Cara Cek HP Disadap

Sebagian besar pengguna smartphone mungkin belum tahu cara cek HP disadap yang berguna untuk keamanan dan kenyamanan mereka. Hal ini dikarenakan ponsel adalah benda pribadi yang berisi data maupun konten tertentu dimana konteksnya bersifat rahasia.

Maka dari itu, kamu tidak bisa meminjamkannya sembarangan lantaran orang lain mungkin bakal jahil membuka berkas tertentu yang sebenarnya dilarang alias ditujukan bagi pemiliknya saja. Kalian pasti belum tahu apa saja perbedaan HP normal dan disadap lantaran keduanya terbilang punya tampilan yang hampir sama.

Namun, tahukah kamu? Siapa saja yang sedang mengalami penyadapan ponselnya akan merasakan kegelisahan akibat data pribadinya dibuka bahkan dikelola orang lain. Kamu bisa tahu seseorang sedang menyadap HP lewat sistem internal alias bagian dalam ponselnya sehingga kalian tidak dapat melihatnya secara fisik.

Oleh sebab itu, kamu harus mengikuti pembahasan ini sampai akhir untuk menganalisa ciri-ciri ponsel yang tengah disadap dan bagaimana memeriksanya dengan benar. Kalian pasti bakal tahu siapa saja yang ingin merusak reputasimu lewat data pribadi pada ponsel saat ini.

Tujuannya agar kamu dapat meminimalisir risiko pencurian bahkan peretasan konten tertentu seperti sosial media, bahkan media yang bisa saja disebarluaskan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Cara Cek HP Disadap

Cara Cek HP Disadap
Cara Cek HP Disadap

Siapa saja yang hanya sekadar menggunakan smartphone untuk hiburan atau komunikasi pasti belum tahu cara memerika penyadapan ponsel dengan cepat dan tepat. Maka dari itu, kalian bisa menyimak pembahasan kali ini supaya HP tidak dapat diretas apalagi dikelola oknum tertentu.

Langkah jitu yang paling mudah dilakukan adalah tidak boleh membagikan data pribadi dalam sosial media kepada siapapun, seperti email sampai password yang sifatnya pribadi.

Seperti kalian tahu bahwa nyaris semua smartphone tidak akan berfungsi secara optimal bila email pemilik HP belum dicantumkan. Selain itu, email tersebut berguna untuk mengakses semua aplikasi (terutama Google Play Store dan App Store) supaya kalian bisa mengunduh software lain.

Tak bisa dipungkiri bahwa email yang diketahui orang lain akan digunakan sebagai bahan percobaan untuk memeriksa semua kegiatan yang dilakukan pemiliknya lewat bantuan software tertentu. Tindakan kriminalitas tersebut sangat mengganggu privasi orang lain dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Apa Saja Ciri Ponsel yang Sedang Disadap?

  1. Walaupun tidak digunakan, suhu ponsel semakin hangat.
  2. HP menghasilkan suara aneh meski tidak digunakan.
  3. Percakapan WhatsApp nyaris terbaca secara keseluruhan, sedangkan kalian belum buka pesannya.
  4. Laporan pemakaian data meningkat drastic.
  5. Kuota internet selalu habis dalam sekejap.
  6. HP menimbulkan suara aneh saat digunakan telepon.
  7. Baterai cepat habis.
  8. HP selalu menerima pesan singkat berisi kode, simbol maupun karakter secara acak dan sulit dibaca.
  9. Kalian tidak bisa mematikan ponsel (shut down), sedangkan prosesnya memakan waktu lebih lama dari batas normal.

Cara Cek Smartphone Disadap dengan Cepat dan Tepat

Untuk memeriksa ponsel yang sedang disadap, kalian harus menyimak ulasan selanjutnya karena para pengguna smartphone tidak hanya menerapkan satu metode yang sama untuk memastikan keamanan ponselnya. Kamu bisa pakai aplikasi ketiga dan tahu orang yang ingin merusak bagian dalam HP dengan menyadapnya lewat rahasia berikut ini :

1. Cara Cek Smartphone Disadap via Frekuensi Telepon

Kalian bisa menggunakan frekuensi telepon untuk memeriksa HP yang sedang disadap. Pelaku biasanya mengandalkan jaringan telepon dalam melancarkan aksinya terhadap korban. Kondisi ini terjadi saat kalian sedang menelpon orang lain, maka penyadap bisa mendengar bahkan merekam percakapannya.

Hal ini mengganggu privasi kamu lantaran obrolan yang dibahas bisa saja bersifat penting dan rahasia sehingga tidak dapat diketahui orang lain. Apabila muncul suara aneh saat kamu sedang menelpon, maka kamu bisa pastikan pelaku sedang melancarkan aksi jahatnya.

Solusi tepat dalam mengatasinya adalah memakai aplikasi ketiga yang bisa diunduh lewat Google Play Store (android) atau App Store (iOS). Aplikasi tersebut berguna untuk melindungi dan mengamankan smartphone kalian dari incaran oknum tidak bertanggung jawab yang ingin merusak harga diri kamu.

2. Cara Cek Smartphone Disadap via Cellcrypt

Cellcrypt adalah aplikasi ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk memeriksa penyadapan pada ponsel kalian. Tak hanya itu, aplikasi ini berguna dalam mengekripsi data suara dengan menambahkan kode maupun kunci dari percakapan telepon yang sedang kalian lakukan. Maka dari itu, suara telepon yang sedang muncul hanya bisa didengar oleh pemilik ponsel dengan memanfaatkan kode dari aplikasi ini selama fiturnya diaktifkan.

3. Cara Cek Smartphone Disadap via Flexispy

Flexispy adalah aplikasi ketiga yang bisa diandalkan untuk mengamankan ponsel kalian dari penyadapan. Aplikasi ini menawarkan kelebihan berupa layanan anti sadap yang bernama Flexi Shield. Bagaimana kinerjanya? Flexispy bekerja dengan melindungi dan menyembunyikan semua data smartphone dengan password. Hal ini membuat aktivitas kalian lewat email, MMS, SMS sampai riwayat telepon akan dirahasiakan dari siapa saja.

4. Cara Cek Smartphone Disadap via Kode Rahasia

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memeriksa penyadapan ponsel lewat kode rahasia. Kamu bisa membuka menu Dial Phone dan gunakan kode seperti *#06# untuk melihat keberadaan HP yang sedang dipantau pihak Cyber Crime atau tidak.

Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up berupa nomor IMEI dari layar smartphone kamu. Apabila informasinya muncul, maka bisa dipastikan ponsel kamu sedang tidak disadap orang lain.

Namun, ponsel kamu sedang disadap bila informasi yang muncul adalah IMEI/01 atau IMEI/02 yang berarti HP tengah diretas oleh pihak Cyber Crime. Kondisi ini terjadi akibat keberadaan Sistem Big Data Cyber Security (BDCS).

Selain itu, penyadapannya juga mencakup semua aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga WhatsApp. Kamu bisa hubungi *#61# dan menghadirkan layanan pesan suara atau fitur lain seperti Voice Messaging, Call Divert serta Call Forwarding.

Bagaimana Mencegah Penyadapan Smartphone dengan Tepat?

Kalian bisa mencegah penyadapan dari Cyber Crime maupun orang lain dengan memakai aplikasi ketiga. Selain itu, sebagian besar pengguna HP sudah tidak asing dengan kedua aplikasi tersebut untuk melindungi data pribadimu yang harus disimak seperti berikut :

1. Cara Cegah Penyadapan HP dengan Fortress SMS

Fortress SMS adalah aplikasi keamanan yang berguna untuk melindungi koneksi ponsel. Selain itu, aplikasinya cenderung dipakai mencegah penyadapan pada email atau SMS, sedangkan kinerjanya melindungi semua pesan dari dua metode pengiriman tersebut sehingga tidak dapat dibaca orang lain. Aplikasi ini bakal memberi password pada SMS dan email agar saat pengiriman atau penerimaan pesan hanya dapat dilihat kamu saja.

2. Cara Cegah Penyadapan HP dengan Secure GSM

Aplikasi ini berbasis Windows Mobile dan bisa melindungi data pribadi kalian dari penyadapan Cyber Crime atau pihak lain. Kinerjanya memakai kode verifikasi yang harus sesuai dengan penelepon maupun penerima telepon. Kemudian, situasi tersebut mampu mencegah siapa saja masuk ke dalam jaringan telepon yang tengah dipakai secara ilegal sehingga percakapan kamu dengan penerima panggilan tidak dapat diketahui orang lain.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger