menunggu ponsel kalian menjadi lemot. Optimalisasi automatic ini, dapat kalian atur di “Opsi Lainnya”. Lanjutkan dengan pilih “Otomatisasi” > “Optimalkan Otomatis”.

 

Tujuan Tindakan Clear Cache di Ponsel

Langkah pembersihan pada ponsel android kalian, ternyata tidak semata-mata dilakukan saat hp sudah beroperasi dengan lambat. Selain untuk perawatan dasar, ternyata masih ada tujuan atau fungsi lainnya yang bisa kalian rasakan. Apa saja kah fungsi yang dimaksud? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Bantu menghemat penggunaan terhadap daya baterai ponsel supaya tidak mudah haus
  2. Mengurangi beban pada RAM dan prosessor ponsel
  3. Kembalikan jumlah kapasitas dari memori ponsel ke posisi awal ketika belum dipakai oleh cache.

Efek Samping Aksi Clear Cache di Android

Diantaranya sebagai berikut:

  1. Loading pada browser atau aplikasi lainnya jadi sedikit lebih lama dari sebelumnya
  2. Data internet yang terpakai semakin besar
  3. Data cache yang dibiarkan terus menerus membesar, akan berpengaruh terhadap pemakaian baterai. Baterai jadi semakin boros.

Sekian pembahasan mengenai cara clear cache Samsung di kesempatan kali ini. Semoga info yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next awesome topics. Enjoy your days, and take a rest for awhile. Bye!

 

Terkait:  Cara Clone Aplikasi di Samsung

 

 

Related posts