Cara Cek Paket JNE

Bagaimana cara cek paket JNE? Meningkatnya aktivitas jual beli online di Indonesia tentu saja berpengaruh pada kehadiran penyedia jasa ekspedisi barang yang kian penting. Bisa dikatakan, kehadiran perusahaan jasa ekspedisi menempati posisi penting atau vital bagi bisnis online.

Dengan banyaknya perusahaan jasa pengiriman barang saat ini, tentu saja membuat banyak pemilik usaha harus memilih jasa ekspedisi yang tepat agar barang yang dikirimkan tetap aman sampai ke tempat tujuan. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang kini banyak dipakai di Indonesia ialah JNE.

Bagi Kamu pengguna jasa ekspedisi JNE, tentu saja harus mengetahui cara cek paket JNE. JNE sendiri telah menyediakan berbagai macam layanan pengiriman.

Selain itu, dalam mengecek pengiriman paket JNE biasanya menggunakan nomor resi pengiriman. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu!

Resi Pengiriman

Resi bisa dikatakan sebagai bukti pengiriman, seperti kita ketahui setiap pelanggan yang melakukan pengiriman barang lewat jasa ekspedisi barang biasanya akan diberikan bukti berupa resi.

Resi pengiriman sendiri berbentuk secarik kertas berisi informasi tentang pengirim, barang kiriman, penerima, dan layanan pengiriman yang dipakai.

Tiap perusahaan jasa ekspedisi akan menyediakan beberapa paket layanan pengiriman, seperti jaminan keamanan barang yang sampai di keesokan harinya.

Di setiap resi, biasanya ada nomor unik dan nomor tersebutlah yang biasanya dikirimkan kepada pembeli atau digunakan untuk membuktikan jika barang telah dikirim oleh toko online tersebut selaku penjual.

Nah, nomor resi inilah yang bisa dipakai oleh pembeli untuk melakukan pelacakan status paket pengiriman, biasanya dilakukan untuk mengetahui sampai mana paket yang sudah dikirimkan oleh penjual.

Tentang JNE

JNE adalah perusahaan jasa ekspedisi yang berkantor pusat di Jakarta. Memiliki nama resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE telah didirikan sejak tahun 1990.

Meskipun awalnya TIKI dan JNE masih dalam satu naungan, akan tetapi secara perlahan karena keduanya menjadi kompetitor, akhirnya JNE membentuk perusahaan sendiri yang memiliki manajemen sendiri.

Selain itu, JNE juga telah membuat manajemennya sendiri.

Resi Pengiriman JNE

Sama seperti ketika kita melakukan pengiriman barang lewat jasa ekspedisi pada umumnya, setiap pengirim yang menggunakan jasa ekspedisi JNE akan langsung diberikan resi berisi tentang informasi penerima, pengirim, barang kiriman, serta layanan yang dipakai, apakah memakai layanan Yes, Reguler atau OKe.

Si penjual akan mengirimkan barang lewat JNE lalu menerima resi sebagai bukti pengiriman, dimana nomor unik pada resi dikirimkan ke pembeli atau akan diinput lewat fitur khusus di marketplace atau e-commerce apabila transaksi dilakukan di marketpalce atau e-commerce tertentu.

Biasanya, ada beberapa status yang akan Kamu temukan saat melakukan tracking resi JNE itu sendiri, diantaranya :

  • Tracking valid, maksudnya ialah nomor resi pengiriman yang di entry adalah asli, selain itu perhatikan pula kota tujuan pengiriman paket tersebut.
  • Manifested, biasanya brang kiriman masih disimpan di gudang atau kantor JNE.
  • On Transit, artinya barang masih dalam perjalanan menuju kota lain atau ke kota tujuan langsung.
  • Received On destination, artinya kiriman paket sudah tiba di kota tujuan namun masih belum diterima pembeli atau penerima paket.
  • Delivered, artinya kiriman sudah tiba ke tangan si pembeli, namun tetap harus perhatikan receiver atau penerima kiriman.

Cara Cek Paket JNE

Cara Cek Paket JNE
Cek Paket JNE

Cara cek paket JNE dapat dilakukan lewat website resmi JNE, tapi sekarang ini ada banyak pilihan web lain yang digunakan untuk mengecek paket kiriman JNE maupun jasa ekspedisi lainnya, seperti J&T, POS Indonesia, maupun yang lainnya.

Cara Cek Paket JNE Via Situs Resmi JNE

Cara cek paket JNE yang pertama dapat dilakukan via website resmi JNE. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka website JNE, di alamat http://www.jne.co.id.
  • Di halaman utama ada kotak bertuliskan “Lacak Kiriman”, biasanya ada di samping kiri tepat di bawah layar, namun posisinya mungkin saja berubah.
  • Inputkan nomor resi pengiriman JNE di kolom yang telah tersedia, lalu tekan “Tracking” di sampingnya.
  • Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan captcha, setelah itu silahkan tekan “tracking” lagi
  • Selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan menuju link http://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Di bagian bawah ada tabel berisi status pengiriman barang.

Biasanya pada status pengiriman barang tersebut tertera No. AWB sebagai nomor resi, biasanya pihak JNE menyebutnya sebagai Airwaybill Number atau AWB.

Cara Cek Paket JNE Melalui Web Resmi Trace atau Tracking

Hampir sama seperti cara cek paket JNE di situs resmi JNE di atas, Kamu juga bisa langsung mengunjungi link URL di http://www.jne.co.id/id/tracking/trace lalu lakukan bookmark di web browser yang Kamu gunakan untuk mempermudahmu jika sewaktu-waktu Kamu memerlukannya.

Lalu masukkan resi lewat fitur kolom atau kotak bertuliskan “Lacak Kiriman” kemudian klik “Tracking”. Selanjutnya Kamu akan diarahkan langsung ke alamat http://www.jne.co.id/id/tracking/trace, sehingga hasilnya akan sama saja.

Akan tetapi, ada beberapa kelebihan jika menggunakan cara yang satu ini yaitu Kamu bisa memasukkan beberapa nomor resi sekaligus ke kotak AWB Number atau nomor resi, maksimal berisi 20 nomor resi. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan buka web resmi di http://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Selanjunya halaman situs web akan menampilkan kotak untuk menginputkan nomor resi pengiriman, Kamu bisa memasukkan 1-20 nomor resi pengiriman sekaligus.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta memasukkan captcha, lalu pilih “Search”.
  • Di bagian bawah ada tabel berisi status tentang pengiriman barangmu.

Cara Cek Paket JNE Menggunakan Aplikasi My JNE

Selain melalui web resmi JNE, Kamu juga bisa melakukan pengecekan paket JNE melalui aplikasi My JNE. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi My JNE di HP atau di PCmu. Jika masih belum memiliki aplikasi ini, silahkan unduh My JNE.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, tepat di menu home Kamu dapat memilih “Scan” .
  • Setelah itu, Kamu bias arahkan kamera pada barcode yang terdapat pada bukti atau resi pengiriman. Sehingga, Kamu tidak perlu memasang aplikasi scanner kembali.
  • Selanjutnya, lokasi paket yang dikirimkan oleh JNE akan ditampilkan langsung.
  • Kamu dapat mengetuk tulisannya langsung untuk menampilkan detailnya dengan lebih jelas.

Selesai, cara cek paket JNE menggunakan aplikasi pun bisa Kamu lakukan dengan mudah.

Cara Cek Paket JNE Via Website Berdu.id/Cek-Resi

Selain cara cek paket JNE via website resmi dan aplikasinya, Kamu juga bisa mencoba website lain seperti Berdu.id/Cek-Resi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Kunjungi alamat web https://berdu.id/cek-resi.
  • Di halaman utama, website akan langsung menampilkan kotak “Kurir”, Kamu bisa pilih layanan kurir JNE.
  • Setelah itu, inputkan nomor resi pengiriman di kolom “Resi” di bagian bawahnya, lalu pilih “Cek Resi”.
  • Maka selanjutnya informasi pengiriman beserta status pengiriman langsung muncul di samping kanan web tersebut.

Itulah pilihan cara cek paket JNE yang dapat Kamu coba dengan mudah, baik melalui situs resmi JNE, aplikasi JNE dan situs lainnya. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019