Cara Centang Biru IG

Instagram menjadi salah satu media sosial yang sempat menduduki peringkat pertama ketika aplikasi TikTok belum hadir ke masyarakat. Hingga saat ini, penggunanya juga masih banyak. Bahkan, terus berkembang. Soalnya, IG sosmed tersebut memberikan ruang untuk pengguna dapat menjalankan usaha atau toko online yang dimilikinya. Ini dia nih, cara centang biru IG.

Ada satu tanda yang kerap digunakan oleh beberapa sosial media lainnya untuk membedakan antara akun asli dengan akun tiru-tiruan. Penandaannya melalui “Centang Biru”. Dimana, hal tersebut bisa kalian dapatkan setelah memenuhi persyaratan. Contohnya saja Instagram. User yang memiliki tanda centang biru, umumnya mereka adalah brand ternama, atau public figure.

Read More

Istilahnya adalah akun terverifikasi. Hanya mereka yang benar-benar pemilik asli atau sudah melewati semua ketentuan yang ditetapkan kepada pengguna saja, yang akhirnya bisa melihat tanda centang biru tepat di sebelah username miliknya. Tujuan verifikasi sendiri, dapat bantu menaikkan brand image atau mengurangi penipuan di dunia maya. Ada pedoman komunitas.

Cara Centang Biru IG

Cara Centang Biru IG
Cara Centang Biru IG

Cara Centang Biru IG dengan Inspect

Pengguna yang pada akhirnya berhasil mendapatkan tanda “Centang Biru” tersebut, biasanya akan dimasukkan ke dalam sebuah komunitas oleh pihak Instagram. Oleh sebab itu, tidak heran kalau kamu dapat menemukan satu akun bertanda centang biru diikuti dengan aacount serupa lainnya. Misalnya, ketika kalian ketik di kolom pencarian nama dari satu artis ternama.

Tepat di bawah hasil pencarian akan muncul juga sederet artis ternama lain dengan akun yang sudah terverifikasi. Itulah salah satu keuntungan dari penandaan verifikasi yang ada di akun Instgram kalian. Mau seperti itu juga? Simak penjelasan beberapa metode centang biru di IG selengkapnya di bawah ini:

Terkait:  Cara Buat Linktree

1. Ajukan Pemohonan Verifikasi

Pengguna Instagram dapat melakukan permohonan pengajuan untuk dapatkan centang biru di akunnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka akun Instgaram kalian melalui aplikasi
  • Pilih menu “Profil”. Kemudian, klik ikon garis 3 yang terdapat di sebeh kanan pojok atas
  • Pilih opsi menu “pengaturan”. Lalu, klik “Minta Verifikasi”
  • Lanjutkan dengan mengisi keterangan seperti: Nama Lengkap, Dikenal Sebagai, Kategori, serta Sebuah File Telah Dipilih ( unggah foto KTP)
  • Klik tombol berwarna biru “Kirim”
  • Muncul laman berikutnya dengan tulisan “Permintaan Verifikasi Dikirimkan”

Akun kalian akan terlebih dahulu dilakukan peninjauan oleh pihak Instagram untuk memberi keputusan apakah kamu sudah memenuhi syarat atau belum. Setelah itu, IG akan memberi tahu kepada pemilik account apabila lencana verifikasinya telah disetujui. Otomatis, akunmu muncul tanda centang biru setelah pembertahuan tersebut disampaikan. Mau yang praktis?

2. Gunakan Metode “Inspect Element” di IG

Cara centang biru di IG dengan Inspect, dapat menjadi solusi alternatif bantu pengguna bisa lebih cepat untuk mendapatkan lencana tersebut. Berikut trik yang bisa kalian coba langsung di akunmu:

  1. Masuk ke link Instagram melalui perangkat PC/laptop
  2. Login dengan menggunakan akun pribadimu yang akan diberikan centang biru
  3. Klik menu “Profil” (terdapat di sebelah kanan pojok atas layar)
  4. Arahkan kursor dengan pilih menu “Inspeksi” (bisa juga dengan cara shortcut melalui menekan secara bersamaan tombol “Ctrl+Shift+l”)
  5. Beralih ke laman selanjutnya, muncul lampiran kdoe dari program HTML
  6. Di halaman tersebut, kalian pilih bagian dari kode HTML yang menunjukkan username akun IG. Lalu, klik tombol sebelah kanan pada mouse > pilih “Edit as HTML”
  7. Berikutnya, lanjutkan dengan salin atau copy dari kode HTML berikut:<span class=”_m33rd_soakwcoreSpriterVerifiedBadge”title=”Sudah

    Diverifikasi’>Sudah

    Diverifikasi</span>

  8. Tempel atau paste kode HTML di atas untuk dilanjutkan dengan pilih “Edit as HTML” dengan posisikan tepat di bawah kode Inspect HTML sebelumnya
  9. Pilih tanda “Close” yang terdapat di Inspect Element
  10. Secara otomatis, tanda centang biru atau akun terverifikasi muncul di sebelah username IG kalian.

Informasi tambahan, cara kedua melalui Inspect Element ini, lencana yang muncul tidak akan bersifat permanen hanya temporary atau sementara. Selain itu, hanya dapat dilakukan dengan perangkat seperti PC/laptop untuk mengoperasikannya. Namun, buat kamu yang sudah punya nama atau cukup terkenal di Instagram, disarankan menggunakan metode pertama saja. Easy!

3. Centang Biru akan Muncul

Kehadiran dari cara centang biru Instagram 2020, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Bisa dibilang peraturan atau ketentuannya tidak berubah. Malah, fitur-fiturnya makin berkembang. Pengguna jadi bisa lebih kreatif lagi, dalam menyjikan isi konten yang akan dibuat sebelum diposting ke publik. Tampilan kontenmu, semakin menarik dan spesial. Khusus akun centang.

Cara Centang Biru Instagram 2020

Berdasarkan dari website resmi Instagram, ada beberapa persyaratan yang harus dilewati bagi pengguna yang ingin akunnya mendapatkan lencana biru. Adapun ketentuan yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

  • Akun IG harus mewakili dari pemilik bisnis yang sudah terdaftar secara resmi, milik pribadi asli, ataupun entitas
  • Account Instagram merupakan bentuk perwakilan dari kehadiran yang terbilang unik ataupun milik dari suatu usaha online. Entitas yang cukup terkenal. Contohnya, hewan peliharaan kalian, atau bisa juga bentuk publikasi yang syaratnya telah terpenuhi
  • Akun per individu ataupun bisnis, hanya memiliki satu account yang ada centang biru atau lencana verifikasi dari pihak Instgram. Terdapat pengecualian apabila akunnya beda bahasa (boleh lebih dari 1)
  • Account IG yang nantinya akan mendapatkan centang biru tidak boleh di “Private” harus terbuka untuk umum. Selain itu, wajib terdapat foto profil, bio, serta setidaknya ada 1 jumlah postingan di dalam akun
  • Akun Instagram adalah perwakilan dari seseorang, entitas, maupun merk terkenal yang paling dicari oleh publik.

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Persyaratan paling umum yang telah ditentukan oleh pihak Instagram kepada para pengguna yang ingin mendapatkan tanda lencana terverfikasi, diantaranya:

  1. Akun IG kalian minimal memiliki jumlah pengikut atau followers mencapai 10.000
  2. Memperbaiki tampilan yang ada di profil agar lebih estetik atau menarik untuk dipandang. Mulai dari foto profil sampai dengan template postingan.
  3. Kehadiran dari akun kalian harus terdeteksi unik. Artinya, IG hanya mampu lakukan verifikasi per orangnya satu account saja. Terkecuali khusus bahasa
  4. Kepopuleran akun akan ditinjau ulang oleh pihak Instgram terlebih dahulu. Kalian bisa cek secara manual di Instagram Analytics

Instagram akan lakukan peninjauan terhadap suatu akun yang meminta verifikasi atau tanda centang biru kurang lebih 30 hari setelah dimulai permohonan pengajuan tersebut dikirimkan. Sayangnya, suatu akun tidak pasti dapat lencana meskipun telah memenuhi syarat yang ada. Selain itu, apabila akunmu sudah mendapatkan konfirmasi verifikasi. Maka, username tetap.

Buat kamu yang sering menemukan fitur “Swipe Up”. Hal tersebut hanya dapat kalian lihat atau temukan setelah akunnya berhasil diverifikasi. Merasa tertantang untuk mencoba dapat 10.000 followers? Jangan lupa posting hal-hal bermanfaat sekaligus menarik ya.. Biar banyak yang mengikuti akunmu.

Sekian pembahasan mengenai cara centang biru di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Enjoy your days, and hope you will be happy as always. Bye!

 

Related posts